Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Bank Jatim Raih Penghargaan Peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021
Last Updated on Nov 23 2021

Bank Jatim Raih Penghargaan Peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM    PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) kembali  torehkan prestasi di ajang penghargaan International, kali ini bankjatim meraih penghargaan peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. Penghargaan diterima langsung oleh...
Gubernur Jatim Serahkan Hadiah Undian Simpeda Bertemakan For New Hope
Last Updated on Nov 23 2021

Gubernur Jatim Serahkan Hadiah Undian Simpeda Bertemakan For New Hope

  SURABAYA,KORANRAKYAT.COM  Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat dan sukses kepada bankjatim atas terselenggaranya Gemerlap Undian Tabungan Simpeda bankjatim pada hari ini. “saya ucapkan selamat juga kepada para pemenang Hadian Undian Simpeda bankjatim, semoga...
Melaju Terus Tanpa Batas, Laba Bersih bankjatim Tembus Rp. 1,19 Triliun
Last Updated on Nov 02 2021

Melaju Terus Tanpa Batas, Laba Bersih bankjatim Tembus Rp. 1,19 Triliun

.   SURABAYA,KORANRAKYAT.COM – Tahun 2021 masih menjadi tantangan bagi industri perbankan, pandemi Covid-19 gelombang kedua yang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia membuat sektor bisnis kembali mengalami penurunan dan berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja industri perbankan....
Bank Jatim Borong Dua Penghargaan
Last Updated on Oct 07 2021

Bank Jatim Borong Dua Penghargaan

    SURABAYA, KORANRAKYAT.COM   Acara penganugerahan yang bertajuk “Managing People Collaboration through HC Data Analytics & Technology Savvy in Complex Era” ini dihadiri langsung olehDirektur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono bersama dengan Direktur...
The Most Adaptive Regional Bank Penghargaan Untuk Bank Jatim
Last Updated on Oct 07 2021

The Most Adaptive Regional Bank Penghargaan Untuk Bank Jatim

      JAKARTA,KORANRAKYAT.COM . CNBC Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri multifinance yang berhasil menciptakan inovasi dan bertahan pada masa Pandemi Covid-19. Hal tersebut sejalan dengan Program dan layanan bankjatim yang berfokus pada 3 pilar...

World Today

  •  
    TNI AD dan Tentara AS Gelar Latihan Perang

     

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM -Tentara Angkatan Darat Indonesia (TNI AD) dan Amerika Serikat atau

     
Redaksi

Redaksi

Tuesday, 23 November 2021 03:47

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM    PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) kembali  torehkan prestasi di ajang penghargaan International, kali ini bankjatim meraih penghargaan peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bertempat di Ballroom Hotel Raffles Jakarta (17/11). “Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk mencapai target kinerja perusahaan di akhir tahun”, imbuh busrul

 

Dikatakan Busrul Iman mengaku bangga dengan prestasi yang diraih bankjatim tersebut. “kami bangga atas prestasi tersebut, hal ini menunjukkan bahwa laporan keberlanjutan bankjatim konsisten dalam berkontribusi terhadap pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”, jelas busrul. .Penghargaan yang diselenggarakan oleh Nasional Center for Sustainability Reporting (NCSR) ini merupakan rating atau pemeringkatan bagi perusahaan Indonesia dan negara Asia lain yang konsisten melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) core business atau proses bisnis.

Sementara kinerja Keuangan bankjatim Triwulan III 2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja September 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih bankjatim tembus Rp. 1,19 Triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) Selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,13 triliun.

 

Bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 6,57% (YoY) atau sebesar Rp. 43,04 triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp. 7,32 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp. 11,10 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp. 24,62 Triliun.

 

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09%, dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, bankjatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Selain itu bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,8 Triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit bankjatim. (an)

 

Tuesday, 23 November 2021 03:22

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM  Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat dan sukses kepada bankjatim atas terselenggaranya Gemerlap Undian Tabungan Simpeda bankjatim pada hari ini. “saya ucapkan selamat juga kepada para pemenang Hadian Undian Simpeda bankjatim, semoga hadiah ini bermanfaat dan barokah bagi para pemenang”,  Ujar  Khofifah. Dalam sambutanya saat menghadiri kegiatan Gemerlap Hadiah Undian Simpeda Bank Jatim Bertemakan “Simpeda For New Hope”, di Grand City Surabaya (21/11) 2021.

Sementara Direktur Utama bankjatim Busrul Iman mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada nasabah atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepada bankjatim. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk apresiasi bankjatim kepada para nasabah yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami”, jelas Busrul. “Beberapa waktu yang lalu bankjatim telah selesai mengundi total hadiah sebesar Rp. 6,65 M dengan rincian hadiah masing-masing Rp. 100 juta dan Rp. 50 juta untuk nasabah di 41 Cabang bankjatim yang tersebar di Jawa Timur, Jakarta, dan Batam serta hadiah grandprize Rp. 500 juta untuk 1 nasabah Simpeda bankjatim”, papar Busrul.

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada nasabah atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepada bankjatim. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk apresiasi bankjatim kepada para nasabah yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami”, jelas Busrul. “Beberapa waktu yang lalu bankjatim telah selesai mengundi total hadiah sebesar Rp. 6,65 M dengan rincian hadiah masing-masing Rp. 100 juta dan Rp. 50 juta untuk nasabah di 41 Cabang bankjatim yang tersebar di Jawa Timur, Jakarta, dan Batam serta hadiah grandprize Rp. 500 juta untuk 1 nasabah Simpeda bankjatim”, papar Busrul.

Sampai dengan Oktober 2021, jumlah rekening Tabungan Simpeda bankjatim tercatat 2.241.710 rekening dengan total nominal Rp. 14,75 Triliun. Pencapaian tersebut menempatkan bankjatim di posisi pertama dalam perolehan Tabungan Simpeda diantara BPD lain di seluruh Indonesia. Dengan adanya undian ini, bankjatim berharap dapat meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang sampai dengan Triwulan III 2021 tercatat Rp. 69,77 Triliun atau tumbuh secara Year on Year (YoY) sebesar 13,99 %.

Sebagai informasi, Tabungan Simpeda adalah produk unggulan seluruh Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI). Pemilik Tabungan Simpeda berkesempatan mengikuti undian 3 kali dalam setahun, yang terdiri dari Undian Nasional yang dilakukan 2 kali dalam setahun, dan undian Regional yang dilaksanakan 1 kali dalam setahun. Pada kesempatan malam ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis Hadian Undian Simpeda Nasional y Sebagai informasi, Tabungan Simpeda adalah produk unggulan seluruh Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI). Pemilik Tabungan Simpeda berkesempatan mengikuti undian 3 kali dalam setahun, yang terdiri dari Undian Nasional yang dilakukan 2 kali dalam setahun, dan undian Regional yang dilaksanakan 1 kali dalam setahun. Pada kesempatan malam ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis Hadian Undian Simpeda Nasional yang telah diundi sebelumnya oleh Asbanda.

Kegiatan tetap menerapkan  protokol kesehatan yang berlaku, undangan hanya terbatas meliputi manajemen bankjatim, regulator perbankan dan jasa keuangan serta Forkopimda. Hadir langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Direktur Utama bankjatim Busrul Iman dalam penyerahan secara simbolis Hadiah Undian Tabungan Simpeda bankjatim kepada para nasabah yang telah diundi beberapa waktu yang lalu di tempat yang sama (14/11). Sebagai acara hiburan  beberapa artis rock nasional seperti Roy Jeconiah & Jecovox, Andy /rif, hingga John Paul Ivan memeriahkan kegiatan Pengundian Gemerlap Hadiah Undian Simpeda bankjatim beberapa waktu yang lalu, kali ini penyerahan hadiah secara simbolis dimeriahkan oleh Band Rock Kotak. Band asal ibu kota tersebut membius para undangan dengan lagu lagu hits mereka.(an)

Tuesday, 02 November 2021 11:49

.

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COMTahun 2021 masih menjadi tantangan bagi industri perbankan, pandemi Covid-19 gelombang kedua yang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia membuat sektor bisnis kembali mengalami penurunan dan berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja industri perbankan. Namun demikian, selepas situasi pandemi yang berangsur membaik, perekonomian Indonesia khususnya di Jawa Timur menunjukkan pertumbuhan positif setelah sebelumnya terkena dampak pandemi. bankjatim bersyukur, di tengah-tengah pandemi tersebut, bankjatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

 Ditengah-tengah pandemi Covid-19, bankjatim menghadirkan inovasi layanan digital yang diberi nama “JConnect”, sebuah Branding Digital Banking yang mencerminkan transformasi digital bankjatim dengan semangat mengkoneksikan semua kebutuhan dan kemudahan akan akses layanan perbankan. Dengan hadirnya JConnect, pengguna layanan digital bankjatim mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  Dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya (YoY), pengguna mobile banking mengalami pertumbuhan sebesar 49,8% (YoY). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 34,4% dan 39,6% (YoY)

Bertempat di Kantor Pusat Basuki Rahmat Surabaya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dalam rangka memberikan keterbukaan informasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan III Tahun Buku 2021.kegiatan pada28Oktober 2021

Kinerja keuangan bankjatimTriwulan III Tahun Buku2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja September 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih bankjatim tembus Rp. 1,19 Triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) Selama semester I 2021,Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,13 triliun.

 

bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredityang positif yaitu tumbuh6,57% (YoY) atau sebesar Rp. 43,04 triliun.Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp. 7,32 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp. 11,10 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp.24,62 Triliun.

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09%, dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, bankjatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Selain itu bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,8 Triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit bankjatim.

Tingginya angka pertumbuhan pengguna e-channel bankjatim menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital bankjatim semakin meningkat. Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.

 

Selama pandemi, Bankjatim juga turut berkontribusi dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan mendukung dan mengikuti program vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah. Program vaksinasi hasil kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah Kabupaten/Kota setempat tercatat telah diikuti kurang lebih 49.500 peserta vaksin dosis pertama. Dengan adanya program vaksinasi tersebut, bankjatim berharap dapat berkontribusi dalam membentuk herd immunity sehingga dapat membantu meminimalisir penyebaran virus Covid-19 serta dapat memulihkan perekonomian ekonomi khususnya di Jawa Timur..(an)

Thursday, 07 October 2021 05:50

 

 

SURABAYA, KORANRAKYAT.COM

 

Acara penganugerahan yang bertajuk “Managing People Collaboration through HC Data Analytics & Technology Savvy in Complex Era” ini dihadiri langsung olehDirektur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono bersama dengan Direktur Risiko Bisnis bankjatim, Rizyana Mirda. Pada event kali ini bankjatim berhasil meraih dua titel penghargaan yaitu,4th The Best of IHCA of The Year 2021 (Platinum Award –A Very Excellent) kategori Public Company Bank Buku 3, serta penganugerahan The Best Indonesia HC Director 2021 kepada Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono. Kegiatan berlangsung Jumat (17/09)2021dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) terus melaju mengukir prestasi. Setelah beberapa hari yang lalu berhasil meraih titel Indonesia Top Bank Awards 2021, kali ini dalam ajang “Indonesia Human Capital Award – VII-2021” yang diselenggarakan oleh Economic Review, Bank Jatim berhasil meraih 2 (dua) titel penghargaan sekaligus yaitu The Best-Indonesia HC Director 2021 dan 4th The Best of IHCA of The Year 2021 (Platinum Award –A Very Excellent) kategoriPublic Company Bank Buku 3. Bertempat di Rama Shinta Resto Prambanan Yogyakarta,

 

Kondisi ekonomi global saat ini mengalami tekanan yang berat dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, bankjatim menyikapi pandemi ini sebagai sebuah tantangan dan peluang untuk terus tumbuh dan berkembang, serta memberikan stimulan positif terhadap perekonomian di Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar bagi Economic Review dalam menetapkan bankjatim sebagai Penerima Penghargaan 4th The Best of IHCA of The Year 2021 dan The Best-Indonesia HC Director 2021. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada Perusahaan yang berhasil dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi Human Capital Indonesia melalui penerapan Strategic Human Capital Management, Talent Development, Performance Management dan Technology Proponent sehingga mampu bersaing di tingkat Regional ASEAN serta meningkatkan produktivitas, daya saing, dan Human Capital Index secara Global.

 

Proses penjurian “Indonesia Human Capital Award – VII-2021” melibatkan banyak pihak antara lain Economic Review, Perbanas Institute, NBO Group, Thomas International, Indonesia-Asia Institute, GNIK- Gerakan Nasional Indonesia Kompeten, Universitas Al Azhar Indonesia, Perempuan Pemimpin Indonesia, Indonesia Leaders Foundation serta Ideku Group. bankjatim sangat bersyukur atas penghargaan yang telah diterima. Hal ini menegaskan bahwa bankjatim terus menunjukkan komitmennya dalam berperan serta meningkatkan pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan, salah satunya melalui peningkatan kualitas SDM.

 

Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono menyampaikan terimakasih kepada Economic Review dan dewan juri atas penghargaan yang diraih bankjatim dalam event Indonesia Human Capital Award VII 2021. "Syukur Alhamdulillah, kami telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan apresiasi ini. Adanya pandemic COVID-19 tentunya berpengaruh terhadap kegiatan operasionalbankjatim, sehingga kami melaksanakan sejumlah strategi baru agar operasional perusahaan tetap berjalan dengan baik.

 

Salah satu strategi yang dilakukan oleh bankjatim adalah melakukan empowering people dengan melakukan pelatihan secara virtualbagi karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensikaryawan, dimana hal tersebut sangat penting dalam mendukung percepatan digitalisasi layanan yang terus dilakukan oleh bankjatim.

 

Erdianto Sigit menegaskan, bankjatim berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas internal, mengingat peran internal sebagai aset perusahaan agar dapat menghasilkan output terbaik.Peningkatan kinerja karyawanmelalui penggunaan teknologi menjadi salah satu inovasibankjatimdalam beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

 

Kami berharap dengan diperolehnya penghargaan ini, akan lebih memicu kinerja Bank Jatim, khususnya dalam hal ini tim human capital, menjadi lebih baik, serta semakin memotivasi kami dalam membangun SDM yang unggul dan inovatif serta memberikan karya yang terbaik untuk Bangsa”, tutup Erdianto Sigit.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Risiko Bisnis bankjatim, Rizyana Mirda menyampaikan bahwa seluruh pencapaian bankjatimtidak lepas dari peran manajemen dalam menciptakan beragam inisiatif strategis dengan tetap menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam menghadapi pandemi covid-19. Rizyana Mirda menegaskan bahwa di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan tetap diterapkan di setiap kegiatan operasional bankjatim.

 

Di sisi lain, bankjatim juga terus mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk menunjang kinerja. “bankjatim telah berhasil menumbuhkan resilience culture di setiap lini dengan melakukan berbagai inovasi, serta memperkuat digital services dan digital marketing diantaranya melalui JConnect yang menjadi salah satu komitmen bankjatim untuk menghubungkan semua kebutuhan dan kemudahan bagi nasabah terhadap akses layanan perbankan, jelas Rizyana Mirda.

 

Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk lebih baik, lebih berinovasi dan terus berkontribusi dalam memajukan roda perekonomian di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Kami juga menyampaikan terimakasih kepadaPemerintah Provinsi Jawa Timur, seluruh stakeholder dan shareholder, nasabah,serta seluruh karyawan bankjatim atas kolaborasi dan sinergi yang telah menjadi kunci sukses bankjatim dalam menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Semoga support dan kerja sama ini dapat terus berlanjut demi mewujudkan visi kami untuk menjadi BPD nomor satu di Indonesiatutup Rizyana Mirda.

 

Bankjatim menjawab tantangan dalam melayani masyarakat dengan terus menghadirkan inovasi - inovasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah di masa pandemi. Saat ini bankjatim  telah memiliki beberapa fasilitas layanan berbasis aplikasi mobile, dimana nasabah dapat tetap bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang. Salah satu contohnya adalah JConnect mobile, fitur-fitur pada aplikasi ini selalu diperbarui sehingga lebih memudahkan nasabah bankjatim dalam bertransaksi keuangan dimanapun dan kapanpun berada. bankjatim juga memiliki fasilitas lain seperti JConnect e-loan dan JConnect e-kmg, dengan cukup dirumah saja, nasabah dapat tetap menikmati layanan pembiayaan dari bankjatim.

 

Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

 

 

Thursday, 07 October 2021 00:30

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM . CNBC Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri multifinance yang berhasil menciptakan inovasi dan bertahan pada masa Pandemi Covid-19. Hal tersebut sejalan dengan Program dan layanan bankjatim yang berfokus pada 3 pilar yaitu ASN, UMKM, dan Masyarakat Umum. Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim Ujar Tonny Prasetyo, pada Jumat  (10/9) 2021

Tonny menyampaikan  terimakasih kepada CNBC dan dewan juri atas penghargaan yang telah berhasil diraih Bank Jatim. “Kami berharap penghargaan ini dapat memoitivasi kami untuk lebih baik, lebih berinovasi dan terus berkontribusi dalam memajukan roda perekonomian di Indonesia khususnya di Jawa Timur” ungkap Tonny.
              PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim)  torehkan prestasi dalam ajang CNBC Awards 2021. bankjatim berhasil meraih penghargaan tersebut karena dinilai memiliki keunggulan dalam hal adaptasi atau menciptakan terobosan yang bersifat inovatif, serta mampu menjaga dominasi dari sisi pangsa pasar. .Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo yang digelar secara live dan virtual di Studio CNBC Indonesia, Jakarta (23/09/2021). Bankjatim berhasil meraih penghargan dalam kategori “The Most Adaptive Regional Bank”.

.           “Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, seluruh stakeholder dan shareholder, nasabah, serta seluruh karyawan bankjatim atas kolaborasi dan sinergi yang telah menjadi kunci sukses bankjatim dalam menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Semoga support dan kerjasama ini dapat terus berlanjut, selaras dengan visi dan misi kami”jelas Tonny.
Saat ini bankjatim telah memiliki branding digital terbaru yang diberi nama JConnect. Branding ini merupakan semangat untuk menghubungkan semua kebutuhan dan kemudahaan akan akses layanan perbankan. ”Branding sangat penting untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan hadirnya JConnect, kami berharap fitur-fitur digital banking yang dimiliki oleh bankjatim semakin dikenal oleh masyarakat”, tutup Tonny

Selama pandemi Covid-19, pengguna layanan digital bankjatim mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari awal tahun hingga Juni 2021 (Year to date/Ytd), pengguna mobile banking mengalami pertumbuhan sebesar 18% (Ytd). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 14,3% dan 13,2% (Ytd). Tingginya angka pertumbuhan pengguna e-channel bankjatim menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital bankjatim semakin meningkat. Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

 

Saturday, 02 October 2021 14:29



PAPUA,KORANRAKYAT.COM,- Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh arena pertandingan yang akan digunakan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021. Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti tersebut digelar di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Ketujuh arena PON XX Papua yang diresmikan Presiden pada kesempatan tersebut yaitu:

1. Istora Papua Bangkit
Terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Istora Papua Bangkit mulai dibangun pada November 2018 dan selesai pada September 2020. Bangunan seluas 7.740 meter persegi tersebut memiliki kapasitas 3.148 kursi tribun.

Istora Papua Bangkit juga memegang tiga rekor MURI, yakni instalasi textile duct ring terpanjang, atap dome terluas tanpa baut, dan atap baja lengkung bentang terpanjang.

2. Arena Akuatik
Arena olahraga air ini terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura dan memiliki luas bangunan 17.783 meter persegi dan berkapasitas 1.500 kursi tribun. Arena akuatik telah mendapatkan sertifikasi dari FINA.

3. Arena Panahan
Arena panahan yang terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, mulai dibangun pada Februari 2020 dan selesai  pada Juli 2021. Arena panahan ini memiliki luas keseluruhan 33.600 meter persegi dengan luas arena kompetisi 10.000 meter persegi.

4. Arena Kriket
Terletak di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, arena kriket dibangun mulai Desember 2018 dan selesai pada Agustus 2020. Arena ini memiliki luas 2.669 meter persegi dengan kapasitas 1.657 penonton.

5. Arena Hoki (dalam dan luar ruangan)
Arena hoki yang terletak di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura ini dibangun mulai Desember 2018 dan selesai pada Agustus 2020. Arena hoki dalam ruangan memiliki luas 7.425 meter persegi dengan kapasitas 1.900 penonton, sementara arena luar ruangan memiliki luas 2.128 meter persegi dan berkapasitas 1.250 penonton.

6. Arena Sepatu Roda
Berlokasi di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura, arena sepatu roda dibangun mulai Februari 2020 dan selesai pada Juli 2021. Arena ini memiliki luas kawasan 19.800 meter persegi dengan luas arena kompetisi 5.320 meter persegi. Arena ini telah mendapatkan sertifikasi FOP World Skate Standard.

7. Arena Dayung
Terletak di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, arena dayung memiliki luas kawasan reklamasi 19.771 meter persegi dengan luas lintasan 1.7 hektare. Arena ini dibangun mulai dari Februari 2020 dan selesai pada Agustus 2021.(eas)

Saturday, 02 October 2021 13:59

 

 
PAPUA,KORANRAKYAT.COM.-Presiden Joko Widodo meminta agar arena-arena pertandingan yang telah dibangun untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 bisa terus dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya setelah PON usai.
 
Hal tersebut disampaikan Presiden dalam keterangannya usai meninjau dan meresmikan sejumlah arena PON di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.
 
"Setelah mampu membangun _venue-venue_ yang baik ini, pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, merawat, dan memanfaatkan _venue_ ini dengan sebaik-baiknya," ujar Presiden.
 
Lebih lanjut, Kepala Negara tidak ingin nanti setelah PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana besar dan berstandar internasional tersebut justru menjadi tempat yang sepi, tidak terawat, dan akhirnya rusak. Oleh sebab itu, Presiden meminta kepada gubernur, bupati, dan wali kota agar segera menyiapkan manajemen pengelolaan pemanfaatan fasilitas tersebut secara profesional agar seluruh arena yang ada terpelihara dengan baik.
 
"Manfaatkan _venue_ ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan para atlet Papua untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat dunia," ungkapnya.
 
Presiden bersyukur seluruh arena pertandingan untuk PON XX Papua telah selesai dan siap dimanfaatkan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan PON yang baru pertama kali dilaksanakan di tanah Papua ini.
 
"Kita juga patut bersyukur, Papua ini memiliki berbagai _venue_ olahraga yang berstandar internasional. Mulai dari Istora Papua Bangkit, arena akuatik, arena kriket, arena hoki, arena dayung, arena panahan, sampai arena sepatu roda," jelasnya.
 
"Berbagai _venue_ ini menghasilkan berbagai inovasi, kecanggihan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan," tandasnya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.(eas)


Thursday, 30 September 2021 01:21

 

 

NGANJUK,KORANRAKYAT.COM PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali mendukung Pemerintah dalam upaya Implementasi Transaksi Non Tunai Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Kali ini bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, bankjatim mempermudah transaksi pembayaran Tiket Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan menggunakan QRIS bankjatim. Bertempat di Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk, Launching dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, didampingi Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono, serta Direktur TI & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo.Launcing  pada  (29/09) 2021.

Launching pembayaran tiket bus ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Dinas Perhubungan akan suatu sistem pembayaran non tunai yang memudahkan bagi masyarakat dan dapat langsung masuk rekening secara realtime, sehingga lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Selain efisiensi, pembayaran cashless juga dapat mempermudah penumpang dalam membeli tiket serta meminimalisir beredarnya uang tunai.

Sebuah kebanggan bankjatim dapat berkontribusi atas inovasi-inovasi yang diterapkan dalam pemanfaatan teknologi informasi yang bertujuan untuk memudahkan tata cara pembayaran tiket bus AKDP secara cashless (non tunai). Inovasi kami ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, sehingga diharapkan mampu memberikan kemudahan, baik bagi penumpang, maupun bagi operator bus”, ujar Tonny.

Saat ini fintech terus dikembangkan mengingat tingginya kebutuhan masyarakat akan kemudahan layanan perbankan dan itu juga merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab bankjatim untuk terus berinovasi mewujudkan kemudahan-kemudahan layanan bagi nasabah khususnya masyarakat Jawa Timur.

Transaksi pembayaran tiket bus secara cashless tentunya membawa berbagai keuntungan seperti meningkatkan Pendapatan Asli Daerah; menekan kebocoran pendapatan; terintegrasi dengan sistem Smart City; sebagai salah satu indikator parameter pengukuran potensi pendapatan retribusi; melindungi masyarakat dari tarif yang tidak sesuai dengan PERDA, meningkatkan pelayanan dan perbaikan infrastruktur bagi pengguna jasa angkutan umum (Bus AKDP); serta sosialisasi penggunaan QRIS.

bankjatim berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan serta mempermudahberbagai transaksi, salah satunya dalam pelayanan keuangan daerah guna menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Diharapkan dengan adanya penerapan QRIS untuk pembayaran tiket bus AKDP ini akan menjadi pilot project bagi penerapan pembayaran non tunai lainnya di Provinsi Jawa Timur, terutama pada pembayaran moda transportasi.  

Kami berharap, acara pada hari ini membawa manfaat bagi kita semua. Semoga bankjatim dapat terus menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Kami juga berharap produk & layanan kami dapat terus bermanfaat bagi nasabah khususnya masyarakat Kabupaten Nganjuk”, tutup Tonny.

Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

Monday, 13 September 2021 15:14

BOGOR KORANRAKYAT.COM- PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan new platformlayanan digital Kurir dan Jasa Keuangan diantaranya adalah layanan digital PosAja!,Pospay serta Pos Migran Indonesia kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Hal tersebutdilakukan dalam acara kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Thohir ke Kantor Pos Bogor, JlJuanda no 5 Bogor, pada Sabtu, 11 September 2021.
              Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal RochmadDjoemadi menyampaikan laporan secara umum terkait beragam layanan digital yang telahdikembangkan oleh Pos Indonesia seperti PosAja!, Pospay dan berbagai layanan lainnya.
Faizal menjelaskan bahwa sejumlah layanan digital tersebut merupakan bentuk komitmenPT Pos Indonesia (Persero) untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, sesuaidengan perkembangan teknologi dan keuangan saat ini.
              Kepada Menteri Erick Thohir, Faizal juga menjelaskan mengenai fitur aplikasi PosAja!Pospay serta pemanfaatan aplikasi Pospay oleh Pekerja Migran Indonesia di Taiwan.Sebagai informasi, beragam layanan digital kurir dan jasa keuangan telah diluncurkansebelumnya. Grand launching “Pos Migran Indonesia” diselenggarakan pada Selasa, 6 April2021 sementara launching sejumlah layanan digital seperti PosAja! Dan Pospay dilakukanpada 26 Agustus bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Pos Indonesia ke-275.Faizal menambahkan, bahwa kehadiran Pospay juga mendukung para nasabah untukmampu mendirikan unit bisnis kantor pos mandiri berupa Pospay Agen. Layanan Pospaybahkan menjangkau kebutuhan para Pekerja Migran Indonesia untuk melakukan prosestransaksi keuangan dari luar negeri untuk kebutuhan transaksi yang ada di dalam negeri.Faizal mengungkapkan bahwa banyak layanan keuangan digital yang dapat dinikmati olehpengguna Pospay,

 Mulai dari layanan transaksi pembayaran berbagai macam tagihan,
transaksi Q-RIS, transfer dana rekening giro pos ke berbagai rekening bank hingga 50 jutarupiah per hari, kirim weselpos kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank, saldotidak terbatas, layanan syariah termasuk zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan qurban, tidakadanya biaya administrasi bulanan maupun bunga atas simpanan, hingga pembayaranpajak sebagai bentuk dukungan bagi pembangunan Indonesia.
“Pospay sangat tepat menjadi sarana Digital Financial Inclusion, karena Pospay membantupedagang kecil dan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dapat melakukantransaksi seperti perbankan,” tandasnya.
                Dalam kesempatan tersebut Menteri Erick Thohir juga melakukan bincang-bincang denganpara Oranger, petugaspos kemitraan untuk pelayanan kurir. Selain itu juga dilakukansimulasi pengiriman dana dari seorang PMI di Taiwan untuk keluarganya denganmenggunakan POSPAY, serta pengiriman vitamin dan APD sebanyak 1.000 paket
kepada para nakes di Puskesmas melalui Aplikasi PosAja.Di penghujung acara, Erick Thohir melakukan penyerahan secara simbolis BST kepadasejumlah KPM dan demo QRIS di booth UMKM.(eas)

Monday, 13 September 2021 14:47

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM  Dalam waktu bersamaan diperiksa  satu orang diperiksa  sebagai saksi dugaan tindak pidana korupsi pada perusahaan umum perikanan Indonesia ( Perum Perindo) tahun 2016 -2019  selain itu juga dalam waktu  yang sama terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan pembiayaan Expor Nasional oleh lembaga pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) pada Senin (13/9) 2021

 Diungkapkan dalam release Kejagung Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung mulai melakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) orang saksi yang terkait dengan Dugaan Perkara Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Keuangan dan Usaha Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (PERUM PERINDO) Tahun 2016-2019.

Saksi yang diperiksa yaitu AK selaku Kepala Satuan Pengawas Internal PERUM PERINDO, diperiksa terkait dengan apakah ada audit dari satuan pengawas internal terkait dengan proses bisnis perdagangan ikan. Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (PERUM PERINDO).

 

Sebagai informasi sebelumnya, menurut pihak Kejagung, kasus ini bermula pada 2017, saat Perum Perindo menerbitkan medium term notes (MTN) atau biasa disebut utang jangka menengah untuk mendapatkan dana dari jualan prospek penangkapan ikan yang saat itu terkumpul dana MTN mencapai Rp 200 miliar.

           Namun, sebagian besar dana yang dipakai untuk modal kerja perdagangan itu menimbulkan permasalahan kontrol transaksi yang kian hari kian lemah. Transaksi terus berjalan, meskipun mitra Perum Perindo yang terlibat terindikasi kredit macet. Kontrol yang lemah dan pemilihan mitra kerja yang tidak hati-hati menjadikan perdagangan pada saat itu mengalami keterlambatan perputaran modal kerja dan akhirnya sebagian besar menjadi piutang macet dengan total nilai sebesar Rp181,19 miliar

Dalam waktu bersamaan  Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) orang yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).Saksi yang diperiksa yaitu VP selaku Kepala Departemen Loan Settlement LPEI, diperiksa terkait proses pencairan fasilitas kredit kepada debitur LPEI.

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).(as)

 

 

Panggung Koruptor

  •