Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Presiden: Kepemimpinan Indonesia Berhasil Hasilkan Deklarasi G20 Bali
Last Updated on Nov 22 2022

Presiden: Kepemimpinan Indonesia Berhasil Hasilkan Deklarasi G20 Bali

  BALI,KORANRAKYAT.COM,- Kepemimpinan Indonesia pada G20 telah berhasil menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 Bali meski pada awalnya diragukan banyak pihak. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dalam penyusunan deklarasi berjumlah 52 paragraf tersebut, penyikapan perang di Ukraina merupakan hal...
Stop the War Jokowi Nyatakan Hingga Berkali Kali Stop Perang
Last Updated on Nov 22 2022

Stop the War Jokowi Nyatakan Hingga Berkali Kali Stop Perang

 BALI,KORANRAKYAT.COM ,- Presiden RI Joko Widodo dua kali menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk menghentikan perang, dalam sambutan pembukaan Sesi III KTT G20 Indonesia, di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Rabu. "Yang Mulia saya menyatakan pertemuan kita dibuka kembali. Mengawali...
Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina
Last Updated on Nov 22 2022

Deklarasi Bersama KTT G20, Mayoritas Anggota Kecam Keras Perang Rusia-Ukraina

BALI,KORANRAKYAT.COM, Mayoritas anggota G20 mengecam keras perang Rusia-Ukraina yang masih berkecamuk, dalam deklarasi bersama G20 Bali Leaders Declaration. Dalam dokumen deklarasi KTT G20 yang dilihat  wartawan  pada Rabu (16/11/2022), anggota kelompok tersebut menyebut perang di Ukraina...
Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, NATO Langsung Rapat Darurat di Bali, Menlu Rusia Pilih Cabut dari KTT G20
Last Updated on Nov 22 2022

Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, NATO Langsung Rapat Darurat di Bali, Menlu Rusia Pilih Cabut dari...

BALI,KORANRAKYAT.COM,- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diwarnai ketegangan, itu setelah kabar rudal buatan Rusia dilaporkan menghantam Polandia, Selasa. Dua warga tewas dalam kejadian.Aliansi Militer Barat NATO yang berkumpul di sela konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 Bali langsung...
Bank Jatim Jalin Kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara
Last Updated on Nov 22 2022

Bank Jatim Jalin Kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara

  SURABAYA,KORANRAKYAT.COM | Dalam rangka mendukung pengembangan usaha di sektor perkebunan tebu dan industri gula khususnya yang ada di Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Sinergi Gula Nusantara...

World Today

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM | Dalam rangka mendukung pengembangan usaha di sektor perkebunan tebu dan industri gula khususnya yang ada di Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Sinergi Gula Nusantara (SGN).pada 21 November 2022 Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan langsung oleh  Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah R. Arief Wicaksono dan Direktur PT SGN Suhendri serta disaksikan oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur Iwan S.Hut., M.M.,  serta Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Heru Suseno.  Acara dilakukan di Ruang Bromo bankjatim Kantor Pusat Surabaya.

Penandatanganan PKS ini merupakan wujud kolaborasi bankjatim bersama PT SGN yang terimplementasi melalui pemberian kredit kepada petani tebu binaan PT SGN melalui skim Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau skim kredit bankjatim lainnya. Dalam hal ini, PT SGN berperan dalam pemberian rekomendasi petani tebu yang layak menerima kredit sesuai dengan data yang ada. 

Pemberian kredit kepada petani tebu yang dimaksud dapat dimanfaatkan untuk budidaya tebu seperti biaya garap lahan atau biaya operasional serta pemberian kredit dengan agunan Delivery Order (DO) gula. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk perekonomian di Indonesia pada umumnya dan khususnya perekonomian Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Busrul Iman menyampaikan bahwa kami mengakui penyaluran kredit di sektor produkti masih kurang optimal. “Masyarakat memang lebih mengenal bankjatim dengan pembiayaan kredit pegawainya, Hal itu tetap kami optimalkan. Namun kedepan, agar bankjatim dapat terus tumbuh berkembang mau tidak mau harus diversifikasi ke sektor produktif salah satunya adalah pemanfaatan potensi pembiayaan yang ada di industri gula” jelas Busrul.

“Kami juga berharap dengan adanya kerjasama ini dapat dilanjutkan dengan kerjasama yang lain, Tidak hanya terbatas di sektor pembiayaan namun juga di sektor bisnis yang lain, misalnya terkait pembayaran atau jasa perbankan lainnya”, imbuh Busrul. “Ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan bankjatim terhadap peningkatan perekonomian Jawa Timur sesuai dengan arahan Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa khususnya di bidang perkebunan salah satunya pada komoditi tebu”, imbuh Busrul.

Dalam kesempatan tersebut, Iwan menyampaikan apresiasi kepada bankjatim dan PT SGN dalam melaksanakan kerjasama ini, “sehingga kolaborasi antar stakeholder yang menjadi arahan Ibu Gubernur terus digaungkan dalam upaya menigkatkan perekonomian di Jawa Timur”, tutur Iwan.

Iwan menambahkan, melihat kebutuhan gula secara nasional yang masih ditopang oleh Negara lain, hal tersebut seharusnya dapat menjadi keunggulan komparatif Provinsi Jawa Timur, mengingat Jawa Timur adalah provinsi penghasil gula pasir terbesar di Indonesia dan juga merupakan provinsi dengan jumlah pabrik gula kristal putih terbanyak di Indonesia. “Pada tahun 2020 produksi gula pasir Jawa Timur mencapai 47,24% dari total produksi nasional. Dengan demikian, Jawa Timur menjadi barometer dan kunci kebangkitan gula nasional”, tambah Iwan.

“Kami berharap pemberian kredit kepada para petani tebu melalui kerjasama ini dapat mengekspansi usaha para petani tebu. Kami juga berharap PKS ini dapat memberikan maanfaat yang luas bagi petani tebu binaan PT SGN”, harap Iwan.

Direktur PT SGN Suhendri menjelaskan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) atau PTPN Group membentuk entitas tunggal dari 36 pabrik gula (PG) milik tujuh anak usaha PTPN Group, yaitu PTPN II, PTPN VII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, dan PTPN XIV. “Pembentukan entitas tunggal ini diberi nama PT Sinergi Gula Nusantara. Pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara merupakan satu dari 88 program Kementerian BUMN 2020-2023, dengan cita-cita meningkatkan produksi gula untuk menekan ketergantungan impor dan mengembalikan kejayaan industri gula Indonesia”, jelas Suhendri.

Suhedri berharap PKS ini dapat mempermudah petani dalam hal pembiayaan. Selain itu diharapkan petani menerima suatu value yang dapat meningkatkan pendapatan petani. “Sehingga dapat mengoptimalkan produksi Gula di Jawa Timur dan puncaknya dapat mewujudkan Swasembada pangan nasional khususnya di sektor gula” tutup Suhendri.(ard)

 

 

 

 



BALI,KORANRAKYAT.COM Presiden Joko Widodo menerima penghargaan Global Citizen Award dari Atlantic Council dalam acara Global Food Security Forum yang digelar di Kecak Ballroom, Sofitel Nusa Dua Beach Resort, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Minggu, 13 November 2022. Dalam sambutannya, Kepala Negara mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan motivasi untuk meningkatkan peran serta dalam menyelesaikan permasalahan dunia.

"Terima kasih atas penghargaan Global Citizen Award kepada saya dan ini akan makin memotivasi saya dan pemerintah Indonesia untuk menjalankan tanggung jawab besar menjadi bagian dari solusi dunia," ujar Presiden.

Menurut Presiden, selama bekerja dirinya tidak pernah berpikir untuk mendapatkan penghargaan. Presiden mengaku hanya menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan nilai kemanusiaan.

"Tidak pernah terpikir di benak saya memperoleh penghargaan yang terhormat ini. Yang selama ini saya lakukan adalah hanya bekerja sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab demi nilai-nilai kemanusiaan.," ucap Presiden.

Selain itu, Indonesia sebagai negara majemuk yang terdiri atas 17 ribu pulau, 1.340 suku bangsa, dan 652 bahasa lokal dinilai telah mengajarkan nilai-nilai toleransi, perdamaian, persatuan, hingga kerja sama. Oleh sebab itu, Presiden selalu menyempatkan diri turun langsung ke lapangan untuk melihat kesulitan yang dihadapi masyarakat.

"Kesulitan terbesar selalu dirasakan oleh mereka yang berada di bawah, oleh keluarga miskin, oleh negara yang berpenghasilan rendah. Oleh sebab itu, saya selalu berusaha keras untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat kecil dan juga menyuarakan kepentingan negara-negara berpenghasilan rendah di berbagai forum," ungkapnya.

Presiden juga menegaskan bahwa dunia tidak dapat dibangun dengan rivalitas dan keserakahan, namun harus dibangun dengan toleransi dan kerja sama yang saling menghormati dan saling menguntungkan. Melalui semangat toleransi dan kerja sama tersebut, Indonesia akan menjalankan amanat sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dan keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 mendatang.

"Presidensi Indonesia di G20 tahun ini dan keketuaan Indonesia di ASEAN tadi sudah diserahterimakan kepada saya tahun depan dilandasi dengan semangat-semangat tersebut," ujar Presiden.

Untuk diketahui, penganugerahan Global Citizen Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York. Dalam acara yang digelar pada 19 September 2022 lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hadir secara langsung untuk mewakili Presiden Jokowi menerima penghargaan tersebut.

Sejumlah tokoh dunia juga pernah mendapat penghargaan tersebut karena dinilai telah memberikan kontribusi nyata bagi dunia. Di antaranya adalah mendiang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, hingga Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Selain kepada Presiden Jokowi, penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 juga dianugerahkan kepada Presiden Finlandia Sauli Niinistö, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai, serta aktor dan UNESCO Special Envoy for Peace and Reconciliation Forest Whittaker.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.(eas)

Tuesday, 06 September 2022 23:45

Dua Penghargaan Top GRC Awards 2022 Untuk Bank Jatim

Written by

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,– PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali mengukir prestasi dalam puncak acara TOP GRC Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah TOP Business bekerjasama dengan Asosiasi GRC Indonesia IRMAPA (Indonesia Risk Management Profesional Association), ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), PaGi (Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia), serta beberapa perusahaan konsultan bisnis dan GRC lainnya.

Dengan tema “GRC Empowerment in Digital ERA : And its Support To G20 Indonesia Presicency”, 2 kategori berhasil dimenangkan oleh “bank nya masyarakat Jawa Timur” berkat komitmen dan konsistensinya dalam melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik yaitu TOP GRC Awards 2022 #Stars 4 yang dianugerahkan kepada bankjatim dan The Most Committed GRC Leader 2022 yang dianugerahkan kepada Direktur Utama bankjatim Busrul Iman. Bertempat di Hotel Raffles Ciputra World Jakarta, acara perhargaan dihadiri secara langsung oleh Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah bankjatim R Arief Wicaksono.

Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2022, M. Lutfi Handayani, menyampaikan sejumlah hal. Pertama, TOP GRC Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan GRC tertinggi di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berkinerja baik, dan telah menerapkan GRC secara efektif dan terintegratif, dalam pengelolaan bisnis. 

 “Selain kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan, di dalam TOP GRC Awards juga banyak aspek pembelajaran bersama di bidang implementasi GRC, khususnya bagi perusahaan-perusahaan peserta,” kata Pemimpin Redaksi Majalah Top Business itu.

Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2022, Antonius Alijoyo, mengatakan bahwa kegiatan TOP GRC Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business ini, memiliki arti penting, yakni untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management, yang efektif dan terintegrasi.  

“Dengan semakin efektifnya implementasi GRC ini, maka kinerja bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat dan investor baik dari dalam dan luar negeri akan tetap terjaga dan bahkan makin meningkat,” kata Antonius. 

Dalam kesempatan tersebut, Arief mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang diterima bankjatim pada sore hari ini. “Kami juga berterimakasih kepada para stakeholder dan shareholder atas support yang selama ini diberikan kepada bankjatim. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja ke depan agar dapat berkontribusi dalam perekonomian Indonesia khususnya di Jawa Timur”, terang Arief. 

“Penghargaan ini tentunya menjadi sangat spesial bagi kami mengingat bankjatim terus menunjukkan performa dan kinerja yang terus meningkat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan transformasi dan berbagai inovasi yang terus kami lakukan secara masif agar bankjatim tetap kompetitif di era digital”, tutup Arief.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, bankjatim berharap terus dapat meningkatkan kinerja yang telah menunjukkan pertumbuhan positif di triwulan II 2022 dengan mencatatkan aset sebesar Rp. 108,93 Triliun dan tumbuh 14,08%, sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 815 Miliar atau tumbuh 1,49% (YoY). Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana PihakKetiga (DPK) bankjatim yang mencatatkan pertumbuhan  16,41% (YoY) yaitu sebesarRp. 94,90 triliun. Dari sisi pembiayaan, bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 2,21% (YoY) atau sebesar Rp. 43,54 Triliun.

bankjatim terus menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan perbankan. Terbaru, bankjatim telah melakukan launching JConnect Remittance tepat di puncak acara HUT bankjatim beberapa waktu yang lalu. Layanan ini merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang yang bekerjasama dengan Mercan Trade Asia. Manfaat Jconncet Remitance dapat melakukan transaksi dengan maksimal transaksi sampai dengan Rp 99.000.000,-. Transaksi juga dapat dilakukan real time 24 jam dan tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman.  Dengan adanya layanan ini diharapkan mampu memfasilitasi para pekerja migran Indonesia yang berada diluar negeri untuk melakukan transaksi pengiriman uang kepada keluarganya dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman.(ard)

Wednesday, 24 August 2022 15:10

Bank Jatim Serahkan CSR Ke Pemkab Sidoarjo

Written by

 

SIDOARJO,KORANRAKYAT.COM                    Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) kepada masyarakat, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) menyerahkan CSR bankjatim pedulikepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Bertempat di RSUD Sidoarjo, penyerahan CSR secara simbolis dalam bentuk 10  unit Floor Stand Touch Screen Digital Signage diserahkan oleh Direktur Komersial & Korporasi bankjatimEdi Masrianto kepada Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali. Pada Selasa (23/08)  2022

            Dalam sambutannya, Edi Masrianto menjelaskan bahwa CSR ini merupakan upaya bankjatim dalam mendukung dan meningkatkan kualitas pelayanan khususnya di RSUD Sidoarjo agar penyampaian informasi kepada pasien dan keluarga pasien dapat lebih mudah diakses. “Alat ini juga dapat digunakan sebagai sarana promosi pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh RSUD Sidoarjo”, Ujar Edi.

            Hal serupa disampaikan oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, “Pemberian CSR ini penting karena dapat digunakan sebagai informasi kepada masyarakat terkait tentang pelayanan, fitur, dan lain sebagainya yang ada di RSUD Sidoarjo”, jelas Ahmad Muhdlor. “Tujuannya adalah memberikan pelayanan lebih serta memudahkan pasien atau keluarga pasien untuk mengakses setiap informasi yang ada di rumah sakit”, imbuh Ahmad Muhdlor.

“Ini juga merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas bersama antara Kabupaten Sidoarjo bersama bankjatim dalam rangka membangun Kabupaten Sidoarjo di bidang kesehatan tentunya. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada bankjatim atas sumbangsih dan atensinya kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat”, tutup Ahmad Muhdlor.

            Berbagai kemudahan transaksi perbankan juga terus ditingkatkan oleh bankjatim, salah satunya melalui JConnect Mobile. Dengan menggunakan JConnect Mobile, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan aman seperti melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, pembayaran iuran BPJS, termasuk transaksi pembayaran yang ada di RSUD Sidoarjo. Sedangkan  Fasilitas terbaru yang dapat dinikmati oleh nasabah melalui layanan JConnect adalah BI-FAST. Layanan ini merupakan salah satu layanan transaksi digital  dari Bank Indonesia yang telah disematkan pada fitur JConnect Mobile. Dengan BI-FAST, nasabah bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,- sekali transaksi.

 

            Layanan BI-FAST semakin melengkapi fitur JConnect Mobile bankjatim yang saat ini telah memiliki berbagai fitur untuk memudahkan transaksi keuangan perbankan. Dengan JConnect sobat bankjatim dapat melakukan berbagai transaksi keuangan mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya. (ard)

 

 

 

 

 

Wednesday, 03 August 2022 13:32

BUMN Jangan Jadi Dinosaurus Karena tak Mampu Beradaptasi

Written by



JAKARTA,KORANRAKYAT.COM -- Adaptasi menghadapi perubahan zaman menjadi sebuah keharusan bagi Indonesia. Hal ini menjadi perhatian utama bagi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengisi seminar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DKI Jakarta bertajuk "Menuju Masyarakat Cashless" di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

"Ini era yang tidak bisa terhindarkan, digitalisasi suka tidak suka harus kita hadapi dan kita tidak mungkin berdiam diri," ujar Erick.

Erick menyebut era digital mengubah begitu banyak sendi-sendi kehidupan masyarakat. Hal ini terlihat dari perubahan cara kerja, cara berusaha, hingga hal-hal penting lain dalam kehidupan yang sangat memerlukan dukungan digital. Meski tak ubah, ucap Erick, Indonesia memiliki sumber daya besar dalam menjadikan ekonomi digital sebagai fondasi bangsa di masa yang akan datang.

"Allah SWT memberikan kita demografi yang mayoritas muda saat ini, 55 persen usia di bawah 35 tahun, mau tidak mau industri digital kita akan berkembang," lanjutnya.

Erick memproyeksikan Indonesia akan menjadi pemain industri digital terbesar di Asia Tenggara pada 2030. Hal ini ditopang dari potensi ekonomi digital Indonesia yang diprediksi mencapai Rp 4.500 triliun pada 2030 atau tumbuh delapan kali lipat dari APBN.

 "Pertanyaan saya selalu sama, kapan perubahan ini terjadi kalau kita tidak adaptasi sehingga akhirnya kita hanya jadi market. Saat hanya menjad market, maka tidak ada investasi untuk pembukaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi akan tumbuh lebih besar di negara lain," ungkap dia.

Erick menyebut sudah terlalu lama sumber daya alam dan market besar Indonesia hanya dijadikan sebagai pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi negara lain. Untuk itu, lanjut Erick, pemerintah bekerja keras untuk melakukan perubahan dengan menekan pengiriman SDA dalam bentuk bahan baku ke luar negeri, salah satunya dengan memperkuat ekosistem industri baterai listrik. Erick menilai keberpihakan terhadap SDA berdampak besar bagi masyarakat lewat terciptanya pembukaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

"Kita tidak anti asing atau anti investasi luar negri, tapi keseimbangan pertumbuhan yang merata harus dipastikan, pertumbuhan Indonesia harus lebih tinggi dari negara lain," sambung Erick.

Erick menyampaikan perubahan zaman juga mendorong masyarakat terutama generasi mudah beralih menggunakan sistem pembayaran cashless atau nontunai. Sejak awal, ucap Erick, Kementerian BUMN komitmen memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses sistem pembayaran nontunai lewat program transformasi inovasi model bisnis dan kepemimpinan teknologi.  

"Sejak awal kita bangun ekosistem yang mana digital menjadi kunci bagi kita untuk bisa bersaing. Jangan BUMN jadi dinosaurus yang mati dimakan zaman karena besar badan, tapi tidak mau bermetamorfosis," ujar dia.

Erick memuji terobosan digitalisasi yang dilakukan sejumlah BUMN seperti ASDP Indonesia dengan Ferizy dan Bank Mandiri dengan layanan Livin. Dengan sistem daring, ucap Erick, Ferizy mampu mengurai persoalan antrean yang terjadi bertahun-tahun pada layanan penyeberangan.

"Contoh Ferizy ASDP, dulu penyeberangan antre truk bisa 10 jam, kita coba dua tahun lalu, sistem e-tiketing, ini mampu menghemat biaya logistik kita yang saat ini masih 23 persen atau lebih tinggi dari negara lain yang sudah 13 persen," ucap Erick.

Erick menilai keberhasilan sistem ini mendongkrak pergerakan penyeberangan dari Pulau Jawa ke Sumatera hingga 40 persen. Bahkan, saat masa mudik lalu tingkat pertumbuhan penyeberangan armada trikw tumbuh hingga 144 persen.

Kemudian, ucap Erick, Bank Mandiri sesuai dengan tren bank digital lewat Livin mampu menjadi penghubung yang stategis dalam sektor pembayaran nontunai untuk sektor pariwisata Indonesia.

"Saya tugaskan Mandiri membangun ekosistem pembayaran untuk sektor pariwisata. Kita sering terjebak pola pikir kalau bicara industri pariwisata selalu wisatawan asing, padahal sebelum pandemi, 76 persen itu winsun, hanya 24 persen yang asing. Di Bali, wisatawan asing baru kembali 30 persen, sedangkan wisatawan domestik sudah kembali di 70 persen. Kita sinergikan juga dengan holding pariwisata dan pendukung atau InJourney," kata Erick menambahkan.

 

 

BOGOR,KORANRAKYAT.COM Dana Moneter Internasional (IMF) menaruh harapan pada kepemimpinan Indonesia dalam presidensi G20. Kepemimpinan itu diperlukan antara lain untuk mendorong para pemimpin negara G20 untuk mendukung langkah institusi-institusi yang memiliki kemampuan untuk membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan delegasi IMF yang dipimpin oleh Direktur Pelaksana Kristalina Georgieva pada Minggu, 17 Juli 2022, di Istana Kepresidenan Bogor.

"Ibu Kristalina tadi menyampaikan bahwa IMF akan melakukan langkah untuk bisa membantu negara-negara miskin tersebut yang akan menghadapi kondisi yang luar biasa berat. Nah ini, kepemimpinan Indonesia nanti di bawah Bapak Presiden Jokowi pada saat pertemuan G20 diharapkan bisa pimpinan-pimpinan dari negara G20 akan mendukung langkah dari institusi-institusi yang memiliki kemampuan untuk membantu negara-negara yang sedang menghadapi krisis," ujar Menteri Keuangan.

Menurut Sri, IMF menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa situasi inflasi yang melanda berbagai negara telah menyebabkan bank-bank sentral mengeluarkan kebijakan menaikan suku bunga. Maka, kemungkinan berbagai negara miskin yang sekarang sudah dalam kondisi sangat rawan akan berada dalam kondisi yang makin sulit, terkena krisis pangan, dan terkena juga kemungkinan krisis keuangan.

"Seperti sekarang ini terjadi di berbagai negara Afrika dan juga bahkan negara seperti Srilanka, ini akan menjadi sangat penting karena jangan sampai kemudian kemampuan dunia internasional untuk mencegah krisis menjadi makin lemah dan menyebabkan risiko makin tinggi," imbuhnya.

"Bapak Presiden yang akan menjadi tuan rumah G20 nanti menjadi sangat-sangat penting untuk bisa memobilisasi dukungan semua leaders G20 untuk bisa membantu terutama negara miskin," lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan harapannya agar negara-negara African Union bisa diundang di G20 karena selama ini G20 tidak pernah memasukkan negara-negara tersebut di dalam pembahasannya secara permanen. Karena itu, pada presidensi Indonesia ini, Presiden Jokowi berinisiatif untuk mengundang African Union dan diharapkan bisa menjadi keputusan permanen G20.

"Ini juga menyebabkan kita bisa membahas masalah dunia secara lebih lengkap karena suara dari negara-negara terutama dari Afrika yang sekarang sedang menghadapi banyak sekali kesulitan pangan, kesulitan dari sisi ekonomi, dan juga keuangan menjadi sangat penting," tandasnya.(eas)

 

 

SUARABAYA,KORANRAKYAT.COM-BI-FAST merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) yang berguna untuk mempermudah transaksi keuangan. Di era digital seperti saat ini, kemudahan transaksi merupakan sebuah keharusan. Salah satu cara mempermudah dan mempercepat transaksi keuangan yaitu melalui layanan transaksi digital. Saat ini sobat bankjatim dapat menikmati fasilitas BI-FAST yang telah disematkan pada fitur JConnect Mobile bankjatim sejak beberapa waktu yang lalu. Lalu apa saja sih keuntungan BI-FAST yang dapat dinikmati oleh Sobat bankjatim?

Dengan BI-FAST, sobat bankjatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp. 2.500,- dengan limit transaksi maksimal Rp. 250.000.000,- sekali transaksi.

Tidak seperti layanan SKNBI dan BI-RTGS yang terdapat jam operasional yang telah ditentukan, layanan BI FAST juga tersedia setiap saat (24/7), sobat bankjatim dapat melakukan transaksi transfer dimanapun dan kapanpun tanpa dibatasi waktu.  Dengan keuntungan itu, sobat bankjatim dapat menghemat waktu serta biaya sehingga transaksi keuangan sobat lebih efisien.

Penggunaan BI-FAST saat ini dapat dilakukan melalui JConnect Mobile bankjatim dengan aman karena telah dilengkapi fitur fraud detection dan AML/CFT, sehingga tidak perlu was was dalam menggunakan BI-FAST. 

 

Layanan BI-FAST semakin melengkapi fitur JConnect mobile bankjatim yang saat ini telah memiliki berbagai fitur untuk memudahkan transaksi keuangan perbankan. Dengan JConnect sobat bankjatim dapat melakukan berbagai transaksi keuangan mulai dari pembelian pulsa, pengisian OVO atau Gopay, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembelian tiket pesawat & kereta serta banyak lagi yang lainnya.(ard)

 

JAKARTA ,KORANRAKYAT.COM-- Komisi VI DPR menyetujui usulan penyertaan modal negara (PMN) 2023 dan inisiatif aksi korporasi 2022. Pimpinan rapat kerja Komisi VI dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Mohamad Hekal, mengatakan, Komisi VI setuju memberikan PMN tunai dan nontunai untuk tahun anggaran 2023 dan inisiatif aksi korporasi 2022.

"Komisi VI DPR menyetujui usulan penyertaan modal negara tahun anggaran 2023," ucap Hekal saat rapat kerja terkait usulan PMN tunai dan nontunai 2023 dan insiatif aksi korporasi 2022 di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Hekal menyampaikan Komisi VI menyetujui usulan PMN tunai 2023 kepada sepuluh BUMN senilai Rp 69,82 triliun yang terdiri atas PLN, Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), Len Industri, Hu…
Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

Sementara  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmennya dalam melakukan transformasi BUMN. Erick menyampaikan, transformasi, baik dari sisi bisnis dan SDM, terbukti memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja BUMN.

"Perbaikan kinerja BUMN tentu memiliki dampak besar bagi masyarakat dan negara. Kalau BUMN-nya tidak sehat, bagaimana mau maksimal berkontribusi," ujar Erick di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Erick mengatakan, BUMN secara konsolidasi berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 126 triliun pada 2021. Capaian ini melesat jauh dibandingkan 2020 yang hanya sebesar Rp 13 triliun. Tak hanya membukukan laba bersih, Erick juga terus mendorong penurunan rasio utang BUMN.

"Alhamdulillah berkat transformasi dengan mengedepankan proses bisnis yang baik, tata kelola perusahaan yang baik (GCG), efisiensi, dan profesional, rasio utang BUMN pada 2021 itu 35 persen atau turun empat persen dari 2020 yang sebesar 39 persen," ucap Erick.

Erick mengaku akan terus mendorong rasio utang BUMN terus mengecil hingga tahun-tahun ke depan. Erick mengatakan telah memetakan utang-utang BUMN. Pemetaan dimaksudkan agar utang BUMN benar-benar ditujukan untuk kepentingan bisnis.

"Sekarang kita rapikan yang mana utang-utang produktif, dan yang mana utang-utang yang koruptif. Yang koruptif tentu kita sikat," kata Erick menambahkan.(eas)

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM| PT Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk (bankjatim) berhasil menorehkan berbagai prestasi di Pengujung triwulan II 2022. Bankjatim berhasil bororng penghargaan selama dua hari berturut-turut dalam 2 (ajang) penghargaan yang berbeda. Setelah berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Innovation Awards 2022 sehari sebelumnya (29/06), bankjatim kembali meraih penghargaan dalam ajang 19th Banking Service Excellence Awards 2022 (30/06). 

Pada ajang Indonesia innovation awards yang diselenggarakan oleh The Iconomics, bankjatim berhasil meraih penghargaan dengan kategori “As One Among The Winning Brands in Financial Industry”. Metode penilaian dilakukan dengan melibatkan 4.000 responden pada 10 (sepuluh) kota besar di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada bankjatim atas inovasi-inovasi yang telah dilakukan sehingga dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi masyarakat

Bankjatim kembali berhasil meraih penghargaan pada ajang 19th Banking Service Excellence Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Infobank. bankjatim berhasil meraih Lima penghargaan pada kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD). Peringkat I kategori media sosial, peringkat II kategori call center, peringkat III kategori mobile banking , peringkat III kategori sms banking, serta peringkat III kategori Best overall Performance. Penentuan penilaian didasarkan pada survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2022 yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI).  

Corporate Secretary bankjatim Budi Sumarsono yang hadir  mewakili Direktur Utama, pada kedua ajang penghargaan tersebut, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang telah kami terima. “Kami juga berterimakasih kepada para stakeholder dan shareholder atas support yang selama ini diberikan kepada bankjatim. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja  ke depan agar dapat berkontribusi dalam perekonomian di Indonesia khususnya di Jawa Timur”, terang Budi Sumarsono.  

“Penghargaan ini tentunya menjadi sangat spesial bagi kami mengingat bankjatim terus menunjukkan performa dan kinerja yang terus meningkat. Hal tersebut tentunya sejalan dengan transformasi dan berbagai inovasi yang terus kami lakukan secara masif agar bankjatim tetap kompetitif di era digital, selain itu kami juga berterimakasih kepada Jatimers yang telah berkomitmen untuk terus menigkatkan kinerja perusahaan,”  tutup Budi Sumarsono.(ard)

 

JAKARTA |KORANRAKYAT.COM- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan tahapan pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada Jumat (17/6/2022). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, proses ini menjadi penentu kesepakatan perdamaian (homologasi) antara Garuda dengan kreditur.

"Hari ini adalah momen penting bagi kami, karena salah satu BUMN yang menjadi entitas kebanggan bangsa, Garuda Indonesia, telah menyelesaikan pemungutan suara dalam proses PKPU," ujar Erick di Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Erick bersyukur voting ini mendapatkan respons positif dari mayoritas kreditur yang ikut serta dalam proses PKPU. Berdasarkan hasil rekapitulasi voting, lanjut Erick, insya Allah Garuda dapat mencapai threshold suara yang menjadi syarat homologasi. Erick menyebut hasil ini tak lepas dari kerja keras dan dukungan banyak pihak, baik internal maupun eksternal.

"Proyeksi positif yang kami terima hari ini tidak terlepas dari hasil kerja keras seluruh jajaran manajemen, karyawan, serta tim konsultan pendamping yang lebih dari tujuh bulan menjalin komunikasi intensif dengan para kreditur. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para kreditur yang telah mendukung Garuda hingga ke titik ini," ucap Erick.

Erick berharap dukungan ini akan terus mengalir hingga tahap di mana Garuda mulai melaksanakan langkah-langkah strategis yang telah dirancang dalam rencana bisnis ke depan. Hal ini akan menjadikan Garuda sebagai entitas bisnis yang lebih agile, adaptif dan berdaya saing.

"Kami tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang terus percaya pada Garuda Indonesia, khususnya di masa yang penuh tantangan ini untuk memberikan pelayanan penerbangan terbaik," lanjut Erick.

Erick mengatakan, Garuda Indonesia berkomitmen menjalankan misi menjadi platform penggerak ekonomi bangsa dan melalui peran esensialnya sebagai penyedia akses konektivitas bagi aktivitas ekonomi, pariwisata hingga sosial dan budaya bagi masyarakat Indonesia.

"Perkembangan positif ini datang di momentum yang tepat, saat dunia telah mulai bangkit dan beradaptasi dengan pandemi, ekonomi hidup kembali dan orang-orang mulai bepergian. Dengan terus bekerja sama dan saling mendukung, ke depannya kita dapat menantikan Garuda terbang lebih tinggi," kata Erick menambahkan.(eas)

A

 

LAMONGAN,KORANRAKYAT.COM    Dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak daerah, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan melakukan launching digitalisasi pajak daerah E-BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan E-SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah). Bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, launching program E-BPHTB dan E-SPTPD dilakukan langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama dengan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah bankjatim Arief Wicaksono.kegiatan pada Kamis (9/6) 2022

Melalui sistem E-BPHTB dan E-SPTPD, wajib pajak dapat mengisi form sekaligus melakukan pelaporan dari sistem tersebut. Setelah semua proses administrasi selesai, pembayaran pajak dapat dilakukan melalui aplikasi JConnect bankjatim tanpa harus datang dan antri ke kantor. Melalui launching digitalisasi ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat seperti terhindar dari human error, akuntanbilitas yang lebih terjamin dan tentunya efisiensi waktu bagi wajib pajak.

“bankjatim akan selalu berinovasi dan mendukung program - program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan serta berjalan beriringan bersama pemerintah Kabupaten Lamongan menuju era digitalisasi untuk mempermudah setiap pembayaran Pajak" ucap Arief Wicaksono.

Kemudahan pembayaran pajak tersebut diharapkan dapat mewujudkan tertib pelaporan dan tertib pembayaran sehingga mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lamongan. Sedangkan bagi bankjatim hadirnya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dikelola oleh bankjatim.

“Terimakasih atas sinergitas dan kolaborasi BAPENDA Kabupaten Lamongan bersama bankjatim yang telah meluncurkan program E-BPHTB & E-SPTPD. Semoga kemudahan pembayaran pajak melalui program ini bisa mengoptimalkan PAD Kabupaten Lamongan" tutup Yuhronur Efendi.(ard)

Tuesday, 31 May 2022 10:58

Semen Merah Putih Watershield Merambah Jatim

Written by

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM - PT Cemindo Gemilang Tbk, melaunching Semen Merah Putih Watershield di Surabaya, Senin (30/5/2021). Semen multiguna itu digunakan untuk semua aplikasi, baik untuk bangunan struktur dan nonstruktur.

Commersial Director PT Cemindo Gemilang, Surindro Kalbu Adi mengatakan, pada 10 Mei lalu sudah diluncurkan di Jakarta. Kali ini hadir di Surabaya yang menjadi kota kedua untuk pasar Jawa Timur, Bali dan Indonesia Timur yang menyasar pasar premium.

"Kita harapkan konsumen memiliki semen yang terbaik. Tentunya rumah kawan-kawan akan lebih baik. Selain kualitas bangunan yang lebih baik antirembes, antibocor, tahan korosi dan didesain di segala cuaca, yakni efek daun talas," kata Surindro.

Menurut Surindro, tentunya ini membuat biaya perbaikan menjadi minim. Ke depan pihaknya akan mempertahankan produknya, dengan menyediakan produk yang inovatif.

Sementara Tehnical Marketing Manager, Aditya Yudistira menambahkan, Semen Merah Putih hadir sejak beberapa tahun lalu, tidak berhenti berinovasi. Kini menghadirkan Semen Merah Putih Watershield. Lebih hemat dibandingkan semen biasa, yakni sekitar 38 persen untuk biaya perawatan.

 

"Untuk daya tolak air bila menggunakan semen biasa hanya 58 persen. Sementara menggunakan semen ini bisa sampai 70 persen. Kami juga optimis, tahun ini penjualan akan meningkat karena sudah memasuki endemi," ujarnya. 

Dia juga menegaskan bahwa proyeksi tahun ini sangat positif. Untuk wilayah Jatim tahap awal disuplai 10-15 persen dari nasional.(an)

Friday, 20 May 2022 09:21

Bank Jatim Raih TOP BUMD 2022

Written by

 

 

SOLO.KORANRAKYAT.COMPT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali meraih penghargaan dalam acara Infobank Top BUMD 2022 yang diselenggarakan oleh Infobank Media Group bekerjasama dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) dan Perhimpunan BPR Milik Pemda (PERBAMIDA) bertempat di Hotel Alila Solo (19/05). Penganugerahan tersebut diberikan kepada Bank Jatim sebagai salah satu BPD berpredikat “The Best” untuk kategori “BPD KBMI 2 (Modal Inti Rp. 6 Triliun s,d 14 Triliun) Beraset > Rp. 100 Triliun”. 

Eko B. Supriyanto selaku Chairman Infobank Media Group menjelaskan, Infobank Top BUMD 2022 ini merupakan pembuktian bahwa kapasitas bank-bank daerah tidak kalah dengan lembaga bank swasta. Kapasitas yang baik sekaligus menunjukkan kualitas layanan dan operasional lembaga bank itu sendiri.

Ragkaian penganugerahan penghargaan didahului dengan kegiatan webinar bertajuk Holdingisasi BPD “Peran Pemilik dan Pengurus Dalam Memajukan dan Membuat BUMD Semakin Adaptif Pada Era Digital” dengan menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya. Acara dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaan yang diikuti oleh 20 BPD, 5 BPRS, dan 50 BPR, yang meraih predikat “The Best” pada Rating BUMD Keuangan Infobank 2022

Busrul Iman selaku Direktur Utama bankjatim yang menerima secara langsung pernghargaan tersebut, menyampaikan bahwa bankjatim sebagai salah satu BPD terbesar di Indonesia akan senantiasa mendukung langkah strategis guna terwujudnya penguatan organisasi BPD, sehingga terus berkembang, baik dalam hal permodalan maupun bisnis infrastruktur. Bank Jatim akan menjadi bagian dari lokomotif pembangunan ekonomi daerah yang akan terus beradaptasi dan menguatkan organisasi dalam menghadapi iklim kompetisi yang kian menguat di era transformasi industri saat ini. (ard)

Wednesday, 27 April 2022 04:09

Pertamina Dukung Mudik Aman Mudik Sehat Bersama

Written by

 

 

JAKARTA,KORANRAKYA.COM,-   Pertamina group turut berpartisipasi menyukseskan program mudik gratis Kementerian BUMN “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”. Pertamina menyediakan 40 bus dengan pilihan 10 rute tujuan dan total 1.600 pemudik yang berangkat dari Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta menuju kota tujuan.

Program mudik gratis ini merupakan Kolaborasi 25 perusahaan BUMN dengan menyediakan 510 bus dan 24 Kereta Api yang akan memberangkatkan kurang lebih 40 ribu pemudik. Dengan puncak acara pelepasan (flag off) oleh Menteri BUMN Erick Thohir, program ini merupakan jawaban dari antusiasme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kegiatan mudik ini bentuk koordinasi antar BUMN untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo melayani para pemudik. Dia berharap kegiatan mudik ini bisa berjalan aman dan lancar.

"Ini adalah amanah bagaimana pejabat publik harus bisa melayani rakyatnya dengan baik. Mudah-mudahan perjalanan mudiknya aman dan nyaman. Jangan lupa jaga protokol kesehatan juga, sama-sama kita jaga," kata Erick saat pelepasan rombongan mudik di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Erick berharap, para pemudik tetap menjaga keamanan dan bersabar selama di perjalanan, terutama jika terjadi kemacetan. Tak lupa, Erick juga berpesan kepada pengemudi untuk berkendara dengan aman dan selamat.

"Mudah-mudahan kemacetannya tidak seperti yang dibayangkan, namun jika terjadi macet harap sabar, jangan mudah terprovokasi. Karena pemerintah semua berkoordinasi agar arus mudik ini lancar," kata Erick.

"Kepada pengemudi, saya berharap harus benar-benar dijaga. Jangan jadi pembalap. Dan yang penting sekali keamanan harus tetap dijaga," imbuh Erick.

Sementara itu, Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Dedi Sunardi yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan kesehatan dan keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama dalam mendukung acara ini. 

Untuk kesehatan, Pertamina bekerja sama dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation, atau biasa disingkat menjadi Pertamedika IHC, memastikan peserta mudik Pertamina telah melakukan vaksinasi dan dalam kondisi sehat, serta mematuhi protokol kesehatan. Adapun untuk kendaraan pemudik Pertamina bekerja sama dengan DAMRI memastikan keamanan dan kelayakan kendaraan untuk keselamatan pemudik hingga tiba di kota tujuan akhir. 

“Partisipasi Pertamina dalam Program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk #energiuntukistiqomah Pertamina untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan nyaman dan aman,” ujar Dedi.

Dedi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu acara ini. Ia berpesan kepada pemudik yang akan berangkat untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama perjalanan hingga tiba di kota tujuan. 

“Pertamina mengapresiasi upaya program 'Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022' berbagi kebahagiaan dan keberkahan kepada pemudik agar mereka bisa berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Terima kasih Pertamina sudah dilibatkan, semoga kontribusi kami ini dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pada Bapak Ibu dan keluarga, semoga selamat sampai tujuan," ujarnya. 

Ia juga berpesan kepada awak bus serta sopir untuk selalu berhati-hati dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku. “Saya mengingatkan untuk selalu patuh kepada aturan yang berlaku, yang terpenting selamat sampai di tujuan. Semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya.

Adapun dalam menghadapi mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini, selain menyiapkan tambahan pasokan BBM di seluruh SPBU, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan selama  periode Satgas Ramadan Idul Fitri (RAFI), seperti SPBU Siaga di wilayah jalur potensial (Jalur tol, Jalur wisata, jalur logistik) yang disiagakan 24 jam sebanyak 1.370 SPBU, sedangkan agen dan outlet LPG Siaga yang juga disiagakan hingga 24 jam khusus di wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadan dan Idul Fitri sebanyak 48 ribuan unit. 

Sedangkan di lokasi yang tidak ada SPBU disiapkan juga Kiosk Pertamina Siaga yang menyediakan Pertamax dan Dex series sebanyak 85 unit yang tersebar di 47 lokasi. Pelayanan Motorist, yakni layanan antar untuk BBM (Pertamax/Dex series) untuk konsumen di lokasi-lokasi macet juga disiapkan sebanyak 339 unit. Selain itu, mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM juga disiapkan hingga 154 unit. 

“Tak hanya itu, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan Pertamedika juga kita siapkan untuk penyediaan pengecekan kesehatan termasuk ambulans. Semua kami kerahkan untuk meningkatkan pelayanan agar masyarakat aman dan nyaman dalam perjalanan mudik,” tutup Dedi.(eas)

 

 

 

-------------------------------

 

*Keterangan Foto 1:* Bus Pemudik Pertamina Jurusan Jakarta - Malang pada acara “Mudik Aman Mudik Sehat” Bersama BUMN 2022 yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (27/4/2022).

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM – Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi upaya transformasi yang dilakukan Waskita Karya yang sudah on track. Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri acara State Owned Enterprises (SOE) Investor Roundtable Waskita Karya yang diselenggarakan pada Senin (18/4) di Jakarta.

“Saya mengapresiasi kerja keras Waskita Karya, yang on track dalam upaya transformasinya, sambil terus mendorong peningkatan IRR dan investasi strategis untuk memperkuat permodalan. Saya optimis, Waskita Karya bisa mencapai target transformasi tahun 2025, yaitu pertumbuhan market cap 2x dan ebitda 3x,” ujar Erick Thohir.

Transformasi ini, lanjut Erick, adalah bagian dari transformasi menyeluruh BUMN karya. “Kita sudah punya roadmap untuk mentransformasi BUMN karya. “Kita memperbaiki portofolio dan melakukan re-grouping, serta konsolidasi agar BUMN-BUMN karya kita bisa memiliki spesialisasi dan keahlian - sejalan dengan regulasi industri konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bukan bisnis yang generalis apalagi ‘Palugada’,” tambahnya.

Erick juga menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur, serta peranan pemerintah dan swasta. “Pembangunan infrastruktur adalah kunci untuk kemajuan ekonomi dan peningkatan daya saing dengan menekan biaya logistik kita yang saat ini masih 23%. Karenanya pemerintah hadir, dan sepanjang pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo, pemerintah telah membangun 1.900 km jalan tol yang menyambungkan baik Trans Jawa, Trans Sumatera dan beberapa di Kalimantan dan Sulawesi. Namun peranan swasta menjadi penting untuk mempercepat pembangunan, dan meningkatkan operasionalnya,” tegas Erick.

Senada dengan itu, Direktur Utama, PT Waskita Karya, Destiawan menyatakan, “Penyehatan keuangan perusahaan sudah berjalan baik melalui 8 stream dengan dukungan 21 bank untuk restrukturisasi utang induk yang telah tercapai 100% pada tahun 2021, sementara utang anakanak perusahaan, ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun 2022.”

“Strategic partnership, seperti dengan Indonesia Investment Authority (INA), merupakan strategi yang dikembangkan Waskita untuk percepatan penyelesaian sejumlah ruas jalan tol, dan menguatkan modal kerja untuk proyek-proyek Waskita, sehingga membantu pencapaian pertumbuhan yang baik dengan tren positif,” tutur Destiawan.

Kamis lalu (14/4), INA dan Waskita Karya mengumumkan kerjasama investasi strategis untuk Ruas Jalan Tol Trans Jawa: Tol Kanci – Pejagan dan Tol Pejagan – Pemalang.

Acara SOE Investor Roundtable yang digelar di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, ini menghadirkan direktur himpunan bank negara, perwakilan investor saham, sekuritas dari dalam dan luar negeri, serta sejumlah analis keuangan dan investasi. ***

Tentang PT Waskita Karya (Persero) Tbk

PT Waskita Karya (Persero) Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengembangkan usaha melalui 3 pilar bisnis utama, yaitu Jasa Konstruksi (gedung, bandara, jalur kereta api, infrastruktur air, jalan, jembatan dan EPC), Investasi (jalan tol, realty, dan infrastruktur non jalan tol) dan Manufaktur (beton pracetak dan pabrikasi baja). Waskita Karya mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (IPO) pada Desember 2012 dengan menerbitkan saham baru sebesar Rp1,2 triliun. Dalam menjalankan visi menjadi Perusahaan terdepan dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan, Waskita Karya menjalankan proses bisnisnya bersama 4 anak perusahaanya, yaitu PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Waskita Toll Road (WTR), PT Waskita Karya Realty (WKR) dan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI). (eas)

Page 1 of 17

Panggung Koruptor

  •  

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang

     
  •  

     

     

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM -- Baru beberapa hari jadi Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa jadi

     
  •  

     

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Kejaksaan Agung melalui Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat

     
  •  

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum