Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Presiden: Kepemimpinan Indonesia Berhasil Hasilkan Deklarasi G20 Bali
Last Updated on Nov 22 2022

Presiden: Kepemimpinan Indonesia Berhasil Hasilkan Deklarasi G20 Bali

  BALI,KORANRAKYAT.COM,- Kepemimpinan Indonesia pada G20 telah berhasil menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 Bali meski pada awalnya diragukan banyak pihak. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dalam penyusunan deklarasi berjumlah 52 paragraf tersebut, penyikapan perang di Ukraina merupakan hal...
Stop the War Jokowi Nyatakan Hingga Berkali Kali Stop Perang
Last Updated on Nov 22 2022

Stop the War Jokowi Nyatakan Hingga Berkali Kali Stop Perang

 BALI,KORANRAKYAT.COM ,- Presiden RI Joko Widodo dua kali menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk menghentikan perang, dalam sambutan pembukaan Sesi III KTT G20 Indonesia, di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Rabu. "Yang Mulia saya menyatakan pertemuan kita dibuka kembali. Mengawali...
Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina
Last Updated on Nov 22 2022

Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina

BALI,KORANRAKYAT.COM, Mayoritas anggota G20 mengecam keras perang Rusia-Ukraina yang masih berkecamuk, dalam deklarasi bersama G20 Bali Leaders Declaration. Dalam dokumen deklarasi KTT G20 yang dilihat  wartawan  pada Rabu (16/11/2022), anggota kelompok tersebut menyebut perang di Ukraina...
Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, NATO Langsung Rapat Darurat di Bali, Menlu Rusia Pilih Cabut dari KTT G20
Last Updated on Nov 22 2022

Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, NATO Langsung Rapat Darurat di Bali, Menlu Rusia Pilih Cabut dari...

BALI,KORANRAKYAT.COM,- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diwarnai ketegangan, itu setelah kabar rudal buatan Rusia dilaporkan menghantam Polandia, Selasa. Dua warga tewas dalam kejadian.Aliansi Militer Barat NATO yang berkumpul di sela konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 Bali langsung...
Bank Jatim Jalin Kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara
Last Updated on Nov 22 2022

Bank Jatim Jalin Kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara

  SURABAYA,KORANRAKYAT.COM | Dalam rangka mendukung pengembangan usaha di sektor perkebunan tebu dan industri gula khususnya yang ada di Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Sinergi Gula Nusantara...

World Today

Friday, 11 November 2022 11:29

Bank Jatim Raih Penghargaan CNBC Indonesia Awards 2022

Written by

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Performa PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) semakin meroket di tahun 2022. Kali ini, bankjatim berhasil menorehkan prestasi sebagai The Most Efficient in Banking Operation for Big Regional Bank Category dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2022 : The Best Regional Banks. Mengusung tema "Ekonomi RI Melejit, BPD Siap Pacu Bisnis", ajang yang diselenggarakan oleh CNBC Indonesia secara hybrid ini dihadiri oleh Busrul Iman (Direktur Utama bankjatim) secara virtual (09/11).

Pencapaian ini diraih karena bankjatim dinilai memiliki keunggulan dalam hal operational efficiency jika dibandingkan dengan peers pada kategori big regional bank. Hal tersebut tercermin dari rata-rata rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) bankjatim yang berada pada angka 72,64% sejak 2017-2021. Sedangkan rata-rata peers berada di angka 77.74%. Bahkan setiap tahunnya, rasio BOPO bankjatim selalu lebih rendah dari rata-rata peers. Sehingga wajar jika laba bersih bankjatim mampu tumbuh 7,1% secara CAGR 2017-2021. 

“bankjatim terus menunjukkan performa dan kinerja yang terus meningkat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan transformasi dan berbagai inovasi yang terus kami lakukan agar bankjatim semakin kompetitif di era digital. Berbagai langkah dan usaha kami lakukan guna mempermudah pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagai stakeholder loyal bankjatim”, jelas Busrul. 

Pada kesempatan tersebut, Wahyu Daniel selaku Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia memberikan selamat atas pencapaian yang berhasil diraih oleh bankjatim. Anugerah yang diberikan oleh CNBC Indonesia ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap gemilangnya kinerja bankjatim. “Atas nama CNBC Indonesia kami mengucapkan selamat atas diperolehnya penghargaan ini, semoga menjadi penyemangat bagi bankjatim. Maju terus untuk bankjatim” ucap Wahyu.

Busrul Iman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas raihan ini. Pencapaian tersebut merupakan wujud nyata dimana bankjatim senantiasa memberikan upaya terbaik demi terciptanya optimalisasi kinerja. “Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada bankjatim dari CNBC Indonesia. Penghargaan ini tentunya menjadi hal yang positif bagi bankjatim. Kami menjadi semakin optimis dalam menghadapi situasi industri perbankan kedepan, dibawah tekanan ekonomi baik lokal maupun global. Kami juga berterimakasih kepada seluruh stakeholder atas besarnya dukungan yang diberikan. bankjatim siap berkontribusi untuk perbaikan ekonomi nasional”, tutup Busrul.

Penghargaan ini juga dinilai sebagai bentuk apresiasi objektif yang diberikan pihak eksternal terhadap kualitas dan kredibilitas usaha bankjatim. Prestasi tersebut semakin terasa berbobot lantaran berhasil dicapai bankjatim di tengah iklim kompetisi usaha yang semakin ketat. Sebagai gambaran, bankjatim berhasil mencatatkan kenaikan Laba Bersih sebesar 1,51% (YoY) atau sebesar Rp. 1,20 Triliun per September 2022. Pertumbuhan Laba Bersih tersebut disokong oleh capaian luar biasa di sektor penyaluran kredit yang tumbuh secara sebesar 6,83% (YoY). Pertumbuhan penyaluran kredit bankjatim juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman dimana rasio Loan At Risk (LAR) yang menurun pada di angka 5,76% serta rasio Non Performing Loan (NPL) Gross juga ikut melandai hingga angka 3,72% (YoY). Penurunan rasio NPL dan LAR tersebut mengindikasikan semakin sehatnya kualitas kredit bankjatim. 

Guna meningkatkan layanan transaksi keuangan, bankjatim telah menyematkan fasilitas BI-FAST pada fitur JConnect Mobile bankjatim. Melalui BI-FAST, sobat bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, yaitu sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,- per transaksi. Penggunaan BI-FAST saat ini dapat dilakukan melalui JConnect Mobile bankjatim dengan aman karena telah dilengkapi fitur fraud detection dan AML/CFT. Sehingga nasabah tidak perlu was-was dalam penggunaannya. Fitur JConnect Mobile bankjatim juga menawarkan berbagai kemudahan transaksi keuangan, mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya.(ard)

 

 

 

        

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM, Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) berhasil mendapatkan Sertifikasi ISO 27001:2013. Hadirnya standar internasional keamanan tersebut dapat membantu bankjatim membangun dan menerapkan sistem manajemen keamanan informasi yang menyeluruh dari aspek kebijakan dan tata kelola, SDM, teknologi, serta peran aktif manajemen. Hal tersebut menunjukkan komitmen bankjatim yang terus meningkatkan kualitas keamanan informasi.

Bertempat di ruang Bromo Lantai 5, Kantor Pusat Bank Jatim, seremonial penyerahan ISO 27001:2013 dihadiri oleh Busrul Iman (Direktur Utama bankjatim), Tonny Prasetyo (Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim), Badan Siber dan Sandi Negara, Puslabfor Bareskrim POLRI, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Bank Indonesia (BI) Wilayah Jawa Timur, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Jawa Timur, serta Lembaga Sertifikasi (Bureau Veritas Indonesia).

Dalam sambutannya, Busrul Iman menyampaikan bahwa saat ini sistem manajemen keamanan & informasi merupakan suatu kebutuhan dan tuntutan bagi seluruh instansi, terutama perbankan seperti kami yang sangat erat kaitannya dengan kepercayaan. “Good Corporate Governance menjadi sesuatu yang harus diutamakan didalam tata kelola perbankan pada umumnya”, terang Busrul.

“Terimakasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kepercayaannya kepada kami untuk pelaksanaan operasional dalam sisi keamanan siber, dengan adanya Tim Tanggap Insiden Siber (TTIS/CSIRT) dari BSSN, tentunya menjadikan bankjatim sedini mungkin untuk bisa langsung merespon dengan cepat & tepat apabila sistem keamanan kita terkena insiden” ucap Busrul.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada lembaga sertifikasi dalam hal ini Bureau Veritas Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bank Indonesia & OJK selaku regulator serta pihak-pihak terkait yang telah bekerja keras memberikan support kepada kami dalam hal pencapaian ISO 27001”, imbuh Busrul. 

“Pencapaian ini menjadi motivasi kami untuk terus berkomitmen meningkatkan keamanan informasi sesuai dengan standar yang ada. ISO 27001 merupakan standar internasional yang akan menjadi tonggak bankjatim untuk terus bergerak menuju standar internasional yang lain. Kita harus menjaga konsistensi ini, karena kunci dari sebuah sistem adalah konsistensi,  kemudian monitoring secara berkala khususnya dalam sistem keamanan siber”, jelas Busrul.

 

“Harapan kami dengan adanya acara ini, dapat saling mendorong dan menguatkan satu sama lain dalam hal sistem keamanan informasi, meningkatkan kepercayaan nasabah dan stakeholder, meningkatkan reputasi dan brand image JConnect serta meningkatkan daya saing terhadap kompetitor yang ada”, Tutup Busrul.

 

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Jenderal TNI (Mar) Markos, S.E. Deputi Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN menyampaikan bahwa saat ini layanan berbasis internet dan digital menjadi primadona di tengah masyarakat “Namun perlu kita sadari bahwa semakin tinggi tingkat kemanfaatan teknologi akan berbanding lurus dengan tingkat risiko dan ancaman keamanannya”, jelas Markos.

 

“Salah satu langkah konkrit keamanan siber nasional adalah melalui kesiap siagaan pengelolaan insiden siber dengan membentuk tim TTIS/CSIRT yang merupakan organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, menanggapi laporan dan aktifitas insiden siber yang terjadi” imbuh Markos.

 

“Sebagai bank yang sudah melayani masyarakat sejak puluhan  tahun silam, bankjatim menunjukkan keseriusannya dalam upaya untuk menjaga keamanan data para nasabah dengan membentuk Tim Tanggap Insiden Siber (TTIS/CSIRT), langkah ini sejalan dengan peraturan presiden nomor 82 tahun 2022 tentang Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital”, jelas Markos.

 

“Pada kempatan kali ini BSSN akan menyerahkan secara resmi surat tanda registrasi CSIRT bankjatim. Penyerahan ini adalah awal dari pengelolaan insiden siber, selanjutnya kompentasi SDM CSIRT bankjatim perlu ditingkatkan melalui program-program pelatihan serta paling penting adalah simulasi dalam penanganan insiden siber. Kami mengucapkan selamat atas terdaftarnya tim CSIRT bankjatim, diharapkan mampu menjawab tantangan keamanan siber dengan terus meningkatkan kapabilitas, kematangan Tim Tanggap Siber yang sudah terbentuk, kami juga berharap pembentukan CSIRT bankjatim dapat mendorong instansi lain untuk membentuk CSIRT karena keamanan siber merupakan tanggung jawab bersama” tutup Markos.

Untuk mendapatkan verifikasi Cyber Security Maturity (CSM) Tim Tanggap Insiden Siber (TTIS) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), terdapat beberapa proses yang dilalui. Dari proses tersebut, bankjatim mendapatkan hasil Verifikasi CSM dengan angka diatas level rata rata di hampir semua indikator.

Dari hasil tersebut, beberapa indikator seperti Tata Kelola berhasil mendapatkan nilai 4,45 atau diatas level rata-rata sebesar 3,93. Sedangkan untuk indikator identifikasi, bankjatim berhasil meraih angka 4,72 atau diatas level rata-rata sebesar 3,99. Secara deteksi, bankjatim juga berhasil mendapatkan nilai diatas rata rata yaitu sebesar 4,64 atau diatas level rata-rata yaitu sebesar 3,61. Secara respon, bankjatim berhasil mendapat nilai 4,64 atau diatas level rata rata yaitu sebear 4,04. Hanya satu nilai dibawah rata-rata yaitu indikator proteksi yang mendapat nilai 3,77 atau dibawah rata rata yaitu 3,87.  Dari hasil tersebut, secara keseluruhan bankjatim berhasil mendapatkan Nilai Kematangan CSM sebesar 4,44 atau diatas level rata-rata Nilai Kematangan CSM sebesar 3,89. 

Pada kesempatan yang sama, sertifikasi ISO 27001 yang telah diserahkan oleh Bureau Veritas Indonesia kepada bankjatim tentunya membawa banyak sekali impact positif. Hadirnya sertifikasi ISO 27001 membuat kemanan data & transaksi nasabah pengguna JConnect semakin terlindungi, terutama pada aspek confidentiality, integrity dan availability. Layanan JConnect juga telah mematuhi regulasi, seperti PBI, POJK, Peraturan BSSN, karena regulasi tersebut mengharuskan bankjatim dan layanan JConnect menjaga data dan transaksi nasabah, serta menerapkan cyber security yang memadai dengan bukti sertifikasi keamanan internasional.

Selain itu, dengan adanya ISO 27001, risiko-risiko yang mengancam keamanan JConnect dapat di mitigasi secara efektif, meningkatkan kepercayaan nasabah dan mitra pengguna layanan JConnect, serta Menjaga keberlangsungan layanan JConnect & bisnis bankjatim.

Dalam proses meraih Sertifikasi ISO 27001, bankjatim mengawali dengan menetapkan ruang lingkup JConnect sebagai produk unggulan digital bankjatim yang harus dilindungi keamanannya, kemudian bankjatim melakukan gap analysis untuk mendapatkan gambaran kondisi keamanan JConnect saat ini di bankjatim. Mengidentifikasi kekurangan yang ada sesuai ketentuan ISO 27001 pada aspek People, Process dan Technology. Melakukan pemenuhan gap integrasi dalam day-to-day operasional dan melakukan evaluasi. Tahap selanjutnya melakukan audit sertifikasi dengan Bureau Veritas (BV) yang sudah terakreditasi KAN sesuai persyaratan regulator. 

Guna meningkatkan layanan transaksi keuangan, bankjatim telah menyematkan fasilitas BI-FAST pada fitur JConnect Mobile bankjatim. Melalui BI-FAST, sobat bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, yaitu sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,- per transaksi. Penggunaan BI-FAST saat ini dapat dilakukan melalui JConnect Mobile bankjatim dengan aman karena telah dilengkapi fitur fraud detection dan AML/CFT. Sehingga nasabah tidak perlu was-was dalam penggunaannya. Fitur JConnect Mobile bankjatim juga menawarkan berbagai kemudahan transaksi keuangan, mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran pajak bumi bangunan & kendaraan bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya.

 

Adapun sampai Triwulan III 2022, pengguna aplikasi JConnect Mobile tumbuh 23,2%(YoY), atau mencapai 477.701 pengguna dengan jumlah nominal transaksi yang tumbuh 30,5% (YoY), atau mencapai Rp 2,28 triliun, serta volume transaksi yang tumbuh 26,3% (YoY) atau mencapai 1,91 juta transaksi. (ard)

 

 

Thursday, 27 October 2022 05:48

Bank Jatim Raih Penghargaan Inews Indonesia Awards 2022

Written by

 

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM,Belum genap seminggu berlalu setelah mendapatkan penghargaan dari Economic Review, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali mengukir prestasi dalam ajang iNews Indonesia Awards 2022 yang merupakan penghargaan bagi para tokoh/ pemimpin serta instansi yang mampu menunjukkan inisiatif strategi unggul dan kinerja luarbiasa dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia. Event ini diselenggarakan di iNews Tower, Jakarta (26/10/2022).

Dengan tema Strengthening Fundamentals For Sustainable Economic Recovery, malam puncak Indonesia Awards 2022 menghadirkan penghargaan terbaik dari sembilan kategori penghargaan yang diberikan. Kali ini bankjatim berhasil meraih kategori Synergetic Stakeholder Partnership dengan penghargaan Excellent Innovation In Public Relation & Corporate Communication. Penghargaan ini diberikan kepada bankjatim setelah berhasil melewati kriteria penilaian dari Dewan Juri, yang terdiri dari Kriteria Strategi, Kualitas Eksekusi, Impact, dan Inovasi. 

“Penghargaan ini merupakan bentuk keberhasilan bankjatim dalam membangun sinergi dan komunikasi terhadap stakeholder, shareholder, dan masyarakat. Sebagai institusi perbankan, bankjatim tidak hanya berfokus terhadap profit oriented namun juga sosial oriented melalui beberapa kegiatan seperti penyaluran CSR, Komunitas Jatimers, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar”, ujar Busrul. 

Penyaluran CSR bankjatim peduli fokus pada 4 (empat) pilar yaitu Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan budaya yang sejalan dengan program Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah serta memiliki dampak langsung terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat khususnya di Jawa Timur. Program UMKM Award menjadi salah satu program unggulan CSR bankjatim yang diselenggarakan tiap tahun. UMKM Award merupakan bentuk apresiasi bankjatim terhadap  pelaku UMKM yang berhasil menyediakan lapangan pekerjaan baru serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 

“bankjatim melalui Jatimers (sebutan untuk karyawan bankjatim) juga aktif melakukan berbagai aksi sosial dan peduli lingkungan. Mulai dari gerakan tanam pohon, pemberian santunan kepada anak yatim, hingga kepedulian terhadap penyandang disabilitas selama ini rutin diagendakan. bankjatim juga aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak musibah atau bencana sebagai wujud kepekaan & komitmen bankjatim untuk terus hadir di tengah masyarakat. Salah satunya adalah bantuan yang diberikan kepada para korban insiden stadion kanjuruhan yang terjadi beberapa waktu yang lalu”, imbuh Busrul. 

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang diberikan. Terimakasih atas support yang telah diberikan kepada bankjatim, semoga komunikasi dan relationship yang telah terjalin dengan baik antara bankjatim dengan stakeholder dan shareholder dapat terus ditingkatkan”, tutup Busrul.(ard)

 

 

 

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali mengukir prestasi setelah berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Finance Award-V-2022 (IFA-V-2022) yang diselenggarakan oleh Economic Review bersama Indonesia Asia Institute, Ideku Group, dan Indonesia Leaders, pada Jumat (21/10/2022).

Event yang diselenggarakan secara virtual oleh Economic Review ini memberikan apresiasi kepada perusahaan - perusahaan terbaik di Indonesia baik dari sektor publik, swasta, BUMN, maupun BUMD. Penjurian didasarkan pada kinerja keuangan perusahaan dan data publik yang diperoleh melalui website, annual report, serta info publik. Berdasarkan hal tersebut, Economic Review menetapkan bankjatim sebagai penerima penghargaan 1st The Best Finance for Public Company Regional Development Bank Asset >Rp. 100 T.

Pada kesempatan tersebut, Hj. Irlisa Rachmadiana selaku pendiri Economic Review turut menyampaikan selamat atas kinerja keuangan per Desember 2021 yang berhasil diraih. Semoga para pemenang Indonesia Finance Award ini dapat terus meningkatkan kinerja perusahaannya sehingga dapat turut berperan besar dalam peningkatan ekonomi di Indonesia.

Corporate Secretary bankjatim Budi Sumarsono yang mewakili Direktur Utama, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang diterima. “Kami juga berterimakasih kepada para stakeholder dan shareholder atas support yang selama ini diberikan kepada bankjatim. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja”, terang Budi Sumarsono. 

“bankjatim terus menunjukkan performa dan kinerja yang terus meningkat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan transformasi dan berbagai inovasi yang terus kami lakukan agar bankjatim tetap kompetitif di era digital. Selain itu kami juga berterimakasih kepada Jatimers (sebutan bagi karyawan bankjatim) yang telah berkomitmen dan bekerja dengan tulus demi meningkatkan kinerja perusahan serta memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah,”  tutup Budi Sumarsono.

Berbagai layanan e-channel yang dimiliki bankjatim semakin menambah kenyamanan nasabah dalam bertransaksi dengan cepat dan aman, salah satunya melalui JConnect Mobile. Dengan menggunakan JConnect Mobile, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan dengan cepat, mudah dan aman. Fasilitas terbaru yang dapat dinikmati oleh nasabah melalui layanan JConnect adalah BI-FAST. Layanan ini merupakan salah satu layanan transaksi digital  dari Bank Indonesia yang telah disematkan pada fitur JConnect Mobile. Dengan BI-FAST, nasabah bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,-.

Layanan BI-FAST semakin melengkapi fitur JConnect Mobile bankjatim yang saat ini telah memiliki berbagai fitur untuk memudahkan transaksi keuangan perbankan. Dengan JConnect sobat bankjatim dapat melakukan berbagai transaksi keuangan mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya(eas)

 

 

 

 

 

             

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM  Dalam rangka peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Timur, Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) Busrul Iman menghadiri upacara di Gedung Negara Grahadi. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi inspektur upacara yang diikuti khidmat oleh tamu undangan VIP dan masyarakat umum yang hadir dalam upacara tersebut.pada 12 Oktober 2022

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa selama kepemimpinan Khofifah Emil sejak 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengantongi penghargaan baik internasional, nasional maupun regional. “Ini adalah hasil kerja keras dari seluruh jajaran Pemprov Jatim, Forkopimda, Bupati/Walikota hingga seluruh elemen masyarakat Jawa Timur” terang Khofifah.

“Pencapaian pertumbuhan ekonomi provinsi Jatim pun tumbuh impresif sebesar 5,74 persen (y0y) dan tertinggi se-Pulau Jawa atau tumbuh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan nasional yakni 5,44 persen (yoy)”, jelas Khofifah. “Pertumbuhan ekonomi tumbuh dibarengi dengan menurunnya angka kemiskinan, periode Maret 2021 – Maret 2022 penurunan kemiskinan sebanyak 391.400 jiwa (28,3 persen), yang merupakan capaian penurunan tertinggi di antara semua provinsi di Indonesia” imbuh Khofifah.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga memimpin doa sekaligus mengheningkan cipta untuk korban Tragedi Kanjuruhan yang diikuti secara serentak oleh peserta Upacara . “Untuk mengenang para korban akibat Tragedi Kanjuruhan Malang, kami harapkan keikhlasan doa semuanya” ujar Khofifah. 

Pada salah satu rangkaian acara peringatan HUT, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan secara langsung Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur Turnamen Olahraga BUMD kepada Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) Busrul Iman atas keberhasilan bankjatim menjadi Juara Umum setelah berhasil menyabet juara pertama diseluruh Cabang Olahraga (Sepak Bola, Futsal, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Bola Voli, Basket 3x3, Tenis Meja dan Catur) pada turnamen olahraga antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Timur yang berlangsung mulai tanggal 8-9 Oktober 2022 di SIER Sport Arena.Turnamen yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Provinsi Jawa Timur tersebut diikuti oleh 9 kontingen BUMD Jatim dan 1 kontingen Biro Perekonomian Provinsi Jatim. 

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bersyukur atas keberhasilan bankjatim menjadi Juara Umum Turnamen Olahraga BUMD. “bankjatim selama ini rutin membina kegiatan olahraga maupun kegiatan positif lainnya dalam bentuk Work Life Balance (WLB). Dengan adanya WLB  dan turnamen antar BUMD ini, kami berharap dapat menjadi ajang untuk meningkatkan motivasi karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan”, ucap Busrul. ,(ard)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saturday, 17 September 2022 02:35

Bank Jatim Lakukan Kerjasama dengan BKPSDM Lamongan

Written by

 

 

 

BATU,KORANRAKYAT.COM 16 September 2022 | PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lamongan. PKS ini dilakukan dalam rangka mengintegrasikan data Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Lamongan melalui aplikasi Sistem Informasi dan Manajemen Kepegawaian Lamongan (SiMEGILAN) dengan aplikasi Kredit Multiguna Elektronik (e-KMG) bankjatim.

                                 Bertempat di Hotel Amartha Hills Hotel & Resort - Batu, penandatanganan PKS antara bankjatim Cabang Lamongan dengan BKPSDM Lamongan ini disaksikan langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah  bankjatim R. Arief Wicaksono.

Dalam sambutannya, R. Arief Wicaksono mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati atas sinergi dan dukungan yang telah diberikan, sehingga bankjatim memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam membantu meningkatkan perekonomian Kabupaten Lamongan. “Tanpa kerjasama yang baik antara bankjatim dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, kegiatan PKS pada malam hari ini tidak akan terjadi” ujar Arief.

“Dengan ditandatanganinya PKS ini, diharapkan dapat meningkatkan kemudahan akses dan pelayanan kebutuhan nasabah ASN Kabupaten Lamongan melalui layanan jasa perbankan bankjatim. Selain itu, melalui kerjasama ini bankjatim dapat memperoleh data ASN secara lengkap, akurat, mutakhir, konsisten, dan berkesinambungan” terang Arief.

“Kami juga mohon doa dan dukungan dari Bapak Bupati serta seluruh undangan yang hadir, agar bankjatim dapat terus berinovasi secara berkelanjutan sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Jawa Timur khususnya warga Lamongan”,Tutup Arief.

Dengan adanya PKS ini, bankjatim semakin menunjukkan konsistensinya untuk terus mengembangkan layanan dan produk yang berbasis digital. Sebagaimana diketahui, bankjatim melalui JConnect secara masif melakukan launching dan pengembangan produk serta layanan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. 

Fasilitas terbaru yang dapat dinikmati oleh nasabah melalui layanan JConnect adalah BI-FAST. Layanan ini merupakan salah satu layanan transaksi digital dari Bank Indonesia yang telah disematkan pada fitur JConnect Mobile. Dengan BI-FAST, nasabah bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,-.

Layanan BI-FAST semakin melengkapi fitur JConnect mobile bankjatim yang telah memiliki berbagai fitur untuk memudahkan transaksi keuangan perbankan. Dengan JConnect sobat bankjatim dapat melakukan berbagai transaksi keuangan mulai dari pembelian pulsa, pengisian e-money, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya. (ard)

 

 

 

  

 

 

 

                                                

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM – 13 September 2022. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan Public Expose guna memaparkan kinerja perusahaan sebagai bentuk keterbukaan atau transparansi bagi Perusahaan Publik yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kegiatan dilaksanakan secara virtual bertempat di Kantor Pusat Bank Jatim Surabaya (13/09).

Selain sebagai bentuk kewajiban perusahaan dalam menyampaikan keterbukaan informasi kepada masyarakat secara teratur dan berkala, kegaiatan Public Expose ini juga merupakan kesempatan bagi bankjatim  untuk menjelaskan kepada publik seputar aksi korporasi maupun perkembangan kinerja perusahaan, yang nantinya dapat digunakan sebagai pertimbangan para investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Kita ketahui bersama bahwa selama pandemi yang telah berjalan kurang lebih hampir 2 tahun, pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat mengalami kontraksi, namun demikian Indonesia berhasil keluar dari keadaan tersebut dan mulai mengalami pertumbuhan. Pada masa pasca pandemi bankjatim terus menunjukkan kinerja yang positif dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY). Berdasarkan kinerja Agustus 2022, aset bankjatim tercatat Rp. 100,93 triliun atau tumbuh 5,74%, sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 1,05 Triliun atau tumbuh 3,43%, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 7,18% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,88 triliun.

bankjatim juga terus mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 5,24% (YoY) atau sebesar Rp. 45,04 Triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 16,09% (YoY) atau tercatat Rp. 5,53 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 4,73% atau tercatat Rp. 11,42 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 3,54% atau tercatat Rp. 28,09 Triliun. Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Agustus 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 15,88%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,06%, dan Return On Asset (ROA) 1,97%.

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menyampaikan pertumbuhan kredit UMKM yang tinggi ditopang oleh pertumbuhan KUR. “bankjatim mendapatkan alokasi KUR sebesar Rp. 2 Triliun, dan Alhamdulillah sampai dengan posisi terakhir sudah mencapai Rp 1,85 Triliun, artinya pencapaian kami sampai dengan akhir tahun tinggal sedikit lagi”, terang Busrul. “Kami sangat yakin akan tercapai, karena potensi UMKM di Jawa Timur masih sangat besar sekitar kurang lebih 9 juta UMKM”, tutup Busrul.

bankjatim terus fokus pada peningkatan transformasi Digital Banking selama pasca pandemi. Untuk memfasilitasi para investor terkait produk investasi, bankjatim memiliki JConnect invest yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan pemesanan produk investasi seperti Surat Berharga Negara (SBN) Ritel. 

Melalui JConnect mobile, nasabah bankjatim juga dapat melakukan top up e-wallet seperti Gopay dan OVO dengan cepat dan mudah. JConnect mobile juga telah dilengkapi dengan fitur pembayaran menggunakan QRIS. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) juga lebih mudah dengan JConnect Mobile. Sobat juga tidak perlu khawatir lagi jika kartu ATM tertinggal, karena saat ini sobat bankjatim dapat melakukan tarik tunai menggunakan Handphone dengan layanan JConnect Cardless ATM

BI-Fast juga menjadi salah satu fasilitas baru yang dapat dinikmati nasbah bankjatim pada fitur JConnect Mobile. Dengan BI-FAST, sobat bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,-

bankjatim juga telah melakukan launching JConnect Remittance tepat di puncak acara HUT bankjatim beberapa waktu yang lalu. Layanan ini merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang Antar Negara yang bekerjasama dengan Merchant Trade Asia dari Malaysia. Manfaat Jconncet Remitance dapat melakukan transaksi menggunakan 2 (dua) mata uang yang berbeda dengan maksimal transaksi sampai dengan Rp 99.000.000,- per transaksi dan dapat dilakukan secara real time 24 jam dan tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur TI & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo mengungkapkan bahwa saat ini pengguna JConnect Mobile bankjatim masih lebih besar dibandingkan dengan JConnect  Internet banking. “untuk meningkatkan pengguna internet banking, dalam waktu dekat kita akan menambahkan fitur fitur yang lebih memudahkan nasabah dalam bertransaksi salah satunya BI-Fast yang akan kami tambahkan pada fitur JConnect Internet Banking”, terang Tonny

Kinerja positif yang terus konsisten tersebut, membuat bankjatim mendapat berbagai penghargaan selama tahun 2022. Tercatat sebanyak 15 penghargaan yang diterima selama tahun 2022. Penghargaan prestisius yang diterima bankjatim seperti TOP BUMD, TOP CSR, TOP GRC dan lain sebagainya menjadi bukti nyata kinerja bankjatim yang terus tumbuh secara konsisten.(ard)

 

 

Thursday, 08 September 2022 12:45

Bank Jatim Gelar Treasury BPD Talk 2022

Written by

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM – Dalam rangka turut mensukseskan BPPU (Blue Print Pengembangan Pasar Uang ) 2025 yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia khususnya terkait pendalaman transaksi REPO antar BPD dan sebagai anggota aktif IFEMC (Indonesia Foreign Exchange Market Conduct), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) menggelar acara Treasury BPD Talk 2022 bertempat di Ballroom-JW Marriot Surabaya.Pada 8 September 2022

Acara yang dikemas dalam bentuk seminar tersebut dihadiri oleh BPD Seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Bank Daerah (ASBANDA). Kegiatan dibuka dengan tarian selamat datang Tari Gandrung yang merupakan tarian khas Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi dan dilanjutkan dengan penampilan Bank Jatim Choir yang merupakan kelompok paduan suara bankjatim yang berhasil meraih Juara Favorit dalam ajang Kompetisi Paduan Suara Sektor Jasa Keuangan 2021.

Pada acara tersebut Busrul Iman, Direktur Utama bankjatim menyampaikan “Acara ini tidak hanya mensukseskan Blue Print Pengembangan Pasar Uang, namun Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama atau kolaborasi bisnis treasury antar BPD pada khususnya dan bisnis perbankan secara bank wide pada umumnya,”terang Busrul.

“Kami berharap silahturahmi ini juga dapat mengembangkan bisnis BPD dan dapat memberikan kontribusi untuk perbankan Indonesia pada umumnya,

kedepan bankjatim siap melakukan kerjasama tidak hanya terkait treasury, tetapi di bidang lain khususnya yg berbasis fee based income, sehingga BPD di Indonesia tidak hanya mengandalkan core bisnis di bidang penyaluran kredit saja, melainkan dapat mengembangkan bisnis berbasis fee based income” tutup Busrul.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Operasional ASBANDA Subekti Heriyanto yang hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi bankjatim yang telah menyelenggarakan acara ini, sehingga BPD seluruh Indonesia dapat saling berkolaborasi khususnya di bidang treasury. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat memberikan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di indonesia dan khususnya ekonomi di daerah BPD masing-masing”, jelas Subekti. “Semoga dengan kolaborasi ini dapat membuat BPD di Indonesia semakin kuat untuk bersaing di pasar gobal seperti saat ini”, tutup Subekti

 

Seminar diisi oleh beberapa panelis yang expert dibidangnya masing-masing, mulai dari Ekonom yang berbicara terkait Economic Outlook, pendalaman transaksi REPO dari Bank Indonesia, Fengsui Expert dan narasumber dari Bank Jatim. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan secara simbolis Global Master Repurchase Agreement (GMRA) yang merupakan dokumen perjanjian transaksi Repo yang wajib digunakan oleh Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia.

 

Dalam kesempatan terseput, Direktur Komersial & Korporasi bankjatim Edi Masrianto menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu upaya bankjatim untuk mengajak rekan rekan kami di BPD lain untuk aktif dalam melakukan transaksi REPO. “sudah jelas GMRA ini hukumnya wajib, dikarenakan lambat laun GMRA ini akan menggeser Pasar Uang Antar Bank (PUAB)”, terang Edi Masrianto. 

 

“Saya melihat respon dari rekan rekan BPD sangat happy dengan adanya acara ini, karena selain sebagai sarana silahturahmi, dengan adanya acara ini rekan rekan BPD lainnya jadi tahu bagaimana cara mengelola uang dengan transaksi REPO. “Semoga dengan adanya acara ini semakin mempererat kerjasama antar BPD seluruh Indonesia”, tutup Edi Masrianto.

 

Setelah kegiatan selesai, para peserta seminar berkesempatan untuk melakukan Surabaya Heritage City Tour dengan menggunakan Bus Suroboyo. Para peserta dimanjakan dengan suasana Kota Pahlawan sembari belajar sejarah tentang Kota Surabaya.

 

Bankjatim terus menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan perbankan. Setelah memiliki produk Trade Finance, Repo/Reverse Repo (GMRA), Kustodian dan produk treasury lainnya, bankjatim juga telah melakukan launching JConnect Remittance tepat di puncak acara HUT bankjatim beberapa waktu yang lalu. Layanan ini merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang Antar Negara yang bekerjasama dengan Merchant Trade Asia dari Malaysia. Manfaat Jconncet Remitance dapat melakukan transaksi menggunakan 2 (dua) mata uang yang berbeda dengan maksimal transaksi sampai dengan Rp 99.000.000,- per transaksi dan dapat dilakukan secara real time 24 jam dan tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman.  Dengan adanya layanan ini diharapkan mampu memfasilitasi para pekerja migran Indonesia yang berada diluar negeri untuk melakukan transaksi pengiriman uang kepada keluarganya dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman.(ard)

 

 

 

 

  

 

 

 

 

  

 

 (  

 

 

 

 

 

  

 

   

 

  

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 , 

 

 

  

 

  

 

 

 

  

 

 

 

 

, . 

 

 uang kepada keluarganya dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman.(ard)

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

Bank Jatim Gelar Treasury BPD Talk 2022

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM – Dalam rangka turut mensukseskan BPPU (Blue Print Pengembangan Pasar Uang ) 2025 yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia khususnya terkait pendalaman transaksi REPO antar BPD dan sebagai anggota aktif IFEMC (Indonesia Foreign Exchange Market Conduct), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) menggelar acara Treasury BPD Talk 2022 bertempat di Ballroom-JW Marriot Surabaya.Pada 8 September 2022

 

Acara yang dikemas dalam bentuk seminar tersebut dihadiri oleh BPD Seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Bank Daerah (ASBANDA). Kegiatan dibuka dengan tarian selamat datang Tari Gandrung yang merupakan tarian khas Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi dan dilanjutkan dengan penampilan Bank Jatim Choir yang merupakan kelompok paduan suara bankjatim yang berhasil meraih Juara Favorit dalam ajang Kompetisi Paduan Suara Sektor Jasa Keuangan 2021.

 

Pada acara tersebut Busrul Iman, Direktur Utama bankjatim menyampaikan “Acara ini tidak hanya mensukseskan Blue Print Pengembangan Pasar Uang, namun Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama atau kolaborasi bisnis treasury antar BPD pada khususnya dan bisnis perbankan secara bank wide pada umumnya,”terang Busrul.

 

“Kami berharap silahturahmi ini juga dapat mengembangkan bisnis BPD dan dapat memberikan kontribusi untuk perbankan Indonesia pada umumnya,

kedepan bankjatim siap melakukan kerjasama tidak hanya terkait treasury, tetapi di bidang lain khususnya yg berbasis fee based income, sehingga BPD di Indonesia tidak hanya mengandalkan core bisnis di bidang penyaluran kredit saja, melainkan dapat mengembangkan bisnis berbasis fee based income” tutup Busrul.

 

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Operasional ASBANDA Subekti Heriyanto yang hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi bankjatim yang telah menyelenggarakan acara ini, sehingga BPD seluruh Indonesia dapat saling berkolaborasi khususnya di bidang treasury. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat memberikan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di indonesia dan khususnya ekonomi di daerah BPD masing-masing”, jelas Subekti. “Semoga dengan kolaborasi ini dapat membuat BPD di Indonesia semakin kuat untuk bersaing di pasar gobal seperti saat ini”, tutup Subekti

 

Seminar diisi oleh beberapa panelis yang expert Bank Indonesia khususnya terkait pendalaman transaksi REPO antar BPD dan sebagai anggota aktif IFEMC (Indonesia Foreign Exchange Market Conduct), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) menggelar acara Treasury BPD Talk 2022 bertempat di Ballroom-JW Marriot Surabaya.Pada 8 September 2022

 

Acara yang dikemas dalam bentuk seminar tersebut dihadiri oleh BPD Seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Bank Daerah (ASBANDA). Kegiatan dibuka dengan tarian selamat datang Tari Gandrung yang merupakan tarian khas Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Banyuwangi dan dilanjutkan dengan penampilan Bank Jatim Choir yang merupakan kelompok paduan suara bankjatim yang berhasil meraih Juara Favorit dalam ajang Kompetisi Paduan Suara Sektor Jasa Keuangan 2021.

 

Pada acara tersebut Busrul Iman, Direktur Utama bankjatim menyampaikan “Acara ini tidak hanya mensukseskan Blue Print Pengembangan Pasar Uang, namun Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama atau kolaborasi bisnis treasury antar BPD pada khususnya dan bisnis perbankan secara bank wide pada umumnya,”terang Busrul.

“Kami berharap silahturahmi ini juga dapat mengembangkan bisnis BPD dan dapat memberikan kontribusi untuk perbankan Indonesia pada umumnya,

kedepan bankjatim siap melakukan kerjasama tidak hanya terkait treasury, tetapi di bidang lain khususnya yg berbasis fee based income, sehingga BPD di Indonesia tidak hanya mengandalkan core bisnis di bidang penyaluran kredit saja, melainkan dapat mengembangkan bisnis berbasis fee based income” tutup Busrul.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Operasional ASBANDA Subekti Heriyanto yang hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi bankjatim yang telah menyelenggarakan acara ini, sehingga BPD seluruh Indonesia dapat saling berkolaborasi khususnya di bidang treasury. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat memberikan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di indonesia dan khususnya ekonomi di daerah BPD masing-masing”, jelas Subekti. “Semoga dengan kolaborasi ini dapat membuat BPD di Indonesia semakin kuat untuk bersaing di pasar gobal seperti saat ini”, tutup Subekti

Seminar diisi oleh beberapa panelis yang expert dibidangnya masing-masing, mulai dari Ekonom yang berbicara terkait Economic Outlook, pendalaman transaksi REPO dari Bank Indonesia, Fengsui Expert dan narasumber dari Bank Jatim. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan secara simbolis Global Master Repurchase Agreement (GMRA) yang merupakan dokumen perjanjian transaksi Repo yang wajib digunakan oleh Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia.

Dalam kesempatan terseput, Direktur Komersial & Korporasi bankjatim Edi Masrianto menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu upaya bankjatim untuk mengajak rekan rekan kami di BPD lain untuk aktif dalam melakukan transaksi REPO. “sudah jelas GMRA ini hukumnya wajib, dikarenakan lambat laun GMRA ini akan menggeser Pasar Uang Antar Bank (PUAB)”, terang Edi Masrianto. 

“Saya melihat respon dari rekan rekan BPD sangat happy dengan adanya acara ini, karena selain sebagai sarana silahturahmi, dengan adanya acara ini rekan rekan BPD lainnya jadi tahu bagaimana cara mengelola uang dengan transaksi REPO. “Semoga dengan adanya acara ini semakin mempererat kerjasama antar BPD seluruh Indonesia”, tutup Edi Masrianto.

Setelah kegiatan selesai, para peserta seminar berkesempatan untuk melakukan Surabaya Heritage City Tour dengan menggunakan Bus Suroboyo. Para peserta dimanjakan dengan suasana Kota Pahlawan sembari belajar sejarah tentang Kota Surabaya.

Bankjatim terus menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan perbankan. Setelah memiliki produk Trade Finance, Repo/Reverse Repo (GMRA), Kustodian dan produk treasury lainnya, bankjatim juga telah melakukan launching JConnect Remittance tepat di puncak acara HUT bankjatim beberapa waktu yang lalu. Layanan ini merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang Antar Negara yang bekerjasama dengan Merchant Trade Asia dari Malaysia. Manfaat Jconncet Remitance dapat melakukan transaksi menggunakan 2 (dua) mata uang yang berbeda dengan maksimal transaksi sampai dengan Rp 99.000.000,- per transaksi dan dapat dilakukan secara real time 24 jam dan tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman.  Dengan adanya layanan ini diharapkan mampu memfasilitasi para pekerja migran Indonesia yang berada diluar negeri untuk melakukan transaksi pengiriman uang kepada keluarganya dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebihs aman.(ard)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaankepada masyarakat, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) telah berkerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam mensukseskan program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) melalui pemberian bantuan berupa iuran Pertama Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Bantuan diserahkan kepada pekerja rentan dalam hal ini adalah Imam Masjid se-Jawa Timur sebanyak 22.000 orang dengan total 1.108.800.000,- (satu milyar seratus delapan juta delapan ratus ribu rupiah).

Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan adalah suatu sarana bagi perusahaan untuk ikut serta membantu pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan jangka tertentu kepada kelompok pekerja rentan yang memiliki penghasilan rendah dan tidak mampu melakukan pembayaran secara mandiri. Bertempat di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim Erdianto Sigit Cahyono kepada Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur sekaligus Ketua Baznas Jawa Timur Muhammad Roziqi pada hari Senin (29/08/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sangatmensyukuri adanya bantuan untuk para Imam Masjid se-Jawa Timur yang tidak lupa untuk diperhatikan juga. “Dengan bantuan yang diberikan berupa iuran pertama perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini setidaknya dapat membantu para imam-imam untuk terus semangat dalam menjalankan tugasnya”, ujar Baddrut Tamam.

Pada kesempatan tersebut, Erdianto Sigit Cahyono menyampaikan bahwa bankjatimberkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat Jawa Timur. Saya mohon doa dan dukungannya semoga bankjatim bisa terus menjadi mitra kerja yang handal dan cepat untuk Kabupaten Pamekasan.”

bankjatim mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepada bankjatim. Sampai dengan saat ini kinerja bankjatim terus menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik. Berbagai layanan e-channel yang dimiliki bankjatim semakin menambah kenyamanan nasabah dalam bertransaksi dengan cepat dan aman. Melalui fasilitas JConnect Mobile, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun nasabah berada.(ard)

 

Sunday, 21 August 2022 07:43

61 Tahun Bank Jatim Sat Set Wat Wet"

Written by

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM– Enam puluh satu tahun sudah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) berkiprah di dunia Perbankan. Selama itu pula bankjatim berusaha untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi perbankan. “Sat Set Wat Wet” menjadi semboyan semangat bankjatim untuk terus responsif dalam memberikan layanan, menciptakan inovasi, serta meningkatkan kinerja keuangan secara keseluruhan demi mewujudkan visi menjadi BPD nomor satu di Indonesia.

Pertumbuhan kinerja yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja dimasa mendatang. 

Kinerja bankjatim lima tahun terakhir

Tahun 2017 aset 51,52 Triliun, Loan 31,75 Triliun DPK 39,84, Laba Bersih1,16 Triliun Sementara Tahun 2018 aset 62,69 T, Loan

33,89 T,DPK 50,92, Laba bersih1,26 T,

Tahun 2019 Aset 76,72 T, Loan 38,35 T, DPK 60,55 T, Laba Bersih 1,38 T,

Tahun 2020 Aset 83,62 T,loan 41,48 T, DPK 68,47 T, Laba bersih 1,49 T,

Tahun 2021 Aset 100,23 T,

Loan 42,75 T, DPK 83,20 T

Laba Bersih 1,52 T

Kinerja yang terus tumbuh selama lima tahun terakhir juga menjadi bukti bahwa bankjatim dapat menjawab tantangan yang cukup berat beberapa tahun kebelakang. Menjadi semakin tangguh dan tumbuh, kinerja keuangan bankjatim semester I Tahun 2022 juga menunjukkan performa yang bagus bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja Juni 2022, bankjatim mampu mencatatkan aset sebesar Rp. 108,93 Triliun dan tumbuh 14,08%, sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 815 Miliar atau tumbuh 1,49% (YoY).  Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim yang mencatatkan pertumbuhan  16,41% (YoY) yaitu sebesar Rp. 94,90 triliun. Sedangkan dari sisi pembiayaan, bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 2,21% (YoY) atau sebesar Rp. 43,54 Triliun. 

Menyambut Hari Kemerdekaan bankjatim mengadakan beberapa lomba dengan total hadiah sebesar Rp. 45 Juta yang diikuti oleh para pegawai bankjatim dan masyarakat umum demi menunjukkan semangat kemerdekaan tahun ini. Mulai dari E-sport, hingga lomba band antar pelajar se-Jawa Timur diadakan untuk mencari para bibit bibit unggul para gamer dan talenta band di Jawa Timur. Saat ini e-sport sendiri merupakan cabang olahraga yang sudah menjadi industri bisnis yang berpotensi untuk membangkitkan ekonomi. Industri musik yang sudah mulai menggeliat pasca pandemi juga menjadi alasan utama bankjatim mengadakan festival band antar pelajar.

 

Bertempat di ruang Bromo Lantai 5 Kantor Pusat bankjatim (17/08), dan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke tujuh puluh enam Republik Indonesia (RI), bankjatim merayakan hari jadi ke enam puluh satu tahun secara hybrid dan sederhana. Namun demikian keadaan tersebut tidak lantas kemudian menurunkan semangat kemerdekaan dalam memperingati HUT RI & bankjatim. 

 

Untuk pertama kalinya pasca pandemi, bankjatim mengadakan puncak Hari Ulang Tahun yang kali ini diadakan di Airlangga Convention Center Kampus C Unair Surabaya. Rangkaian kegiatan diawali dengan pemberangkatan Runner dan Jalan Sehat yang diikuti oleh Keluarga besar bankjatim yang ada di daerah Surabaya dan sekitarnya. Dalam kegiatan tersebut juga tercipta rekor MURI “Jalan Sehat Secara Serentak Oleh Karyawan Bank Daerah Terbanyak.

 

Sebelum pemberangkatan runner dan jalan sehat, Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menyampaikan terimakasih yang sebesar besar nya kepada seluruh insan Jatimers yang telah bekerja keras selama ini sehingga di usia yang ke 61 ini, kinerja bankjatim terus tumbuh dan berkembang. “semoga kedepan bankjatim mampu mewujudkan impian untuk menjadi BPD nomor 1 di Indonesia”, harap Busrul.

 

“Pada tahun ini tagline HUT kita bertema Sat Set Wat Wet, yang merupakan semangat kita untuk lebih responsif dan tanggap dalam menyongsong perubahan yang cepat pada era digital saat ini. Para insan jatimers harus berani bertransformasi untuk  keluar dari comfort zone atau zona nyaman, sehingga bankjatim mampu menciptakan inovasi-inovasi yang dapat menunjang kinerja bankjatim secara keseluruhan” imbuh Busrul.

 

Pada kesempatan kali ini, bankjatim juga memberikan penghargaan kepada para UMKM binaan bankjatim melalui ajang UMKM Awards. UMKM Awards adalah Sebuah ceremonial tahunan yang diadakan oleh bankjatim sejak Tahun 2016 sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku UMKM binaan bankjatim yang telah menyediakan lapangan pekerjaan baru serta membantu meningkatkan  kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. UMKM Award merupakan program bankjatim yang selaras dengan tujuan JATIM SEJAHTERA, yang termasuk di dalam program unggulan Nawa Bhakti Satya dari Gubernur Jawa Timur.

 

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa beserta jajaran manajemen bankjatim. Dalam kesempatan tersebut, bankjatim melakukan Launching Jconnect Remittance yang secara pararel juga dilakukan di Negara Malaysia. Sebelumnya soft Launching JConnect Remitance telah dilakukan pada 3 daerah yaitu di Kabupaten Banyuwangi, Lamongan, dan Tulungagung. Setelah acara launching Khofifah berkesempatan untuk melakukan interaksi langsung kepada pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia yang disertai dengan prosesi transaksi. JConnect Remitance merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang yang bekerjasama dengan Merchant Trade Asia. Manfaat Jconnect Remitance dapat melakukan pengiriman uang dengan maksimal transaksi sampai dengan Rp99.000.000,. Transaksi juga dapat dilakukan real time 24 jam dan tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman. 

 

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa kondisi global saat ini sedang tidak baik-baik saja, potensi krisis energi, krisis pangan, dan krisis ekonomi bisa saja terjadi. “maka bankjatim yg bergerak di bidang keuangan harus tetap waspada dalam menjalankan bisnisnya”, ujar khofifah

 

“Slogan sat set wat wet yang berarti cekatan wajib dibarengi dengan kehati hatian atau lebih prudent dalam menjalankan fungsinya sebagai lokomotif pembangunan di Jawa Timur”, terang Khofifah.

 

“Saya berharap dengan adanya launching beberapa produk dan layanan baru termasuk JConnect Remittance pada hari ini dapat mewujudkan impian bankjatim menjadi BPD nomor 1 di Indonesia”, tutup Khofifah.

Edi Masrianto selaku Direktur Komersial dan Korporasi bankjatim mengatakan JConnect Remittance merupakan gambaran kolaborasi antara bankjatim dengan Merchant Trade Asia dalam melakukan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

 

“Saya tahu tujuan mayoritas semua imigran yang bekerja diluar negeri yaitu untuk mensejahterakan keluarganya. Untuk itu bankjatim membantu para migran Indonesia mengirim uang kepada keluarganya, karena mengirimkan uang dari luar negeri tidak semudah kita mengirimkan uang sesama di dalam negeri, terkadang harus menunggu lama tapi dengan adanya JConnect Remitance bisa menjadi real-time,” ucap Edi.

 

Edi juga membeberkan bahwa saat ini bankjatim baru bisa mencakup wilayah Malaysia namun kedepannya akan melakukan peluasan di negara-negara Asia lain. “Saat ini kita baru bisa bekerja sama dengan Malaysia, kedepan akan ada Singapura, Korea, Hongkong, Taiwan,” imbuh Edi.

 

Edi berharap, Para migran Indonesia khususnya yang berasal dari Jawa Timur dapat lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman dalam melakukan transaksi pengiriman uang kepada keluarganya di Indonesia. “Para migran Indonesia juga akan berkesempatan mengikuti undian tabungan yang akan diundi setiap tahunnya”, tutup edi.

Managing Director Merchantrade Asia Ramasamy K. Veeran yang merupakan rekanan bankjatim yang berada di Malaysia menjelaskan bahwa bankjatim merupakan Bank Daerah pertama yg bekerjasama dengan Merchantrade Asia. “saya pikir terdapat potensi yang besar di Jawa Timur, karna disana banyak sekali migran-migran yang membutuhkan Merchantrade Asia”, terang Rama.

 

“Selama ini kami sudah bekerjasama dengan 4 bank di Indonesia, dan bankjatim merupakan bank daerah pertama yang berjasama dengan kami, manfaat bekerjasama dengan kami adalah infrastruktur kami cukup besar karena kami memiliki cabang hampir diseluruh Malaysia sehingga para migran Indonesia dapat dengan mudah menemukan Merchantrade Asia” jelas Rama.

 

Rangkaian kegiatan HUT bankjatim juga dimeriahkan oleh sejumlah artis nasional untuk menghibur para peserta jalan sehat dan keluarga besar bankjatim yang telah hadir pada kegiatan tersebut. Diawali dengan performance stand up comedy Cak Lontong yang menampilkan lawakan – lawakan konyol dan lucu. Dilanjutkan dengan performance Novia Bachmid yang merupakan salah satu kontestan ajang pencari bakat menyanyi terpopuler di Indonesia. Rangkaian HUT bankjatim kemudian ditutup dengan performance dari Happy Asmara yang merupakan artis nasional asal Jawa Timur.(ard)

6

Wednesday, 03 August 2022 13:19

Tiga Anggota Dewan Tulungagung Jadi Tersangka KPK

Written by

 

TULUNGAGUNG,KORANRAKYAT.COM      Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung sebagai tersangka dugaan suap ketok palu APBD dan APBD-P Kabupaten Tulungagung. Ketiga legislator daerah itu yakni Adib Makarim, Agus Budiarto dan Imam Kambali.

“KPK melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup sehingga KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (3/8).

Penetapan tersangka ini merupakan hasil dari pengembangan perkara yang menjerat mantan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan mantan Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Supriyanto. Perkara keduanya telah berkekuatan hukum tetap atau sudah diputus pengadilan.

 

Dalam konstruksi perkara, Karyoto menjelaskan ketiga tersangka merangkap jabatan sebagai Wakil Ketua Anggaran periode 2014-2019. Pada September 2014, Supriyono selaku Ketua DPRD Kabupateng Tulungagung bersama dengan Adib Makarim, Agus Budiarto, dan Imam Kambali melakukan rapat pembahasan RAPBD TA 2015. Pembahasan tersebut terjadi deadlock dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

“Akibat deadlock tersebut, Supriyono bersama AM (Adib Makarim), AG (Agus Budiarto), dan IK (Imam Kambali) kemudian melakukan pertemuan dengan perwakilan TAPD,” ucap Karyoto.

Dalam pertemuan tersebut, keempatnya diduga berinisiatif untuk meminta sejumlah uang agar proses pengesahan RAPBD TA 2015 menjadi APBD dapat segera disahkan dengan istilah uang ketok palu.

“Adapun nomimal permintaan uang ketok palu yang diminta Supriyono, AM (Adib Makarim), AG (Agus Budiarto), dan IK (Imam Kambali) tersebut diduga senilai Rp 1 miliar dan selanjutnya perwakilan TAPD menyampaikan pada Syahri Mulyo selaku Bupati Kabupaten Tulungagung yang kemudian disetujui,” papar Karyoto.

Selain uang ketok palu, diduga ada permintaan tambahan uang lain sebagai jatah banggar yang nilai nominalnya disesuaikan dengan jabatan para anggota DPRD. Penyerahan uang diduga dilakukan secara tunai di Kantor DPRD Kabupaten Tulungagung selama kurun waktu pada 2014–2018.

“Diduga ada beberapa kegiatan yang diminta oleh IK (Imam Kambali) sebagai perwakilan Supriyono, AM (Adib Makarim), dan AG (Agus Budiarto) untuk dilakukan pemberian uang dari Syahri Mulyo, di antaranya pada saat pengesahan penyusunan APBD murni maupun penyusunan perubahan APBD,” urai Karyoto.

KPK menduga, para tersangka masing-masing menerima uang ketok palu sejumlah sekitar Rp 230 juta. Mereka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang- Undang Hukum Pidana. (as)

SURABAYA, KORANRAKYAT.COM| Dalam menyambut Peringatan Tahun Baru Islam (1 Muharram) Tahun 1444 H / 2022 M, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) berpartisipasi dalam kegiatan Gowes Bareng Gubernur Jawa Timur. Dengan tema “1444 Penggowes Menyemarakkan 1 Muharram 1444 H bersama Gubernur Jawa Timur”, bankjatim berpartisipasi dalam bentuk Hadiah Utama 3 paket Umroh dari total 5 paket Umroh bagi para pegowes yang beruntung dalam kegiatan tersebut.

 

Selain hadiah utama tersebut, berbagai doorprize juga disediakan oleh penyelenggaa mulai dari barang elektronik hingga sepeda motor. Pelaksanaan gowes atau bersepeda ditempuh sejauh 7 km dengan rute Gubernur Suryo- Panglima Sudirman – Sono Kembang – Karimun Jawa –Raya Gubeng – Sumatera – Jl. Stasiun Gubeng – Jl. Anggrek – Kusuma Bangsa – Jl. Ambengan – Jl. Ngemplak – Simpang Dukuh – Gubernur Suryo.

 

Pada kegiatan tersebut, para pegowes juga dapat menikmati food bazar di depan lokasi start Gedung Negara Grahadi yang menghadirkan Pedagang Kaki Lima (PKL). Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyediakan sentra vaksinasi booster sebanyak 1444 dosis bagi masyarakat yang berada di halaman Gedung Negara Grahadi.

 

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman yang hadir langsung dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini selain untuk menyambut tahun baru 1 Muharram 1444 Hijriah, dapat menjadi ajang penggerak ekonomi masyarakat Jawa Timur khususnya bagi para pelaku usaha non formal yang telah dihadirkan dalam kegiatan ini. “bankjatim juga memberikan support penuh dalam kegiatan ini dalam bentuk Hadiah Utama 3 (tiga) paket umroh kepada para penggowes yang beruntung” tutup Busrul.

Bankjatim melalui Unit Usaha Syariah (UUS) juga memiliki Fasilitas Tabungan Umroh iB Amanah yang merupakan simpanan berdasarkan prinsip syariah sebagai sarana untuk mendapatkan porsi umroh. Cukup dengan pembukaan rekening awal sebesar 100 ribu rupiah dan tanpa biaya bulanan, sobat bankjatim sudah dapat melakukan pembukaan rekening Tabungan Umroh iB Amanah. (ard)

JAKARTA.KORANRAKYAT.COM – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) berhasil mengukir prestasi setelah berhasil meraih penghargaan dalam ajang “Corporate Reputation Awards 2022 (3rd Anniversary)” dan PR Strategy Awards 2022 yang diselenggarakan oleh The Iconomics bertempat di Hotel JS Luwansa Said, Jakarta (29/07). 

Untuk ketiga kalinya The Iconomics memberikan penghargaan kepada institusi terbaik dalam membangun citra organisasi melalui Corporate Reputation Awards. Penilaian reputasi perusahaan tersebut meliputi Business & Commercial Reputation, People & Leadership Reputation, serta Social & Citizenship Reputation. Dengan landasan tersebut, The Iconomics Research & Consulting menetapkan bankjatim sebagai penerima penghargaan Corporate Reputation Awards 2022 dalam kategori Bank Daerah.

Corporate Secretary bankjatim Budi Sumarsono yang hadir secara virtual mewakili Direktur Utama, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang telah kami terima. “Kami juga berterimakasih kepada para stakeholder dan shareholder atas support yang selama ini diberikan kepada bankjatim. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja  ke depan, terutama dalam menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan sehingga dapat terus maju, serta berkontribusi dalam perekonomian di Indonesia khususnya di Jawa Timur”, terang Budi Sumarsono.  

“Penghargaan ini tentunya menjadi sangat spesial bagi kami mengingat bankjatim terus menunjukkan performa dan kinerja yang terus meningkat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan transformasi dan berbagai inovasi yang terus kami lakukan secara masif agar bankjatim tetap kompetitif di era digital, selain itu kami juga berterimakasih kepada Jatimers yang telah berkomitmen untuk terus menigkatkan kinerja perusahaan,”  tutup Budi Sumarsono.(ard)

 

SURABAYA ,KORANRAKYAT.COM,  25 Juli 2022. Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi kepada publik, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan II 2022. Pada Triwulan II, bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

Bertempat di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Analyst Meeting dihadiri langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman. Pada kesempatan tersebut Busrul Iman memaparkan kinerja keuangan bankjatim Semester I 2022 yang menunjukkan performa positif dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Jika dibandingkan dengan kinerja industri perbankan secara nasional dan regional Jawa Timur, pertumbuhan kinerja bankjatim berada diatas pertumbuhan rata rata.

bankjatim tetap mempertahankan asetnya diatas seratus triliun di Semester I dengan mencatatkan aset sebesar Rp. 108,93 Triliun dan tumbuh 14,08%, sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 815 Miliar atau tumbuh 1,49% (YoY).  Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim yang mencatatkan pertumbuhan  16,41% (YoY) yaitu sebesar Rp. 94,90 triliun. Pertumbuhan DPK yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim terus meningkat. 

Dari sisi pembiayaan, bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 2,21% (YoY) atau sebesar Rp. 43,54 Triliun. Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Juni 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 17,58 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 4,92 %, dan Return On Asset (ROA) 2,05 %.

Selama Triwulan II, bankjatim meraih berbagai penghargaan prestisius dari berbagai ajang yang berbeda. Pada bulan April bankjatim berhasil memborong penghargaan dari ajang Infobank Digital Brand 2022 dan Top BUMD Awards 2022. bankjatim berhasil meraih 5 (lima) penghargaan kategori Bank Umum Konvensional, Tabungan Bank Umum Konvensional, Wealth Management Bank Umum Konvensional, Mobile Banking Bank Umum Konvensional, serta Unit Usaha Syariah Bank Umum Konvensional dalam ajang Infobank Digital Brand 2022. Sedangkan dalam ajang Top BUMD Awards 2022, bankjatim berhasil meraih 2 (dua) penghargaan kategori yaitu TOP BUMD 2022 #Star 5 dan Golden Star Trophy.

Berlanjut di bulan Mei, penghargaan pertama yang diraih bankjatim adalah The Best BPD kategori BPD KMBI 2 (Modal Inti Rp 6 Triliun s.d 14 Triliun) beraset > Rp. 100 Triliun yang diselenggarakan oleh Infobank Media Group bekerjasama dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA). Di bulan yang sama, bankjatim berhasil menempati Top 50 Emiten Kapitalisasi Pasar Menengah (Mid Cap PLCs) dengan praktik Tata Kelola Perusahaan Terbaik dan meraih kategori Best Disclosure dan Transparency dalam ajang The 13th IICD Award.  Masih di bulan yang sama, bankjatim berhasil meraih kategori sebagai Bank Terbaik 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor Berita Satu Media Holdings. 

Di penghujung Triwulan II, bankjatim berhasil memborong 6 (enam) penghargaan sekaligus dari dua ajang penghargaan yang berbeda. bankjarim berhasil meraih penghargaan dari The Iconomics dengan kategori “As One Among The Winning Brands in Financial Industry”. Selanjutnya bankjatim juga berhasil meraih penghargaan pada ajang 19th Banking Service Excellence Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Infobank, tidak tanggung-tanggung bankjatim kali ini berhasil meraih 5 (lima) penghargaan pada kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) yaitu kategori media sosial, call center, mobile banking , sms banking, serta kategori Best overall Performance

Untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan, bankjatim  telah menyematkan fasilitas BI-FAST pada fitur JConnect Mobile bankjatim sejak pertengahan bulan Juni yang lalu. Dengan BI-FAST, sobat bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,- sekali transaksi. Penggunaan BI-FAST saat ini dapat dilakukan melalui JConnect Mobile bankjatim dengan aman karena telah dilengkapi fitur fraud detection dan AML/CFT, sehingga tidak perlu was was dalam menggunakan BI-FAST.

Layanan BI-FAST semakin melengkapi fitur JConnect mobile bankjatim yang saat ini telah memiliki berbagai fitur untuk memudahkan transaksi keuangan perbankan. Dengan JConnect sobat bankjatim dapat melakukan berbagai transaksi keuangan mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya. (ard)

Wednesday, 15 June 2022 16:07

Alat Excavator CSR Bank Jatim Untuk Pemkab Gresik

Written by

 

 

GRESIK|KORANRAKYAT.COM, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) bankjatim peduli sebagai tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Pada kesempatan kali ini, bankjatim menyerahkan 1 unit Excavator kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Bertempat di Kantor Bupati Gresik (15/06), CSR diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama bankjatim, Busrul Iman kepada Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani.

CSR ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen bahwa bankjatim hadir di tengah – tengah masyarakat. Seperti kita ketahui bersama, banjir sungai Kali Lamong yang berada di wilayah selatan sangat berdampak bagi warga sekitar. Melalui penyerahan alat berat excavator ini, diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Gresik dalam melakukan penanganan bencana dan revitalisasi Kali Lamong.

“bankjatim sebagai bank-nya masyarakat Jawa Timur tidak hanya fokus mengelola bisnis, tetapi kami berkomitmen memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Jawa Timur melalui CSR bankjatim peduli. Semoga bantuan excavator ini dapat bermanfaat bagi Pemkab Gresik terutama untuk membenahi Kali Lamong.” ujar Busrul.

Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani sangat mengapresiasi sinergitas bankjatim bersama Pemkab Gresik dan mengucapkan terimakasih atas kepedulian bankjatim kepada masyarakat Gresik melalui CSR bankjatim peduli.

“Terimakasih kepada bankjatim atas pemberian CSR ini. Semoga bantuan alat berat berupa 1 unit excavator dapat membantu percepatan revitalisasi Kali Lamong sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Gresik” tutup Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.(ard))

 

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  Next 
  •  End 
Page 1 of 8

.

Panggung Koruptor

  •  

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang

     
  •  

     

     

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM -- Baru beberapa hari jadi Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa jadi

     
  •  

     

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Kejaksaan Agung melalui Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat

     
  •  

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum