Headline News

 Mengular hingga 18 Km Antrian Panjang Di Merak Bakauni
Last Updated on Apr 07 2024

Mengular hingga 18 Km Antrian Panjang Di Merak Bakauni

Antrian panjang dari Flay over hingga Merak Bakauni(as)   JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Memasuki H-3 Lebaran, antrean kendaraan masih terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Minggu (7/4/2024). Antrean kendaraan di Pelabuhan merak terpantau hingga 18 km. Antrean tersebut terjadi mulai dari...
Konsisten Inovasi Digital, Bank Jatim Sabet Tiga Penghargaan dari Itech
Last Updated on Apr 05 2024

Konsisten Inovasi Digital, Bank Jatim Sabet Tiga Penghargaan dari Itech

Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin menerima tiga peghargaan langsung dari Itech (an) JAKARTA, KORANRAKYAT.COM , Setelah beberapa waktu lalu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) dianugerahi penghargaan oleh Infobank dan Indonesia Corporate Secretary &...
Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit
Last Updated on Apr 04 2024

Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

  SURABAYA, KORANRAKYAT.COM. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah resmi mengakhiri kebijakan stimulus restrukturisasi kredit perbankan untuk dampak Covid-19 pada 31 Maret 2024. Berakhirnya kebijakan tersebut konsisten dengan pencabutan status pandemi Covid-19 oleh pemerintah pada Juni 2023, serta...
Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo
Last Updated on Apr 03 2024

Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo

PROBOLINGGO,KORANRAKYAT.COM,PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) senantiasa terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bankjatim Peduli. Kali ini, bantuan CSR yang diberikan berupa pembangunan mushola di kawasan Stadion...
Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank
Last Updated on Apr 02 2024

Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali dianugerahi penghargaan prestisius dari Infobank atas kinerjanya yang terus menunjukkan angka positif. Tidak tanggung-tanggung, 8 penghargaan sekaligus berhasil diboyong oleh emiten dengan kode BJTM tersebut....

World Today

  •  
    Indonesia-Tanzania Sepakat Tingkatkan Kerja



    BOGOR,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik

     
Saturday, 23 September 2017 14:07

Kang Yoto Bupati Bojonegoro Gelar Doktor Dengan Nilai Sangat Memuaskan Di UMM

Written by 
Rate this item
(0 votes)

.MALANG(KORANRAKYAT.COM), Desertasi berjudul Kontruksi pemaknaan ritual kematian sebagai perwujudan nilai nilai Kebajikan sosial dalam perpektif bergerian  judul yang di pertaruhkan dihadapan para penguji program Doktoral dan ilmu sosial  politik oleh Kang Yoto sebutan Bupati Bojonegoro Drs, Suyoto, MSi   ujian promosi doktor pada saat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (23/9/2017).

          Kang Yoto melakukan penelitian di Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro Dalam disertasi itu, dia mengkupas  sistem demokrasi di desa.“Saya sedang mencari model pembangunan desa yang mampu mandiri dan berkelanjutan. Ada unsur kemandirian dan berkelanjutan di Desa Pajeng.”“Setelah saya teliti, semua bermula dari warga yang menafsir ulang makna ritual kematian,” kata Kang Yoto kepada para penguji  .

         Diceritakan  ada seorang warga di Desa Pajeng meninggal pada awal 1990-an.Warga itu berasal dari keluarga miskin. Tidak banyak orang yang takziah ke warga itu.Apalagi setelah itu keluarga dibebani ‘kewajiban sosial’ untuk memenuhi serangkaian ritual kematian yang sulit dipenuhi oleh keluarga miskin itu. Kondisi keluarga itu menjadi pembahasan di antara warga sampai memunculkan Rukun Kematian (RK).

           Ritual itu disebut memberatkan kelompok keluarga miskin sehingga orang miskin hanya akan semakin miskin. Namun secara demokratis, para warga bisa menghadirkan solusi dengan lahirnya RK.Pembentukan RK itu ada dua tujuan. Pertama, memperbarui praktik ritual kematian untuk memastikan agar warga yang miskin tidak semakin miskin.

          Kedua memastikan RK memiliki manfaat bagi kepentingan bersama. Ada manfaat sosial dan kemampuan kombinasi yang melahirkan generatif self govermance ,"ujarnya. Study dari desa Pajeng itu menggambarkan bahwa bahwa demokrasi bisa membawa kemanfaatan kesejahteraan secara nyata.  Selain itu juga harus dibareni lima hal yaitu optimalisasi ruang publik oleh masyarakat, niat bersama untuk mewujudkan manfaat sosial .terciptanya kebijakan sosial .meningkatnya tingkat kualitas representasi,dan terwujudnya dialog generatif." Inilah model kemampuan masyarakatdan Pemerintah lokal mengelolah seluruh sumber budaya dan kearifan secara bersama." paparnya.Teori kontruksi sosial atas realitas yang diciptakan Peter L Berger dan Teori ruang publik yang diciptakan Jurgen habermas." Di Desa Pajeng ada ritual kematian yang dibangun masyarakat dan memiliki nilainilai kebajikan sosial." kang Yoto.  

              Sebelumnya kematian di desa Pajeng awalnya menjadi sebuah hal yang menakutkan. Apalagi pasca peristiwa konflik politik tahun 1965.Kini setelah masyarakat membangun Rukun Kematian (RK) secara mandiri, persoalan kematian tidak lagi menakutkan dan menjadi beban sosial bagi keluarga yang ditinggalkannya, Suyoto menemukan ada kebijakan kebajikan sosial yang dibangun masyarakat dari ritual kematian tersebut.

          " Dalam ritual kematian ada ruang publik yang menjadi ruang sosial masyarakat, bahkan sampai menjadi ruang rekonsosilisasi bagi mereka yang sebelumnya terpisahkan oleh peristiwa konflik politik tahun 1965."ungkapnya Sementara itu Promotor Prof. Dr. Hotman Siahaan mengaku tertarik atas kesepakatan yang dihasilkan warga melalui forum.Menurutnya .hal seperti itu muncul dari kearifan lokal masyarakat desa," itu sangat penting dalam komunitas,"terangnya. 

           Setelah oleh tim penguji oleh sejumlah professor dinyatakan lulus  nilai A dengan  IP 3,72 dan berhak menyandang gelar Doktor  maka kan Nyoto mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Muhammadiyah  Malang Drs.H Fauzan. Mpd Dan sejumlah promotor dan co promotor  diantara nya Prof. Dr. Hotman Sihaan  selaku promotor dan Prof. Dr.Ishomuddin Msi,  Dr Wahyudi, Msi, Dr. Rinekso  Kartono Ms serta semua pihak yang  yang mendukung atas suksesnya  kang Yoto hingga lulus  dengan gelar Doktor nilai sangat memuaskan .(an)  

 

 

 

Read 1107 times Last modified on Thursday, 28 September 2017 11:13
Login to post comments

Panggung Koruptor

  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui membuka penyidikan baru

     
  •  

     

    JAKARTA.KORANRAKYAT.COM,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan penggeledahan

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Mantan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama dituntut

     
  •