Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban Kebakaran Kilang Pertamina
Last Updated on May 15 2022

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban Kebakaran Kilang Pertamina

  BALIKPAPAN, KORANRAKYAT.COM,   15 Mei 2022 - Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex. Saat ini kondisi sudah terkendali dan terus dilakukan proses pendinginan. Dalam kurun...
KTT Asean AS Presiden Nyatakan stop Perang Ukraina
Last Updated on May 15 2022

KTT Asean AS Presiden Nyatakan stop Perang Ukraina

    WASHINGTON,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menyerukan untuk menghentikan perang di Ukraina sekarang juga. Demikan disampaikan Presiden pada KTT Khusus ASEAN-AS yang digelar di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat, 13 Mei 2022. Menurut Presiden Jokowi, perang di Ukraina...
Cegah Kepadatan, Menhub Minta Di Pelabuhan Merak Terapkan First In First Out
Last Updated on Apr 29 2022

Cegah Kepadatan, Menhub Minta Di Pelabuhan Merak Terapkan First In First Out

  SEMARANG,KORANRAKYAT.COM,_ - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Penyeberangan Merak, untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.  Penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki...
Presiden Jokowi Bahas Solusi Damai Perang Rusia-Ukraina dengan Sejumlah Pemimpin Negara
Last Updated on Apr 29 2022

Presiden Jokowi Bahas Solusi Damai Perang Rusia-Ukraina dengan Sejumlah Pemimpin Negara

  BOGOR,KORANRAKYAT.COM,-Sebagai pemegang mandat presidensi G20 tahun 2022, dalam dua bulan terakhir, Presiden Joko Widodo telah berkomunikasi dengan beberapa pemimpin negara dan Sekretaris Jenderal PBB tentang persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada bulan...
Data Posko Sampai H-4 Lebaran  Pergerakan Penumpang Penyeberangan Tertinggi
Last Updated on Apr 29 2022

Data Posko Sampai H-4 Lebaran Pergerakan Penumpang Penyeberangan Tertinggi

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,- Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022 (1433 H), tercatat pada Kamis, 28 April 2022 kemarin atau (H-4) Lebaran, pergerakan penumpang angkutan umum mengalami peningkatan di semua moda jika dibandingkan dengan hari...

World Today

  •  
    KTT Asean AS Presiden Nyatakan stop Perang

     

     

    WASHINGTON,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menyerukan untuk menghentikan perang di

     
Tuesday, 07 December 2021 07:05

Rapsel Ali Usul NTT atau Sulsel Jadi KEK Industri Peternakan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengusulkan kepada pemerintah agar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk industri peternakan. Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Selatan menurutnya adalah opsi terbaik.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki setidaknya 19 Kawasan Ekonomi Khusus yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 12 sudah beroperasi sementara tujuh lainnya masih dalam proses pembangunan.

Dengan potensi yang dimilikinya, NTT dan Sulsel menurut politisi NasDem itu juga harusnya ditetapkan sebagai salah satu KEK. Khususnya dalam rangka mendukung pengembangan industri strategis nasional.

“Kalau kita lihat dari potensi kedua daerah ini dan pengembangan industri strategis nasional, maka seharusnya kita menetapkan satu Kawasan Ekonomi Khusus industri peternakan di Sulawesi Selatan atau di NTT,” kata Rapsel, Selasa, 30 November.

NTT sejak dulu dikenal sebagai lumbung ternak nasional. Pada masa lalu, NTT bahkan pernah berjaya di bidang ternak dengan memasok sapi hingga ke Hongkong. 

Sementara Sulsel, saat ini tengah berusaha menjadi lumbung daging nasional. Target itu didukung lahan yang sangat luas dan potensial  untuk pengembangan peternakan.

“Jadi bukan hanya membangun kawasan food estate (Industri Pertanian) maupun fish estate (Industri Perikanan), tapi juga harus disiapkan cattle estate (Industri Peternakan),” jelas Rapsel.

Menurut Rapsel, dirinya sangat optimis dengan masa depan industri strategis nasional jika ini bisa dilakukan. Dan ia percaya Indonesia bisa menjadi superhub pangan dunia. 

“Saya yakin Indonesia mampu membangun kawasan tersebut masing-masing sebagai kawasan industri yang integrated sehingga negara kita ke depan menjadi superhub pangan dunia,” tegas pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) tersebut.

Bagi Rapsel sendiri, industri pangan bisa menjadi kekuatan ekonomi Indonesia beberapa tahun ke depan. Alasannya, dengan jumlah penduduk dunia yang sudah begitu besar, itu akan menjadi potensi pasar luar biasa.

Data United Nation menyebutkan bahwa jumlah penduduk dunia di 2020 mencapai 7,7 miliar orang. Sementara pada 2030, penduduk dunia diperkirakan akan tumbuh hingga 8,5 miliar dan 9,7 miliar pada 2050.

“Ada sejumlah populasi dunia yang butuh makanan minuman yang berkualitas. Jika negara kita mampu mensuplay 15% saja maka billion dollar devisa potensial akan mengalir ke Indonesia setiap bulannya,” jelasnya. (eas)

Read 318 times Last modified on Tuesday, 07 December 2021 07:16
Login to post comments

Panggung Koruptor

  •  

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,_Rabu 27 April 2022 bertempat di Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta,

     
  •  

     

    JAKARTA.KORANRAKYAT.COM,, Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) sikat Habis mafia tanah

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,- Jaksa Agung RI mengapresiasi Tim Gabungan yaitu Tim Jaksa Eksekutor