Redaksi

Redaksi

Saturday, 08 May 2021 04:14
 
 
JAKARTA,KORANRAKYAT.com- Upaya melakukan pencegahan kebakaran Hutan (Karhutlah)  Dilakukan  penandatangan surat keputusan bersama mengatasi dan dilakukan penegakan hukum. Ini sesuai inpres Presiden dalam mengatasinya. cara digunakan pemasangan CCTV untuk mengetahui siapa yagmmelakukan pembakaran.
 
Kepala Divisi Humas Polri, Irjend  Pol Argo Yuwono ditemui di Mabes Polri, Kamis (6/5)2021 mengatakan hari ini kamis tanggal (6/5)2021 di Rupatama Mabes Polri diadakan suatu agenda surat Keputusan bersama antara Kapolri, Jaksa Agung dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, "Surat Keputusan bersama dalam hal penegakan hukum terpadu  berkaitan  dengan Karhutlah," ujarnya .
 
Selanjutnya, Argo menjrlskan jadi tadi ,juga dalam kesempatan disaksikan  oleh Bapak Menko Polhukam , juga ada  beberapa dari Kementerian terkait seperti dari Kemendagri, dan dari kementerian pertanian yang hadir dan ikut  menyaksikan kegiatan penandatangan surat keputusan bersama.  " Intinya bahwa  kegiatan itu Karhutlah   itu antara tahun 2019 hingga tahun 2020 ada penurunan  81 persen dengan titik api dan luas lahan yang terbakar," jelasnya.. 
 
ILebih lanjut, Argo merinci ntinya bahwa ada dua kegiatan,yaitu tentang  pencegahan dan penegakan hukum. berkaitan dengan pencegahan kita berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Kementerian dan perusahaan itu sendiri. Jadi contohnya kita bisa memasang katakan sesuatu CCTV yang ada radiusnya, ada jaraknya juknya, ", Nanti kita bisa melihat pada pembakar hutan yang bersangkutan tidak tertangkap tangan dan yang bisa melihat pelakunya disana. , kita juga bisa berputar 360 derajat , ini ada beberapa titik yang  kita bisa bekerja sama dengan Telkom dan dengan instansi yang lain. ini bagian dari pencegahan pemasangan alat pemantau   juga ada namanya posko terpadu, juga ada namanya patroli, juga ada namanya, edukasi yang kita gunakan.. semuanya kita pergunakan teknologi informasi," rincinya.
 
Untuk itu, Argp menandaskan Teknologi yang kita gunakan untuk mempermuda karena semua kita melihat bahwa arealnya luas sekali, kita harus mempergunakan teknologi yang kita punya. sehingga nanti "Kita  mengetahui titik api pun sehingga kita bisa tahu psikologi dipasang , dengan titik api kita bisa tahu  dan kita sudah  bisa tahu embun atau  kanal . Oleh Kementerian itu debit airnya berapa  yang kita musim penghujan dan musim kemarau.Musim hujan kita jaga jangan sampai ada kebakaran hutan," tandasnya.
 
.Seiring dengan itu, Argo  berharap Untuk itu ada penasehat hukum , kita  dengan kejaksan. Setelah kita melakukan penyelidikan kita koordinasi dengan Kejaksaan,begitu juga dengan saksi ahli dengan petunjuk yang lain., kita ajukan dan tidak ada bolak balik  Itu sesuai dengan Inpres Bapak Presiden kalau untuk kegiatan pencegah, dan penegak hukum kita lakukan secara terpadu "Tentunya nanti harapannya tidak ada lagi komplain dari negara lain baik dari negara tetangga dengan asap...Kegiatan terpadu ini bisa meminimalisir sampai sekarang sangat-sangat minim ya.. ada komplainnya,.kita berharap agar masyarakat sadar hutan ini sumber air yang harus kita jaga bersama agar tidak dibuat kesulitan ekonomi yang apa pun ,Kita jaga nanti anak cucu kita yang menanggung," harapnya..
 
ketika di tanya ini ada berapa Polda yang mengalami kebakaran hutan, Argo mengakui a da 6 Polda  yang prioritas ,ada lintas Polda Kalimantan Tengah,Kalimantan Timur, Riau,Sumatera Selatan, "Karena kita selain ada Mabes Polri nanti juga koordinasi dengan instansi terkait. Dengan Polda kita juga koordinasi yang ada disana. Artinya bahwa pertama kali ada alasan alat memantau titik api ,secepat mungkin bisa kita kendalikan . Ada beberapa reaksi di Polda dengan instansi terkait mematikan secepatnya titik api.Jangan sampai ada api dan terus meluas,"  akunya. (vk)


Saturday, 08 May 2021 03:45

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT- Sebanyak 31 titik pos penjagaan untuk melakukan penyekatan mudik Lebaran 2021 disiapkan Polda Metro Jaya bersama jajaran Polres di wilayah hukumnya. Sejumlah titik strategis penyekatan ini akan melakukan penindakan tegas terhadap pengendara yang hendak mudikSesuai dengan pelarangan mudik Lebaran 2021 dari pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan covid – 19, langkah inipun diambil demi menekan penyebaran covid – 19. Terlebih lagi Satgas covid – 19 telah memperpanjang pembatasan mobilitas terkait dengan mudik menjadi 22 April hingga 22 Mei 2021 dan larangan mudik pada 6 – 17 Mei 2021.

 

Dirlantas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo) ditemui di Polda Metro Jaya mengatakan, 31 titik penjagaan disiapkan di berbagai wilayah di Jabodetabek.“Kita sudah siapkan ya. Terdapat 31 titik yang akan kami jaga untuk mencegah arus mudik masyarakat,” ujarnya.

 

Selanjutnya, Sambodo menjeaskan  berikut 31 titik penjagaan strategis yang sudah disiapkan Polda Metro Jaya: 2 titik di Jakarta Barat yakni Kalideres dan Joglo., 2 titik di Jakarta Timur yakni Lampiri dan Panasonic.,  1 titik di Jakarta Utara yakni di Perintis, Kemerdekaan.,  2 titik di Jakarta Selatan yakni di Pasar Jumat dan Budi Luhur,. 4 titik di Kota Bekasi yakni Gerbang Tol Bekasi Barat, Gerbang Tol Bekasi Timur, Sumber Arta, Harapan Indah, . 8 titik di Kabupaten Bekasi yakni KD Waringin, Cibeet, Gerbang Tol Tambun, Gerbang Tol Cibitung, Gerbang Tol Cikarang Pusat, Gerbang Tol Cibatu, Kalimalang Tambun, Cibarusah.,

 

 5 Titik di Depok yakni Jalan Raya Ciputat Bogor (Depan Perum BSI), Jalan Raya Bogor (SPBU Cilangkap), Gerbang Tol Brigif, Gerbang Tol Kukusan, Simpang Bambu Kuning (Bojong Gede), 2 titik di Kota Tangerang, yakni Jatiuwung dan Kebon Nanas., 2 titik di Kota Tangerang Selatan, yakni Gerbang Tol Bitung dan Pos Bitung., 3 titik dari Polda Metro Jaya, yakni di Penyekatan Cikarang Barat, Putaran Gerbang Tol Cikarang Barat, dan Cikupa.Korlantas Polri sendiri mengatakan telah menyiapkan 333 titik penyekatan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Penyekatan akan dilakukan sejak 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021.(vk)

 

Saturday, 08 May 2021 03:07

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT- 7 Mucikari dan joki prostituis online di Tebet sbagai penawar jasa prostitusi online anak dibawah umur saat ini berstatus tersangka.Kabid Humas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus) di temui di Polda Metro Jaya, Rab (21/4)2021 mengatakan   para mucikari dan joki yang menawarkan jasa prostitusi online anak dibawah umur saat ini berstatus tersangka.

 

Sebelumnya, tujuh mucikari dan joki ini diamankan jajaran Polda Metro Jaya di Hotel Reddorz Plus Near TIS Square, Tebet, Jakarta Selatan, .“Memang pada tanggal 21 (April) lalu, kita amankan 15 orang ya. Rinciannya, 8 wanita ditemukan sedang berada di dalam kamar bersama dengan pria hidung belang,” ujarnya..

 

Selanjutnya, Yusri  menjelaskan  7 sisanya ini mucikari dan joki-jokinya yang ternyata dibawah umur. Korbannya juga semua di bawah umur. Untuk saat ini, para mucikari dan jokinya berstatus tersangka,”  jelasnya..

 

Untuk itu,  Yusri merinci  segala proses hukum tetap berlanjut. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa pasal yang telah dilanggar para tersangka.“Meskipun dibawah umur, kasus tetap akan berjalan ya tetap lanjut. Tapi ya, kita wajib laporkan karena memang semuanya ini di bawah umur, sambil kita lihat juga situasinya seperti apa.Mereka ini kita persangkakan di Undang-Undang Perlindungan Anak, UU KUHP dan UU ITE ya karena disini memperjualbelikan anak dibawah umur melalui media sosial,” ricinya. 

 

Sementara itu, Yusril menadaskan  untuk keterlibatan pemilik hotel terkait dengan kasus prostitusi online ini, pihaknya masih terus mendalami.  “Masih kita lakukan pendalaman, sebab kita belum tahu ada keterkaitannya atau tidak, apakah dia juga turut menyediakan tempat atau tidak. Ini semua masih didalami penyidik,ndasnyaMasih kita lakukan pendalaman, sebab kita belum tahu ada keterkaitannya atau tidak, apakah dia juga turut menyediakan tempat atau tidak. Ini semua masih didalami penyidik," tandasnya.(vk)

 

Thursday, 22 April 2021 04:23

 

 

 

BALI(KORANRAKYAT.COM) Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012).

 

Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan.

 

 Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine En.

 

 Kapal Selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan utara Bali, Rabu (21/4/2021). Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad menjelaskan, pada pukul 03.64, KRI Nanggala melakukan penyelaman. TNI AL Pastikan Stok Oksigen Aman bagi 53 Personel Kapal Selam KRI Nanggala-402 Kemudian pada pukul 04.00 melaksanakan penggenangan peluncur terpedo yang merupakan kontak terakhir dengan kapal selam tersebut.

 

Dijuluki Monster Laut, Emban Banyak Misi Rahasia "Penenggelaman peluncur terpedo nomor 8 yang merupakan komunikasi terakhir dengan KRI Naggala pada pukul 04.25," ujar Riad saat konferensi pers, Kamis (22/4/2021). "Pada saat komandan gugus tugas latihan memberikan otoritas penembakan terpedo, di situlah komunikasi Naggala terputus," kata Riad menambahkan.

Riad mengatakan, saat ini lima KRI dan satu heli telah diterjunkan untuk melakukan pencarian dengan kekuatan 400 orang. "KRI Reagel juga sekarang bergerak," ujar Riad.(as)

Thursday, 22 April 2021 03:59

 

 

 

 

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebut-sebut memeras Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara Muhammad Syahrial senilai Rp 1,5 miliar. Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan, akan mendalami informasi dugaan pemerasan oleh oknum tersebut.

KPK sendiri memang tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi di Kota Tanjungbalai, Sumut. Terlebih sudah ada tersangka dalam pengusutan kasus rasuah tersebut.

 

“Saya akan cek dan dalami informasi tersebut,” kata Firli dikonfirmasi, Rabu (21/4).Meski demikian, Firli belum bisa membenarkan adanya oknum di KPK yang melakukan pemerasan terhadap pejabat di Tanjungbalai. Hal ini masih akan didalami oleh lembaga antirasuah.

 

Terpisah, Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengakui, pihaknya mendengar ada oknum penyidik yang diduga memeras pejabat di Tanjungbalai. Tetapi pihaknya belum menerima laporan terkait dugaan pemerasan itu.

 

“Laporan resmi belum diterima tetapi informasi lisan sudah disampaikan,” tegas Tumpak.

 

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri mengakui, pihaknya telah menetapkan seorang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait mutasi jabatan di Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Tanjungbalai tahun 2019. KPK menyatakan, telah mempunyai dua alat bukti dalam menangani perkara tersebut.

 

“Benar setelah menemukan dua bukti permulaan yang cukup maka saat ini KPK sedang melakukan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi terkait penerimaan hadiah atau janji lelang atau mutasi jabatan di Pemerintah Kota Tanjungbalai Tahun 2019,” ujar Ali.

 

Meski demikian, sambung Ali, KPK belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai kronologi kasus dan para pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Menurutnya, tim penyidik KPK masih akan terus melakukan pengumpulan alat bukti untuk melengkapi berkas perkara.

 

“KPK pastikan pada waktunya akan menyampaikan kepada masyarakat mengenai konstruksi perkara dan alat buktinya serta akan dijelaskan siapa pihak yang telah di tetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya,” ungkap Ali.

 

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menyebut, pihaknya akan mengedepankan sikap transparansi dalam setiap penanganan perkara ini. “KPK tetap berkomitmen sebagai bentuk keterbukaan informasi kami akan selalu menyampaikan perkembangan penanganan perkara ini kepada masyarakat,” tandas Ali.(as)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Thursday, 22 April 2021 03:41

 

 

BATU(KORANRAKYAT.COM) - Potensi menurunnya jumlah wisatawan ke Kota Batu kemungkinan besar terjadi pada liburan Lebaran 2021 ini.

Penyebabnya adalah larangan mudik yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. 

Marketing Manager & PR Jatim Park Grup (JTP), Titik S Ariyanto, berpendapat larangan mudik melemahkan sektor pariwisata yang menjadi tumpuan utama Kota Batu.

Padahal, momen Lebaran adalahbsalah satu momen yang ditunggu-tunggu pelaku usaha pariwisata. 

"Tentu akan sangat berdampak dengan pariwisata. Apalagi mayoritas wisatawan kami berasal dari luar Malang Raya," kata Titik, Rabu (21/4/2021).

Dikatakan Titik, sejumlah tamu atau wisatawan sudah mulai memberitahukan kemungkinan liburan ke Jatim Park Group di Kota Batu.

Namun, Titik juga mengatakan belum mengetahui secara rinci teknis pelarangan mudik tahun ini.

"Banyak sudah tamu yang tanya gimana kalau ke Batu saat Lebaran bisa atau tidak? Tapi kami tidak bisa memberi jawaban pasti," paparnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur PT Selecta, Sujud Hariadi.

Ia memperkirakan berkurangnya jumlah wisatawan yang datang pada libur Lebaran tahun ini.

Apalagi lebih dari separo wisatawan yang biasa datang ke Selecta berasal dari luar Malang Raya.

"Wisatawan lokal Malang Raya tidak lebih dari 20 persen, bahkan dikisaran 15 persen. Mayoritasnya wisatawan yang datang ke Selecta dari Surabaya dan sekitarnya," jelas Sujud. 

Biasanya, jumlah wisatawan akan mulai meningkat pada H+2 libur Idul Fitri, bahkan puncak kunjungan di H+5 Lebaran. 

"Biasanya dalam dua minggu libur lebaran bakal membludak tingkat kunjungan. Bahkan perharinya bisa sama dengan weekend," kata pria yang juga sebagai Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Batu itu.

Pihaknya pun berharap agar pemerintah bisa segera mempercepat proses vaksinisasi bagi pelaku wisatawan dan seluruh masyarakat, sehingga dapat segera terbentuk hard immunity. 

Pemkot Batu tengah mengejar target vaksinasi covid-19 jelang Lebaran.

Para lansian menjadi priortas saat ini setelah Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, pihaknya akan memfokuskan target vaksinasi terhadap lansia agar tingkat kematian menurun persentasenya.

"Ketika vaksin datang, kami akan targetkan terlebih dahulu terhadap lansia. Sebab, pada Hari Raya nanti banyak keluarga yang berpotensi menulari ke lansia," terangnya.

Para dokter di TNI/Polri juga membantu untuk menyuntik vaksin.

Dikatakan Punjul, TNI/Polri memiliki dokter-dokter yang ahli dalam bidang kesehatan. 

"Begitu vaksin turun dua minggu ini, maka langsung fokus ke lansia," imbuhnya.(an)



.

Friday, 16 April 2021 05:38

.

 
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah arahan kepada para kepala daerah dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu, 14 April 2021. Dalam pembuka arahannya, Presiden mengingatkan bahwa jabatan yang diemban para kepala daerah adalah kehormatan sekaligus sebuah tanggung jawab yang besar sehingga para kepala daerah harus bekerja dengan berorientasi pada hasil.
 
"Jabatan yang diberikan kepada saudara-saudara adalah kehormatan, tetapi sekaligus juga sebuah tanggung jawab yang besar, tanggung jawab yang berat. Oleh sebab itu, jangan sampai saudara-saudara ini hanya mengikuti prosedur yang ada. Harus _goal oriented_, harus _result oriented_. Orientasinya adalah hasil. Harus berani berinovasi, bukan sekadar mengikuti rutinitas," ujar Presiden dari Istana Negara, Jakarta.
 
Karena itu, Kepala Negara meminta agar para kepala daerah jangan hanya puas membaca laporan saja dalam bekerja, melainkan harus langsung melakukan pengecekan dan kontrol di lapangan. Inovasi, kecepatan, ketepatan kebijakan adalah hal yang sangat diperlukan saat ini sehingga para kepala daerah perlu bekerja dengan menggunakan skala prioritas.
 
"Bapak, ibu, dan saudara sekalian harus membuat kebijakan yang fokus dengan skala prioritas yang jelas sehingga nanti alokasi anggarannya juga lebih fokus dan terkonsentrasi. Saya melihat satu provinsi ada yang mata anggaran kegiatannya sampai 40 ribu. Menurut saya, semakin sedikit kegiatan secara manajemen akan semakin gampang mengontrol dan mengeceknya dan hasilnya akan kelihatan," paparnya.
 
Terkait dengan anggaran, Presiden pun berpesan agar para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut dibandingkan dengan dibagi ke banyak kegiatan kecil. Dengan demikian, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat.
 
"Sebagai contoh, ada anggaran di sebuah kabupaten Rp2 triliun misalnya. Hati-hati, saya titip yang namanya belanja aparatur, belanja pembangunan, belanja modal dilihat lebih besar yang mana. Usahakan agar belanja pembangunan, belanja modal itu lebih besar dari belanja aparatur. Kalau sudah ketemu belanja pembangunan belanja modal, jangan sampai yang namanya anggaran itu dibagi rata ke masing-masing unit atau dinas. Hati-hati," jelasnya.
 
Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.*(eas)


Friday, 16 April 2021 05:26

.

 
JAKARTA9KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Angela Merkel secara virtual di Istana Bogor, Selasa sore 13 April 2021.
 
Pertemuan bilateral tersebut dilakukan sehari setelah pembukaan Pameran Hannover Messe 2021, dimana Indonesia didapuk sebagai negara mitra atau partner country.
 
Kanselir Merkel menyampaikan penghargaan kepada Indonesia yang telah bersedia menjadi negara mitra dalam Hannover Messe 2021 dan menyakini bahwa kemitraan ini akan bermanfaat bagi upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara.
 
Kanselir Merkel menyampaikan tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20, sementara Jerman menjadi Ketua G-7. Diharapkan dapat dilakukan sinergi prioritas kerja dengan baik antara kedua negara.
 
“Suatu kehormatan bagi Indonesia ditunjuk sebagai Negara Mitra Hannover Fair 2021 dan juga nanti di tahun 2023”, kata Presiden Joko Widodo. Presiden juga mengapresiasi kepimpinan Kanselir Merkel selama hampir 16 tahun dalam meningkatkan hubungan bilateral.
 
Kedua pemimpin membahas secara terbuka beberapa isu bilateral, antara lain kerjasama di bidang kesehatan, kerjasama ekonomi dan Perubahan Iklim.
 
Selain itu, isu Myanmar juga menjadi salah satu topik tukar pikiran mengenai isu kawasan.
 
Dalam pembahasan isu kesehatan, kedua pemimpin melakukan tukar pikiran mengenai penanganan covid-19 di masing-masing negara. Keduanya menyampaikan kekhawatiran dengan masih terus terjadinya nasionalisme vaksin, yang akan sangat menganggu ketersediaan vaksin dunia dan menggangu kesetaraan akses vaksin bagi semua.
 
Presiden menyampaikan bahwa kasus positif di Indonesia sudah mulai membaik. Selain disebabkan oleh protokol kesehatan yang terus diterapkan, penurunan angka juga disebabkan karena kebijakan _micro lockdown_ sampai pada tingkat desa.
 
“Di bulan Januari, angka positif Indonesia sempat mencapai lebih dari 14 ribu dalam satu hari. Sementara dalam dua minggu ini, angka positif berkisar 4-5 ribu per hari”, kata Presiden.
 
Presiden juga menjelaskan mengenai program vaksinasi yang sudah mulai dilakukan di Indonesia. Selain Sinovac, Indonesia saat ini juga memakai vaksin Astra Zeneca.
 
Presiden Jokowi menekankan pentingnya kedua negara membangun kerjasama kesehatan ke depan.
 
Sementara di bidang investasi dan industri, Kanselir Merkel melihat potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk menjadi mitra penting Jerman.
 
Presiden Jokowi menyampaikan investasi memegang peran penting dalam pemulihan ekonomi. “Indonesia baru saja mengeluarkan Undang-undang Cipta Kerja yang akan dapat mendukung kerjasama di bidang investasi”, jelas Presiden.
 
Presiden juga menawarkan kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi dan peningkatan investasi industri Jerman untuk membangun basis produksi dan rantai pasok global Jerman di kawasan.
 
“Saya menawarkan kepada Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang,” ucap Presiden.
 
Mengenai perubahan iklim, kedua pemimpin juga memiliki komitmen yang sama bagi upaya pengurangan emisi sesuai dengan komitmen yang telah disampaikan masing-masing negara.
 
“Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk melakukan pembangunan hijau”, kata Presiden. Salah satu contoh adalah upaya yang terus dikembangkan baik restorasi hutan mangrove, maupun upaya pembangunan energi secara berkelanjutan.
Terkait dengan isu kawasan, kedua pemimpin melakukan tukar pikiran mengenai isu Myanmar.
 
Presiden menyampaikan sikap Indonesia sangat jelas dari sejak awal, yaitu meminta dihentikannya penggunaan kekerasan dan mendorong dilakukannya dialog.
 
“Dialog diantara mereka diharapkan dapat segera dilakukan, untuk mengembalikan demokrasi, stabilitas dan perdamaian di Myanmar”, tambah Presiden.
 
Indonesia juga telah mengusulkan dilakukannya KTT ASEAN guna membahas isu Myanmar dan saat ini persiapan KTT sedang terus dilakukan.
 
Jerman adalah salah satu mitra terpenting Indonesia di Eropa. Indonesia telah memiliki kemitraan komprehensif sejak tahun 2012. Jerman merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di Eropa, mitra investasi terbesar ke-4 di Eropa dan wisatawan Jerman merupakan ke-3 terbesar dari Eropa.
 
Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.(eas)
 
Friday, 16 April 2021 04:19

 

 

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) – Artis berinisial JS diamankan polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Dia ditangkap Unit 1 Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat terkait kasus penyalahgunaan Narkotika. JFS ditangkap di salah satu basecamp management di sekitar Jagakarsa Jakarta Selatan, Kamis (15/4) waktu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Kabar penangkapan JS dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat dikonfirmasi. “Iya benar. Kami baru saja mengamankan seorang public figur berinisial JS bersama satu orang rekan kerjanya ” ujar Kombes pol Ady Wibowo kepada wartawan Kamis.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar mengungkapkan, pihaknya mengamankan JS bersama salah seorang temannya dengan barang bukti narkotika yang disimpan di dalam kendaraan yang digunakan.

“Ditemukan narkotika di sebuah kendaraan yang ia pakai ” ujar Ronaldo Maradona Siregar

Secara terpisah, Kabid Humas Pola Metro Jaya membenarkan kalau identitas JS adalah Jeff Smith. Ketika dikonfirmasi, ia membenarkan JS yang diamankan atas kasus narkotika adalah artis Jeff Smith.

“Iya (Jeff Smith),” katanya singkat saat dikonfirmasi.

Polisi kini masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas kasus ini. Jika semuanya sudah ada titik terang, polisi akan menyampaikannya secara lengkap ke public(as)

 

Tuesday, 06 April 2021 12:56

 

 Surabaya (KORANRAKYAT.COM)– PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim  melalui bankjatim syariah terus melakukan inovasi untuk mempermudahlayanan transaksi keuangan khususnya bagi Masyarakat lingkungan Pondok Pesantren.  tersebut dituangkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Teknologi Kartu Indonesia dan PT Sidogiri Pandu Utama dalam hal Aplikasi Digital Bisnis dan Layanan Virtual Account bankjatim pada aplikasi E-Maal. Pada Senin 5 April 2021 Penandatanganan secara langsung dilakukan oleh Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah bankjatim Ferdian Timur Satyagraha bersama dengan Direktur PT Teknologi Kartu Indonesia Arif Arinto dan Direktur PT Sidogiri Pandu Utama M. Lutfillah Habibi   bertempat di  Auditorium Lt. 9 Gedung Universitas Nahdlatul Ulama (UNUSA) Surabaya. Dalam Sambutannya, Ferdian menjelaskan bahwa Sinergi tersebut merupakan komitmen bankjatim sebagai mitra perbankan utama untuk mendukung program Ibu Gubernur Jawa Timur dalam program One Pesantren One Product (OPOP) di Jawa Timur. “Seperti kita ketahui, OPOP merupakan suatu program peningkatan kesejahteraan masyarakat berbasis Pondok Pesantren melalui pemberdayaan Santri, Pesantren dan Masyarakat sekitar Pesantren, melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bankjatim, kami berkomitmen hadir dan bersinergi untuk membantu Koperasi Pondok Pesantren dalam penguatan permodalan melalui skema Pembiayaan kepada Koperasi (PKOP) maupun Pembiayaan Koperasi Kepada Anggota (PKPA)“, terang Ferdian.

 

                Ferdian juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim OPOP Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada bankjatim dalam pembuatan Kartu ATM Co-Branding OPOP Jatim Berdaya. Kartu OPOP Jatim Berdaya merupakan identitas dan akses bagi pelaku wirausaha berbasis pesantren dalam upaya peningkatan nilai ekonomi dan pemberdayaan produk-produk pesantren. Kartu ini juga bisa digunakan sebagai kartu ATM/ debit sehingga mempermudah proses transaksi.“Saya sampaikan juga, saat ini telah terdapat 88 pesantren yang telah memiliki kartu OPOP Jatim Berdaya, kami terus mendorong dan memberikan literasi kepada Pondok Pesantren agar Pondok Pesantren semakin bankable”, ujar Ferdian. Dalam kesempatan tersebut, bankjatim berkolaborasi bersama OPOP Training Center Jatim untuk memberikan sosialisasi kepada 200 Koperasi Pondok Pesantren (KOPONTREN) Anggota OPOP Jatim Tahun 2021. Dalam sosialisasi tersebut, bankjatim mendorong seluruh KOPONTREN untuk menggunakan metode pembayaran cashless dengan jatimcode QRIS bankjatim, sehingga lebih mudah dalam mengelola transaksi keuangan harian. “Semoga PKS ini dapat membawa keberkahan bagi kita semua serta dapat menjadi pendorong dan motivasi kami beserta manajemen untuk bisa memberikan layanan perbankan syariah terbaik bagi masyarakat Jawa Timur khususnya bagi masyarakat lingkungan Pesantren”, tutup Ferdian.(fdl)

 

Panggung Koruptor

  •