Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Presiden: Kepemimpinan Indonesia Berhasil Hasilkan Deklarasi G20 Bali
Last Updated on Nov 22 2022

Presiden: Kepemimpinan Indonesia Berhasil Hasilkan Deklarasi G20 Bali

  BALI,KORANRAKYAT.COM,- Kepemimpinan Indonesia pada G20 telah berhasil menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 Bali meski pada awalnya diragukan banyak pihak. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dalam penyusunan deklarasi berjumlah 52 paragraf tersebut, penyikapan perang di Ukraina merupakan hal...
Stop the War Jokowi Nyatakan Hingga Berkali Kali Stop Perang
Last Updated on Nov 22 2022

Stop the War Jokowi Nyatakan Hingga Berkali Kali Stop Perang

 BALI,KORANRAKYAT.COM ,- Presiden RI Joko Widodo dua kali menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk menghentikan perang, dalam sambutan pembukaan Sesi III KTT G20 Indonesia, di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Rabu. "Yang Mulia saya menyatakan pertemuan kita dibuka kembali. Mengawali...
Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina
Last Updated on Nov 22 2022

Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina

BALI,KORANRAKYAT.COM, Mayoritas anggota G20 mengecam keras perang Rusia-Ukraina yang masih berkecamuk, dalam deklarasi bersama G20 Bali Leaders Declaration. Dalam dokumen deklarasi KTT G20 yang dilihat  wartawan  pada Rabu (16/11/2022), anggota kelompok tersebut menyebut perang di Ukraina...
Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, NATO Langsung Rapat Darurat di Bali, Menlu Rusia Pilih Cabut dari KTT G20
Last Updated on Nov 22 2022

Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, NATO Langsung Rapat Darurat di Bali, Menlu Rusia Pilih Cabut dari...

BALI,KORANRAKYAT.COM,- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diwarnai ketegangan, itu setelah kabar rudal buatan Rusia dilaporkan menghantam Polandia, Selasa. Dua warga tewas dalam kejadian.Aliansi Militer Barat NATO yang berkumpul di sela konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 Bali langsung...
Bank Jatim Jalin Kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara
Last Updated on Nov 22 2022

Bank Jatim Jalin Kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara

  SURABAYA,KORANRAKYAT.COM | Dalam rangka mendukung pengembangan usaha di sektor perkebunan tebu dan industri gula khususnya yang ada di Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Sinergi Gula Nusantara...

World Today

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Presiden Joko Widodo menerima Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Giovani Vicenzo Infantino atau Gianni Infantino, bersama delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 18 Oktober 2022. Saat memberikan keterangan pers bersama, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah dan FIFA sepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh

Menurut Presiden, transformasi tersebut dilakukan guna memastikan seluruh aspek pertandingan berjalan sesuai standar yang keamanan yang ditetapkan FIFA, termasuk jaminan keselamatan pemain dan penonton. 

“Kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” ujar Presiden. 

Selain itu, lanjut Presiden, pemerintah Indonesia bersama FIFA akan mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia. Hal tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk memastikan proses transformasi sepak bola Indonesia berjalan baik. 

“Pemerintah bersama dengan FIFA ingin memastikan proses transformasi sepak bola Indonesia berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan,” lanjutnya. 

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyebut Presiden FIFA mengungkapkan rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban, serta rasa kepedulian atas tragedi tersebut. Tragedi yang terjadi pada 1 Oktober lalu menjadi pelajaran bagi dunia sepak bola, khususnya persebakbolaan Indonesia. 

“Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka,” tambahnya. 

Lebih lanjut, Presiden mendorong kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan FIFA dapat dijadikan sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia agar menjadi lebih baik lagi di masa depan. 

 

“Mari kita jadikan kesepakatan ini sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia agar sepak bola Indonesia menjadi kebanggaan nasional dan tampil lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tandasnya. (eas)

 

 

 

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM | Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Provinsi Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) berpartisipasi dalam turnamen olahraga antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Timur yang berlangsung mulai tanggal 8-9 Oktober 2022. Bertempat di SIER Sport Arena, turnamen diikuti oleh 10 (sepuluh) kontingen yaitu 9 kontingen BUMD Jatim dan 1 kontingen Biro Perekonomian Provinsi Jatim. Turnamen tersebut mempertandingkan 8 Cabang Olahraga antara lain sepak bola, futsal, bulu tangkis, tenis lapangan, bola voli, basket 3x3, tenis meja serta catur. Kegiatan pada (9/10) 2022

Turnamen olahraga antar BUMD yang juga dilengkapi dengan kegiatan donor darah serta pameran UMKM dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono. Dalam sambutannya Adhy Karyono menyampaikan selain untuk menyambut HUT Provinsi Jawa Timur ke-77, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan sinergi antar BUMD Jawa Timur. “selain itu juga mewujudkan sikap peduli serta sukarela dalam membantu sesama melalui kegiatan Donor Darah”, terang Adhy.

“Silaturahmi ini juga bisa menjadi ajang pendekatan secara business to business antar BUMD, melalui kegiatan ini kerjasama antar BUMD bisa terwujud sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Jatim”, imbuh Adhy. “Apabila pelaksanaan turnamen olahraga antar BUMD dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kinerja perusahaan, maka event olahraga antar BUMD yang baru pertama kali diselenggarakan ini bisa diselenggarakan tiap tahun”, tutup Adhy.

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman yang menghadiri pembukaan event tersebut berharap turnamen ini dapat mempererat silaturahmi antar karyawan BUMD sehingga sinergi dan kolaborasi antar BUMD menjadi semakin baik. “bankjatim selama ini rutin membina kegiatan olahraga maupun kegiatan positif lainnya dalam bentuk Work Life Balance (WLB). Dengan adanya WLB  dan turnamen antar BUMD ini, kami berharap dapat menjadi ajang untuk meningkatkan motivasi karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan”, ucap Busrul. 

Pada turnamen yang memperebutkan total hadiah senilai Rp. 67.500.000 tersebut, bankjatim sukses menjadi Juara Umum setelah berhasil menyabet juara pertama diseluruh Cabang Olahraga yang dilombakan. Kemenangan tersebut tak lepas dari semangat dan sportifitas tinggi yang dijunjung oleh para insan jatimers (sebutan untuk karyawan bankjatim) selama turnamen berlangsung. Prestasi membanggakan ini diharapkan dapat semakin mengobarkan semangat jatimers untuk terus meningkatkan kinerja bankjatim.

Direktur Komersial & Korporasi bankjatim Edi Masrianto yang hadir dalam penutupan turnamen, bersyukur bankjatim telah berhasil menjadi Juara Umum. “Saya mengucapkan terimakasih kepada insan jatimers yang telah bermain secara maksimal dan sportif sehingga bankjatim mampu menjadi juara pertama di seluruh Cabang Olahraga yang dipertandingkan, semoga kekompakan para jatimers di lapangan olahraga akan semakin meningkatkan kekompakan dan soliditas bankjatim”, harap Edi.(ard)

 

MALANG ,KORANRAKYAT.COM,- Tragedi kemanusiaan terjadi di Bumi Kanjuruhan Sabtu 1 Oktober kemarin. Ratusan korban meninggal unia usai pertandingan sepak bola itu. Melihat hal tersebut Bank Jatim yang diwakili oleh Bank Jatim Cabang Malang ikut berbelasungkawa atas banyaknya korban yang berjatuhan. Selain itu Bank Jatim juga memberikan bantuan bagi korban. 

“Kami memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 5 juta untuk korban meninggal dunia dan bantuan senilai Rp 2.5 juta untuk korban luka-luka,” ucap Peminpin Bank Jatim Cabang Malang Deddy  Adjie Wijaya, SE, MM, CHSM saat ditemui usai menyerahkan bantuan pada dua korban meninggal dunia di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang Minggu (2/10). 

Menurut Deddy saat ini Bank Jatim menyerahkan Bantuan sebanyak 33 bantuan sesuai data yang saat ini terverfikasi. Data tersebut menurutnya akan terus bergerak dan bersifat dinamis, Bank Jatim siap ikut serta memberikan bantuan kepada keluarga korban.

“Apa yang kami lakukan ini memang spontanitas dilakukan sebagai bentuk tanggap responsif bagi saudara Aremania. Karena kami banknya masayarakat Jawa Timur, Sudah sepatutnya kita membantu,” imbuh Deddy lagi. 

Tak hanya korban saja yang menjadi perhatian Bank Jatim. Tim relawan serta paramedis yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Saiful Anwar (RSSA) juga digelontor 300 paket makanan dan minuman. Jumlah bantuan tersebut bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Aksi tersebut menurut Deddy merupakan aksi inisiatif terkoordinasi yang dilakukan oleh Bank Jatim Kantor Pusat dan insan Jatimers. 

“Kita support konsumsi di sana, karena relawan dan paramedis juga berjibaku menolong korban sejak kemarin malam. Jadi selain korban kami pikir mereka juga sangat-sangat membutuhkan bantuan,” terang Deddy.)ard)

MALANG,KORANRAKYAT.COM,- Tragedi Stadion Kanjuruhan menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Sebanyak 130  orang korban jiwa  dilaporkan meninggal dunia dan ratusan lainnya dirawat di rumah sakit (RS).

            Stadion Kanjuruhan menjadi tuan rumah laga pekan ke-11 Liga 1 2022-20233 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022). Bertajuk derbi Jawa Timur, duel Arema FC vs Persebaya berlangsung ketat. Lima gol tercipta dalam laga ini.

            Tim tamu Persebaya unggul dua gol lebih dulu melalui aksi Silvio Junior (8') dan Leo Lelis (32'). Arema FC kemudian berhasil kedudukan lewat brace Abel Camara pada pengujung babak pertama (42', 45+1' -pen).

            Mobil Terbakar, Liga 1 Berhenti Namun, gol Sho Yamamoto pada menit ke-51, memastikan Arema bertekuk lutut di hadapan Persebaya dengan skor 2-3. Hasil pertandingan derbi Jatim ini ternyata tidak bisa diterima pendukung Arema FC.

            Mereka kecewa dan langsung berhamburan masuk ke lapangan dengan meloncati pagar, membuat situasi tak terkendali. Jajaran pengamanan pun terlihat kewalahan menghalau kericuhan tersebut. Situasi makin tak terkendali ketika pihak keamanan menembakkan gas air mata ke arah tribune penonton.

           Tragedi Kanjuruhan Arema, Polisi Buka Suara soal Tembakkan Gas Air Mata Kericuhan di Stadion Kanjuruhan menimbulkan korban yang tidak sedikit. Ratusan nyawa melayang. Menurut keterangan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, sebanyak 130  orang tewas, termasuk dua anggota Polri. "Dalam kejadian tersebut telah meninggal 130  orang, dua di antaranya anggota Polri," ungkap Nico dalam jumpa pers di Malang, Minggu (2/10/2022). Niro merinci, dari jumlah korban tewas, 34 di antaranya meninggal dunia di stadion, sisanya di rumah sakit. Selain itu, polisi mencatat, ada sekitar 180 orang yang tengah dirawat di sejumlah rumah sakit.

            Dugaan sementara, para korban terinjak-injak suporter lain, serta sesak nafas akibat semprotan gas air mata jajaran keamanan.

            Kericuhan Suporter Arema FC, PSSI Segera Investigasi dan Kasih Sanksi Berat Akibat insiden ini, kompetisi Liga 1 dihentikan untuk sementara selama sepekan. PT LIB dan PSSI sudah mengonfirmasi hal tersebut. Tragedi stadion terbesar kedua sepanjang sejarah Menilik data dari Football Stadiums, insiden di Kanjuruhan merupakan tragedi stadion sepak bola terbesar kedua dalam sejarah jika melihat jumlah korban meninggal.

            Adapun kejadian paling memilukan dalam sejarah sepak bola terjadi pada 24 Mei 1964 di Estadio Nacional, Lima, Peru. Saat itu, Peru bertanding melawan Argentina dalam kualifikasi Olimpiade. Peru tertinggal 0-1 dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir. Namun, gol penyama kedudukan Peru dianulir oleh wasit. Hal itu kemudian menimbulkan kerusuhan yang mengakibatkan 328 orang tewas.(nyo)


 

 

 

 

SAMARINDA,KORANRAKYAT.COM Piala Presiden berhasil diboyong Arema FC(AFC)  setelah berlaga  menahan  tim tuan rumah Borneo FC dengan skor 0-0. Disetadion  Sigiri Samarinda  Minggu (17/7) Tim besutan Arek Malang ini akhirnya jadi  juara.

            Tim Singo edan julukan dari Arema FC ini, pada laga awal sempat dipermalukan tim PSM Makasar dikandang sendiri pada laga perdana laga perdana Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan Malang dengan skor 0-1 akibat gol cepat gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, ketika pertandingan  baru berjalan satu menit. Namun berkat perjuangan dan kegigihan Arema FC arema bangkit kembali pada turnamen pramusim Piala Presiden 2022 Skuad asuhan Eduardo Almeida.

            Arema FC perlahan bangkit dengan memenangi laga kedua (vs Persik Kediri) dan ketiga (vs Persikabo 1973) di Grup D Piala Presiden 2022. Mereka selalu menang 1-0 ketika melakoni dua laga tersebut. Dalam laga kontra Persik Kediri, Arema FC menang berkat eksekusi penalti Irsyad Maulana pada menit ke-89.

            Sementara itu, ketika melawan Persikabo 1973 di laga terakhir Grup D, pasukan Singo Edan menang berkat tendangan bebas Gian Zola pada menit kesembilan. Singo Edan ke Perempat Final Piala Presiden Sepasang kemenangan atas Persik dan Persikabo otomatis menyelamatkan Arema FC yang sempat menelan kekalahan pada laga pertama kontra PSM Makassar. Bahkan, anak-anak asuh Eduardo Almeida lolos ke perempat final sebagai juara Grup D seusai memimpin klasemen dengan koleksi enam poin.

            Mereka lolos bersama PSM Makassar yang melaju ke perempat final Piala Presiden 2022 sebagai runner-up Grup D. Lalu, di perempat final, Arema FC tampak masih kesulitan. Mereka harus berjuang keras di hadapan runner-up Grup B, Barito Putera.

 

 Menang Adu Penalti, Singo Edan ke Semifinal! Singo Edan baru bisa memastikan kemenangan atas Barito Putera setelah beradu kemampuan dan mental di babak adu penalti. Arema FC unggul 5-4 ketika beradu penalti dengan Barito Putera. Mereka pun otomatis lolos ke semifinal dan bersua tim tangguh dari Jawa Tengah, PSIS Semarang.

            PSIS Semarang datang ke semifinal dengan catatan yang menjanjikan atau bahkan terlihat mengerikan bagi tim-tim lain. Klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar itu tak terkalahkan dan mampu mencetak 15 gol kala berjuang di fase grup.

            Sementara itu, di perempat final, PSIS Semarang mampu menyingkirkan Bhayangkara FC yang merupakan salah satu tim kuat dalam pergelaran Piala Presiden 2022.

 

            Penalti Jadi Penentu Lagi, Mahesa Jenar ke Semifinal! Kendati demikian, Arema FC yang menjadi lawan PSIS Semarang di semifinal Piala Presiden 2022, tampak tak gentar. Mereka justru tampil percaya diri hingga melibat PSIS Semarang dengan agregat 4-1. Hasil itu menjadi modal kepercayaan diri Arema FC untuk menatap final Piala Presiden 2022 kontra Borneo FC.

Sama seperti semifinal, partai puncak atau final Piala Presiden 2022 digelar dengan sistem dua leg (kandang dan tandang). Pada leg pertama di Stadion Kanjuruhan, Arema FC selaku tim tuan rumah berhasil menang 1-0 atas Borneo FC.

 Menang Agregat 4-1, Singo Edan Kembali ke Final Piala Presiden! Setelah itu, pada leg kedua, Arema FC yang bertamu ke Stadion Segiri, markas Borneo FC, mampu menahan imbang tim tuan rumah.

Akhirnya, Arema FC menang dengan agregat 1-0 dan berhak merengkuh gelar juara Piala Presiden 2022.

            Keberhasilan Arema FC dalam meraih gelar juara Piala Presiden 2022 sekaligus melahirkan catatan sejarah. Arema FC menjadi tim pertama yang meraih dua gelar juara secara beruntun dalam sejarah Piala Presiden.

Sebelum berjaya pada edisi 2022, mereka lebih dulu menjadi juara pada edisi 2019.  Kini, Arema FC juga semakin menegaskan diri sebagai tim tersukses dalam sejarah Piala Presiden 2022.

 3 Mantra Organisasi, Kerja, dan Keluarga Selain menjadi juara edisi 2019 dan 2022, mereka juga berjaya pada Piala Presiden 2017. Keberhasilan Arema FC dalam menjuarai Piala Presiden 2022 tak hanya melahirkan sejarah bagi tim dan turnamen.

            Di samping itu, Eduardo Almeida selaku pelatih Arema FC juga mengukir sejarah pribadi dengan meraih gelar juara pertama di Indonesia. Eduardo Almeida meraih gelar pertama ini setelah hampir dua tahun berkarier di Indonesia. Riwayat hasil Arema FC pada Piala Presiden 2022:

 

            Fase Grup Arema FC 0-1 PSM Makassar Persik Kediri 0-1 Arema FC Persikabo 1973 0-1 Arema FC Perempat Final Arema FC 0-0 Barito Putera (Penalti 5-4) Semifinal Leg 1: PSIS Semarang 0-2 Arema FC Leg 2: Arema FC 2-1 PSIS Semarang Final Leg 1: Arema FC 1-0 Borneo FC Leg 2: Borneo FC 0-0 Arema FC .(dil)

 

Wednesday, 16 March 2022 14:34

Para Pembalap MotoGP 2022 Bertemu Presiden Jokowi

Written by

 

 

JAKARTAIKORANRAKYAT.COM,-Presiden Joko Widodo menerima kunjungan sejumlah pembalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 16 Maret 2022. Salah satu pembalap yang hadir, Marc Marquez, menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi yang telah menerima kunjungan para pembalap dengan ramah dan menyenangkan.

"Tentu ini sangat menyenangkan dan Bapak Presiden menerima kunjungan kami dengan baik," ujar Marc Marquez yang merupakan pembalap dari Repsol Honda Team.

Marquez juga menyebut bahwa para pembalap MotoGP sudah sangat menantikan untuk mengikuti balapan di Sirkuit Mandalika. Ia pun mengaku tidak sabar untuk balapan langsung di hadapan para penggemar MotoGP yang ada di Indonesia.

"Kami menantikan balapan di depan penggemar kami di Indonesia," ucapnya.

Senada, Joan Mir, pembalap Suzuki Ecstar Team, turut menyatakan kegembiraannya bisa bertemu dan menyapa langsung Presiden Jokowi. Ia juga mengaku sangat menikmati pertemuan tersebut.

"Saya merasa sangat bersemangat. Senang bisa bertemu dan menyapa langsung Bapak Presiden," ujar Joan Mir.

Selain itu, Mario Aji, pembalap Honda Team Asia, juga mengapresiasi pertemuan para pembalap MotoGP dengan Presiden Jokowi. Menurutnya, pertemuan tersebut bisa menjadi motivasi bagi para pembalap sebelum bertanding di MotoGP 2022.

"Sangat luar biasa, apresiasi untuk Bapak Presiden sudah mengundang _rider_ Indonesia yang juga berjuang untuk mengharumkan nama bangsa, Mario tentu saja jadi bisa termotivasi lah untuk menjalankan balapan minggu ini," ujar Mario.

Mario pun meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar pembalap Indonesia yang ikut berjuang dalam ajang MotoGP 2022 bisa memberikan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Mohon doa dan dukungan untuk _rider_ Indonesia, semua _rider_ agar bisa mengharumkan nama bangsa dan tentunya kami memberikan yang terbaik nanti," ungkapnya.(eas)

 

 

 

 

 

JAKARTA|KORANRAKYAT.COM - Pertamina kembali berkontribusi untuk negeri dengan memberikan dukungan penuh pada event MotoGP Mandalika,  yang  secara resmi penyebutannya menjadi “Pertamina Grand Prix of Indonesia”. Kiprah ini sejalan arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya Mandalika Nusa Tenggara Barat dan dan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui event International MotorSport ke Indonesia. Hal ini melengkapi dukungan sebelumnya yang telah Pertamina berikan untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. 

Mewujudkan langkah tersebut, Pertamina menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dorna Sports. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dan Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta (secara online) dan disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022. 

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sambutannya menyampaikan Presiden Joko Widodo sejak awal mendorong event internasional di Indonesia antara lain seperti  Asian Games dan World Superbike yang telah sukses diselenggarakan. Menteri BUMN berterima kasih atas keseriusan yang dilakukan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan ITDC.

“Tentu apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertamina yang memang sekarang kita terus dorong sebagai perusahaan global. Kita punya target pertamina mempunyai valuasi yang sangat besar 100 miliar dollar,”ujar Erick.

Pada kesempatan yang sama, Nicke Widyawati mengungkapkan  dukungan penuh Pertamina dalam menghadirkan “Pertamina Mandalika International Street Circuit” dan ajang balap “Pertamina Grand Prix of Indonesia” diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan potensi pariwisata, serta memajukan ekosistem olahraga motorsport di Indonesia.

“Semoga kehadiran sinergi BUMN ini memberikan multiplier effect dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas bagi Pertamina, produk-produk BUMN maupun UMKM yang berada di Mandalika maupun di daerah lain” ujar NIcke. 

Nicke menuturkan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia ini sudah sangat dirindukan masyarakat setelah terakhir dilakukan di Indonesia 25 tahun yang lalu dan diharapkan event ini menjadi momentum kebanggaan bangsa Indonesia dan semangat untuk segera bangkit pasca pandemi.

“Dengan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia ini kita dapat memperkuat nation branding Indonesia sebagai negara yang resilient di tengah krisis pandemi global,”imbuhnya.

Carlos Ezpeleta mengatakan sangat gembira dengan masuknya Pertamina  sebagai pendukung utama Grand Prix of Indonesia.  Kerjasama ini semakin memperkuat kehadiran Pertamina dan Indonesia dalam olahraga ini, selain menjadi pendukung  utama Sirkuit Mandalika dan sebelumnya juga mendukung tim SAG Pertamina Mandalika yang berlaga di Moto2™️ World Championship.

“Dorna Sport dengan bangga mengumumkan kesepakatan kerjasama untuk gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia. Dan akan memastikan Pertamina, Indonesia dan Pulau Lombok terdepan dan menjadi pusat perhatian di panggung internasional.,” kata Carlos.

Pada kesempatan yang sama Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Sirkuit Mandalika yang  memegang lisensi penyelenggaraan MotoGP di Indonesia  menyampaikan kesiapannya menjadi tuan rumah Pertamina Grand Prix of Indonesia.  

"Kami sangat bergembira dengan kerjasama antara Dorna Sport dan Pertamina. Hal ini menunjukkan kolaborasi yang kuat antar BUMN di Indonesia dalam menyukseskan penyelenggaraan balap motor MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit," ujarnya.

Keseruan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia juga dapat dirasakan warga Jakarta di "Mandalika GP Hub presented by Pertamina". Berlokasi di oval atrium Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Mandalika GP Hub akan hadir mulai tanggal 10 Februari - 30 Maret 2022 dengan pelayanan dan konten-konten seru diantaranya  penjualan tiket, merchandise, games, dan permainan seru hingga pameran kultur Lombok.

Untuk kemudahan masyarakat pencinta otomotif, terutama pada olahraga balap motor, penjualan tiket Pertamina Grand Prix of Indonesia juga bisa diakses masyarakat melalui aplikasi MyPertamina(as)

 

 

 

The great fights with your strongest rivals are always the biggest motivation. When you win easily it's not the same taste. Valentino Rossi

 JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Pandemi covid-19 telah membuat banyak kegiatan olah raga besar mengalami penundaan. Namun akhir-akhir ini beberapa cabang olah raga, tim dan para atletnya mulai berkompetisi kembali. Pertanyaannya apakah kegiatan tersebut aman? Karena virus covid-19 masih ada, vaksin belum merata dan kasus masih tinggi. Serta bagaimana melindungi para atlet dan juga penonton di lapangan.

WHO telah mengeluarkan panduan untuk penyelenggaraan kegiatan olah raga yang melibatkan kerumunan massa yang besar. Negara, federasi/persatuan olah raga dan para pemilik klub didorong untuk mengevaluasi resiko dan mitigasi terhadap resiko serta menyampaikan komunikasi publik yang efektif.

Dalam Petunjuk Internal WHO 2020 yang merupakan referensi bagi federasi olah raga atau panitia penyelenggara ketika merencanakan pengumpulan massa yang berkaitan dengan covid-19, dikategorikan olah raga yang resiko rendah dan resiko tinggi. Olah raga beresiko rendah adalah manakala jaga jarak fisik dimungkinkan, misalnya panahan, menembak dan beberapa kegiatan atletik. Olah raga beresiko tinggi meliputi olah raga dengan kontak fisik. Kontak fisik dan erat diantara atlet akan meningkatkan resiko penularan covid-19.1-3

Akibat pandemi maka musim MotoGP 2020 terkena imbas pembatalan atau penundaan yaitu Grand Prix Jepang, Inggris, Australia, dan Finlandia, juga Helmets Motorrad GP Jerman, Motul TT Assen, Shark Helmets GP Perancis, Red Bull Grand Premio Spanyol, MotoE, Gran Premio Motul Argentina, Red Bull GP Amerika, GP Thailand dll.4

 Travel Bubble

 Travel bubble, juga dikenal sebagai koridor perjalanan dan koridor korona, pada dasarnya adalah kemitraan eksklusif antara dua negara atau lebih yang telah menunjukkan keberhasilan yang cukup besar dalam menahan dan memerangi pandemi COVID-19 di dalam perbatasan masing-masing.

 Negara-negara ini kemudian melanjutkan untuk membangun kembali koneksi di antara mereka dengan membuka perbatasan dan memungkinkan orang untuk bepergian dengan bebas di dalam zona tanpa perlu menjalani karantina saat kedatangan.

 Sistem bubble akan memisahkan seseorang yang memiliki risiko terpapar Covid-19, baik dari riwayat kontak atau riwayat bepergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas dengan masyarakat umum dan disertai dengan pembatasan interaksi hanya kepada orang di dalam satu area pemisahan yang sama.5

 Didalam sistem bubble maka seluruh aktivitas selama kegiatan harus sesuai dengan rencana kegiatan. Seluruh peserta dilarang untuk melaksanakan aktivitas lain diluar dari rencana

 kegiatan yang ditetapkan. Panitia pelaksana bertanggung jawab dalam penyediaan akomodasi, transportasi dan selama kegiatan latihan dan pertandingan. Hukuman spesifik terhadap pelanggaran protokol kesehatan akan dijatuhkan sesuai aturan panitia. Para peserta yang tidak lagi bertanding dapat meninggalkan area bubble setelah melaksanakan tes PCR. Bagi mereka yang telah meninggalkan bubble tidak diperbolehkan masuk kembali kearea bubble. Peserta hanya boleh beraktivitas di dalam hotel, tempat latihan dan pertandingan yang disiapkan panitia. Yang dimaksud peserta adalah atlet, pejabat, wasit, tim, panitia, partner media dan sponsor.6

 Dispensasi berupa pengecualian kewajiban karantina dengan syarat menerapkan sistem bubble dan protokol kesehatan ketat, dapat diberikan kepada WNA dengan kriteria sebagai berikut: pemegang visa diplomatik dan visa dinas; pejabat asing setingkat menteri keatas beserta rombongan yang melakukan kunjungan resmi/kenegaraan; pelaku perjalanan yang masuk ke Indonesia melalui skema Travel Corridor Arrangement; delegasi negara-negara anggota G20; dan pelaku perjalanan yang merupakan orang terhormat (honourable persons) dan orang terpandang (distinguished persons).

 Permohonan dispensasi berupa pelaksanaan karantina mandiri dan pengecualian kewajiban karantina diajukan minimal 7 hari sebelum kedatangan di Indonesia kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional dan dapat diberikan secara selektif, berlaku individual, dan dengan kuota terbatas berdasarkan kesepakatan hasil koordinasi antara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, serta Kementerian Kesehatan. 5

 Protokol Kesehatan Travel Bubble

 Sebelum kedatangan mereka harus sudah vaksin dosis lengkap minimal 14 hari sebelum keberangkatan yang terverifikasi di website Kemenkes atau e-Hac. Hasil tes RT-PCR negatif 3x24 jam sebelum keberangkatan, menggunaan Aplikasi Peduli Lindungi. Diperlukan juga visa kunjungan wisata, asuransi kesehatan yang menanggung pengobatan Covid-19 dan memiliki bukti booking dan pembayaran paket wisata travel bubble.

 Pada saat kedatangan dilaksanakan tes ulang PCR di bandara/pelabuhan. Apabila hasil tes ulang positif, wisatawan terkonfirmasi ditindaklanjuti untuk isolasi. Apabila hasil tes ulang negatif, wisatawan melanjutkan perjalanan, dimana wisatawan diorganisir/dikelompokkan ke dalam kelompok bubblenya. Kemudian pengambilan bagasi dan desinfeksi bagasi dilanjutkan dengan penjemputan dan pengantaran ke lokasi tujuan wisata.

 Selama wisata maka peserta bubble hanya berinteraksi dengan bubble-nya dan hanya melakukan kegiatan di zona yang telah ditentukan. Dilaksanakan testing rutin peserta dan tetap melaksanakan prokes 3M. Bila ada kasus positif pada saat proses tracing & treatment maka dilaksanakan penanganan sesuai prosedur. Scan aplikasi Peduli Lindungi juga dilakukan secara berkala. Kepulangan peserta akan mengikuti prokes Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang berlaku di negara tujuan kepulangan.(dil)

 

Saturday, 02 October 2021 14:29

Presiden Jokowi Resmikan Tujuh Arena PON XX Papua

Written by



PAPUA,KORANRAKYAT.COM,- Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh arena pertandingan yang akan digunakan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021. Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti tersebut digelar di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Ketujuh arena PON XX Papua yang diresmikan Presiden pada kesempatan tersebut yaitu:

1. Istora Papua Bangkit
Terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Istora Papua Bangkit mulai dibangun pada November 2018 dan selesai pada September 2020. Bangunan seluas 7.740 meter persegi tersebut memiliki kapasitas 3.148 kursi tribun.

Istora Papua Bangkit juga memegang tiga rekor MURI, yakni instalasi textile duct ring terpanjang, atap dome terluas tanpa baut, dan atap baja lengkung bentang terpanjang.

2. Arena Akuatik
Arena olahraga air ini terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura dan memiliki luas bangunan 17.783 meter persegi dan berkapasitas 1.500 kursi tribun. Arena akuatik telah mendapatkan sertifikasi dari FINA.

3. Arena Panahan
Arena panahan yang terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, mulai dibangun pada Februari 2020 dan selesai  pada Juli 2021. Arena panahan ini memiliki luas keseluruhan 33.600 meter persegi dengan luas arena kompetisi 10.000 meter persegi.

4. Arena Kriket
Terletak di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, arena kriket dibangun mulai Desember 2018 dan selesai pada Agustus 2020. Arena ini memiliki luas 2.669 meter persegi dengan kapasitas 1.657 penonton.

5. Arena Hoki (dalam dan luar ruangan)
Arena hoki yang terletak di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura ini dibangun mulai Desember 2018 dan selesai pada Agustus 2020. Arena hoki dalam ruangan memiliki luas 7.425 meter persegi dengan kapasitas 1.900 penonton, sementara arena luar ruangan memiliki luas 2.128 meter persegi dan berkapasitas 1.250 penonton.

6. Arena Sepatu Roda
Berlokasi di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura, arena sepatu roda dibangun mulai Februari 2020 dan selesai pada Juli 2021. Arena ini memiliki luas kawasan 19.800 meter persegi dengan luas arena kompetisi 5.320 meter persegi. Arena ini telah mendapatkan sertifikasi FOP World Skate Standard.

7. Arena Dayung
Terletak di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, arena dayung memiliki luas kawasan reklamasi 19.771 meter persegi dengan luas lintasan 1.7 hektare. Arena ini dibangun mulai dari Februari 2020 dan selesai pada Agustus 2021.(eas)

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  Next 
  •  End 
Page 1 of 6

Panggung Koruptor

  •  

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang

     
  •  

     

     

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM -- Baru beberapa hari jadi Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa jadi

     
  •  

     

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Kejaksaan Agung melalui Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat

     
  •  

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum