Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Awas Pembakar Hutan Kasus Karhutlah Polisi Pasang CCTV
Last Updated on May 08 2021

Awas Pembakar Hutan Kasus Karhutlah Polisi Pasang CCTV

    JAKARTA,KORANRAKYAT.com- Upaya melakukan pencegahan kebakaran Hutan (Karhutlah)  Dilakukan  penandatangan surat keputusan bersama mengatasi dan dilakukan penegakan hukum. Ini sesuai inpres Presiden dalam mengatasinya. cara digunakan pemasangan CCTV untuk mengetahui siapa...
Berikut 31 Titik Pos Penjagaan Strategis Polda Metro Jaya Untuk Cegah Pemudik
Last Updated on May 08 2021

Berikut 31 Titik Pos Penjagaan Strategis Polda Metro Jaya Untuk Cegah Pemudik

      JAKARTA,KORANRAKYAT- Sebanyak 31 titik pos penjagaan untuk melakukan penyekatan mudik Lebaran 2021 disiapkan Polda Metro Jaya bersama jajaran Polres di wilayah hukumnya. Sejumlah titik strategis penyekatan ini akan melakukan penindakan tegas terhadap pengendara yang hendak mudikSesuai...
Polisi Tetapkan 7 Mucikari Dan Joki Prostitusi Online Sebagai Tersangka Di Tebet
Last Updated on May 08 2021

Polisi Tetapkan 7 Mucikari Dan Joki Prostitusi Online Sebagai Tersangka Di Tebet

      JAKARTA,KORANRAKYAT- 7 Mucikari dan joki prostituis online di Tebet sbagai penawar jasa prostitusi online anak dibawah umur saat ini berstatus tersangka.Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus) di temui di Polda Metro Jaya, Rab (21/4)2021 mengatakan   para...
Monster Kapal Selam KRI Nanggala-402 Diawaki 53 Personil Sempat Hilang Kontak  Menyelam Belum Bisa Kembali
Last Updated on Apr 22 2021

Monster Kapal Selam KRI Nanggala-402 Diawaki 53 Personil Sempat Hilang Kontak Menyelam Belum Bisa...

      BALI(KORANRAKYAT.COM) Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012).   Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di...
Terhembus Bau Tak Tak Sedap Diduga Oknum Penyidik KPK Memeras
Last Updated on Apr 22 2021

Terhembus Bau Tak Tak Sedap Diduga Oknum Penyidik KPK Memeras

          JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut-sebut memeras Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara Muhammad Syahrial senilai Rp 1,5 miliar. Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan, akan mendalami informasi dugaan pemerasan oleh oknum tersebut. KPK...

World Today

  •  
    Presiden Jokowi dan Kanselir Angela Merkel

    .

     
    JAKARTA9KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir
     

 

 

 

 

SURABAYA(KORANRAKYAT.COM)PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) menggelar kegiatan seminar Refreshment Perbankan dengan tema "Visions Towards Sustainability Banking in 2021" di Ruang Bromo, Kantor Pusat Bank Jatim, Surabaya (10/03).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Kantor Regional OJK IV Jawa Timur Bambang Mukti Riyadi, Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur Harmanta, serta Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi bankjatim. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh Pemimpin Cabang bankjatim secara virtual di masing - masing kantor Cabang. Dalam kesempatan tersebut, bankjatim juga mengundang beberapa narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. KH. Muhammad Nuh serta Dr. Drs. Suprajarto, MM yang dimoderatori oleh Prof M. Mas'ud Said, Ph.D.

Dalam  sambutannya, Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bersyukur kinerja bankjatim di tahun 2020 memperoleh hasil yang optimal. “Hal ini tidak terlepas dari dukungan stakeholder dan shareholder serta kerja keras seluruh Karyawan bankjatim”, terang Busrul. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat terhadap perekonomian Jawa Timur, khususnya bagi bankjatim. "Semoga di tahun 2021 bankjatim bisa tumbuh dan mencapai target sesuai yang kita harapkan", imbuh Busrul.

Dikatakan  Busrul juga memaparkan keberhasilan bankjatim perihal penyaluran Dana PEN dalam rangka pemulihan Ekonomi Nasional khususnya perekonomian daerah Jawa Timur. “Selama tahun 2020 bankjatim berhasil menyalurkan dana PEN kepada 72.499 Debitur dengan nominal sebesar Rp. 6,86 Triliun atau sebesar 171,58 % dari plafon awal yang ditargetkan”, terang busrul.

Selain Bisnis, bankjatim juga memberikan Value kepada Masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya.Hal itu diwujudkan dalam program CSR (Corporate Social Responsbility) atau bankjatim peduli.Selain itu CSR tersebut juga merupakan wujud sinergi bankjatim dalam mewujudkan program - program sosial demi terciptanya ekonomi yang lebih ramah lingkungan dengan melibatkan Stakeholder dan Shareholder dalam pembangunan di daerahnya.

Sementara  Gubernur Jawa Timur Khofifah dalam sambutannya menjelaskan pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah dan bankjatim. Sehingga harapannya bankjatim dapat menjadi Bank Pembangunan Daerah paling strategis di Indonesia. ”Saya rasa, refreshment seperti ini penting untuk diadakan tiga atau empat bulan sekali, hal ini dapat membangun semangat, komitmen, dan loyalitas karyawan kepada perusahaan”, tutup Khofifah. (dil)

 

Saturday, 13 February 2021 13:56

Awas Tak Mau Disuntik vaksin Jatah Bansos Distop

Written by

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo telah meneken Perpres Nomor 14 Tahun 2021 sebagai perubahan atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease.

 

Perpres yang diteken pada 9 Februari 2021 itu berisi sejumlah perubahan yang termuat dalam pasal-pasal tambahan. Dikutip dari lembaran Perpres yang diunggah di laman resmi Sekretariat Negara pada Sabtu (13/2/2021), salah satu pasal yang ditambahkan adalah pasal 13A dan pasal 13B. Kedua pasal ini berada di antara pasal 13 dan pasal 14 pada Perpres sebelumnya. 

 Secara rinci, pasal 13A mengatur tentang sasaran penerima vaksin Covid-19, kewajiban sasaran penerima vaksin, dan ketentuan sanksi. Ada beberapa sanksi yang bisa diberikan kepada orang yang ditetapkan sebagai penerima vaksin Covid-19, tetapi tidak mengikuti vaksinasi. Salah satu sanksinya, yakni tidak lagi menerima bantuan sosial ( bansos).

 

Berikut bunyi pasalnya: Pasal 13A: (1) Kementerian Kesehatan melakukan pendataan dan menetapkan sasaran penerima Vaksin Covid-19. (2) Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin Covid-19 berdasarkan pendataan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib mengikuti Vaksinasi Covid- 19. (3) Dikecualikan dari kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (2) bagi sasaran penerima vaksin Covid-19 yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan indikasi vaksin Covid-19 yang tersedia.

 

 (4) Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikenakan sanksi administratif, berupa: a. penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial b. penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan dan/atau c. denda. (5) Pengenaan sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat

(4) dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, atau badan sesuai dengan kewenangannya.  pasal 13B diatur tentang adanya sanksi lanjutan. Detail aturannya, yakni: Pasal 13B Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin Covid-19, yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13A ayat (2) dan menyebabkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan penyebaran Covid-19, selain dikenakan sanksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13A ayat (4) dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan undang-undang tentang wabah penyakit menular.(as)

 

 

 

 

 

 

 

 

SURABAYA ,KORANRAKYAT.COM Bank Jatim Gelar Public Expose, Paparkan Kinerja yang MembanggakanSurabaya–17 Desember2020. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan Public Exposeguna memaparkan kinerjaperusahaan sebagai bentuk keterbukaan atau transparansi bagi Perusahaan Publik yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).Kegiatan dilaksanakan secara online melalui media microsoft teamsbertempatdiKantor Pusat Bank Jatim Surabaya(17/12).

 Selain sebagai bentuk kewajiban perusahaan dalam menyampaikan keterbukaan informasi kepada masyarakat secara teratur dan berkala, kegaiatanPublic Exposeini juga merupakan kesempatan bagi bankjatim untuk menjelaskan kepada publik seputar aksi korporasi maupun perkembangan kinerja perusahaan, yang nantinya dapat digunakan sebagai pertimbangan para investor untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.Dalam kesempatan tersebut, bankjatim memaparkan kinerja keuanganper November2020yang menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

 

Berdasarkan kinerjakeuangan,aset bankjatim tercatat Rp. 87,02Triliunatau tumbuh 15,01%(YoY), Dana Pihak Ketiga(DPK)bankjatim mencatatkan pertumbuhan 17,92% (YoY) yaitu sebesarRp.73,96Triliun. Di tengah pandemi seperti ini, bankjatim tetap mampu mencatatkanpertumbuhan penyaluran kreditsebesar Rp. 41,13Triliunatau tumbuh 7,29% (YoY).Kredit di sektor UMKMmenjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar Rp. 6,62Triliunatau tumbuh 11,28% (YoY)diikuti dengan pertumbuhan kredit korporasiyaitu sebesar 10,30Triliunatau tumbuh 8,59% Komposisi rasio keuanganbankjatim periodeNovember2020antara lainReturn on Equity (ROE)sebesar18,51%, NetInterest Margin(NIM)sebesar5,59%, dan Return OnAsset(ROA)2,49%.

 

SedangkanBiaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO)masih tetap terjaga di angka70,58%.Dari keseluruhan kinerja positif tersebut, bankjatim berhasilmencatatkan laba sebesar Rp. 1,34Triliunatau tumbuh 1,07%.Pandemi Covid-19yang melanda belahan dunia tahun ini menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap elemen masyarakat, pemerintah, pelaku usaha, tidak terkecuali industri perbankan. Namun demikian pertumbuhan diatas menegaskan bahwa situasi Covid-19 tidak menjadi kendalayang signifikanbagi bankjatim, melainkan suatu tantangan dan peluang yang harus dihadapidan bankjatim bersyukur masih mampu memberikan kinerja yang positif khususnya untuk mendorong perekonomian Jawa Timur.Bankjatimjuga bersyukur telah dipercayaoleh pemerintahuntukmenjadi salah satu BPD yang menerima dana Pemulihan

 

 Ekonomi Nasional (PEN).Kepercayaan tersebut merupakan peluang dan salah satu instrumen bankjatim yang harus dimaksimalkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan mendorong pemulihan ekonomi di Jawa Timur khususnya di tengah pandemi saat ini. Secara teknis, mekanisme penyaluran dana PEN tersebut dilakukan dengan 2 (dua) pola yaitu direct loandan two step loanyang disalurkan pada sektor UMKM, Konsumsi, dan Korporasi. Sejalan dengan itu pula, bankjatim bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi menyalurkan Dana Bergulir (Dagulir) dan Dana PEN.Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menyampaikan bahwa bankjatim bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, OJK, Bank Indonesia serta Stake Holdersudah melakukan langkah konkritdalam pemulihan ekonomidengan menyalurkan Dagulir dan Dana PEN di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur. “Sampai dengan November 2020, bankjatim telah menyalurkan Dana PEN sebesar Rp. 5,62Triliundan berhasil mencatatkan pencapaian 140,5 % dari target”,jelas Busrul.

 

“Peran bankjatim dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi juga ditunjukkan dengan pemberian restrukturisasi kredit terdampak Covid sebesar 1,82 Triliun”, imbuh Busrul.Bankjatim menjawab tantangan dalam melayani masyarakat khususnya nasabah di tengah pandemidenganterus menghadirkan inovasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi pandemi. Saat inibankjatim telahmemiliki beberapa fasilitas layanan berbasis aplikasi atau layanan tanpa harus datang ke kantor cabang. Contoh nya bankjatim mobile, fitur aplikasi ini telah diperbaharui sehingga lebih memudahkan nasabah bankjatimdalam bertransaksi keuangan dimapun dan kapanpun anda berada. Bankjatim juga memiliki fasilitas lain seperti e-form kredit, e-kmg yang tidak mengharuskan nasabahdatang ke kantor secara langsung, sehingga dengan cukup dirumah saja nasabahdapat menikmati layanan bankjatim .

 

Busrul menambahkan Transformasi Digital bankjatim juga terus digaungkan sebagai bentuk peningkatan layanan kepada masyarakat khususnya nasabahyang selama initelah memberi kepercayaannya kepada bankjatim. Pengembangan digital bankingsaat ini wajib dilakukan untuk mendukung bisnis, mengikuti trend atau perkembangan zaman serta memenuhi kebutuhan nasabah. Bankjatim sendiri telah memiliki strategi pengembangan inovasi layanan digital yang difokuskan pada 3 (tiga) pilar yaitu PEMDA & ASN, UMKM, dan Masyarakat Umum. Tujuan utama dari inovasi layanan digital tersebut tidak lain adalah untuk menghadirkan kenyamanan, kemudahan, serta keamanan dalam bertransaksi.Bankjatim merupakan “bank” nya masyarakat Jawa Timur,

 

saat ini komposisi kepemilikan saham mayoritasa dalah milik Pemerintah Daerah (Pemda) dengan kepemilikan saham 51,13 %(Pemerintah Provinsi Jawa Timur)dan 28,35 % (PemdaKota/Kab di Jawa Timur). Pembagian Dividen Tahunan yang diberikankepada Pemerintah Daerah merupakan salah satu komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengandemikian,partisipasi masyarakat Jawa Timur dalam menggunakan produk, layanan, serta fasilitas bankjatim menjadi peran penting dalam peningkatan perekonomian Jawa Timur. Kini, Saatnya anda menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan Jawa Timur yang Sejahtera. (ard)

 

Saturday, 10 October 2020 22:51

Presiden: UU Cipta Kerja Tak Kurangi Kewenangan Daerah

Written by
 
 
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Undang-Undang (UU) Cipta Kerja tidak menjadikan pemerintah melakukan resentralisasi kewenangan dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat. Menurutnya, perizinan berusaha dan pengawasannya tetap dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat.
 
Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait Undang-Undang Cipta Kerja di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 9 Oktober 2020.
 
"Perizinan berusaha dan pengawasannya tetap dilakukan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan NSPK (Norma, Standar, Prosedur, Kriteria) yang ditetapkan Pemerintah Pusat, ini agar dapat tercipta standar pelayanan yang baik di seluruh daerah, dan penetapan NSPK ini nanti akan diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah)," kata Presiden. 
 
Selain itu, Presiden juga menjelaskan bahwa kewenangan perizinan untuk non-perizinan berusaha tetap ada di Pemda, sehingga tidak ada perubahan. Bahkan, melalui UU Cipta Kerja pemerintah juga melakukan penyederhanaan, standarisasi jenis, prosedur berusaha di daerah, dan perizinan berusaha di daerah diberikan batas waktu. 
 
"Ini yang penting di sini. Jadi, ada _service level of agreement_, permohonan perizinan dianggap disetujui bila batas waktu telah terlewati," imbuhnya.
 
Kepala Negara juga menegaskan bahwa Undang-Undang Cipta Kerja ini memerlukan banyak sekali Peraturan Pemerintah (PP) dan Perpres (Peraturan Presiden). Menurut Presiden, PP dan Perpres tersebut akan segera diselesaikan paling lambat 3 bulan setelah diundangkan.
 
"Kita, pemerintah membuka dan mengundang masukan dari masyarakat, dan masih terbuka usulan-usulan dan masukan dari daerah," ungkapnya.
 
Pemerintah berkeyakinan melalui Undang-undang Cipta Kerja ini jutaan pekerja dapat memperbaiki kehidupannya dan juga penghidupan keluarga mereka. Jika masih ada ketidakpuasan atas Undang-Undang Cipta Kerja ini, Presiden mendorong agar hal tersebut diselesaikan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Jika masih ada ketidakpuasan terhadap Undang-Undang Cipta Kerja ini, silakan mengajukan uji materi atau _judicial review_ melalui Mahkamah Konstitusi. Sistem ketatanegaraan kita memang mengatakan itu. Jadi, kalau masih ada yang tidak puas dan menolak, silakan diajukan uji materi ke MK," tandasnya.(eas)


SURABAYA,KORANRAKYAT.COM Dalam rangka memberikan keterbukaan informasi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dan press conference guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan II2020 melalui media elektronik bertempat diSurabaya (29/07).

  D;alam realese Bank Jatim Kinerja keuangan bankjatimtriwulan II 2020 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja triwulan II, aset bankjatim tercatat Rp. 75,24 triliun atau tumbuh 9,12 % (YoY), Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatimmencatatkan pertumbuhan 10,49 % (YoY) yaitu sebesar Rp.64,01 triliun. Di tengah pandemi seperti ini, bankjatim tetap mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar Rp. 39,18 triliun atau tumbuh 12,69 % (YoY). Kredit di sektor korporasi menjadi penyumbang tertinggi yaitu sebesar Rp. 9,38 triliun atau tumbuh 17,96 % (YoY) diikuti dengan pertumbuhan kredit UMKM yang cukup signifikan yaitu sebesar 6,33 triliun atau tumbuh 16,12%

          Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Juni 2020antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 19,41 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,79 %, dan Return On Asset (ROA)2,73 %. SedangkanBiaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 68,96 %. Dari keseluruhan kinerja positif tersebut, bankjatim berhasil mencatatkan laba sebesar Rp. 770,15 Miliar.

Banyak berbagai tantangan yang dihadapi Pemerintah, pelaku usaha, tidak terkecuali industri perbankan. Pandemi Covid-19 (Corona) menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap elemen masyarakat.Bankjatim bersyukur masih mampu memberikan kinerja yang positif khususnya untuk mendorong perekonomian Jawa Timur.

         Tantangan bankjatim selama Triwulan II 2020 masih berlanjut  mengingat pandemi COVID-19 yang masih melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, bankjatim terus menunjukkan pelayanan yang optimal terutama menyambut tatanan normal baru yang digalakkan oleh Pemerintah. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa beberapa waktu lalu yang menetapkan Busrul Iman menjadi Direktur Utama bankjatim diharapkan mampu menjawab tantangan ke depan dan membawa bankjatim ke arah yang lebih baik.

       Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melalui bankjatim Syariah bersama Badan Wakaf Indonesia Melaunching program Wakaf Peduli Indonesia (KALISA). Bankjatim memiliki peran sebagai penghimpun dana wakaf dari Masyarakat  yang selanjutnya akan dikelola oleh Badan Wakaf Indonesia.

          Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional  (PEN), bankjatim bersama Jamkrindo dan Askrindo melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Tentang Penjaminan Kredit/ Pinjaman Program  PEN. Bersama dengan beberapa bank BUMN lainnya, PKS ini diharapkan mampu menghidupkan dan menggerakkan kembali perekonomian Indonesia di tengah Pandemi dengan memberikan kredit modal kerja kepada UMKM.

            Sebagai Bank Umum Milik Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, bankjatim juga mendukung program-program Pemprov Jatim dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di tengah pandemi saat ini. Beberapa waktu yang lalu, bankjatim bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan kepada 20 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur berupa mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Dengan adanya mesin ini, masyarakat akan lebih mudah dalam proses administrasi dokumen kependudukan tanpa harus tatap muka secara langsung, sehingga membantu mencegah proses penularan Covid-19.

Selama pandemi corona melanda, nasabah atau masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus corona, dapat memanfaatkan layanan e-channel bankjatim untuk melakukan transaksi perbankan. Melalui fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman tanpa harus keluar rumah.

           Kemudahan juga diberikan bankjatim untuk nasabah dalam pengajuan kredit atau pembiayaan. Sejak pertengahan tahun 2019, bankjatim telah meluncurkan e-form kredit yang memudahkan nasabah dalam pengajuan kredit di bankjatim. Calon nasabah cukup dengan melakukan registrasi melalui portal e-form kredit, kemudian bankjatim akan mengirimkan notifikasi melalu sms.

             Selain itu Bankjatim kini telah memiliki fasilitas kredit multiguna elektronik (e-kmg) yang dapat dimanfaatkan nasabah. Fasilitas ini merupakan pengembangan kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya. Kali ini e-kmg menyajikan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit baik para Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif maupun para pensiunan. Beberapa keunggulan dari e-kmg antara lain kemudahan dalam pengajuan kredit melalui mobile application. Selain itu nasabah cukup memiliki rekening dan payroll gaji yang terdaftar di bankjatim (ard)

 

 

 

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM| PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 2020 di Ruang Bromo, bankjatim Kantor Pusat lantai 5, Surabaya (23/07). Agenda utama pada

         RUPSLB kali ini adalah pengangkatan Direktur Utama bankjatim atas 2 (dua) calon yang diajukan untuk dipilih dengan suara terbanyak pada RUPSLB, yaitu  Busrul Iman (posisi jabatan terakhir adalah Direktur Komersial dan Korporasi bankjatim) dan  dan  Erdianto Sigit Cahyono (posisi jabatan terakhir adalah Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bankjatim)

         Mengingat keduanya telah memperoleh persetujuan menjadi Direktur Utama bankjatim dari hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan. Pelaksanaan RUPSLB bankjatim tersebut berjalan dengan lancar yang ditandai dengan terpilihnya   Busrul Iman sebagai Direktur Utama bankjatim. Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama baru bankjatim Busrul Iman mengucapkan terimakasih kepada para Pemegang Saham atas kepercayaan yang telah diberikan. "Semoga saya bisa menjalankan amanah dalam membawa bankjatim ke arah yang lebih baik ucap Busrul Iman usai resmi terpilih menjadi Direktur Utama bankjatim.

        Dengan adanya pengangkatan Direktur Utama secara definitif tersebut diharapkan dapat membawa bankjatim lebih baik dimasa yang akan datang serta mampu meningkatkan kinerja bankjatim dimana hingga bulan Mei 2020 tercatat asetbankjatim sebesar Rp. 72,36 Triliun atau tumbuh 9,69 % (YoY). Dari segi bisnis, kredit bankjatim mengalami pertumbuhan 12,07 % (YoY) atau sebesar Rp. 38,96 Triliun, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mengalami pertumbuhan 10,76 % (YoY) atau sebesar Rp. 61,36 Triliun Pertumbuhan performa kinerja keuangan bankjatim yang cukup bagus tersebut, mampu menjaga rasio keuangan bankjatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar, tercatat Return on Equity (ROE) sebesar 18,25% menunjukkan rasio profitabilitas bankjatim masih cukup bagus.

Dikatakan  Dari sisi ketahanan modal, rasio CAR sebesar 21,61 % menggambarkan kecukupan modal bankjatim cukup bagus, diikuti dengan Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,88 %, ROA sebesar 2,60% serta tingkat efisiensi bankjatim yang cukup bagus dilihat dari rasio BOPO sebesar 70,71%. Dengan catatan kinerja tersebut, bankjatim mampu mencatatkan laba bersih sebesar 608,22 Miliar.

Diungkapkan berbagai tantangan yang dihadapi pemerintah, pelaku usaha, tidak terkecuali industry perbankan. Pandemi Covid-19 (Corona) menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap elemen masyarakat. Di tengah-tengah pandemi, bankjatim bersyukur masih mampu memberikan kinerja yang positif khususnya untuk mendorong.

        Diungkapkan juga perekonomian Jawa Timur. Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) menyalurkan bantuan dengan total akumulatif sebesar Rp. 4,4 Milyar yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Selama pandemi corona melanda, nasabah atau masyarakat yang sedang berada dirumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus corona, dapatmemanfaatkan layanan e-channel bankjatim untuk melakukan transaksi perbankan.

 Dikatakan juga melalui fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman tanpa harus keluar rumah. Kemudahan juga diberikan bankjatim untuk nasabah dalam pengajuan kredit atau pembiayaan. Selama ini bankjatim telah memiliki e-form kredit yang memudahkan nasabah dalam pengajuan kredit di bankjatim. Calon nasabah cukup dengan melakukan registrasi melalui portal e-form kredit, kemudian bankjatim akan mengirimkan notifikasi melalui sms.

          Diungkapkan juga Selain itu bankjatim juga telah memiliki fasilitas kredit multiguna elektronik (e-kmg) yang dapat dimanfaatkan nasabah. Fasilitas ini merupakan pengembangan kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya. Kali ini e-kmg menyajikan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit baik para Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif maupun para pensiunan. Beberapa keunggulan dari e-kmg antara lain kemudahan dalam pengajuan kredit melalui mobile application. Selain itu nasabah, (ard)

 

 

 

 

SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) | Jum’at, 24 April 2020, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2019 (RUPST TB 2019), di Ruang Bromo, bankjatim Kantor Pusat lantai 5, Surabaya. Berbeda dengan RUPS sebelumnya, kali ini RUPS diadakan di tengah-tengah wabah COVID-19. Mungkin banyak masyarakat bertanya-tanya mengapa bankjatim tetap mengadakan RUPS di tengah wabah Covid-19 (corona) yang sampai dengan saat ini masih melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia. Masyarakat mungkin juga khawatir dengan kegiatan RUPS yang akan dilaksanakan oleh bankjatim berkaitan dengan fenomena pandemi Covid-19 (corona). Namun terdapat beberapa hal, yang mendasari tentang mengapa RUPS tetap dilaksanakan di tanggal 24 April 2020.

 

   Pgs Direktur Utama Ferdian Timur Satyagraha  didampingi Corporate Secretary Glemboh  Priambodo  mengatakan Pertama, bankjatim akan membagikan deviden kepada pemegang saham seri A dan pemegan saham seri B. Seperti kita tahu pemegang saham seri A bankjatim merupakan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Dividen bagi pemegang saham seri A merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah masing masing Kabupaten/Kota. Pembagian Dividen tersebut tentunya harus melalui keputusan RUPS terlebih dahulu. Pada RUPS kali ini, bankjatim membagikan dividen sebesar Rp. 48,20 per lembar saham. Total dividen yang dibagi kepada pemegang saham adalah sebesar Rp. 723.747.007.552,40 atau sebesar 52,58%  dari laba bersih. Pembagian dividen yang selalu meningkat setiap tahunnya menjadikan saham BJTM sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakaKedua, Laporan Tahunan bankjatim Tahun Buku 2019 telah selesai, sehingga dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan pada RUPS. Dan Ketiga, Kantor Akuntan Publik telah menyelesaikan Laporan Keuangan Audited Tahun Buku 2019 dengan opini wajar dalam semua hal yang material.Mungkin ada rasa kekhawatiran bagi para pemegang saham baik saham seri A atau seri B yang ingin mengikuti jalannya kegiatan RUPS tersebut mengingat akan diadakan di tengah wabah Covid-19 yang sampai dengan saat ini masih melanda. Namun demikian bankjatim telah menyiapkan skenario dan protokol antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 demi kelancaran dan kenyamanan pemegang saham yang ingin mengikuti jalannya RUPS.Skenario pertama, para pemegang saham dapat memberikan kuasa kepada Biro Administrasi Efek tanpa mengurangi hak pemegang saham untuk hadir. Skenario berikutnya, pemegang saham yang berhak hadir dapat menyaksikan pelaksanaan RUPS melalui live streaming

                                                      Demi alasan kesehatan, bankjatim tidak menyediakan makanan/minuman, laporan tahun baik cetak atau elektronik, serta tidak menyediakan tanda terimakasih kepada para pemegang saham yang hadir.Dan yang terakhir, pemegang saham yang menghadiri kegiatan RUPS dimohon untuk menandatangani "Deklarasi Kesehatan" dan wajib memenuhi prosedur kesehatan yang ditetapkan sesuai dengan protokol pemerintah yang akan diimplementasikan pada saat kegiatan RUPS berlangsung.

AGENDA RUPST TB 2019  diantaranya:

1.    Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan Mengenai Keadaan Dan Jalannya Perseroan Selama Tahun Buku 2019 Termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris  Selama Tahun Buku 2019 dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019  Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2019 Termasuk Pemberian Bonus Bagi Pegawai Serta Tantiem dan Remunerasi Untuk Direksi Dan Dewan Komisaris; Memberikan Kuasa Kepada Dewan Komisaris Untuk Menunjuk Kantor Akuntan Publik Dalam Mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2020;Memberikan Kuasa Kepada Dewan Komisaris Untuk Melakukan Penyesuaian Permodalan Perseroan Dengan Demikian Merubah Pasal 4 Anggaran Dasar Sehubungan Dengan Pelaksanaan Management and Employee Stock Options Plan (MESOP);

5.    Perubahan Anggaran Dasar

6.    Penetapan Susunan Pengurus Kinerja keuangan bankjatim Tahun Buku 2019 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja Desember 2019, aset bankjatim tercatat Rp. 76,72 triliun atau tumbuh 22,37 %, laba bersih bankjatim tercatat Rp. 1,38 triliun atau tumbuh 9,22 % (YoY).  Selama Tahun Buku 2019, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 18,91 % (YoY) yaitu sebesar Rp. 60,55 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim meningkat. Pertumbuhan DPK tersebut didominasi oleh pertumbuhan giro 23,54% atau tercatat Rp. 23,83 triliun, diikuti oleh pertumbuhan tabungan sebesar 16,28% atau tercatat Rp. 22,22 triliun dan pertumbuhan deposito sebesar 15,81% atau tercatat Rp. 14,50 triliun. Dari komposisi tersebut, terlihat kemampuan bankjatim dalam menghimpun dana murah cukup baik.  Selain itu pencapaian DPK  tersebut diperkuat dengan CASA rasio bankjatim sebesar 76,06 % (selama lebih dari 15 tahun, CASA rasio bankjatim berada diatas 65 %).

Dari sisi pembiayaan, kali ini bankjatim mampu mencatatkan pertumbuhan kredit tertinggi dalam beberapa tahun terakhir yaitu 13,16% (YoY) atau sebesar Rp. 38,35 triliun. Pertumbuhan kredit tersebut diikuti dengan penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) secara signifikan yaitu sebesar 2,77%. Hal ini menunjukkan kualitas kredit bankjatim dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kredit di sektor konsumsi menjadi penyumbang tertinggi yaitu sebesar Rp. 23,10 triliun atau tumbuh 7,12 % (YoY). Sedangkan pertumbuhan paling tinggi didapat dari sektor komersial sebesar 27,11% atau tercatat Rp. 9,23 triliun . pertumbuhan yang tinggi tersebut didongkrak dari pertumbuhan kredit sindikasi yang signifikan sebesar 118,98 %. Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Desember 2019 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,00 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar  6,11 %, dan Return On Asset (ROA) 2,73 %. Sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 71,40 % (ard).

 

 

 

 

 

JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Kembali aksi  Bareskrim Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Pangan menyita 15 ton kuning telur beku (frozen egg yolk-10 percent) atau senilai Rp 1 miliar dari sebuah perusahaan berinisial ABN.  Ketua Satgas Pangan Brigjen (Pol) Daniel Tahi Monang Silitonga ditemui di  Bareskrim, di Jalan Tronojoyo No.3 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (12/2)2020 mengatakan. PT ABN mengimpor kuning telur beku tersebut dari India tanpa izin. "(Disita) dari sebuah perusahaan ABN yang menurut  informasi bahwa sejumlah frozen eggs ini sudah masuk tapi perizinannya belum dilengkapi," ujarnya.

Selanjutnya, Daniel menjelaskan  tindakan yang dilakukan perusahaan tersebut melanggar Permendag Nomor 29 Tahun 2019 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan dan Produk Hewan.  "Tindakan mengimpor tanpa izin tersebut dapat mengganggu perekonomian dalam negeri. Penjualan telur produksi Tanah Air akan berkurang sehingga merugikan peternak," jelasnya. Untuk itu, Daniel merinci atas tindakan tersebut, perusahaan dijatuhi hukuman berupa sanksi administratif. "Proses selanjutnya yaitu pemusnahan terhadap barang bukti agar tidak kembali beredar di masyarakat," rincinya..

Sementara itu,Dirjen  Perlindungan  Perlindungan Konsumen dan Tertib  Niaga Perdagaan ,Veri  Anggriono mengatakan sesuai dengan pertemuan hari ini kami bersinergi Satgas Pangan dalam Hal ini bersama-sama dengan pihak Kementan juga menemukan komoditi Frozen Egg dengan jumlah 15 ton didalam pelaksanan import tanpa dilengkapi dokumen baik itu rekomendasi dari Kementan dan persetujuan import." Seperti kita ketahui semenjak bulan Febuari 2018, dimana pemerintah sudah mesederhanakan eksport dan Import dalam rangka memberikan kemudahan bagi pelaku usaha sehingga terjadi perambatan di wilayah border, tetapi didalam pelaksananya ada yang memanfaatkan cela-cela kebijakan," ujarnya.

Selanjutnya, Veri menjelaskan  Ini kita temukan perusahaan eks yang menggunakan pada saat itu ditemukan kita mendapat laporan dan petani mengeluh dan dasarnya tidak bisa terjual telur-telur karena ada dalam bentuk Frozen Egg mengambil langkah dengan bersama-sama dengan Satgas Pangan denganje. "Pak Daniel untuk melakukan tindakan dimana alhamdulilah dari tindakan itu membawa dampak bagi peternak-peternak kita untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dari produk dalam negeri," jelasnya .

Lebih lanjut, Veri merinci  sesuai kewenangan dan pelanggaran yang mereka lakukan ini dilakukan  oleh salah satu perusahaan kami memberikan sangsi yaitu sangsi administratif yaitu dengan melakukan pemusnahan barang yaitu sejumlah barang ini akan kami musnakan. "karena kalau tidak ingin ini akan mengganggu peternak-peternak kita melakukan produksinya dipenuhi sebagai bahan konsumsinya pemenuhan industri bahan makanan minuman," rincinya (vk). . 

 

Sunday, 15 September 2019 02:46

Wealth Wisdom PermataBank Sebarkan Konsep Mindfulness

Written by

 

 

Surabaya(koranrakyat.com)  Bertempat di Sheraton Hotel & Towers Surabaya, PermataBank mengadakan acara Media Gathering Wealth Wisdom untuk pertama kalinya di Surabaya. Wealth Wisdom merupakan sebuah acara tahunan PermataBank yang secara konsisten diadakan sejak tahun 2014 di Jakarta, memberikan sebuah perspektif yang berbeda mengenai esensi dari kekayaan yang sesungguhnya, melalui rangkaian kelas yang membahas mengenai perkembangan literasi keuangan, investasi dan isu terkini. Kegiatan dilaksanakan pada (13/9 tahun 2019  

Setelah sukses mengadakan Wealth Wisdom di Jakarta pada 14 – 15 Agustus 2019 lalu, menjajaki tahun keenamnya PermataBank mengembangkan Wealth Wisdom lebih luas sampai ke Surabaya. Mengangkat tema besar Mindfully Wealthy in 21st CenturyPermataBank berharap setiap pengunjung nantinya dapat terinspirasi dan memaksimalkan kualitas hidup, kekayaan dan kebahagiaan mereka dengan kembali memiliki konsep mindful. Dihadiri oleh Djumariah Tenteram – Retail Banking Director PermataBank , Glenn Ranti – Head, Marketing Communication PermataBank dan Wijani Tjendro – Regional Head East Java yang akan membahas mengenai Wealth Wisdom secara lengkap.

Wealth Wisdom di Surabaya  menghadirkan kelas-kelas yang komprehensif dan edukatif dengan rangkaian pembicara yang kompeten dibidangnya yaitu Ben Soebiakto, Lilis Setiadi, Levina Faby, Wibowo Mujiono, Jhonny Thio Doran, Daniel Sunyoto, Arief Wana dan Risen Yan Piter.

Djumariah Tenteram – Retail Banking Director PermataBank mengatakan, “Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan nasabah PermataBank Priority terbanyak. Sebagai apresiasi kami atas adanya pencapaian tersebut, Wealth Wisdom Surabaya ingin memberikan sebuah perspektif baru menyikapi era percepatan secara lebih baik sehingga kesehatan mental dan fisik tetap terjaga. PermataBank menyadari bahwa di era percepatan seperti saat ini, informasi mengenai pengelolaan “kekayaan” yang tepat harus disajikan dalam cara yang semakin relevan bagi masyarakat masa kini. Mengusung tema Mindfully Wealthy in 21st Century, PermataBank ingin memberikan kontribusi dalam bentuk sebuah paparan menarik akan pentingnya perkembangan literasi keuangan, memperhatikan keseimbangan gaya hidup, penggunaan teknologi serta menerapkan konsep mindful dalam keseharian untuk mendapatkan sebuah kualitas hidup yang lebih baik.”

Tema besar yang diangkat berangkat dari sebuah riset Wealth Wisdom Study yang telah dilakukan PermataBank di tiga kota besar di Indonesia; Jakarta, Surabaya dan Medan. PermataBank melihat adanya sebuah perubahan dasar yang signifikan, dimana terjadi transisi kebiasaan masyarakat metropolitan cenderung memiliki tingkat stress yang lebih tinggi.

Di era percepatan saat ini nampaknya tidak lengkap jika tidak adanya sentuhan internet dalam perkembangannya, didapatkan data saat ini konsumsi internet di Indonesia mencapai 12 jam 30 menit dalam keseharian. Internet disadari atau tidak menimbulkan efek kecanduan bagi penggunanya. Era percepatan ini juga membuat 3 dari 4 orang terbiasa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu, tentunya hal ini dilakukan untuk mempercepat apapun yang sedang ingin dicapai.

Kecanduan menggunakan internet diimbangi dengan adanya perkembangan platform teknologi yang mumpuni, tanpa disadari kedua hal tersebut membuat masyarakat modern menjadikannya sebagai “teman setia” dalam keseharian, mirisnya hal ini berpengaruh kepada tingkat intimasi kepada sesama, hampir 70% orang menggunakan smartphone pada saat makan bersama keluarga. Hal ini membuat kehangatan berkumpul bersama orang tercinta perlahan menjadi memudar.

Data lainnya, media sosial juga tidak lepas dari keseharian masyarakat Indonesia yang gemar berbagi kabar lewat jaringan internet, didapatkan data sebanyak 62% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk menggunakan media sosial setidaknya 4 jam dalam sehari. Media sosial menjadi salah satu lini komunikasi yang terbukti efektif dalam menyebarkan informasi. Namun dampak lain yang timbul dari efektifitas media sosial ini adalah tren FOMO (Fear Of Missing Out), yang menyebabkan 2 dari 3 orang sebisa mungkin akan melakukan berbagai aktifitas yang sedang kekinian, secara tidak langsung tren ini menimbulkan rasa ketakutan ketinggalan sesuatu yang sedang tren dimasanya.

                 Berbagai kondisi tersebut membuat masyarakat modern harus benar – benar bisa bijak menyikapi semua hal yang terjadi di era percepatan saat ini untuk dapat mempertahankan kualitas hidupnya. Jangan sampai setiap perkembangan yang ada tidak disikapi dengan tepat sehingga menyebabkan kondisi kesehatan mental dan fisik menjadi terganggu, terlebih membuat makna dari kekayaan yang dimiliki pudar secara perlahan. PermataBank memaknai kekayaan menjadi enam pilar yaitu: money, relationship, social giving, health, spirituality, dan experience. Enam pilar tersebut yang membuat PermataBank percaya, bahwa ada faktor lain yang perlu dijaga selain materi dalam memaknai kekayaan yang sesungguhnya. PermataBank lewat Wealth Wisdom ingin memberikan sebuah kontribusi nyata akan pentingnya sebuah konferensi yang memberikan dampak positif kepada pengunjungnya mengenai isu terkini.

Era boleh berkembang dengan cepat, namun siapkah diri Anda mengikuti perkembangannya dengan bijak? Jangan lewatkan untuk jadi bagian dalam sebuah konferensi terbesar yang ada di Indonesia yang akan diadakan pada tanggal 14 September 2019 di Ballroom Sheraton Hotel & Towers Surabaya. (suk/ea)

 

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) ,  Bertempat di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Dirjen Perbendaharaan), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) menjalin kerjasama dengan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) terkait layanan Kartu Kredit Corporate dalam rangka penggunaan uang persediaan.Kamis  23 Mei 2019

           Kerjasama ini merupakan tindak lanjut atas kebijakan Dirjen Perbendaharaan  Kemenkeu RI tentang Uji Coba Pembayaran Dengan Kartu Kredit Dalam Rangka Penggunaan Uang Persediaan. Melalui kerjasama ini, satuan kerja (satker) Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Republik Indonesia (RI) dapat menggunakan Kartu Kredit Corporate tersebut sebagai alat pembayaran yang berkaitan dengan kebutuhan satker.

          Hadir langsung Pgs Direktur Utama bankjatim Ferdian Timur Satyagraha dan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu RI Marwanto Harjowiryono dalam acara penandatanganan PKS tersebut. Selain bankjatim, terdapat pula beberapa Bank Pembangunan Daerah (BPD) bank milik pemerintah yang terlibat dalam penandatanganan kerjasama tersebut.

            Ferdian Timur Satyagraha mengucapkan terimakasih kepada Kemenkeu RI karena sudah memberikan kepercayaan kepada bankjatim untuk melayani satker-satker yang ada di lingkungan Kemenkeu.” Kartu Kredit Corporate ini menjadi salah satu langkah bankjatim yang sejalan dengan program pemerintah dalam menggalakkan transaksi non tunai, selain itu diharapkan dapat menciptakan efisiensi, sehingga mampu menekan anggaran Kemenkeu terang Ferdian.(ard)

 

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM- Jelang  bulan Ramdhan dan lebaran Satgas Pangan  melakukan berbagai lintas sektoral antara lain mengecek mengecek ketersedian   anak ayam hingga harga telor ayam, ketersediaan bawang putih.Juga dilakukan koordinasi dengan  bulog karena akan melakukan operasi pasar terkait ketersedian beras nasional..

         Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas, Brigjend Pol Dedi Prasetyo ditemui di Mabes Polri, Jalan Tronojo No.3 Kbayoran Lama,Jakarta Selatan, Sabtu (27/4) 2019 mrngatakan restribusi stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan kebutuhan penting menjelang bulan ramadhan dan lebaran ini sudah melakukan berbagai macam lintas sektoral ."Kemudian kegiatan yang dilakukan antara lain sudah mengecek ketersediaan harga anak ayam yang kemudian harga ayam bertelor yang akan diproses sehingga standar minimal," ujarnya.

        Selanjutnya, Dedi menegaskan pada  saat panennya di bulan suci ramadhan itu harganya stabil. Hasil pengecekan harga anak ayam boiler atau disini diistilahkan yaitu turun dari yang semula Rp 6.000 perekat menjadi Rp 5.800 perekor."Dimungkinkan kalau harga stabil ini maka harga ayam boiler diperkirakan per kg berkisaran antara Rp 18.000 sehingga disini disebut bahwa perternak juga tidak mengalami kerugian. Dan harga juga dalam cangkupan jangkauan dari konsumen," tegasnya.

         Untuk itu, Dedi menjelaskan  kemudia.juga yang berikut juga dari satgas pangan tentang ketersediaan bawang putih import yang sebanyak 100 Ton di perusahaan Importir di cek langsung bersama Kemenyan dan mengecek semua dokument-dokumennya dan juga mencek time linenya sehingga diharapkan pada saat kebutuhan masyarakat bawang putih meningkat harga masih stabil disesuaikan masa panen yang ada di indonesia"  Ini juga di cek kemudian dipersiapkan Satgas Pangan berkoordinasi dengan Bulog terkait rencana operasi Pasar cadangan pemerintah yang berasal dari import yang merupakan stok beras nasional premium sekitar 5 persen," jelasnya.

          Lebiah lanjut, Dedi merinci Yang ini soal teknis membaca ketersediaan beras tingkat premium yang ada seluruh gudang-gudang Bulog sehingga pada saat bulan suci Ramadhan datang kebutuhan beras juga meningkat harga-harga masih terjangkau."Stok beras aman ya harga masih terjangkau. Hingga diharapkan dengan kegiatan Satgas Pangan seluruh ketersedian dan pengdistribusian harga dalam konsisten stabil," rincinya.

          Menyingung karte, Dedi mengungkapkan Sudah di Maping oleh Satgas Pangan, kalau Kartel-Kartel khusus bahan Pokok Beras, daging, Bawang itu sudah di monitor terus."Apa bila terbukti mengalami dan melakukan penimbunan secara masif mengakibatkan ketersedian pendistribusian barang langka dan mengakibatkan harga di masyarakat meningkat sehingga merugikan masyarkat itu akan ditindak," ungkapnya.(vk)

 

 

JAKARTA (KORANRAKYAT.COM) Maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menghentikan pengoperasian pesawat Boeing 737 Max 8 untuk sementara, menyusul insiden jatuhnya Ethiopians Airlines pada Ahad kemarin. Garuda menerapkan kebijakan grounded tersebut mulai hari ini, Selasa, 12 Maret 2019.

"Kami grounded untuk dicek," kata Vice President Corporate Secretary M Ikhsan Rosan dalam pesan pendek kepada wartawan , Selasa, 12 Maret 2019. Garuda menghentikan pengoperasian sementara untuk satu pesawatnya yang berjenis Boeing 737 max 8 tersebut.

             Ihwal imbas dari kebijakan grounded tersebut, Iksan mengatakan maskapai pelat merah itu telah mengantisipasinya. Pesawat yang akan dikandangkan sementara telah diganti dengan armada lain sehingga tidak ada gangguan perubahan jadwal. "Sehingga tidak ada pengaruhnya pada jadwal penerbangan," ucapnya.

            Sebelum di-grounded, Garuda menyatakan sudah menginspeksi pesawat Boeing 737 Max 8 miliknya. Garuda juga mengklaim telah melakukan pelatihan terhadap pilot secara berkala atau proficiency check di Simulator B 737 Max.

               Selain Garuda, maskapai penerbangan Lion Air yang memiliki pesawat jenis yang sama juga telah menghentikan sementara operasional pesawatnya. Lion Air menghentikan 10 pesawat jenis tersebut.

              Langkah ini diambil setelah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat edaran grounded pada Senin, 11 Maret 2019. Kementerian Perhubungan akan memastikan kelaikan terbang pesawat selama penangguhan atau inspeksi dilakukan. Boeing 737 Max 8 pun baru diperkenankan terbang kembali setelah inspeksi dinyatakan kelar oleh inspektur penerbangan.

                  Penghentian sementara operasional Boeing 737 Max 8 merupakan respons pemerintah dan maskapai terhadap kecelakaan yang menimpa Ethiopian Arilines. Pesawat nahas dengan nomor penerbangan ET 302 rute Addis Ababa, Ethiopia menuju Nairobi, itu hilang kontak pada pukul 08.44 waktu setempat pada Ahad, 10 Maret. Pesawat itu mengangkut 149 penumpang dan 8 kru penerbangan.

 

                    Pesawat jenis yang sama milik Lion Air pada Oktober lalu juga mengalami kejadian serupa. Lion Air JT 610 yang mengangkut 188 penumpang dan kru pesawat jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Tak ada satu pun penumpang dan awak pesawat yang selamat dalam kejadian itu.(as) 

 

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo hari ini, Selasa, 12 Maret 2019, membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2019. Dalam acara yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Banten, tersebut Kepala Negara turut meresmikan pembangunan atau revitalisasi 600 pasar rakyat pada tahun ini.

"Saya ingin memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Kementerian Perdagangan yang sampai 2018 kemarin telah membangun kurang lebih 4.200 pasar di seluruh Tanah Air. Baik pembangunan maupun revitalisasi," ujar Kepala Negara.

           Jumlah pasar tersebut akan semakin berlipat bila memasukkan pasar yang dibangun dengan menggunakan dana desa yang diberikan pemerintah pusat bagi seluruh desa di Indonesia. Tercatat, 8.900 pasar desa telah dibangun atau direvitalisasi sebagai pemanfaatan program dana desa"Artinya perhatian kita kepada pasar itu dalam empat tahun ini betul-betul kita konsentrasi ke sana untuk memperbaiki fisik dan manajemennya," kata Presiden.Dirinya mengatakan, pemerintah masih akan memberikan perhatian pada pasar-pasar rakyat sebagai penopang perekonomian daerah setempat. Setidaknya jumlah pasar rakyat yang terbangun atau terevitalisasi pada tahun ini ditargetkan untuk meningkat hingga menjadi 5.200 pasar rakyat.

                     Meski demikian, di hadapan jajaran Kementerian Perdagangan dari seluruh Indonesia, Presiden mengingatkan soal tren perilaku konsumsi yang mulai berubah. Hal ini menurutnya harus menjadi perhatian serius para pemangku kepentingan."Apa yang saya dengar di bawah? Pak, kita ini sekarang kalah dengan yang _online-online_. Mereka menyampaikan itu," ucap Presiden.

              Kepala Negara mengingatkan, di samping melakukan perbaikan tata kelola atau penataan pasar rakyat agar lebih nyaman untuk dikunjungi, jajarannya juga sudah harus memikirkan upaya pemasaran produk-produk pasar untuk dapat masuk ke ekosistem daring.

"Ekosistem _offline_ diperbaiki tetapi disiapkan ekosistem _online_ sehingga pasar rakyat memiliki _marketplace_, memiliki platform, untuk menyiapkan diri menuju era digital yang sekarang sudah masuk di negara kita," ujar Kepala Negara.

           Langkah tersebut dimulai salah satunya melalui peningkatan nilai tambah dengan memperhatikan citra dan kemasan produk-produk pasar. Untuk dapat diterima di pasar daring, langkah tersebut merupakan hal yang sangat krusial.

"Produk-produk yang ada di pasar itu berasal dari perajin, nelayan, atau petani. Perbaiki _packaging_-nya. _Packaging_ itu sangat penting untuk bisa masuk ke _marketplace online_," tutur Presiden.

Setelahnya, kementerian mulai dapat memikirkan untuk menghubungkan jejaring penjualan tersebut secara nasional. Dengan menghubungkan jejaring tersebut, maka omzet penjualan para pelaku pasar juga akan meningkat. Lewat tahap ini, maka target untuk menembus pasar internasional mulai dapat dibicarakan."Kalau sudah nasionalnya ketemu bisa sambungkan lagi ke _marketplace_ global sehingga jaringan-jaringan seperti ini yang ke depan kita harus mengerti dan perlu segera disiapkan oleh yang hadir di sini semua," tutur Presiden.(eas)

 

 



  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Badan koordinasi kepariwisataan, di ketuai Wapres RI Jusuf Kalla  dengan  Anggota seluruh menteri dan menko  terkait.

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan kegiatan pertemuan diadakan    tiga bulan sekali  3 bulan  sekali. sementara  wapres minta  diadakan rapat bulanan.
Sekarang  fokus ke 10 bali baru.  diantaranya 10 bali baru, 10 destinasi prioritas yg akan dibangun, presiden tetapkan 4 superprioritas.
1. Danau toba
2. Borobudur
3. Mandalika lombok
4. Labuan bajo komodo
       Danau toba   dianggap sudah aman . Bandara International  diresmikan nov 2017. Penerbangan 2017 naik 300 persen th ini naik 50 persen  trtma utk wisatawan nusantara. Sedangkan yang  paling kritis borobudur. Borobudur  hanya 250 wismannya. Karena wapres baru dari  kamboja jadi beliau hafal sekali. 2.5 jt 10x lipat. Masalahnya bandara. Bandara existing di jogja hanya berkapasitas 1.5 jt tp bebannya 6 jt. 4x lipat. Untuk  org marketing gk mslh itu nmnya nice problem. Once kt pny bandara baru.

Tadi ditanya wapres kapan kira kira  bandara baru diresmikan? Ad menhub ad menbumn. Kira2 diresmikan pd bulan april 2019. Kl bandara ad target 2 jt dlm 5 thn. .Jalan akses bandara ke borobudur sudah di diskusikan .
Sementara dikatakan Menteri  Mandalika. Nto  akan bangun sirkuit moto Gp. Mungkin 2020 sudah  bisa  di selenggarakan moto GP pertama di mandalika.
        Defisa pariwisata 2018 diproyeksikan 17 M USD. Th 2017 15 M usd. Sbrp bsr 17 M? Kalau bener ya kmngkinan pariwisata sudah  jadi penghasil defisa terbesar krn no 1 cpo 16 smp 17 M USD. target 2019 utk wisman 20 jt. Dg target defisa 20 M USD. Kalau terjadi pariwisata sudah jadi penghasil defisa terbesar. Bali sudah  recover 100 persen. Lombok dr sisa 30 persen ud 50 persen.(dil)

 

 

MALANG(KORANRAKYAT .COM)Kantor  wilayah DJP Jawa Timur III bekerjasama dengan wartawan untuk mensosialisasikan program pemerintah khususnya terkait dengan  ketentuan pajak. “ Kami sebagai pemungut pajak wartawan juga harus bisa membantu mensosialisasikan serta melakukan pengawasan penggunaan pajaknya , “  Hal itu disampaikan  Rudy Gunawan Bastari Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III saat melakukan Media  Ghatering dengan wartawan  pada Kamis (24/1) di Golden Heritage Coffe  dengan tema Satu suara untuk membangun bangsa.     

            Diungkapkan Rudi  Gunawan saat ini yang lagi  ramai  e-commerce akibat dari semakin semaraknya bisnis online  menjadi peluang  bagi pemerintah   untuk memungut  pajak.  Penjualan dengan sistim online di tanah air cukup gencar, oleh karenanya dengan melalui online marketplace  atau yang kerap disebut dengan kegiatan menyediakan tempat usaha berupa situs berbelanja  berbasis internet yang terdiri dari beberapa toko internet yang dikelola oleh penyelenggara online market place. Kewajiban penyedia platform online market place seperti," tandasnya.  

                Dikatakan  kewajiban  penyedia platform online marketplace  harus memiliki NPWP dan dikukuhkan sebagai PKP , memungut menyetor dan melaporkan PPN  dan PPH terkait penyediaan layanan platform marketplace kepada pedagang/penyedia jasa yang berjualan di online marketplace. Apalabila penyedia online marketplace barang/jasa sendiri yang dijual sendiri melalui platform online marketplace wajib memungut PPN dan PPH  selain itu juga melaporkan rekapitulasi transaksi yang dilakukan oleh pedagang pengguna platform online ,marketplce.

                Masih dikatakan Rudi kewajiban pedagang dan penyedia jasa yang berjualan melalui platform online marketplace memberitahukan NPWP kepada penyedia  platform Online markeplace  memberitahukan NPWP , bila belum memeliki NPWP bisa mengajukan untuk mendaftarkan NPWP atau cukup  menyampaikan NIK  pada penyedia platform online market place. Melaksanakan kewajiban terkait PPH sesuai dengan ketentuan yang berlaku , seperti membayar PPH final 0,5 Prosen  dari omzet dalam hal tidak melebihi Rp.4,8 Milyar dalam setahun.  Serta sebaliknya Selanjutnya dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak dalam hal omzet melebihi  Rp. 4,8 Milliar setahun   dengan kewajiban seperti ketentuan yang berlaku.

Disinggung soal Kanwil DJP III dijelaskan   tahun 2018, penerimaan pajak sebesar 29,54 triliun atau 93,67 persen dari target penerimaan sebesar 31,53 triliun sedangkan  total pertumbuhan penerimaan pajak selama 2018 lanjutnya juga mengalami peningkatan yakni sebesar 13,1 persen. Ini terlihat dari adanya kenaikan jumlah wajib pajak bayar tahun 2018 yang mengalami pertumbuhan sebesar 51,7 persen. "Untuk jumlah pajak terdaftar di tahun 2018 tumbuh sebesar 6,5 persen," tambahnya.

Selain dari sektor tembakau yang mencapai hampir 60 Prosen Pertumbuhan pajak untuk Kanwil DJP Jatim III selama 2018  juga  didorong oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).Menurutnya, selama tahun 2018 UMKM semakin menunjukan perannya dalam pertumbuhan ekonomi negara. "Kontribusi UMKM dalam penerimaan pajak meningkat menjadi 241, 83 miliar," jelasnya

                Secara terpisah Kepala Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jatim III Eko Budihartono yang kerab di panggil Sinyo menyampaikan bahwa  pertemuan rutin dengan wartawan akan ditingkatkan pada tahun 2019, harapanya ada persamaan persepsi  antara media dengan Kanwil DJP III, oleh karenanya dalam Gathering kali ini diambil tema satu suara untuk membangun Bangsa. (an)  

Page 1 of 15

Panggung Koruptor

  •