Redaksi

Redaksi

Saturday, 25 December 2021 13:11

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,Presiden Joko Widodo meresmikan gedung kantor Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Jumat, 24 Desember 2021. Dengan adanya kantor baru yang berlokasi di Jalan Matraman Raya tersebut, DMI diharapkan dapat bekerja dengan lebih semangat.

 

"Saya berharap kantor baru ini akan menjadikan DMI makin semangat, menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah bagi umat Islam tapi juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, sebagai pusat dakwah yang mencerdaskan, dan juga berfungsi sebagai tempat musyawarah untuk membangun persatuan, untuk memperkokoh ikatan kebangsaan, dan juga pusat pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, selain sebagai pusat dakwah dan pendidikan umat, masjid juga ikut berkontribusi dalam membangun peradaban negara Indonesia serta membangun sumber daya manusia yang unggul, berkarakter, dan berakhlak mulia. 

"Masjid juga dapat menjadi tempat bagi umat untuk memperoleh informasi, memperdalam ilmu agama, dan wujud jadi amal kebaikan dan akhlak yang mulia, dan menyemai Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, _rahmatan lil alamin_," ungkapnya.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi usaha DMI untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid dengan menjadikan masjid sebagai penguat ekonomi umat dan berusaha membangun masyarakat yang _mutamaddin_, yang berdaya secara ekonomi, politik, maupun budaya.

"Ikut bersama pemerintah mengurangi pengangguran, memberantas kemiskinan, dan menekan angka ketimpangan yang masih sekarang ini kita miliki sehingga kesejahteraan umat makin meningkat dan makin baik," ucap Presiden.

Sementara itu, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 yang sekaligus Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (JK) dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah yang telah memberikan lahan untuk digunakan sebagai gedung kantor pimpinan pusat DMI. JK mengakui bahwa DMI sudah berkali-kali berpindah lokasi lantaran belum memiliki kantor sendiri.

 

"Semua ini atas berkat dan juga bantuan dari pemerintah, Bapak Presiden dalam hal ini, yang telah memberikan hibah lahan dan ini tentu dilaksanakan baik oleh Menteri Keuangan juga Menteri Agama," ujar JK.

 

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, serta Gubernur DKI  Anis Baswesdan(eas)

Tuesday, 14 December 2021 13:57

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Pada Senin 13 Desember 2021, Jaksa Agung RI Burhanuddin didampingi Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi menghadiri Seminar Investasi bertajuk “Capturing Indonesia’s Investment Opportunities in the New Normal Era” secara virtual dari ruang kerja Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan.  

Hadir dalam Seminar Investasi secara dalam jaringan (daring) yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro BKPM Indra Darmawan, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Imam Soejoedi, serta dihadiri secara luar jaringan (luring) atau tatap muka di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong yaitu Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar dan 100 investor terkemuka dan pengusaha potensial yang di Hong Kong.  

Adapun maksud dan tujuan Seminar Investasi diselenggarakan yaitu dalam rangka mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 serta menawarkan peluang investasi di Indonesia guna penguatan hubungan ekonomi Indonesia – Hong Kong. 

Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa realisasi Investasi Hong Kong pada tahun 2021 tercatat sebesar US$ 3.1 milliar naik sebesar 25,98 % dibanding tahun 2020, yang berarti investasi Hong Kong berada diurutan kedua setelah Singapura atau naik satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.  

“Walaupun ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, hubungan ekonomi Indonesia dan Hong Kong selama 2021 tumbuh dan terjalin dengan baik,” tambah Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar.  

Konsul Jenderal RI Hong Kong Ricky Suhendar juga menegaskan kembali komitmen Presiden Joko Widodo dan Pemerintah RI dalam melanjutkan agenda reformasi struktural, deregulasi, dan debirokratisasi investasi. Presiden RI juga akan terus memimpin upaya Pemerintah dalam menjamin kepastian hukum dan meningkatkan kemudahan berusaha dan investasi di Indonesia. 

Jaksa Agung RI Burhanuddin mengatakan Pemerintah RI memberikan jaminan dan kepastian hukum bagi para investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia, dengan menjadikan pendampingan hukum bagi investor sebagai prioritas utama kerja Kejaksaan Agung RI, yang dibuktikan sejak tahun 2020, Presiden RI telah membentuk Satuan Tugas Pengamanan Investasi untuk membantu menyelesaikan berbagai hambatan investasi di Indonesia.   

Selanjutnya, Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi memberikan contoh pelaksanaan investasi yang berhasil dalam menyelesaikan berbagai hambatan yang dihadapi dengan didampingi oleh Kejaksaan Agung RI sebagai anggota Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menekankan beberapa industri prioritas Indonesia, utamanya dalam masa pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19 antara lain sektor digital, bidang kesehatan dan green economy. Menkomarinves juga tawarkan berbagai peluang investasi antara lain hilirisasi sumber daya mineral, pengembangan baterai lithium, transportasi, energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon (GHG) dengan tetap memperhatikan prinsip penggunaan tenaga kerja lokal, ramah lingkungan, penambahan nilai dan transfer teknologi. 

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro BKPM, Indra Darmawan, menyampaikan keunggulan berinvestasi di Indonesia dan situasi penanaman modal asing di Indonesia

 

semakin meningkat yang tidak hanya di wilayah Jawa namun juga di wilayah lainnya serta mengajak para investor Hong Kong untuk tidak ragu menanamkan modal di Indonesia.  

Senada dengan hal tersebut, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Imam Soejoedi menjelaskan informasi kemudahan dan fasilitasi investasi di Indonesia serta telah adanya tim khusus di BKPM di berbagai wilayah untuk mengatasi berbagai permasalahan. 

Setelah para narasumber menyampaikan pemaparannya masing-masing, acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Senior Deputy Financial Officer Road King Infrastructure Ltd, Mr. Stanley Wong (perusahaan investasi asal Hong Kong yang telah melakukan investasi pada beberapa ruas tol di Indonesia, seperti proyek tol trans Jawa dan proyek tol trans Sumatera), dan Executive Chairman / CEO Combine Will Industrial Co., Ltd Mr. Dominic (pendiri pabrik mainan di Indonesia) mengenai pengalamannya dalam berbisnis dan melakukan investasi di Indonesia.  

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia menjadi salah satu negara fokus bagi investor Hong Kong dalam menanamkan investasinya akibat makin membaik dan makin menariknya iklim perekonomian di Indonesia.(eas)

Tuesday, 14 December 2021 12:21

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Pada Selasa 14 Desember 2021, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menerbitkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor: 2973/M.1/Fd.1/12/2021 tanggal 14 Desember 2021 terkait dengan masalah mafia pelabuhan yang memenuhi kualifikasi tindak pidana korupsi yaitu penyelidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi sehubungan dengan berkurangnya Penerimaan Negara dari Pendapatan Devisa Ekspor dan Bea Impor yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan ekspor-impor yang mendapatkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) dan fasilitas Penggunaan Kawasan Berikat pada Pelabuhan Tanjung Priok periode tahun 2015 sampai dengan tahun 2021, dengan cara: 

•Bahwa pada tahun 2015 sampai dengan 2021, berdasarkan pemberitahuan impor barang sejumlah perusahaan ekspor-impor melakukan kegiatan impor barang berupa garmen ke Indonesia dengan menggunakan fasilitas Kemudahan Impor dengan tujuan Ekspor (KITE) tanpa bea masuk selanjutnya perusahaan tersebut menyalagunakan fasilitas KITE dengan cara melakukan manipulasi data dan pengiriman barang menggunakan fasilitas Impor dengan tujuan ekspor yang seharusnya barang impor berupa garmen tersebut diolah menjadi produk jadi kemudian dilakukan ekspor ke luar negeri dan negara menerima pendapatan devisa atas ekspor tersebut, namun hal tersebut tidak dilakukan oleh perusahaan ekspor-impor dimaksud dan menjual barang yang di impor (garmen) tersebut di pasar dalam negeri.

•Bahwa kemudahan impor tanpa bea masuk tersebut diberikan agar perusahan ekspor-impor melakukan ekspor atas barang impor dengan tujuan negara mendapatkan pemasukan/penerimaan negara dari sektor devisa negara berupa ekspor, akan tetapi sejumlah perusahaan tersebut menyalahi fasilitas KITE yang diberikan dengan melakukan penjualan barang impor di dalam negeri tanpa melakukan ekspor atas barang dimaksud, sehingga memberikan pengaruh terhadap perekonomian negara dalam hal berkurangnya devisa ekspor serta mempengaruhi tingkat atau harga pasar di dalam negeri. (eas)

 

 

 

 

 

 

 

Tuesday, 07 December 2021 07:30

 

LUMAJANG(KORANRAKYAT.COM)Presiden Joko Widodo meninjau langsung sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, pada Selasa, 7 Desember 2021. Kepala Negara hadir untuk memastikan penanganan bencana erupsi berjalan baik dan segenap kekuatan yang dimiliki oleh pemerintah telah siaga di lapangan.

"Pagi hari ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi, juga penanganan pengungsi di lapangan, dan juga ini kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini," ujar Presiden usai meninjau Jembatan Gladak Perak di Kecamatan Candipuro.

Sebelumnya, Presiden juga meninjau posko terpadu yang dilengkapi dengan dapur umum, posko layanan kesehatan, hingga posko penyembuhan trauma bagi anak di Lapangan Desa Sumberwuluh. Presiden juga meninjau posko pengungsian di lokasi tersebut dan menyempatkan berdialog bersama sejumlah warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi juga tertangani dengan baik. Baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik," ungkapnya.

Presiden berharap, setelah bencana ini mereda, perbaikan infrastruktur bisa segera dimulai. Selain itu, pemerintah juga merencanakan kemungkinan untuk merelokasi rumah-rumah warga terdampak yang berada di lokasi berbahaya untuk dihuni.

"Tadi saya mendapatkan laporan kurang lebih 2 ribuan rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun karena saya kira semuanya sudah siap," jelasnya.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin, 6 Desember 2021, pukul 20.15 WIB, korban jiwa yang tercatat sementara antara lain luka-luka 56 orang, hilang 22 orang, dan meninggal dunia 22 orang. Rincian korban meninggal dunia teridentifikasi 14 orang di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan 8 orang di Kecamatan Candipuro.

Sedangkan jumlah populasi terdampak sebanyak 5.205 jiwa dan warga mengungsi 2.004 jiwa. Terkait dengan jumlah warga yang dinyatakan hilang, posko masih melakukan pendatan dan validasi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi pun menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya para warga korban erupsi Gunung Semeru.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul .(eas)

Tuesday, 07 December 2021 07:05

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Anggota DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengusulkan kepada pemerintah agar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk industri peternakan. Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Selatan menurutnya adalah opsi terbaik.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki setidaknya 19 Kawasan Ekonomi Khusus yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 12 sudah beroperasi sementara tujuh lainnya masih dalam proses pembangunan.

Dengan potensi yang dimilikinya, NTT dan Sulsel menurut politisi NasDem itu juga harusnya ditetapkan sebagai salah satu KEK. Khususnya dalam rangka mendukung pengembangan industri strategis nasional.

“Kalau kita lihat dari potensi kedua daerah ini dan pengembangan industri strategis nasional, maka seharusnya kita menetapkan satu Kawasan Ekonomi Khusus industri peternakan di Sulawesi Selatan atau di NTT,” kata Rapsel, Selasa, 30 November.

NTT sejak dulu dikenal sebagai lumbung ternak nasional. Pada masa lalu, NTT bahkan pernah berjaya di bidang ternak dengan memasok sapi hingga ke Hongkong. 

Sementara Sulsel, saat ini tengah berusaha menjadi lumbung daging nasional. Target itu didukung lahan yang sangat luas dan potensial  untuk pengembangan peternakan.

“Jadi bukan hanya membangun kawasan food estate (Industri Pertanian) maupun fish estate (Industri Perikanan), tapi juga harus disiapkan cattle estate (Industri Peternakan),” jelas Rapsel.

Menurut Rapsel, dirinya sangat optimis dengan masa depan industri strategis nasional jika ini bisa dilakukan. Dan ia percaya Indonesia bisa menjadi superhub pangan dunia. 

“Saya yakin Indonesia mampu membangun kawasan tersebut masing-masing sebagai kawasan industri yang integrated sehingga negara kita ke depan menjadi superhub pangan dunia,” tegas pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) tersebut.

Bagi Rapsel sendiri, industri pangan bisa menjadi kekuatan ekonomi Indonesia beberapa tahun ke depan. Alasannya, dengan jumlah penduduk dunia yang sudah begitu besar, itu akan menjadi potensi pasar luar biasa.

Data United Nation menyebutkan bahwa jumlah penduduk dunia di 2020 mencapai 7,7 miliar orang. Sementara pada 2030, penduduk dunia diperkirakan akan tumbuh hingga 8,5 miliar dan 9,7 miliar pada 2050.

“Ada sejumlah populasi dunia yang butuh makanan minuman yang berkualitas. Jika negara kita mampu mensuplay 15% saja maka billion dollar devisa potensial akan mengalir ke Indonesia setiap bulannya,” jelasnya. (eas)

Tuesday, 23 November 2021 03:47

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM    PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim) kembali  torehkan prestasi di ajang penghargaan International, kali ini bankjatim meraih penghargaan peringkat Gold Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bertempat di Ballroom Hotel Raffles Jakarta (17/11). “Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk mencapai target kinerja perusahaan di akhir tahun”, imbuh busrul

 

Dikatakan Busrul Iman mengaku bangga dengan prestasi yang diraih bankjatim tersebut. “kami bangga atas prestasi tersebut, hal ini menunjukkan bahwa laporan keberlanjutan bankjatim konsisten dalam berkontribusi terhadap pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”, jelas busrul. .Penghargaan yang diselenggarakan oleh Nasional Center for Sustainability Reporting (NCSR) ini merupakan rating atau pemeringkatan bagi perusahaan Indonesia dan negara Asia lain yang konsisten melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) core business atau proses bisnis.

Sementara kinerja Keuangan bankjatim Triwulan III 2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja September 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih bankjatim tembus Rp. 1,19 Triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) Selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,13 triliun.

 

Bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 6,57% (YoY) atau sebesar Rp. 43,04 triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp. 7,32 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp. 11,10 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp. 24,62 Triliun.

 

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09%, dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, bankjatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Selain itu bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,8 Triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit bankjatim. (an)

 

Tuesday, 23 November 2021 03:22

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COM  Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat dan sukses kepada bankjatim atas terselenggaranya Gemerlap Undian Tabungan Simpeda bankjatim pada hari ini. “saya ucapkan selamat juga kepada para pemenang Hadian Undian Simpeda bankjatim, semoga hadiah ini bermanfaat dan barokah bagi para pemenang”,  Ujar  Khofifah. Dalam sambutanya saat menghadiri kegiatan Gemerlap Hadiah Undian Simpeda Bank Jatim Bertemakan “Simpeda For New Hope”, di Grand City Surabaya (21/11) 2021.

Sementara Direktur Utama bankjatim Busrul Iman mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada nasabah atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepada bankjatim. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk apresiasi bankjatim kepada para nasabah yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami”, jelas Busrul. “Beberapa waktu yang lalu bankjatim telah selesai mengundi total hadiah sebesar Rp. 6,65 M dengan rincian hadiah masing-masing Rp. 100 juta dan Rp. 50 juta untuk nasabah di 41 Cabang bankjatim yang tersebar di Jawa Timur, Jakarta, dan Batam serta hadiah grandprize Rp. 500 juta untuk 1 nasabah Simpeda bankjatim”, papar Busrul.

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada nasabah atas kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepada bankjatim. “Kegiatan ini adalah salah satu bentuk apresiasi bankjatim kepada para nasabah yang sudah memberikan kepercayaannya kepada kami”, jelas Busrul. “Beberapa waktu yang lalu bankjatim telah selesai mengundi total hadiah sebesar Rp. 6,65 M dengan rincian hadiah masing-masing Rp. 100 juta dan Rp. 50 juta untuk nasabah di 41 Cabang bankjatim yang tersebar di Jawa Timur, Jakarta, dan Batam serta hadiah grandprize Rp. 500 juta untuk 1 nasabah Simpeda bankjatim”, papar Busrul.

Sampai dengan Oktober 2021, jumlah rekening Tabungan Simpeda bankjatim tercatat 2.241.710 rekening dengan total nominal Rp. 14,75 Triliun. Pencapaian tersebut menempatkan bankjatim di posisi pertama dalam perolehan Tabungan Simpeda diantara BPD lain di seluruh Indonesia. Dengan adanya undian ini, bankjatim berharap dapat meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang sampai dengan Triwulan III 2021 tercatat Rp. 69,77 Triliun atau tumbuh secara Year on Year (YoY) sebesar 13,99 %.

Sebagai informasi, Tabungan Simpeda adalah produk unggulan seluruh Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI). Pemilik Tabungan Simpeda berkesempatan mengikuti undian 3 kali dalam setahun, yang terdiri dari Undian Nasional yang dilakukan 2 kali dalam setahun, dan undian Regional yang dilaksanakan 1 kali dalam setahun. Pada kesempatan malam ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis Hadian Undian Simpeda Nasional y Sebagai informasi, Tabungan Simpeda adalah produk unggulan seluruh Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPD-SI). Pemilik Tabungan Simpeda berkesempatan mengikuti undian 3 kali dalam setahun, yang terdiri dari Undian Nasional yang dilakukan 2 kali dalam setahun, dan undian Regional yang dilaksanakan 1 kali dalam setahun. Pada kesempatan malam ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis Hadian Undian Simpeda Nasional yang telah diundi sebelumnya oleh Asbanda.

Kegiatan tetap menerapkan  protokol kesehatan yang berlaku, undangan hanya terbatas meliputi manajemen bankjatim, regulator perbankan dan jasa keuangan serta Forkopimda. Hadir langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Direktur Utama bankjatim Busrul Iman dalam penyerahan secara simbolis Hadiah Undian Tabungan Simpeda bankjatim kepada para nasabah yang telah diundi beberapa waktu yang lalu di tempat yang sama (14/11). Sebagai acara hiburan  beberapa artis rock nasional seperti Roy Jeconiah & Jecovox, Andy /rif, hingga John Paul Ivan memeriahkan kegiatan Pengundian Gemerlap Hadiah Undian Simpeda bankjatim beberapa waktu yang lalu, kali ini penyerahan hadiah secara simbolis dimeriahkan oleh Band Rock Kotak. Band asal ibu kota tersebut membius para undangan dengan lagu lagu hits mereka.(an)

Tuesday, 02 November 2021 11:49

.

 

SURABAYA,KORANRAKYAT.COMTahun 2021 masih menjadi tantangan bagi industri perbankan, pandemi Covid-19 gelombang kedua yang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia membuat sektor bisnis kembali mengalami penurunan dan berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja industri perbankan. Namun demikian, selepas situasi pandemi yang berangsur membaik, perekonomian Indonesia khususnya di Jawa Timur menunjukkan pertumbuhan positif setelah sebelumnya terkena dampak pandemi. bankjatim bersyukur, di tengah-tengah pandemi tersebut, bankjatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

 Ditengah-tengah pandemi Covid-19, bankjatim menghadirkan inovasi layanan digital yang diberi nama “JConnect”, sebuah Branding Digital Banking yang mencerminkan transformasi digital bankjatim dengan semangat mengkoneksikan semua kebutuhan dan kemudahan akan akses layanan perbankan. Dengan hadirnya JConnect, pengguna layanan digital bankjatim mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  Dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya (YoY), pengguna mobile banking mengalami pertumbuhan sebesar 49,8% (YoY). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 34,4% dan 39,6% (YoY)

Bertempat di Kantor Pusat Basuki Rahmat Surabaya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim melaksanakan analyst meeting dalam rangka memberikan keterbukaan informasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting guna memaparkan kinerja keuangan Triwulan III Tahun Buku 2021.kegiatan pada28Oktober 2021

Kinerja keuangan bankjatimTriwulan III Tahun Buku2021 menunjukkan performa yang bagus dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Berdasarkan kinerja September 2021, aset bankjatim tercatat Rp. 101 triliun atau tumbuh 23,05%, laba bersih bankjatim tembus Rp. 1,19 Triliun atau tumbuh 7,81% (YoY) Selama semester I 2021,Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mencatatkan pertumbuhan 23,45% (YoY) yaitu sebesar Rp. 86,13 triliun.

 

bankjatim mencatatkan pertumbuhan kredityang positif yaitu tumbuh6,57% (YoY) atau sebesar Rp. 43,04 triliun.Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 13,32% (YoY) atau tercatat Rp. 7,32 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 10,83% atau tercatat Rp. 11,10 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 2,97% atau tercatat Rp.24,62 Triliun.

Komposisi rasio keuangan bankjatim periode September 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,17%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,09%, dan Return On Asset (ROA) 2,22%. Selama pandemi, bankjatim juga berperan dalam upaya penanggulangan dampak pandemi dengan menyalurkan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Selain itu bankjatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan September 2021, bankjatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,8 Triliun atau 6,50% dari total penyaluran kredit bankjatim.

Tingginya angka pertumbuhan pengguna e-channel bankjatim menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital bankjatim semakin meningkat. Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.

 

Selama pandemi, Bankjatim juga turut berkontribusi dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan mendukung dan mengikuti program vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah. Program vaksinasi hasil kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah Kabupaten/Kota setempat tercatat telah diikuti kurang lebih 49.500 peserta vaksin dosis pertama. Dengan adanya program vaksinasi tersebut, bankjatim berharap dapat berkontribusi dalam membentuk herd immunity sehingga dapat membantu meminimalisir penyebaran virus Covid-19 serta dapat memulihkan perekonomian ekonomi khususnya di Jawa Timur..(an)

Thursday, 07 October 2021 05:50

 

 

SURABAYA, KORANRAKYAT.COM

 

Acara penganugerahan yang bertajuk “Managing People Collaboration through HC Data Analytics & Technology Savvy in Complex Era” ini dihadiri langsung olehDirektur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono bersama dengan Direktur Risiko Bisnis bankjatim, Rizyana Mirda. Pada event kali ini bankjatim berhasil meraih dua titel penghargaan yaitu,4th The Best of IHCA of The Year 2021 (Platinum Award –A Very Excellent) kategori Public Company Bank Buku 3, serta penganugerahan The Best Indonesia HC Director 2021 kepada Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono. Kegiatan berlangsung Jumat (17/09)2021dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) terus melaju mengukir prestasi. Setelah beberapa hari yang lalu berhasil meraih titel Indonesia Top Bank Awards 2021, kali ini dalam ajang “Indonesia Human Capital Award – VII-2021” yang diselenggarakan oleh Economic Review, Bank Jatim berhasil meraih 2 (dua) titel penghargaan sekaligus yaitu The Best-Indonesia HC Director 2021 dan 4th The Best of IHCA of The Year 2021 (Platinum Award –A Very Excellent) kategoriPublic Company Bank Buku 3. Bertempat di Rama Shinta Resto Prambanan Yogyakarta,

 

Kondisi ekonomi global saat ini mengalami tekanan yang berat dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, bankjatim menyikapi pandemi ini sebagai sebuah tantangan dan peluang untuk terus tumbuh dan berkembang, serta memberikan stimulan positif terhadap perekonomian di Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar bagi Economic Review dalam menetapkan bankjatim sebagai Penerima Penghargaan 4th The Best of IHCA of The Year 2021 dan The Best-Indonesia HC Director 2021. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada Perusahaan yang berhasil dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi Human Capital Indonesia melalui penerapan Strategic Human Capital Management, Talent Development, Performance Management dan Technology Proponent sehingga mampu bersaing di tingkat Regional ASEAN serta meningkatkan produktivitas, daya saing, dan Human Capital Index secara Global.

 

Proses penjurian “Indonesia Human Capital Award – VII-2021” melibatkan banyak pihak antara lain Economic Review, Perbanas Institute, NBO Group, Thomas International, Indonesia-Asia Institute, GNIK- Gerakan Nasional Indonesia Kompeten, Universitas Al Azhar Indonesia, Perempuan Pemimpin Indonesia, Indonesia Leaders Foundation serta Ideku Group. bankjatim sangat bersyukur atas penghargaan yang telah diterima. Hal ini menegaskan bahwa bankjatim terus menunjukkan komitmennya dalam berperan serta meningkatkan pembangunan ekonomi daerah secara berkelanjutan, salah satunya melalui peningkatan kualitas SDM.

 

Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko bankjatim, Erdianto Sigit Cahyono menyampaikan terimakasih kepada Economic Review dan dewan juri atas penghargaan yang diraih bankjatim dalam event Indonesia Human Capital Award VII 2021. "Syukur Alhamdulillah, kami telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan apresiasi ini. Adanya pandemic COVID-19 tentunya berpengaruh terhadap kegiatan operasionalbankjatim, sehingga kami melaksanakan sejumlah strategi baru agar operasional perusahaan tetap berjalan dengan baik.

 

Salah satu strategi yang dilakukan oleh bankjatim adalah melakukan empowering people dengan melakukan pelatihan secara virtualbagi karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensikaryawan, dimana hal tersebut sangat penting dalam mendukung percepatan digitalisasi layanan yang terus dilakukan oleh bankjatim.

 

Erdianto Sigit menegaskan, bankjatim berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas internal, mengingat peran internal sebagai aset perusahaan agar dapat menghasilkan output terbaik.Peningkatan kinerja karyawanmelalui penggunaan teknologi menjadi salah satu inovasibankjatimdalam beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

 

Kami berharap dengan diperolehnya penghargaan ini, akan lebih memicu kinerja Bank Jatim, khususnya dalam hal ini tim human capital, menjadi lebih baik, serta semakin memotivasi kami dalam membangun SDM yang unggul dan inovatif serta memberikan karya yang terbaik untuk Bangsa”, tutup Erdianto Sigit.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Risiko Bisnis bankjatim, Rizyana Mirda menyampaikan bahwa seluruh pencapaian bankjatimtidak lepas dari peran manajemen dalam menciptakan beragam inisiatif strategis dengan tetap menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam menghadapi pandemi covid-19. Rizyana Mirda menegaskan bahwa di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan tetap diterapkan di setiap kegiatan operasional bankjatim.

 

Di sisi lain, bankjatim juga terus mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk menunjang kinerja. “bankjatim telah berhasil menumbuhkan resilience culture di setiap lini dengan melakukan berbagai inovasi, serta memperkuat digital services dan digital marketing diantaranya melalui JConnect yang menjadi salah satu komitmen bankjatim untuk menghubungkan semua kebutuhan dan kemudahan bagi nasabah terhadap akses layanan perbankan, jelas Rizyana Mirda.

 

Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk lebih baik, lebih berinovasi dan terus berkontribusi dalam memajukan roda perekonomian di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Kami juga menyampaikan terimakasih kepadaPemerintah Provinsi Jawa Timur, seluruh stakeholder dan shareholder, nasabah,serta seluruh karyawan bankjatim atas kolaborasi dan sinergi yang telah menjadi kunci sukses bankjatim dalam menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Semoga support dan kerja sama ini dapat terus berlanjut demi mewujudkan visi kami untuk menjadi BPD nomor satu di Indonesiatutup Rizyana Mirda.

 

Bankjatim menjawab tantangan dalam melayani masyarakat dengan terus menghadirkan inovasi - inovasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah di masa pandemi. Saat ini bankjatim  telah memiliki beberapa fasilitas layanan berbasis aplikasi mobile, dimana nasabah dapat tetap bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang. Salah satu contohnya adalah JConnect mobile, fitur-fitur pada aplikasi ini selalu diperbarui sehingga lebih memudahkan nasabah bankjatim dalam bertransaksi keuangan dimanapun dan kapanpun berada. bankjatim juga memiliki fasilitas lain seperti JConnect e-loan dan JConnect e-kmg, dengan cukup dirumah saja, nasabah dapat tetap menikmati layanan pembiayaan dari bankjatim.

 

Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

 

 

Thursday, 07 October 2021 00:30

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM . CNBC Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri multifinance yang berhasil menciptakan inovasi dan bertahan pada masa Pandemi Covid-19. Hal tersebut sejalan dengan Program dan layanan bankjatim yang berfokus pada 3 pilar yaitu ASN, UMKM, dan Masyarakat Umum. Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim Ujar Tonny Prasetyo, pada Jumat  (10/9) 2021

Tonny menyampaikan  terimakasih kepada CNBC dan dewan juri atas penghargaan yang telah berhasil diraih Bank Jatim. “Kami berharap penghargaan ini dapat memoitivasi kami untuk lebih baik, lebih berinovasi dan terus berkontribusi dalam memajukan roda perekonomian di Indonesia khususnya di Jawa Timur” ungkap Tonny.
              PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (bankjatim)  torehkan prestasi dalam ajang CNBC Awards 2021. bankjatim berhasil meraih penghargaan tersebut karena dinilai memiliki keunggulan dalam hal adaptasi atau menciptakan terobosan yang bersifat inovatif, serta mampu menjaga dominasi dari sisi pangsa pasar. .Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Teknologi Informasi & Operasi bankjatim Tonny Prasetyo yang digelar secara live dan virtual di Studio CNBC Indonesia, Jakarta (23/09/2021). Bankjatim berhasil meraih penghargan dalam kategori “The Most Adaptive Regional Bank”.

.           “Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, seluruh stakeholder dan shareholder, nasabah, serta seluruh karyawan bankjatim atas kolaborasi dan sinergi yang telah menjadi kunci sukses bankjatim dalam menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Semoga support dan kerjasama ini dapat terus berlanjut, selaras dengan visi dan misi kami”jelas Tonny.
Saat ini bankjatim telah memiliki branding digital terbaru yang diberi nama JConnect. Branding ini merupakan semangat untuk menghubungkan semua kebutuhan dan kemudahaan akan akses layanan perbankan. ”Branding sangat penting untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan hadirnya JConnect, kami berharap fitur-fitur digital banking yang dimiliki oleh bankjatim semakin dikenal oleh masyarakat”, tutup Tonny

Selama pandemi Covid-19, pengguna layanan digital bankjatim mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari awal tahun hingga Juni 2021 (Year to date/Ytd), pengguna mobile banking mengalami pertumbuhan sebesar 18% (Ytd). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 14,3% dan 13,2% (Ytd). Tingginya angka pertumbuhan pengguna e-channel bankjatim menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital bankjatim semakin meningkat. Melalui produk-produk layanan digital, bankjatim memberikan solusi kepada nasabah dan masyarakat yang sedang berada di rumah dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dengan memanfaatkan layanan e-channel bankjatim seperti fasilitas mobile banking, sms banking dan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan atau pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman.(ard)

 

 

Panggung Koruptor

  •  

     

     

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Pada Selasa 14 Desember 2021, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta

     
  •