Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

 Mengular hingga 18 Km Antrian Panjang Di Merak Bakauni
Last Updated on Apr 07 2024

Mengular hingga 18 Km Antrian Panjang Di Merak Bakauni

Antrian panjang dari Flay over hingga Merak Bakauni(as)   JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Memasuki H-3 Lebaran, antrean kendaraan masih terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Minggu (7/4/2024). Antrean kendaraan di Pelabuhan merak terpantau hingga 18 km. Antrean tersebut terjadi mulai dari...
Konsisten Inovasi Digital, Bank Jatim Sabet Tiga Penghargaan dari Itech
Last Updated on Apr 05 2024

Konsisten Inovasi Digital, Bank Jatim Sabet Tiga Penghargaan dari Itech

Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin menerima tiga peghargaan langsung dari Itech (an) JAKARTA, KORANRAKYAT.COM , Setelah beberapa waktu lalu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) dianugerahi penghargaan oleh Infobank dan Indonesia Corporate Secretary &...
Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit
Last Updated on Apr 04 2024

Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

  SURABAYA, KORANRAKYAT.COM. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah resmi mengakhiri kebijakan stimulus restrukturisasi kredit perbankan untuk dampak Covid-19 pada 31 Maret 2024. Berakhirnya kebijakan tersebut konsisten dengan pencabutan status pandemi Covid-19 oleh pemerintah pada Juni 2023, serta...
Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo
Last Updated on Apr 03 2024

Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo

PROBOLINGGO,KORANRAKYAT.COM,PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) senantiasa terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bankjatim Peduli. Kali ini, bantuan CSR yang diberikan berupa pembangunan mushola di kawasan Stadion...
Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank
Last Updated on Apr 02 2024

Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali dianugerahi penghargaan prestisius dari Infobank atas kinerjanya yang terus menunjukkan angka positif. Tidak tanggung-tanggung, 8 penghargaan sekaligus berhasil diboyong oleh emiten dengan kode BJTM tersebut....

World Today

  •  
    Indonesia-Tanzania Sepakat Tingkatkan Kerja



    BOGOR,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik

     
Monday, 04 September 2017 12:42

osteoarthritis ini Solusinya

Written by 
Rate this item
(0 votes)

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Jumlah penderita  osteoarthritis di Indonesia setiap tahun terus bertambah. Tercatat 12 persen dari populasi wanita Indonesia berusia di atas 65 tahun menderita penyakit tersebut. Sedangkan 15 persen laki-laki di atas usia 65 tahun mengalami hal serupa.

Osteoarthritis adalah penyakit yang berkaitan dengan kerusakan tulang rawan sendi. Penyakit ini bisa menyerang semua persendian tapi terbanyak di sendi lutut dan pergelangan kaki.

“Osteoarthritis kebanyakan dialami para lansia usia 65 tahun ke atas. Namun, tidak semua lansia kena penyakit ini, tergantung gaya hidupnya,” kata dokter spesialis Ortopedi di RS Siloam TB Simatupang, dr Dwi Purnomo Setyo Budi SpOT dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu. 

Dalam seminar kesehatan mengenai Kesehatan Sendi Dan Osteoarthritis pada 26 Agustus, Ia mengatakan, penyebab utama penyakit ini adalah proses penuaan, traumatis, badan gemuk, dan faktor genetik. Orang tua gemuk lebih cepat diserang  osteoarthritis. Sedangkan yang badannya kurus, sangat jarang terkena kecuali pernah mengalami trauma. Semisal kecelakaan yang membuat cidera pada persendian

Adapun gejala klinisnya nyeri saat beraktivitas, pembengkakan, kaku, gangguan pergerakan, sendi bengkok seperti huruf O atau X. Nyeri biasanya terjadi pada malam hari atau saat bangun pagi susah berdiri karena sendiri lututnya nyeri dan kaku.

Untuk pengobatannya menurut Dokter Dwi, bisa dengan obat (oles, oral), injeksi ke dalam tulang, fisioterapi, dan bedah. Selain itu para penderita osteoartritis disarankan menghindari naik turun tangga, berjalan terlalu jauh, berdiri terlalu lama, dan mengkonsumsi jeroan.


Ia mengungkapkan, nyeri sendi yang paling sering dikeluhkan itu menyerang sendi lutut dan panggul karena penyangga tubuh. Meski semua sendi bisa terserang, namun kebanyakan memang lutut dan panggul.

Karenanya, untuk mengurangi faktor risiko, pasien yang gemuk harus menurunkan berat badannya. Ini untuk mengurangi beban penyangga badan, lutut dan panggul.

Penderita nyeri sendi juga dilarang melakukan olahraga 
high impact seperti hindari loncat dan lari. Olahraga yang baik dilakukan bagi penderita nyeri sendi adalah renang dan bersepeda. 


Sementara Pakar Ortopedi RS Siloam TB Simatupang Dokter M Sada Baskara menambahkan, penderita osteoarthritis atau nyeri sendi banyak yang enggan mengobati penyakitnya karena takut operasi. Penyakit nyeri sendi ini bisa dicegah bila pasien mengubah gaya hidupnya.
“Minum jus sirsak tiap pagi sangat baik untuk penderita osteoarthritis,” kata Sada. Penderita osteroartritis sebaiknya tak minum  kopi dan makanan yang gurih atau asin karena bisa membuat  sendi lembab dan akhirnya nyeri. (an)

 

 

Read 6977 times Last modified on Thursday, 05 April 2018 13:27
Login to post comments

Panggung Koruptor

  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui membuka penyidikan baru

     
  •  

     

    JAKARTA.KORANRAKYAT.COM,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan penggeledahan

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Mantan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama dituntut

     
  •