Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban Kebakaran Kilang Pertamina
Last Updated on May 15 2022

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban Kebakaran Kilang Pertamina

  BALIKPAPAN, KORANRAKYAT.COM,   15 Mei 2022 - Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex. Saat ini kondisi sudah terkendali dan terus dilakukan proses pendinginan. Dalam kurun...
KTT Asean AS Presiden Nyatakan stop Perang Ukraina
Last Updated on May 15 2022

KTT Asean AS Presiden Nyatakan stop Perang Ukraina

    WASHINGTON,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menyerukan untuk menghentikan perang di Ukraina sekarang juga. Demikan disampaikan Presiden pada KTT Khusus ASEAN-AS yang digelar di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat, 13 Mei 2022. Menurut Presiden Jokowi, perang di Ukraina...
Cegah Kepadatan, Menhub Minta Di Pelabuhan Merak Terapkan First In First Out
Last Updated on Apr 29 2022

Cegah Kepadatan, Menhub Minta Di Pelabuhan Merak Terapkan First In First Out

  SEMARANG,KORANRAKYAT.COM,_ - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Penyeberangan Merak, untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.  Penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki...
Presiden Jokowi Bahas Solusi Damai Perang Rusia-Ukraina dengan Sejumlah Pemimpin Negara
Last Updated on Apr 29 2022

Presiden Jokowi Bahas Solusi Damai Perang Rusia-Ukraina dengan Sejumlah Pemimpin Negara

  BOGOR,KORANRAKYAT.COM,-Sebagai pemegang mandat presidensi G20 tahun 2022, dalam dua bulan terakhir, Presiden Joko Widodo telah berkomunikasi dengan beberapa pemimpin negara dan Sekretaris Jenderal PBB tentang persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada bulan...
Data Posko Sampai H-4 Lebaran  Pergerakan Penumpang Penyeberangan Tertinggi
Last Updated on Apr 29 2022

Data Posko Sampai H-4 Lebaran Pergerakan Penumpang Penyeberangan Tertinggi

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,- Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022 (1433 H), tercatat pada Kamis, 28 April 2022 kemarin atau (H-4) Lebaran, pergerakan penumpang angkutan umum mengalami peningkatan di semua moda jika dibandingkan dengan hari...

World Today

  •  
    KTT Asean AS Presiden Nyatakan stop Perang

     

     

    WASHINGTON,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menyerukan untuk menghentikan perang di

     
Wednesday, 27 April 2022 04:09

Pertamina Dukung Mudik Aman Mudik Sehat Bersama

Written by

 

 

JAKARTA,KORANRAKYA.COM,-   Pertamina group turut berpartisipasi menyukseskan program mudik gratis Kementerian BUMN “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022”. Pertamina menyediakan 40 bus dengan pilihan 10 rute tujuan dan total 1.600 pemudik yang berangkat dari Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta menuju kota tujuan.

Program mudik gratis ini merupakan Kolaborasi 25 perusahaan BUMN dengan menyediakan 510 bus dan 24 Kereta Api yang akan memberangkatkan kurang lebih 40 ribu pemudik. Dengan puncak acara pelepasan (flag off) oleh Menteri BUMN Erick Thohir, program ini merupakan jawaban dari antusiasme masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kegiatan mudik ini bentuk koordinasi antar BUMN untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo melayani para pemudik. Dia berharap kegiatan mudik ini bisa berjalan aman dan lancar.

"Ini adalah amanah bagaimana pejabat publik harus bisa melayani rakyatnya dengan baik. Mudah-mudahan perjalanan mudiknya aman dan nyaman. Jangan lupa jaga protokol kesehatan juga, sama-sama kita jaga," kata Erick saat pelepasan rombongan mudik di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Erick berharap, para pemudik tetap menjaga keamanan dan bersabar selama di perjalanan, terutama jika terjadi kemacetan. Tak lupa, Erick juga berpesan kepada pengemudi untuk berkendara dengan aman dan selamat.

"Mudah-mudahan kemacetannya tidak seperti yang dibayangkan, namun jika terjadi macet harap sabar, jangan mudah terprovokasi. Karena pemerintah semua berkoordinasi agar arus mudik ini lancar," kata Erick.

"Kepada pengemudi, saya berharap harus benar-benar dijaga. Jangan jadi pembalap. Dan yang penting sekali keamanan harus tetap dijaga," imbuh Erick.

Sementara itu, Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Dedi Sunardi yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan kesehatan dan keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama dalam mendukung acara ini. 

Untuk kesehatan, Pertamina bekerja sama dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation, atau biasa disingkat menjadi Pertamedika IHC, memastikan peserta mudik Pertamina telah melakukan vaksinasi dan dalam kondisi sehat, serta mematuhi protokol kesehatan. Adapun untuk kendaraan pemudik Pertamina bekerja sama dengan DAMRI memastikan keamanan dan kelayakan kendaraan untuk keselamatan pemudik hingga tiba di kota tujuan akhir. 

“Partisipasi Pertamina dalam Program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk #energiuntukistiqomah Pertamina untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dengan nyaman dan aman,” ujar Dedi.

Dedi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu acara ini. Ia berpesan kepada pemudik yang akan berangkat untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama perjalanan hingga tiba di kota tujuan. 

“Pertamina mengapresiasi upaya program 'Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022' berbagi kebahagiaan dan keberkahan kepada pemudik agar mereka bisa berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Terima kasih Pertamina sudah dilibatkan, semoga kontribusi kami ini dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pada Bapak Ibu dan keluarga, semoga selamat sampai tujuan," ujarnya. 

Ia juga berpesan kepada awak bus serta sopir untuk selalu berhati-hati dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku. “Saya mengingatkan untuk selalu patuh kepada aturan yang berlaku, yang terpenting selamat sampai di tujuan. Semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya.

Adapun dalam menghadapi mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini, selain menyiapkan tambahan pasokan BBM di seluruh SPBU, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan selama  periode Satgas Ramadan Idul Fitri (RAFI), seperti SPBU Siaga di wilayah jalur potensial (Jalur tol, Jalur wisata, jalur logistik) yang disiagakan 24 jam sebanyak 1.370 SPBU, sedangkan agen dan outlet LPG Siaga yang juga disiagakan hingga 24 jam khusus di wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadan dan Idul Fitri sebanyak 48 ribuan unit. 

Sedangkan di lokasi yang tidak ada SPBU disiapkan juga Kiosk Pertamina Siaga yang menyediakan Pertamax dan Dex series sebanyak 85 unit yang tersebar di 47 lokasi. Pelayanan Motorist, yakni layanan antar untuk BBM (Pertamax/Dex series) untuk konsumen di lokasi-lokasi macet juga disiapkan sebanyak 339 unit. Selain itu, mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM juga disiapkan hingga 154 unit. 

“Tak hanya itu, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan Pertamedika juga kita siapkan untuk penyediaan pengecekan kesehatan termasuk ambulans. Semua kami kerahkan untuk meningkatkan pelayanan agar masyarakat aman dan nyaman dalam perjalanan mudik,” tutup Dedi.(eas)

 

 

 

-------------------------------

 

*Keterangan Foto 1:* Bus Pemudik Pertamina Jurusan Jakarta - Malang pada acara “Mudik Aman Mudik Sehat” Bersama BUMN 2022 yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (27/4/2022).

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM – Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi upaya transformasi yang dilakukan Waskita Karya yang sudah on track. Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri acara State Owned Enterprises (SOE) Investor Roundtable Waskita Karya yang diselenggarakan pada Senin (18/4) di Jakarta.

“Saya mengapresiasi kerja keras Waskita Karya, yang on track dalam upaya transformasinya, sambil terus mendorong peningkatan IRR dan investasi strategis untuk memperkuat permodalan. Saya optimis, Waskita Karya bisa mencapai target transformasi tahun 2025, yaitu pertumbuhan market cap 2x dan ebitda 3x,” ujar Erick Thohir.

Transformasi ini, lanjut Erick, adalah bagian dari transformasi menyeluruh BUMN karya. “Kita sudah punya roadmap untuk mentransformasi BUMN karya. “Kita memperbaiki portofolio dan melakukan re-grouping, serta konsolidasi agar BUMN-BUMN karya kita bisa memiliki spesialisasi dan keahlian - sejalan dengan regulasi industri konstruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bukan bisnis yang generalis apalagi ‘Palugada’,” tambahnya.

Erick juga menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur, serta peranan pemerintah dan swasta. “Pembangunan infrastruktur adalah kunci untuk kemajuan ekonomi dan peningkatan daya saing dengan menekan biaya logistik kita yang saat ini masih 23%. Karenanya pemerintah hadir, dan sepanjang pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo, pemerintah telah membangun 1.900 km jalan tol yang menyambungkan baik Trans Jawa, Trans Sumatera dan beberapa di Kalimantan dan Sulawesi. Namun peranan swasta menjadi penting untuk mempercepat pembangunan, dan meningkatkan operasionalnya,” tegas Erick.

Senada dengan itu, Direktur Utama, PT Waskita Karya, Destiawan menyatakan, “Penyehatan keuangan perusahaan sudah berjalan baik melalui 8 stream dengan dukungan 21 bank untuk restrukturisasi utang induk yang telah tercapai 100% pada tahun 2021, sementara utang anakanak perusahaan, ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun 2022.”

“Strategic partnership, seperti dengan Indonesia Investment Authority (INA), merupakan strategi yang dikembangkan Waskita untuk percepatan penyelesaian sejumlah ruas jalan tol, dan menguatkan modal kerja untuk proyek-proyek Waskita, sehingga membantu pencapaian pertumbuhan yang baik dengan tren positif,” tutur Destiawan.

Kamis lalu (14/4), INA dan Waskita Karya mengumumkan kerjasama investasi strategis untuk Ruas Jalan Tol Trans Jawa: Tol Kanci – Pejagan dan Tol Pejagan – Pemalang.

Acara SOE Investor Roundtable yang digelar di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, ini menghadirkan direktur himpunan bank negara, perwakilan investor saham, sekuritas dari dalam dan luar negeri, serta sejumlah analis keuangan dan investasi. ***

Tentang PT Waskita Karya (Persero) Tbk

PT Waskita Karya (Persero) Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengembangkan usaha melalui 3 pilar bisnis utama, yaitu Jasa Konstruksi (gedung, bandara, jalur kereta api, infrastruktur air, jalan, jembatan dan EPC), Investasi (jalan tol, realty, dan infrastruktur non jalan tol) dan Manufaktur (beton pracetak dan pabrikasi baja). Waskita Karya mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (IPO) pada Desember 2012 dengan menerbitkan saham baru sebesar Rp1,2 triliun. Dalam menjalankan visi menjadi Perusahaan terdepan dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan, Waskita Karya menjalankan proses bisnisnya bersama 4 anak perusahaanya, yaitu PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Waskita Toll Road (WTR), PT Waskita Karya Realty (WKR) dan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI). (eas)

.


JAKARTAiKORANRAKYAT.COM Krisis geopolitik yang terus berkembang sampai saat ini mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas US$ 100 per barel. Hal ini pun mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret 2022 tercatat US$ 114,55 per barel atau melonjak hingga lebih dari 56% dari periode Desember 2021 yang sebesar US$73,36 per barel. 

           Dikatakan Irto Ginting Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Pertamina Commercial & Trading  Menyikapi kondisi ini, Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga harus tetap menjaga komitmen dalam penyediaan dan penyaluran BBM kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok negeri. Untuk menekan beban keuangan Pertamina, selain melakukan efisiensi ketat di seluruh lini operasi, penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terelakkan untuk dilakukan namun dengan tetap mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

          Karenanya, penyesuaian harga dilakukan secara selektif, hanya berlaku untuk BBM Non Subsidi yang dikonsumsi masyarakat sebesar 17% , dimana 14% merupakan jumlah konsumsi Pertamax dan 3% jumlah konsumsi Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

         Sedangkan BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar Subsidi yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebesar 83%, tidak mengalami perubahan harga atau ditetapkan stabil di harga Rp7.650 per liter. Hal ini merupakan kontribusi Pemerintah bersama Pertamina dalam menyediakan bahan bakar dengan harga terjangkau.

        Berlaku mulai tanggal 1 April 2022 mulai pukul 00:00 waktu setempat, BBM Non Subsidi Gasoline RON 92 (Pertamax) disesuaikan harganya menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5%), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter. "Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat,  harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019," jelas Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero).
          Penyesuaian harga ini, lanjut Irto, masih jauh di bawah nilai keekonomiannya. Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM,  Agung Pribadi dalam keterangan tertulisnya menyatakan dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp. 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp. 16.000 per liter.
        Dengan demikian, penyesuaian harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter ini masih lebih rendah Rp3.500 dari nilai keekonomiannya. "Ini kita lakukan agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," ujar Irto.
       Dengan harga baru Pertamax, Pertamina berharap masyarakat tetap memilih BBM Non Subsidi yang lebih berkualitas. "Harga baru masih terjangkau khususnya untuk masyarakat mampu. Kami juga mengajak masyarakat lebih hemat dengan menggunakan BBM sesuai kebutuhan,"pungkas Irto.

      Untuk informasi lengkap mengenai seluruh harga produk Pertamina terbaru, masyarakat dapat mengakses website pertamina di www.pertamina.com dan atau dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.(eas)

 

 

 

JAKARTAIKORANRAKYAT.COM ,-Harga pertamax segera naik. Namun, besaran kenaikannya belum bisa dipastikan hingga kemarin. Begitu juga waktu pelaksanaannya. Meski demikian, beredar kabar bahwa harga baru BBM jenis RON 92 itu berlaku mulai besok (1/4).

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto menyayangkan polemik BBM muncul saat pengusaha bersiap menyambut peak season Ramadan. ”Menurut saya nggak tepat momennya. Kita mau masuk Ramadhan di mana kita akan masuk ke peak season. Dampaknya nanti ke harga barang dan komoditas yang diterima konsumen. Kasihan, hajat orang banyak,” papar Mahendra kepada wartawan.

 

Mahendra menegaskan, komponen harga BBM mengambil porsi 50–60 persen pada pengoperasian jasa angkutan transportasi. Karena itu, jika biaya transportasi naik, harga komoditas atau produk yang akan diterima konsumen juga ikut naik. ”Padahal, kita sedang bertumpu pada optimisme pemerintah bahwa pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5 persen tahun ini,” bebernya.

 

Mahendra berharap BBM jenis biosolar dan pertalite tidak ikut harga keekonomian. Sebab, dua jenis BBM tersebut sangat vital untuk kebutuhan angkutan transportasi. ”Kita pengusaha di momen ini tidak hanya sedang mempersiapkan gaji bulanan, tapi juga THR. Jadi, hal ini sangat sensitif,” ungkapnya

 

Sementara anggota Komisi VII DPR Mulyanto menyebutkan, penetapan pertalite sebagai BBM dalam penugasan memang penting. Dengan begitu, masyarakat tidak khawatir terjadi kenaikan harga. Seiring kenaikan harga migas dunia yang dipicu perang Rusia-Ukraina.Selain itu, Pertamina akan tenang. Sebab, dengan status pertalite sebagai BBM dalam penugasan, berarti ada jaminan pemerintah atas kompensasi selisih harga keekonomian dengan harga jual. ”Penetapan ini sejalan dengan Perpres Nomor 117 Tahun 2021 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM tertanggal 31 Desember 2021 yang mengompensasi 50 persen BBM pertalite,” terang Mulyanto.

 

Politikus PKS tersebut juga mendesak pemerintah segera mendistribusikan pertalite ke seluruh wilayah Indonesia dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai timbul kelangkaan.Terkait dengan APBN, kenaikan harga migas dunia diikuti meningkatnya penerimaan ekspor negara. Terutama dari kenaikan harga komoditas batu bara, minyak kelapa sawit alias crude palm oil (CPO), tembaga, dan nikel. ”Ini soal bagaimana mengelola isi kantong kiri dan kantong kanan,” kata Mulyanto.Meski begitu, pihaknya tidak setuju atas kenaikan harga pertamax. Menurut dia, Komisi VII DPR tidak pernah membahas soal kenaikan harga pertamax. ”Dalam FGD, Pertamina pernah mengangkat masalah itu, tapi secara umum disikapi dingin oleh anggota yang hadir,” terangnya.

 

Mulyanto meminta pemerintah konsisten dalam mengambil kebijakan terkait dengan harga BBM dalam negeri. Sudah seharusnya kebijakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat yang belum sepenuhnya pulih karena diterpa pandemi Covid-19.

 

Menurut dia, konsistensi sangat penting agar kebijakan pemerintah mudah dipahami dan mendapat dukungan publik. Contohnya, terkait dengan harga pertamax. ”Di awal-awal pandemi saat harga migas dunia anjlok pada titik terendah, pemerintah tidak menurunkan harga pertamax,” ungkapnya.

 

Sekarang, saat harga migas naik, pemerintah segera mewacanakan untuk menaikkan harga pertamax. ”Ini kan tidak konsisten. Masyarakat pada posisi yang tidak diuntungkan,” terangnya. Akibatnya, masyarakat tidak dapat membedakan mana BBM jenis umum, BBM khusus penugasan, dan BBM bersubsidi. Sebab, semua harga BBM diatur pemerintah.

 

Ke depan, kata dia, pemerintah harus konsisten mengenai kebijakan BBM jenis umum yang harganya bergerak sesuai dengan mekanisme pasar. Biarlah pasar yang menentukan harga itu melalui kompetisi yang adil antara Pertamina dan swasta sehingga terbentuk harga yang fair.Selain itu, kenaikan pertamax secara langsung akan menekan pertalite karena dapat diperkirakan pengguna pertamax beralih ke pertalite. Sebab, selisih harga yang cukup lebar antara pertamax dan pertalite akan mendorong terjadinya hal tersebut.Seharusnya pemerintah segera membayar dana kompensasi bagi Pertamina yang selama ini tertunggak Rp 100 triliun. ”Ini cara yang elegan untuk menyehatkan Pertamina,” tandas Mulyanto.

 

Fajriyah Usman Vice corporate Communcation PT. Pertamina menyampaikan bahwa Pertamina masih melakukan kajian mengenai hal ini. Selain memperhatikan kondisi terkini terkait harga minyak dunia, Pertamina tetap  mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat. BBM Non Subsidi seperti Pertamax Series maupun Dex Series porsi konsumsinya hanya sekitar 17% dari total konsumsi BBM Nasional (Pertamax 14%, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex 3%). 83% porsi konsumsi masyarakat adalah BBM Subsidi, seperti Solar Subsidi dan Pertalite.

 

Secara terpisah Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina Irto Ginting yang dikonfirmasi wartawan  enggan berkomentar banyak. Alasannya, Pertamina masih melakukan kajian dan evaluasi seiring dinamika harga minyak saat ini.

 

”Masih kami kaji dengan mempertimbangkan perkembangan harga minyak dunia. Kami berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk penyesuaian harga pertamax,” ujarnya kemarin (30/3).Irto juga belum bisa memastikan kapan kepastian harga baru itu. ”Kami masih review,” imbuhnya.

 

Sebagaimana diketahui, saat ini harga minyak dunia terus melambung di atas USD 100 per barel. Itu sejalan dengan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia crude price (ICP).Tren kenaikan ICP terjadi sejak akhir 2021. Hingga puncaknya pada Maret 2022, ICP tercatat USD 114,55 per barel. Kenaikan itu makin menjadi-jadi ketika militer Rusia menyerang Ukraina.

 

 

 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menuturkan, batas atas harga jual BBM umum RON 92 untuk Maret 2022 sebesar Rp 14.526 per liter. Angka tersebut merupakan cerminan dari harga keekonomian BBM RON 92 berdasar formula harga dasar dalam penghitungan harga jual eceran. Penghitungan harga keekonomian atau batas atas Maret tersebut mengacu pada harga bulan sebelumnya, yaitu Februari. Padahal, pada Februari 2022 harga minyak belum setinggi Maret 2022.”Dengan mempertimbangkan harga minyak Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 April 2022 akan lebih tinggi dari Rp 14.526 per liter. Bisa jadi sekitar Rp 16 ribu per liter,” ujarnya.

 

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa keputusan soal penyesuaian harga pertamax disebabkan melonjaknya harga minyak dunia. ”Pemerintah sudah memutuskan pertalite dijadikan subsidi, pertamax tidak. Jadi, kalau pertamax naik, mohon maaf,” ujar Erick.

 

Staf  Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan bahwa pertamax itu dikonsumsi mayoritas mobil mewah, masyarakat umum  mermakai pertalite lebih dari 85% yang mempunyai kendaraan.Sedang pertalite yang dikonsumsi rakyat banyak tidak naikkan. sedangkan bila terjadi nanti banyak pemilik mobil mewah beralih ke pertalite, maka  perlu dilakukan pengawasan, sehingga tidak terjadi kelangkaan pertalite.

 

Dikatakan juga kenaikan harga pertamax diperlukan karena harganya sudah jauh dari harga keekonomian. ”Disparitas yang sangat tinggi. Kita tahu harga pertamax sekarang Rp 9 ribu. Kalau harga keekonomiannya saat ini sampai Rp 16 ribu yang harga sebenarnya segitu di dunia, memang sangat jauh,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati menuturkan, harga pertamax harus dinaikkan. Itu bertujuan untuk menjamin kesehatan keuangan Pertamina. ”Hari ini BBM pertamax belum mengikuti mekanisme pasar. Jadi, dukungan kepada (kenaikan harga) itu perlu,” ujar Nicke Senin (28/3).Sejalan dengan itu, pemerintah telah menetapkan pertalite (RON 90) menjadi BBM khusus penugasan (JBKP) untuk menggantikan premium (RON 88). Dengan peralihan status menjadi JBKP atau BBM penugasan, BBM tersebut didistribusikan di wilayah penugasan. Berdasar Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022, wilayah penugasan penyediaan dan pendistribusian JBKP meliputi seluruh wilayah NKRI.

 

        Head of Center Food, Energy, and Sustainable Development Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra P.G. Talattov mengapresiasi kebijakan extraordinary atau darurat pemerintah yang sifatnya sementara dengan menetapkan pertalite sebagai JBKP.

 

Kebijakan itu membuat Pertamina tidak perlu menaikkan harga jual BBM RON 90 tersebut. Sebab, ada kompensasi atas selisih antara harga jual formula (HJF) dan harga jual eceran (HJE) dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Abra menilai, APBN masih memiliki ruang fiskal yang cukup untuk memberikan tambahan kompensasi. Sebab, dalam simulasi sensitivitas APBN 2022 pada nota keuangan 2022, setiap kenaikan harga ICP USD 1 per barel akan menambah pendapatan negara Rp 3 triliun. Lalu, di sisi belanja negara ada tambahan Rp 2,6 triliun. Namun, secara net masih ada potensi surplus Rp 400 miliar.

 

Dengan skenario ICP USD 100 per barel, ada potensi tambahan pendapatan negara Rp 111 triliun dan tambahan belanja Rp 96,2 triliun. Dengan begitu, secara net terdapat surplus Rp 14,8 triliun. Bahkan, dengan ICP Maret yang sudah mencapai USD 114,6 per barel dan harga minyak mentah dunia yang menembus USD 120 per barel, potensi windfall profit tax dari sektor migas juga semakin besar.”Dengan skenario rata-rata ICP 2022 sebesar USD 120 per barel, ada potensi tambahan pendapatan negara Rp 171 triliun dan tambahan belanja Rp 148,2 triliun. Sehingga secara net ada potensi surplus Rp 22,8 triliun,” jelas lulusan Universitas Diponegoro tersebut saat dihubungi wartawan(as)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 27 times Last modified on Thursday, 31 March 2022 08:18
 

 

 

 

 
 
 
 
 

 

 

Redaksi

 
 

 

 

 

 

Login to post comments

 

 

 

 

 

 

.


JAKARTAI KORANRAKYAT.COM  – Kementerian BUMN melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (“PPA”)
sebagai pemegang Surat Kuasa Khusus (SKK) telah melakukan langkah penyelesaian penanganan
BUMN yang selama ini belum terselesaikan dengan memberikan kepastian hukum atas pembubaran
tiga BUMN, yaitu PT Industri Sandang Nusantara (Persero) (“ISN”), PT Industri Gelas (Persero)
(“Iglas”), dan PT Kertas Kraft Aceh (Persero) (“KKA”). Pembubaran ketiga BUMN tersebut dilakukan
melalui putusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
                  Pembubaran ISN berdasarkan Keputusan Pemegang Saham tanggal 2 Februari 2022. Sejak tahun
2018, pendapatan ISN hanya berasal dari jasa maklun (pengerjaan penjahitan) produksi kain, sehingga
tidak dapat menutup biaya operasional perusahaan. Pembubaran Iglas ditetapkan melalui Keputusan
Pemegang Saham pada tanggal 10 Maret 2022. Iglas yang berbasis di Gresik, Jawa Timur, ini sudah
tidak beroperasi sejak tahun 2015. Pemerintah juga melakukan pembubaran KKA yang ditetapkan
melalui Keputusan Pemegang Saham pada tanggal 11 Maret 2022. KKA juga telah berhenti beroperasi
sejak tahun 2008. Pembubaran ketiga BUMN tersebut akan efektif setelah diterbitkannya Peraturan
Pemerintah (PP) Pembubaran.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, “PPA telah melakukan RUPS Pembubaran atas Industri
Sandang Nusantara, Industri Gelas, dan Kertas Kraft Aceh. Pembubaran ketiga BUMN tersebut adalah
upaya untuk memberikan kepastian hukum, menuntaskan permasalahan yang selama ini belum
terselesaikan, serta memberikan solusi terbaik untuk negara. Oleh karena itu, saya tegas: BUMN-
BUMN yang tidak sehat, sudah tidak beroperasi, terus merugi, dan tidak berkontribusi pada negara dan
rakyat harus dibubarkan.”
                  “PPA yang merupakan National Asset Management Company (NAMCO) telah melakukan rangkaian
kajian dengan mempertimbangkan berbagai aspek guna memastikan bahwa seluruh proses telah
sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Pembubaran
ini akan berlaku efektif apabila Peraturan Pemerintah (PP) Pembubaran sudah ditandatangani oleh
Presiden RI, yang Insya Allah diharapkan dapat terbit pada Juni 2022,” kata Erick.
Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi mengatakan dalam melaksanakan amanat SKK dari Menteri
BUMN, PPA telah melakukan kajian yang komprehensif guna merumuskan strategi penyelesaian
terbaik terhadap masing-masing BUMN Titip Kelola. Tahapan restrukturisasi yang dilakukan telah
sangat memperhatikan berbagai aspek, yaitu hukum, sosial, bisnis, dan keuangan dengan
mengedepankan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.
“Dalam proses pembubaran ketiga BUMN ini, PPA juga telah melakukan sosialisasi dan koordinasi
dengan pihak-pihak terkait, termasuk di antaranya Kementerian Keuangan, Dewan Perwakilan Rakyat,
Pemerintah Daerah, maupun Pemerintah Provinsi terkait rencana pembubaran BUMN,” ujar Yadi.
.
            Yadi melanjutkan, Pembubaran ini menjadi solusi terbaik untuk negara untuk menciptakan nilai dan
optimalisasi aset BUMN. Aset-aset BUMN ini masih dapat dioptimalkan untuk memberikan manfaat
kepada masyarakat dan perekonomian daerah setempat apabila ada pihak-pihak, baik BUMN lain,
BUMD, maupun swasta yang berminat untuk mengambil alih dengan mekanisme lelang melalui Kantor
Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).
Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono mengatakan, “Pembubaran ini telah dikaji
sejak lama dan sebagai holding company dari PPA, Danareksa meyakini bahwa setiap langkah yang
dilakukan oleh Tim tentunya telah mempertimbangkan berbagai aspek sebagai upaya optimalisasi aset
BUMN, dan menyelamatkan nilai ekonomi dari aset negara. Kebijakan pembubaran BUMN ini telah
melalui pembahasan yang intensif selama ini, tentu saja dengan tetap memastikan pelaksanaanya
dalam koridor hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta memperhatikan hak-hak
karyawan”.
            Pasca Keputusan RUPS Pembubaran Iglas, ISN, dan KKA, PPA bersama Kementerian BUMN akan
berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk menyusun usulan penerbitan Peraturan
Pemerintah Pembubaran yang diharapkan dapat terbit pada Juni 2022.
Beberapa latar belakang pembubaran masing-masing perusahaan: ISN menghadapi kompetisi industri
tekstil yang sangat tinggi dengan kondisi industri yang secara umum dalam fase sunset. Perusahaan
mengalami kerugian terus-menerus di mana pendapatan perusahaan per tahun 2020 sebesar Rp52
miliar dan rugi bersih sebesar Rp86,2 miliar. Terkait dengan penyelesaian kewajiban karyawan
termasuk pesangon akan diselesaikan melalui penjualan aset milik ISN di Grati, Jawa Timur, yang saat
ini sedang dilakukan penjualan melalui lelang.
Sedangkan Iglas dihadapkan dengan kondisi teknologi alat produksi yang sudah sangat tertinggal serta
permintaan pasar terhadap produksi botol kaca hijau yang sangat minim akibat dampak substitusi
produk botol plastik. Sejak tahun 2015, pendapatan utama Iglas hanya berasal dari non-core business,
yaitu sewa gudang dan penjualan sisa persediaan. Per 2020, ekuitas Iglas negatif sebesar Rp1,32
triliun. Seluruh kewajiban terhadap 429 eks karyawan Iglas, termasuk pesangon, telah diselesaikan
pada September 2021. Sementara kewajiban kreditur dan vendor lainnya akan diselesaikan dengan
penjualan aset yang akan dilakukan oleh kurator.
Sementara KKA sudah menghadapi kondisi di mana teknologi alat produksi sudah tertinggal, sehingga
sudah tidak mampu bersaing dengan kompetitor yang memiliki teknologi terkini. Jika dilakukan
revitalisasi, akan membutuhkan biaya investasi yang sangat besar. Pendapatan KKA sejak 2012 hanya
berasal dari optimalisasi pembangkit listrik yang saat ini dijalankan dengan skema KSO sewa
pembangkit bersama PJBS. Per 2020, posisi ekuitas KKA negatif Rp2 triliun. Menindaklanjuti
pembubaran KKA, kewajiban karyawan termasuk pesangon akan dibayarkan melalui mekanisme dana
talangan oleh PPA.
               Menteri BUMN, Erick menambahkan, keputusan pembubaran adalah langkah terbaik karena ketiga
BUMN tersebut sudah tidak dapat melaksanakan perannya dalam memberikan kontribusi terhadap
perekonomian nasional, meraih keuntungan, dan memberikan kemanfaatan umum sesuai Undang-
Undang BUMN No.19 Tahun 2003. "Langkah ini juga sejalan dengan transformasi yang dijalankan
Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan
akuntabel," ujar Erick.
.
             “Pembubaran tiga BUMN tersebut adalah tahap pertama yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan
beberapa BUMN lainnya, tentunya sesuai dengan mekanisme sesuai dengan peraturan dan
perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu, kami meminta dukungan kepada seluruh pihak agar
dapat mendukung proses ini sebagai langkah terbaik untuk menciptakan nilai ekonomi dan sosial bagi
Indonesia,” tutup Erick.(as)
.

Saturday, 26 February 2022 08:11

TARIF PPH FINAL JASA KONSTRUKSI TURUN

Written by

 

JAKARTA(KORANRANRAKYAT.COM) , -25 Februari 2022 – Pemerintah menyesuaikan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final atas usaha jasa konstruksi melalui Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2022 (PP 9 Tahun 2022) tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 51 Tahun 2008 (PP 51 Tahun 2008) tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha Jasa Konstruksi yang mulai berlaku sejak tanggal 21 Februari 2022.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor mengatakan penyesuaian tersebut dilakukan untuk meningkatkan iklim usaha konstruksi yang lebih kondusif. “Selain itu untuk dapat membantu sektor konstruksi menghadapi pandemi Covid-19 sehingga keberlangsungan proses bisnis dari hulu ke hilir tetap terjaga,” tambah Neilmaldrin.

Adapun jumlah tarif PPh final jasa konstruksi menurut PP 9 Tahun 2022 bertambah dari yang sebelumnya 5 tarif menjadi 7 tarif.

Untuk pekerjaan konstruksi yang dilakukan penyedia jasa yang memiliki sertifikat badan usaha kualifikasi kecil atau sertifikat kompetensi kerja untuk usaha orang perseorangan tarifnya 1,75%, sebelumnya 2%.

Untuk pekerjaan konstruksi oleh penyedia jasa yang tidak memiliki sertifikat badan usaha atau sertifikat kompetensi kerja untuk usaha orang perseorangan tarifnya tetap 4%.

Atas pekerjaan konstruksi yang dilakukan penyedia jasa selain kedua penyedia jasa di atas, antara lain penyedia jasa yang memiliki kualifikasi usaha menengah, besar atau spesialis, dikenai tarif 2,65%, sebelumnya 3%.

Selanjutnya, tarif 3,5% dikenakan untuk jasa konsultansi konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki sertifikat badan usaha atau sertifikat kompetensi kerja untuk perseorangan, sebelumnya 4%.

Sementara untuk jasa konsultansi konstruksi oleh penyedia jasa yang tidak memiliki sertifikat badan usaha atau sertifikat kompetensi kerja untuk perseorangan tetap dikenakan tarif 6%.

Tambahan tarif baru 2,65% untuk pekerjaan konstruksi terintegrasi, artinya gabungan antara pekerjaan konstruksi dan konsultansi konstruksi, yang dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki sertifikat badan usaha. Serta, tarif 4% untuk pekerjaan konstruksi terintegrasi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki sertifikat badan usaha.

 

Selain itu, PP 9 Tahun 2022 juga mengatur bahwa pelaksanaan ketentuan PPh final untuk usaha jasa konstruksi dalam PP ini akan dievaluasi setelah 3 tahun sejak diundangkan oleh Menteri Keuangan.

“Jadi, berdasarkan evaluasi yang akan dilakukan oleh Menteri Keuangan, penghasilan dari usaha jasa konstruksi bisa saja dikenakan PPh sesuai ketentuan umum Pasal 17 UU PPh. Tergantung hasil evaluasi,” pungkas Neilmaldrin.

Selama masa peralihan, terhadap kontrak yang ditandatangani sebelum PP 9 Tahun 2022 diundangkan, untuk kontrak yang dibayarkan sebelum berlakunya PP ini berlaku ketentuan dalam PP 51 Tahun 2008 dan perubahan pertamanya, untuk kontrak yang dibayarkan sejak PP ini berlaku, pengenaan pajaknya berdasarkan PP 9 Tahun 2022.

Ketentuan selengkapnya tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha jasa konstruksi termasuk salinan PP 9 Tahun 2022 dapat dilihat di laman www.pajak.go.id.(dil)

Sunday, 30 January 2022 12:02

Lion Air Siap Terbang Perdana Jogja-Pekanbaru

Written by

JAKARTA|KORANRAKYAT.COM Lion Air Bersiap Terbang Perdana Kembali Mengakomodir Kebutuhan Penerbangan JOGJA – PEKANBARU – JOGJA*

_“Ayo Jelajahi Indonesia di Kota Istimewa dan Bumi Lancang Kuning dengan Tarif Tiket Terjangkau Mulai dari Rp 935.200 Sekali Jalan. Nikmati Bagasi Gratis 20kg, Hiburan Gratis di Pesawat dari HP serta Uji Kesehatan Covid-19: RDT-ANTIGEN Rp 35.000 dan RT-PCR Rp 225.000”_

   Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group segera membuka kembali (re-operate) rute Jogja yang akan diterbangi dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) ke Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU). Penerbangan perdana kembali dijadwalkan pada 09 Februari 2022 Jogja ke Pekanbaru dan 10 Februari 2022 rute Pekanbaru ke Jogja dengan frekuensi terbang 7 (tujuh) kali sepekan (1 kali setiap hari). Rute // No. Terbang // Waktu Berangkat // Waktu Tiba // Gratis Bagasi Yogyakarta Kulonprogo – Pekanbaru // JT-276 // 17.15 // 19.25 // 20 kg Pekanbaru – Yogyakarta Kulonprogo // JT-279 // 06.00 // 08.10 // 20 kg Format waktu lokal: Indonesia Bagian Barat (WIB, GMT+ 07) Penawaran terbaik harga tiket mulai dari Rp 935.200 rute Jogja ke Pekanbaru dan Rp 965.500 Pekanbaru ke Jogja. “Terbang itu Sehat”, Lion Air menawarkan layanan uji kesehatan Covid-19 kepada setiap calon penumpang yang dilaksanakan oleh tenaga medis di mitra kerjasama fasilitas kesehatan yang sudah terafiliasi Kementerian Kesehatan dan terkoneksi di PeduliLindungi. • RDT-ANTIGEN Rp 35.000 Keberangkatan dari Yogyakarta dan Pekanbaru • RT-PCR Rp 225.000 Keberangkatan dari Yogyakarta dan Pekanbaru Terbang kembali di rute Jogja – Pekanbaru – Jogja akan dijalankan guna mengakomodir permintaan pasar kategori perjalanan bisnis, pendidikan, keluarga hingga wisata sejalan dengan kampanye Kota Istimewa “Ayo Jelajahi Indonesia – JOGJA” dan Bumi Lancang Kuning “Ayo Jelajahi Indonesia – PEKANBARU”. Lion Air mengharapkan sektor domestik dari Jawa bagian selatan ke Pulau Sumatera dapat mendukung program percepatan pemulihan perekonomian di masing-masing daerah, termasuk mendorong penggunaan produk-produk lokal (usaha kecil menengah, mikro/ UMKM) sejalan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (GerNas BBI). Rute ini semakin menarik minat orang bepergian menggunakan pesawat udara karena pelaksanaan operasionalnya tetap memenuhi faktor-faktor keselamatan, keamanan dan sesuai dengan pedoman protokol kesehatan. Untuk rute tersebut, Lion Air mempersiapkan dan akan mengoperasikan jenis pesawat Boeing 737-800NG yang berkapasitas 189 kelas ekonomi. Seluruh armada Lion Air dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat. Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada. Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pilihan Baru, Gratis Hiburan dan Lanjutan Lebih Luas Lagi Ketersediaan penerbangan langsung (non-stop) Jogja – Pekanbaru – Jogja mendatang akan memberikan pilihan baru untuk terbang dari layanan yang sudah berjalan yaitu singgah (transit) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK). Penerbangan dimaksud juga memberikan nilai lebih kepada penumpang yang akan melanjutkan penerbangan ke kota-kota lainnya dengan jaringan Lion Air Group. Dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru terhubung ke Medan, Gunung Sitoli, Meulaboh, Aek Godang, Sibolga, Lhokseumawe, Banda Aceh, Batam dan destinasi lainnya. Dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo tersedia rute ke Banjarmasin, Kotabaru, Balikpapan, Tarakan, Malinau, Berau, Makassar, Kendari, Mamuju, Palu, Manado, Gorontalo, Denpasar, Lombok, Bima, Kupang, maumere, Rote, Labuan Bajo serta destinasi-destinasi lain. Dalam meningkatkan pengalaman bahwa terbang itu menyenangkan, seluruh penumpang dapat menikmati hiburan secara “gratis” tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan (extra). Hiburan ini terkoneksi melalui wireless inflight entertainment (W-IFE) dari AirFi (PT Dua Surya Dinamika) yang diakses dari semua ponsel pintar (smartphone), tablet, laptop dengan operating system (OS) - perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya seperti iOS, Android, Windows, BBM, Linux dan lainnya Lion Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari internal, pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara: PT Angkasa Pura I Cabang Yogyakarta Kulonprogo, PT Angkasa Pura II Cabang Pekanbaru, pengatur lalu lintas udara: AirNav Indonesia serta berbagai pihak terkait lainnya dalam persiapan penerbangan perdana mendatang. Kami berharap, dengan sinergitas ini penerbangan perdana dapat terlaksana dengan lancar, sehingga Lion Air dapat menjangkau dan melayani penerbangan di gerbang udara Yogyakarta serta Riau.( eas)

Tuesday, 14 December 2021 13:57

Kejagung jamin Kepastian Hukum Investasi Di Indonesia

Written by

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Pada Senin 13 Desember 2021, Jaksa Agung RI Burhanuddin didampingi Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi menghadiri Seminar Investasi bertajuk “Capturing Indonesia’s Investment Opportunities in the New Normal Era” secara virtual dari ruang kerja Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan.  

Hadir dalam Seminar Investasi secara dalam jaringan (daring) yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro BKPM Indra Darmawan, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Imam Soejoedi, serta dihadiri secara luar jaringan (luring) atau tatap muka di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong yaitu Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar dan 100 investor terkemuka dan pengusaha potensial yang di Hong Kong.  

Adapun maksud dan tujuan Seminar Investasi diselenggarakan yaitu dalam rangka mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 serta menawarkan peluang investasi di Indonesia guna penguatan hubungan ekonomi Indonesia – Hong Kong. 

Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa realisasi Investasi Hong Kong pada tahun 2021 tercatat sebesar US$ 3.1 milliar naik sebesar 25,98 % dibanding tahun 2020, yang berarti investasi Hong Kong berada diurutan kedua setelah Singapura atau naik satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.  

“Walaupun ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, hubungan ekonomi Indonesia dan Hong Kong selama 2021 tumbuh dan terjalin dengan baik,” tambah Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar.  

Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar juga menegaskan kembali komitmen Presiden Joko Widodo dan Pemerintah RI dalam melanjutkan agenda reformasi struktural, deregulasi, dan debirokratisasi investasi. Presiden RI juga akan terus memimpin upaya Pemerintah dalam menjamin kepastian hukum dan meningkatkan kemudahan berusaha dan investasi di Indonesia. 

Jaksa Agung RI Burhanuddin mengatakan Pemerintah RI memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi para investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia, dengan menjadikan pendampingan hukum bagi investor sebagai prioritas utama kerja Kejaksaan Agung RI, yang dibuktikan sejak tahun 2020, Presiden RI telah membentuk Satuan Tugas Pengamanan Investasi untuk membantu menyelesaikan berbagai hambatan investasi di Indonesia.   

Selanjutnya, Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi memberikan contoh pelaksanaan investasi yang berhasil dalam menyelesaikan berbagai hambatan yang dihadapi dengan didampingi oleh Kejaksaan Agung RI sebagai anggota Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menekankan beberapa industri prioritas Indonesia, utamanya dalam masa pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19 antara lain sektor digital, bidang kesehatan dan green economy. Menkomarinves juga tawarkan berbagai peluang investasi antara lain hilirisasi sumber daya mineral, pengembangan baterai lithium, transportasi, energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon (GHG) dengan tetap memperhatikan prinsip penggunaan tenaga kerja lokal, ramah lingkungan, penambahan nilai dan transfer teknologi. 

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro BKPM, Indra Darmawan, menyampaikan keunggulan berinvestasi di Indonesia dan situasi penanaman modal asing di Indonesia

 

semakin meningkat yang tidak hanya di wilayah Jawa namun juga di wilayah lainnya serta mengajak para investor Hong Kong untuk tidak ragu menanamkan modal di Indonesia.  

Senada dengan hal tersebut, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Imam Soejoedi menjelaskan informasi kemudahan dan fasilitasi investasi di Indonesia serta telah adanya tim khusus di BKPM di berbagai wilayah untuk mengatasi berbagai permasalahan. 

Setelah para narasumber menyampaikan pemaparannya masing-masing, acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Senior Deputy Financial Officer Road King Infrastructure Ltd, Mr. Stanley Wong (perusahaan investasi asal Hong Kong yang telah melakukan investasi pada beberapa ruas tol di Indonesia, seperti proyek tol trans Jawa dan proyek tol trans Sumatera), dan Executive Chairman / CEO Combine Will Industrial Co., Ltd Mr. Dominic (pendiri pabrik mainan di Indonesia) mengenai pengalamannya dalam berbisnis dan melakukan investasi di Indonesia.  

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia menjadi salah satu negara fokus bagi investor Hong Kong dalam menanamkan investasinya akibat makin membaik dan makin menariknya iklim perekonomian di Indonesia.(eas)

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengusulkan kepada pemerintah agar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk industri peternakan. Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Selatan menurutnya adalah opsi terbaik.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki setidaknya 19 Kawasan Ekonomi Khusus yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 12 sudah beroperasi sementara tujuh lainnya masih dalam proses pembangunan.

Dengan potensi yang dimilikinya, NTT dan Sulsel menurut politisi NasDem itu juga harusnya ditetapkan sebagai salah satu KEK. Khususnya dalam rangka mendukung pengembangan industri strategis nasional.

“Kalau kita lihat dari potensi kedua daerah ini dan pengembangan industri strategis nasional, maka seharusnya kita menetapkan satu Kawasan Ekonomi Khusus industri peternakan di Sulawesi Selatan atau di NTT,” kata Rapsel, Selasa, 30 November.

NTT sejak dulu dikenal sebagai lumbung ternak nasional. Pada masa lalu, NTT bahkan pernah berjaya di bidang ternak dengan memasok sapi hingga ke Hongkong. 

Sementara Sulsel, saat ini tengah berusaha menjadi lumbung daging nasional. Target itu didukung lahan yang sangat luas dan potensial  untuk pengembangan peternakan.

“Jadi bukan hanya membangun kawasan food estate (Industri Pertanian) maupun fish estate (Industri Perikanan), tapi juga harus disiapkan cattle estate (Industri Peternakan),” jelas Rapsel.

Menurut Rapsel, dirinya sangat optimis dengan masa depan industri strategis nasional jika ini bisa dilakukan. Dan ia percaya Indonesia bisa menjadi superhub pangan dunia. 

“Saya yakin Indonesia mampu membangun kawasan tersebut masing-masing sebagai kawasan industri yang integrated sehingga negara kita ke depan menjadi superhub pangan dunia,” tegas pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) tersebut.

Bagi Rapsel sendiri, industri pangan bisa menjadi kekuatan ekonomi Indonesia beberapa tahun ke depan. Alasannya, dengan jumlah penduduk dunia yang sudah begitu besar, itu akan menjadi potensi pasar luar biasa.

Data United Nation menyebutkan bahwa jumlah penduduk dunia di 2020 mencapai 7,7 miliar orang. Sementara pada 2030, penduduk dunia diperkirakan akan tumbuh hingga 8,5 miliar dan 9,7 miliar pada 2050.

“Ada sejumlah populasi dunia yang butuh makanan minuman yang berkualitas. Jika negara kita mampu mensuplay 15% saja maka billion dollar devisa potensial akan mengalir ke Indonesia setiap bulannya,” jelasnya. (eas)

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM    PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) kembali  torehkan prestasi di ajang penghargaan International, kali ini bankjatim meraih penghargaan peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bertempat di Ballroom Hotel Raffles Jakarta (17/11). “Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk mencapai target kinerja perusahaan di akhir tahun”, imbuh busrul

 

Dikatakan Busrul Iman mengaku bangga dengan prestasi yang diraih bankjatim tersebut. “kami bangga atas prestasi tersebut, hal ini menunjukkan bahwa laporan keberlanjutan bankjatim konsisten dalam berkontribusi terhadap pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”, jelas busrul. .Penghargaan yang diselenggarakan oleh Nasional Center for Sustainability Reporting (NCSR) ini merupakan rating atau pemeringkatan bagi perusahaan Indonesia dan negara Asia lain yang konsisten melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) core business atau proses bisnis.

Sementara kinerja Keuangan bankjatim Triwulan III 2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja September 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih bankjatim tembus Rp. 1,19 Triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) Selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,13 triliun.

 

Bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 6,57% (YoY) atau sebesar Rp. 43,04 triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp. 7,32 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp. 11,10 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp. 24,62 Triliun.

 

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09%, dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, bankjatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Selain itu bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,8 Triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit bankjatim. (an)

 

.

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COMTahun 2021 masih menjadi tantangan bagi industri perbankan, pandemi Covid-19 gelombang kedua yang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia membuat sektor bisnis kembali mengalami penurunan dan berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja industri perbankan. Namun demikian, selepas situasi pandemi yang berangsur membaik, perekonomian Indonesia khususnya di Jawa Timur menunjukkan pertumbuhan positif setelah sebelumnya terkena dampak pandemi. bankjatim bersyukur, di tengah-tengah pandemi tersebut, bankjatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

 Ditengah-tengah pandemi Covid-19, bankjatim menghadirkan inovasi layanan digital yang diberi nama “JConnect”, sebuah Branding Digital Banking yang mencerminkan transformasi digital bankjatim dengan semangat mengkoneksikan semua kebutuhan dan kemudahan akan akses layanan perbankan. Dengan hadirnya JConnect, pengguna layanan digital bankjatim mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  Dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya (YoY), pengguna mobile banking mengalami pertumbuhan sebesar 49,8% (YoY). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 34,4% dan 39,6% (YoY)

Bertempat di Kantor Pusat Basuki Rahmat Surabaya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dalam rangka memberikan keterbukaan informasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan III Tahun Buku 2021.kegiatan pada28Oktober 2021

Kinerja keuangan bankjatimTriwulan III Tahun Buku2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja September 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih bankjatim tembus Rp. 1,19 Triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) Selama semester I 2021,Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,13 triliun.

 

bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredityang positif yaitu tumbuh6,57% (YoY) atau sebesar Rp. 43,04 triliun.Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp. 7,32 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp. 11,10 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp.24,62 Triliun.

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09%, dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, bankjatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Selain itu bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,8 Triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit bankjatim.

Tingginya angka pertumbuhan pengguna e-channel bankjatim menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital bankjatim semakin meningkat. Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.

 

Selama pandemi, Bankjatim juga turut berkontribusi dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan mendukung dan mengikuti program vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah. Program vaksinasi hasil kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah Kabupaten/Kota setempat tercatat telah diikuti kurang lebih 49.500 peserta vaksin dosis pertama. Dengan adanya program vaksinasi tersebut, bankjatim berharap dapat berkontribusi dalam membentuk herd immunity sehingga dapat membantu meminimalisir penyebaran virus Covid-19 serta dapat memulihkan perekonomian ekonomi khususnya di Jawa Timur..(an)

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM . CNBC Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri multifinance yang berhasil menciptakan inovasi dan bertahan pada masa Pandemi Covid-19. Hal tersebut sejalan dengan Program dan layanan bankjatim yang berfokus pada 3 pilar yaitu ASN, UMKM, dan Masyarakat Umum. Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim Ujar Tonny Prasetyo, pada Jumat  (10/9) 2021

Tonny menyampaikan  terimakasih kepada CNBC dan dewan juri atas penghargaan yang telah berhasil diraih Bank Jatim. “Kami berharap penghargaan ini dapat memoitivasi kami untuk lebih baik, lebih berinovasi dan terus berkontribusi dalam memajukan roda perekonomian di Indonesia khususnya di Jawa Timur” ungkap Tonny.
              PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim)  torehkan prestasi dalam ajang CNBC Awards 2021. bankjatim berhasil meraih penghargaan tersebut karena dinilai memiliki keunggulan dalam hal adaptasi atau menciptakan terobosan yang bersifat inovatif, serta mampu menjaga dominasi dari sisi pangsa pasar. .Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo yang digelar secara live dan virtual di Studio CNBC Indonesia, Jakarta (23/09/2021). Bankjatim berhasil meraih penghargan dalam kategori “The Most Adaptive Regional Bank”.

.           “Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, seluruh stakeholder dan shareholder, nasabah, serta seluruh karyawan bankjatim atas kolaborasi dan sinergi yang telah menjadi kunci sukses bankjatim dalam menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Semoga support dan kerjasama ini dapat terus berlanjut, selaras dengan visi dan misi kami”jelas Tonny.
Saat ini bankjatim telah memiliki branding digital terbaru yang diberi nama JConnect. Branding ini merupakan semangat untuk menghubungkan semua kebutuhan dan kemudahaan akan akses layanan perbankan. ”Branding sangat penting untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan hadirnya JConnect, kami berharap fitur-fitur digital banking yang dimiliki oleh bankjatim semakin dikenal oleh masyarakat”, tutup Tonny

Selama pandemi Covid-19, pengguna layanan digital bankjatim mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari awal tahun hingga Juni 2021 (Year to date/Ytd), pengguna mobile banking mengalami pertumbuhan sebesar 18% (Ytd). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 14,3% dan 13,2% (Ytd). Tingginya angka pertumbuhan pengguna e-channel bankjatim menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital bankjatim semakin meningkat. Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

 

 

 

NGANJUK,KORANRAKYAT.COM PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali mendukung Pemerintah dalam upaya Implementasi Transaksi Non Tunai Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Kali ini bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, bankjatim mempermudah transaksi pembayaran Tiket Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan menggunakan QRIS bankjatim. Bertempat di Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk, Launching dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, didampingi Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono, serta Direktur TI & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo.Launcing  pada  (29/09) 2021.

Launching pembayaran tiket bus ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Dinas Perhubungan akan suatu sistem pembayaran non tunai yang memudahkan bagi masyarakat dan dapat langsung masuk rekening secara realtime, sehingga lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Selain efisiensi, pembayaran cashless juga dapat mempermudah penumpang dalam membeli tiket serta meminimalisir beredarnya uang tunai.

Sebuah kebanggan bankjatim dapat berkontribusi atas inovasi-inovasi yang diterapkan dalam pemanfaatan teknologi informasi yang bertujuan untuk memudahkan tata cara pembayaran tiket bus AKDP secara cashless (non tunai). Inovasi kami ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, sehingga diharapkan mampu memberikan kemudahan, baik bagi penumpang, maupun bagi operator bus”, ujar Tonny.

Saat ini fintech terus dikembangkan mengingat tingginya kebutuhan masyarakat akan kemudahan layanan perbankan dan itu juga merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab bankjatim untuk terus berinovasi mewujudkan kemudahan-kemudahan layanan bagi nasabah khususnya masyarakat Jawa Timur.

Transaksi pembayaran tiket bus secara cashless tentunya membawa berbagai keuntungan seperti meningkatkan Pendapatan Asli Daerah; menekan kebocoran pendapatan; terintegrasi dengan sistem Smart City; sebagai salah satu indikator parameter pengukuran potensi pendapatan retribusi; melindungi masyarakat dari tarif yang tidak sesuai dengan PERDA, meningkatkan pelayanan dan perbaikan infrastruktur bagi pengguna jasa angkutan umum (Bus AKDP); serta sosialisasi penggunaan QRIS.

bankjatim berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan serta mempermudahberbagai transaksi, salah satunya dalam pelayanan keuangan daerah guna menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Diharapkan dengan adanya penerapan QRIS untuk pembayaran tiket bus AKDP ini akan menjadi pilot project bagi penerapan pembayaran non tunai lainnya di Provinsi Jawa Timur, terutama pada pembayaran moda transportasi.  

Kami berharap, acara pada hari ini membawa manfaat bagi kita semua. Semoga bankjatim dapat terus menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Kami juga berharap produk & layanan kami dapat terus bermanfaat bagi nasabah khususnya masyarakat Kabupaten Nganjuk”, tutup Tonny.

Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

BOGOR KORANRAKYAT.COM- PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan new platformlayanan digital Kurir dan Jasa Keuangan diantaranya adalah layanan digital PosAja!,Pospay serta Pos Migran Indonesia kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Hal tersebutdilakukan dalam acara kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Thohir ke Kantor Pos Bogor, JlJuanda no 5 Bogor, pada Sabtu, 11 September 2021.
              Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal RochmadDjoemadi menyampaikan laporan secara umum terkait beragam layanan digital yang telahdikembangkan oleh Pos Indonesia seperti PosAja!, Pospay dan berbagai layanan lainnya.
Faizal menjelaskan bahwa sejumlah layanan digital tersebut merupakan bentuk komitmenPT Pos Indonesia (Persero) untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, sesuaidengan perkembangan teknologi dan keuangan saat ini.
              Kepada Menteri Erick Thohir, Faizal juga menjelaskan mengenai fitur aplikasi PosAja!Pospay serta pemanfaatan aplikasi Pospay oleh Pekerja Migran Indonesia di Taiwan.Sebagai informasi, beragam layanan digital kurir dan jasa keuangan telah diluncurkansebelumnya. Grand launching “Pos Migran Indonesia” diselenggarakan pada Selasa, 6 April2021 sementara launching sejumlah layanan digital seperti PosAja! Dan Pospay dilakukanpada 26 Agustus bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Pos Indonesia ke-275.Faizal menambahkan, bahwa kehadiran Pospay juga mendukung para nasabah untukmampu mendirikan unit bisnis kantor pos mandiri berupa Pospay Agen. Layanan Pospaybahkan menjangkau kebutuhan para Pekerja Migran Indonesia untuk melakukan prosestransaksi keuangan dari luar negeri untuk kebutuhan transaksi yang ada di dalam negeri.Faizal mengungkapkan bahwa banyak layanan keuangan digital yang dapat dinikmati olehpengguna Pospay,

 Mulai dari layanan transaksi pembayaran berbagai macam tagihan,
transaksi Q-RIS, transfer dana rekening giro pos ke berbagai rekening bank hingga 50 jutarupiah per hari, kirim weselpos kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank, saldotidak terbatas, layanan syariah termasuk zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan qurban, tidakadanya biaya administrasi bulanan maupun bunga atas simpanan, hingga pembayaranpajak sebagai bentuk dukungan bagi pembangunan Indonesia.
“Pospay sangat tepat menjadi sarana Digital Financial Inclusion, karena Pospay membantupedagang kecil dan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dapat melakukantransaksi seperti perbankan,” tandasnya.
                Dalam kesempatan tersebut Menteri Erick Thohir juga melakukan bincang-bincang denganpara Oranger, petugaspos kemitraan untuk pelayanan kurir. Selain itu juga dilakukansimulasi pengiriman dana dari seorang PMI di Taiwan untuk keluarganya denganmenggunakan POSPAY, serta pengiriman vitamin dan APD sebanyak 1.000 paket
kepada para nakes di Puskesmas melalui Aplikasi PosAja.Di penghujung acara, Erick Thohir melakukan penyerahan secara simbolis BST kepadasejumlah KPM dan demo QRIS di booth UMKM.(eas)

 

 

 

SURABAYA ,KORANRAKYAT.COM Bankjatim bersyukur masih mampu memberikan kinerja  yang positif, khususnya untuk mendorong perekonomian Jawa Timur. “Portofolio positif bankjatim menunjukkan bahwa Bank dengan kode emiten BJTM ini dapat menjadi pilihan calon investor untuk dapat berinvestasi di kondisi ekonomi yang tidak pasti ini”, ujar Direktur Utama bankjatim Busrul Iman.

 “Kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh stakeholder dan shareholder yang telah memberikan support kepada bankjatim selama ini, harapan kami support ini terus berlanjut kedepannya, sejalan dengan visi kami untuk menjadi BPD nomer 1 d Indonesia” ujar  Direktur Utama bankjatim Busrul Iman pada  Public Expose guna memaparkan kinerja perusahaan sebagai bentuk keterbukaan atau transparansi bagi Perusahaan Publik yang sudah  tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kegiatan dilaksanakan secara virtual bertempat di Kantor Pusat Bank Jatim Surabaya  Selasa (07/09).

Dikatakan Busrul Selain sebagai bentuk kewajiban perusahaan dalam menyampaikan keterbukaan  informasi kepada masyarakat secara teratur dan berkala, kegiatan Public Expose ini juga merupakan kesempatan bagi bankjatim untuk menjelaskan kepada publik seputar aksi korporasi maupun perkembangan kinerja perusahaan. Pemaparan Kinerja bankjatim dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bersama dengan Direktur TI & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo dimana nantinya hasil pemaparan tersebut dapat digunakan oleh para investor sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Kita ketahui bersama bahwa pandemi yang telah berjalan selama kurang lebih 2 tahun ini membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat mengalami kontraksi. Namun Indonesia berhasil keluar dari kondisi tersebut dan mulai mengalami pertumbuhan ekonomi pada Semester I 2021. Berdasarkan data statistik, pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai membaik pada semester I 2021, begitu pula dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang berhasil mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,05% (YoY). bankjatim menjawab tantangan selama pandemi dengan menunjukkan kinerja yang positif dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY). Berdasarkan kinerja Juni 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 95,48 triliun atau tumbuh 26,90%, laba sebelum pajak bankjatim tembus Rp. 1,04 Triliun atau tumbuh 5,56% (YoY) sedangkan laba bersih bankjatim tercatat Rp. 803 Miliar atau tumbuh 4,32%. Selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 27,36% (YoY) yaitu sebesar Rp. 81,52 triliun. Meskipun masih di tengah-tengah pandemi, bankjatim tetap mampu mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 8,72% (YoY) atau sebesar Rp. 42,60 triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 14,62% (YoY) atau tercatat Rp. 7,25 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 13,39% atau tercatat Rp. 10,63 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 5,26% atau tercatat Rp. 24,72 Triliun. Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Juni 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,54%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,06%, dan Return On

Asset (ROA) 2,31%. Selama pandemi, bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan Juni 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,56 Triliun atau 6,02% dari total penyaluran kredit bankjatim. Dengan portofolio pertumbuhan laporan keuangan yang kami paparkan tersebut diatas, Pandemi Covid-19 yang melanda dunia menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap elemen masyarakat, pemerintah, pelaku usaha, tidak terkecuali industri perbankan. Namun demikian pertumbuhan diatas menegaskan bahwa situasi Covid-19 tidak menjadi kendala yang signifikan bagi bankjatim, melainkan suatu tantangan dan peluang yang harus dihadapi. .

Selama pandemi, bankjatim fokus pada peningkatan transformasi Digital Banking.JConnect yang merupakan branding digital banking bankjatim menjadi salah satu komitmen bankjatim untuk menghubungkan semua kebutuhan dan kemudahan akan akses layanan perbankan. JConnect hadir untuk memperkuat 3 (tiga) pilar penting yang saat ini terus dikembangkan oleh bankjatim, antara lain pilar Pemerintah Daerah & ASN, UMKM, serta Masyarakat Umum. Dengan kata lain, bankjatim berkomitmen untuk hadir dan terus mengembangkan inovasi layanan digital perbankan kepada tiga pilar penting tersebut. Sebagai Tanggung Jawab Sosial kepada Masyarakat serta sebagai upaya membantu penanggulangan dampak pandemi Covid-19, bankjatim menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) dan bantuan khususnya di bidang kesehatan. Beberapa sarana kesehatan seperti bantuan mobil PCR, Ambulan, Ventilator, masker medis, APD, alat rapid test dan masih banyak lainnya menjadi bentuk CSR yang disalurkan bankjatim selama pandemi. Bankjatim menjawab tantangan dalam melayani masyarakat dengan terus menghadirkan inovasi - inovasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah di masa pandemi.

Saat ini bankjatim telah memiliki beberapa fasilitas layanan berbasis aplikasi mobile, dimana nasabah dapat tetap bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang. Salah satu contohnya adalah JConnect mobile, fitur-fitur pada aplikasi ini selalu diperbarui sehingga lebih memudahkan nasabah bankjatim dalam bertransaksi keuangan dimanapun dan kapanpun berada. Bankjatim juga memiliki fasilitas lain seperti JConnect e-loan dan JConnect e-kmg, dengan cukup dirumah saja, nasabah dapat tetap menikmati layanan pembiayaan dari bankjatim .

Bankjatim yang merupakan “bank” nya masyarakat Jawa Timur, saat ini komposisi kepemilikan saham mayoritas adalah milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan kepemilikan saham 51,13 % dan 28,35 % dimiliki Pemda Kota/Kab di Jawa Timur. Sejak melakukan IPO pada tahun 2012 lalu, saat ini jumlah investor naik 859% yang didominasi oleh investor individual lokal. Pembagian dividen per lembar juga terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pembagian Dividen Tahunan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah juga merupakan salah satu komponen Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan demikian, partisipasi masyarakat Jawa Timur dalam menggunakan produk, layanan, serta fasilitas bankjatim memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian di Jawa Timur. Kini saatnya anda menjadi ikut mengambilperan dalam mewujudkan Jawa Timur yang Sejahtera.(dil)

 

 

 

 

Page 1 of 16

Panggung Koruptor

  •  

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,_Rabu 27 April 2022 bertempat di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta,

     
  •  

     

    JAKARTA.KORANRAKYAT.COM,, Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) sikat Habis mafia tanah

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,- Jaksa Agung RI mengapresiasi Tim Gabungan yaitu Tim Jaksa Eksekutor