Redaksi

Redaksi

Sunday, 07 April 2024 12:53

Antrian panjang dari Flay over hingga Merak Bakauni(as)

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Memasuki H-3 Lebaran, antrean kendaraan masih terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Minggu (7/4/2024). Antrean kendaraan di Pelabuhan merak terpantau hingga 18 km. Antrean tersebut terjadi mulai dari fly over merak hingga gerbang tol merak sejauh 5,7 km. Lalu dari gerbang tol merak hingga Km 87 arah Merak sejauh 13 km. "Info sampai saat ini ekor antrean sudah sampe Km 87," ujar Humas PT Astra Tangerang Merak, Hannah kepada wartawan. Pantauan wartawan Minggu (7/4/2024) pukul 10.30 WIB, kantong-kantong parkir di tujuh dermaga Pelabuhan Merak terisi oleh kendaraan yang didominasi mobil pribadi. Antrean juga terjadi di toll gate atau loket pemeriksaan tiket dermaga eksekutif maupun reguler.

Lamanya antrean dirasakan oleh salah satu pemudik dari Depok menuju Bengkulu, Yudi. Dia mengaku berangkat dari rumah pada Sabtu (6/4/2024) pukul 21.00 WIB dan bisa masuk kapal Minggu (7/4/2024) pukul 10.00 WIB. Lamanya perjalanan menuju Pelabuhan Merak disebabkan kendaraannya terjebak macet di tol dan di jalan sebelum pelabuhan. "Di KM 65 kejebak macet ada rekayasa lalu lintas itu dari jam 00.00 WIB sampai 03.00 WIB, terus macet lagi sebelum gerbang tol Merak," kata Yudi ditemui di dermaga 6 Pelabuhan Merak, Minggu. "Sampai sekarang belum masuk kapal, semoga bisa cepat masuk ke dalam kapal, sudah kangen sama orangtua," sambung dia.

Meski harus terjebak macet, Yudi bersama keluarganya tetap menikmatinya karena sudah menjadi tradisi untuk Lebaran di kampung halaman besama orangtua. "Nyari semangat ketemu orang tua, keluarga, demi orangtua jadi kita nikmati perjalanannya," ujar Yudi.Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak karena bongkar kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung mengalami kendala. Baca juga: Kapolda Banten: Belum Punya Tiket, Jangan ke Pelabuhan Merak "Terus terjadi kepadatan, tadi itu memang ada sedikit antrean. Ya antrean pada saat di Bakauheni, pembongkaran yang tadi mungkin agak terjadi delay," ujar Abdul Karim.

Ditambah, kata Abdul Karim, pada Sabtu kemarin adalah puncak dari arus mudik di Pelabuhan Merak. Sehingga volume kendaraan di Pelabuhan Merak meningkat terus hari ini Minggu. "Volume kendaraan ini kan nggak bisa kita atur nggak bisa kita memprediksi berapa jumlah yang akan datang ke Pelabuhan Merak," ujar dia. "Kapasitas kapal juga terbatas, dermaganya juga terbatas sedangkan kendaraan yang masuk puluhan ribu," sambung dia. (as)

 

Friday, 05 April 2024 06:08

Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin menerima tiga peghargaan langsung dari Itech (an)

JAKARTA, KORANRAKYAT.COM , Setelah beberapa waktu lalu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) dianugerahi penghargaan oleh Infobank dan Indonesia Corporate Secretary & Communication Award, kali ini emiten dengan kode BJTM tersebut kembali meraih penghargaan dari itech yang bekerja sama dengan FORTI BUMN. Ada 3 penghargaan sekaligus yang sukses diboyong oleh bankjatim dalam ajang Digital Technology & Innovation Awards 2024. Yaitu The Best Digital Technology Project (Banking Industries), The Best IT Leadership, dan The Best Chief Information Technology Officer of The Year yang diberikan kepada Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin. Bertempat di Hotel Mulia Senayan Jakarta, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Zulhelfi pada Kamis malam (4/4) 2024

Zulhelfi menjelaskan, bankjatim saat ini memang terus konsisten untuk bertransformasi dan berinovasi dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya. Sebab, lewat digitalisasi, proses bisnis akan menjadi lebih terkonsolidasi, cepat, dan mampu mencetak kinerja perusahaan terbaik. ”Tiga penghargaan ini membuat bankjatim akan terus termotivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas teknologi perusahaan,” tegasnya.

Diakui Zulhelfi, berbagai pengembangan digital yang telah dilakukan membuat kinerja perseroan terus bertumbuh secara positif. Hal ini juga diikuti dengan pertumbuhan pengguna aplikasi mobile banking JConnect dan QRIS merchant bankjatim. Selain itu, perusahaan juga terus mengembangkan fasilitas kredit berbasis digital melalui aplikasi JConnect Loan. ”Tidak hanya itu saja. Sekarang sudah ada juga JConnect PRO yang mempermudah calon nasabah membuka rekening secara online, JConnect Remittance untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing dari luar negeri ke dalam negeri, Jconnect Pemda, sampai Jconnect Corporate,” katanya.

`               Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan terus berkembang cepat, lanjut Zulhelfi, bankjatim memang dituntut untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi di bidang perbankan guna memenuhi kebutuhan pelayanan bagi masyarakat, desa, dan pemerintah kabupaten. Oleh karena itu, bankjatim saat ini juga telah bekerja sama dengan masing-masing pemda/pemkot di Jawa Timur dalam hal fasilitasi pembayaran secara online. Seperti bayar pajak sudah bisa online, pengimplementasian BI-Fast, Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), e-samsat, hingga Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

           Chairman of Itech Magazine Digital Technology & Innovation Award Irnanda Laksanawan menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi acara tahunan di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Menurut Irnanda, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan di era Industri 4.0 ini, melainkan telah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. “Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” papar Irnanda.

Para pemenang penghargaan bergengsi Digitech Award 2024 ini dijaring dari sekitar 300 perusahaan dari BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi, kemudian dewan juri bersama tim penyelenggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi transformasi digital di era industri 4.0 pada core business dan pelayanannya pada masing-masing perusahaan.(an)

 

Thursday, 04 April 2024 10:16

 

SURABAYA, KORANRAKYAT.COM. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah resmi mengakhiri kebijakan stimulus restrukturisasi kredit perbankan untuk dampak Covid-19 pada 31 Maret 2024. Berakhirnya kebijakan tersebut konsisten dengan pencabutan status pandemi Covid-19 oleh pemerintah pada Juni 2023, serta mempertimbangkan perekonomian Indonesia yang telah pulih dari dampak pandemi. Termasuk kondisi sektor riil.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan, restrukturisasi kredit yang diterbitkan sejak awal 2020 telah banyak dimanfaatkan oleh debitur terutama pelaku UMKM. Sehingga hal tersebut membuat para debitur mampu melewati pandemi dengan baik. ”Kondisi perbankan Indonesia saat ini sudah memiliki daya tahan yang kuat (resilient) dalam menghadapi dinamika perekonomian. Didukung oleh tumbuhnya investasi, tingkat permodalan yang kuat, likuiditas yang memadai, dan manajemen risiko yang baik serta disupport oleh pemulihan ekonomi yang terus berlanjut dengan tingkat inflasi yang terkendali,” paparnya.

 

Dikatakan Mahendra, semua itu tercermin dari beberapa indikator perbankan pada Januari 2024 yang menunjukkan kondisi positif. Misalnya, rasio kecukupan modal (CAR) berada di level 27,54 persen. Tak hanya itu saja, kondisi likuiditas perbankan juga dinilai masih baik dengan tingkat rentabilitas yang memadai. Hal tersebut ditunjukkan oleh rasio Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 231,14 persen dan Alat Likuid/Non Core Deposit (AL/NCD) sebesar 123,42 persen. ”Ini diharapkan dapat menjadi bantalan mitigasi risiko yang solid di tengah kondisi perekonomian global yang masih tidak menentu,” tegasnya.

Di sisi lain, Mahendra melihat kualitas kredit perbankan juga tetap terjaga di bawah threshold 5 persen. NPL Gross sebesar 2,35 persen dan NPL Nett sebesar 0,79 persen. ”Sehingga dapat dikatakan kebijakan stimulus Covid-19 ini telah memberikan kontribusi nyata dalam menopang tekanan terhadap perekonomian sejak awal pandemi sampai sekarang,” tuturnya.

Sementara itu, pertumbuhan kredit di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) juga terus menunjukkan angka yang positif tiap tahunnya. Sepanjang 2023, ekspansi kredit yang telah disalurkan emiten dengan kode BJTM tersebut berada di angka Rp 54,76 triliun atau naik 18,54% (YoY). Angka kredit tersebut tumbuh diatas rata-rata pertumbuhan kredit nasional yang hanya sebesar 10,3%. ”Adapun komposisi penyaluran kredit bankjatim yaitu kredit konsumtif sebesar Rp 31,2 triliun atau meningkat 8,91% (YoY) dan kredit produktif sebesar Rp 23,5 triliun atau tumbuh eksponensial 34,28% (YoY),” terang Direktur Utama bankjatim Busrul Iman.

Penyaluran kredit bankjatim itu juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman. Terlihat dari rasio Non Performing Loan (NPL) Gross bankjatim yang melandai. Yakni di angka 2,83% pada 2022 menjadi 2,49% pada 2023. ”Itu artinya kualitas kredit bankjatim semakin sehat dan menjadi tanda adanya recovery dari beberapa  sektor ekonomi,” tutur Busrul.

Kemudian untuk kuota KUR sendiri, bankjatim juga terus mencatat kinerja yang meningkat dari tahun ke tahun, termasuk saat pandemi. Pada tahun 2021, bankjatim mendapat kuota KUR sebesar Rp 700 miliar. Dari angka tersebut, yang berhasil disalurkan sebesar 88,7 persen. Untuk jumlah debitur KUR tahun 2021 sendiri sebanyak 4.928.

Selanjutnya, tahun 2022 bankjatim berhasil memperoleh kuota KUR senilai Rp 2,5 triliun. Prosentase penyalurannya sekitar 95,19 persen dengan jumlah debitur 19.159 orang. Dan di tahun 2023 kuota KUR bankjatim lebih meningkat lagi yaitu di angka Rp 2,89 triliun. Yang sukses disalurkan sekitar 96 persennya dengan jumlah debitur 22.253. 

Di sisi lain, seiring dengan pandemi yang mereda dan pencabutan status pandemi oleh Pemerintah, perekonomian Jawa Timur di hampir seluruh sektor juga kembali pulih dan menunjukkan angka yang positif. Sepanjang 2023, ekonomi Jawa Timur mampu tumbuh sebesar 4,95 persen. Kemudian beberapa waktu lalu Bank Indonesia juga memprediksi ekonomi Jawa Timur akan kembali meningkat pada Triwulan I tahun 2024. Faktor utamanya didorong oleh konsumsi rumah tangga seiring dengan pencairan rapel kenaikan gaji bagi ASN, pencairan THR pada akhir Triwulan I, long weekend bulan Februari-Maret, hingga peningkatan konsumsi pada momen safari politik saat pemilu. 

Optimisme pertumbuhan ekonomi tersebut didorong pula kinerja berbagai lapangan usaha. Menurut pengamatan Bank Indonesia, kredit segmen rumah tangga diproyeksi bisa tumbuh 9,79% pada triwulan I/2024, sementara pada triwulan IV/2024 naik 9,43%. Sehingga untuk perekonomian Jawa Timur pada 2024 diproyeksikan tumbuh 4,7%-5,5% dengan motor utama investasi dan konsumsi. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae juga mengatakan, selama empat tahun implementasi kebijakan restrukturisasi kredit, pemanfaatan stimulus tersebut telah mencapai Rp 830,2 triliun yang diberikan kepada 6,68 juta debitur pada Oktober 2020. ”Sebanyak 75 persen dari total debitur penerima stimulus adalah segmen UMKM atau sebanyak 4,96 juta debitur dengan total outstanding Rp 348,8 triliun,” paparnya.

Dian menyebut, sejalan dengan pemulihan ekonomi yang terjadi, tren kredit restrukturisasi terus mengalami penurunan baik dari sisi outstanding maupun jumlah debitur. Pada Januari 2024, outstanding kredit restrukturisasi Covid-19 telah menurun signifikan menjadi sebesar Rp251,2 triliun yang diberikan kepada 977 ribu debitur.

”Outstanding kredit restrukturisasi Covid-19 perbankan memang terus mengalami penurunan namun tingkat pencadangan (CKPN) yang dibentuk Bank terus meningkat, melebihi periode sebelum pandemi. Kondisi ini merupakan cerminan kesiapan perbankan yang dinilai telah kembali pada kondisi normal secara terkendali (soft landing) mengakhiri periode stimulus,” tegasnya.(an)

Wednesday, 03 April 2024 03:31

PROBOLINGGO,KORANRAKYAT.COM,PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) senantiasa terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bankjatim Peduli. Kali ini, bantuan CSR yang diberikan berupa pembangunan mushola di kawasan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Bertempat di Stadion Gelora Merdeka, bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh SEVP Korporasi, Sindikasi, dan Kelembagaan bankjatim Koerniawan Prijambodo dan diterima langsung oleh Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto pada hari Selasa (2/4).

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman menjelaskan, dukungan bankjatim dalam pembangunan mushola ini diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat. “Sebab, keberadaan mushola yang bersih tentunya dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat sekitar dalam beribadah, terutama dalam bulan ramadan ini. Semoga CSR dari bankjatim ini dapat menjadi wadah sarana beribadah yang nyaman bagi pengunjung, masyarakat, dan pelaku usaha di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Menurut Busrul, mushola adalah tempat untuk melakukan ibadah, khususnya salat lima waktu bagi umat Muslim. Dengan adanya mushola ini, sekarang para jemaah telah memiliki fasilitas yang nyaman dan layak untuk melaksanakan kewajiban ibadah secara rutin. "Selain itu, mushola juga menjadi tempat untuk mengajarkan nilai-nilai agama, etika, dan moral kepada anak-anak serta generasi muda. Dengan demikian, mushola berperan penting dalam pembentukan karakter yang baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan," paparnya.

Busrul menambahkan, pembangunan mushola di kawasan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan adalah hasil dari kolaborasi yang erat antara bankjatim dengan Pemkab Probolinggo. Selain itu, bantuan tersebut juga sebagai wujud kecintaan dan kepedulian bankjatim terhadap masyarakat Kabupaten Probolinggo yang telah memberikan kepercayaan dan dukungannya kepada perseroan dalam mengembangkan bisnis.

“Suatu kewajiban bagi kami untuk selalu bersinergi membangun dan mendorong suatu daerah di Jawa Timur untuk bisa memiliki tingkat pelayanan yang baik. Semoga sinergi antara bankjatim dan Pemkab Probolinggo yang sudah terjalin baik selama ini, dapat terus dikembangkan untuk memberi manfaat lebih di tengah masyarakat agar semakin banyak yang akan terbantu lagi,” tegas Busrul.

Sementara itu, Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bankjatim atas bantuan yang telah diberikan. Pihaknya berharap sinergitas dan kolaborasi dapat terus berjalan sehingga dapat membawa keberkahan bagi masyarakat. “Semoga ke depannya gor ini juga bisa menjadi sarana interaksi sosial bagi masyarakat karena tempatnya cukup luas jadi bisa sekalian dipakai untuk rest area bagi orang-orang yang telah melakukan perjalanan jauh. Nah, untuk sarana ibadahnya sudah terfasilitasi di Mushola Merdeka,” ucapnya.(an)

 

 

 

 

 

Tuesday, 02 April 2024 09:48

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali dianugerahi penghargaan prestisius dari Infobank atas kinerjanya yang terus menunjukkan angka positif. Tidak tanggung-tanggung, 8 penghargaan sekaligus berhasil diboyong oleh emiten dengan kode BJTM tersebut. Bertempat di Shangrila Hotel Jakarta, penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman dalam acara 13th Infobank - Digital Bank Recognition 2024 pada hari Senin (1/4). 

Adapun 8 penghargaan itu antara lain bankjatim dinobatkan sebagai:

1.The Best Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

2.The 2nd Best Debit Card Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

3.The 2nd Best Deposito Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

4.The Best KPR Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

5.The Best Tabungan Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

6.The 2nd Best Wealth Management Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

7.The Best Internet Banking Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas;

8.The Best Mobile Banking Bank Umum Konvensional 2024 - KBMI 2 - aset Rp 100 triliun ke atas.

Busrul mengatakan, semua capaian yang diperoleh ini tak lepas dari kerja keras seluruh Jatimers yang senantiasa menjaga bisnis perbankan tetap berjalan di tengah persaingan yang ketat. Di sisi lain, kepercayaan masyarakat kepada bankjatim juga menjadi bagian dari suksesnya perseroan dalam mendapatkan penghargaan dari Infobank. ”Pengakuan dari pihak Infobank ini merupakan bukti bahwa produk dan layanan bankjatim berhasil mendapat sambutan positif dan bisa menjadi solusi atas beragam kebutuhan masyarakat. Apresiasi ini akan semakin memotivasi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan produk-produk perbankan bankjatim," ujarnya. 

Menurut Busrul, prestasi ini sejalan dengan konsistensi bankjatim dalam melakukan digitalisasi. Pasalnya, di tengah perkembangan teknologi dan komunikasi sekarang, digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, perseroan berkomitmen akan terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis serta konsisten melakukan berbagai inisiatif digitalisasi melalui inovasi produk dan layanan. Semua itu dilakukan demi meraih kinerja yang positif dan tumbuh secara berkelanjutan. 

“Penghargaan ini menjadi pengakuan atas upaya bankjatim yang secara adaptif terus mengembangkan berbagai solusi layanan perbankan digital, salah satunya aplikasi JConnect Mobile yang dapat memudahkan transaksi sehari-hari masyarakat, sehingga berdampak positif pada capaian kinerja perseroan,” paparnya.

Busrul juga menegaskan, secara umum, layanan digital bankjatim JConnect mengalami pertumbuhan yang baik di jumlah user, frekuensi transaksi, maupun nominal transaksi. JConnect Mobile sebagai aplikasi dengan user terbesar terus mengalami perkembangan fitur yang akan semakin memudahkan nasabah dalam bertransaksi keuangan secara digital. 

Sepanjang 2023, pengguna JConnect Mobile sukses mencapai 641.266 user atau tumbuh 29% (YoY). Lalu untuk nominal transaksinya berada di angka Rp 42 triliun, naik 45% (YoY). Selanjutnya, user JConnect IB Corporate berada di angka 8.319 atau naik 31% (YoY) dengan nominal transaksi sebesar Rp 11,7 triliun. Tidak hanya itu saja, jumlah Agen Jatim sepanjang 2023 juga tumbuh 76 persen (YoY) menjadi 8.066 dengan jumlah transaksinya Rp 92,3 miliar.

Sementara itu, untuk tahun 2024 ini, bankjatim sudah berencana akan meluncurkan New JConnect Mobile. Di dalam New JConnect Mobile itu nantinya akan ada total 94 fitur. Dengan rincian, 36 fitur baru dan 58 fitur existing.

Tidak berhenti di situ saja, bankjatim juga masih terus berinovasi guna mendukung digitalisasi keuangan pemerintah daerah. Salah satunya, Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang akan memudahkan nasabah dalam melakukan interaksi keuangan dengan layanan pemerintah daerah secara digital. 

“Inovasi kemudahan bertransaksi lainnya akan terus kami kembangkan demi mewujudkan pelayanan yang prima untuk nasabah. Terlebih lagi saat ini pola perilaku masyarakat mulai beralih ke transaksi digital sehingga bankjatim akan terus berupaya meningkatkan inovasi produk, jasa, dan layanan perbankan untuk menggenjot pertumbuhan bisnis,” tutup Busrul.(an)

Saturday, 30 March 2024 15:00

 JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,-Gudang Amunisi milik Kodam Jaya  di Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami kebakaran. Api dikabarkan mulai muncul pada pukul 18.05 WIB. Amunisi yang terbakar dan meledak yang ledakanya sampai getarkan rumah warga sekitar gudang amunisi.

             Disampaikan Mayjend TNI  M. Hasan Pangdam Jaya  bahwa tidak ada korban jiwa baik dari masyarakat maupun prajurit TNI. Sedangkan amunisi yang meledak itu merupakan amunisi bekas atau kadaluarsa yang sudah tidak terpakai atau amunisi   yang sudah berusia 10 Tahun dan sudah tidak dipakai.” Kami masih menuggu surat penghapusan  untuk bisa melakukan pemusnahan  amunisi yang yang sudah tidak terpakai. Namun saat ini masih dalam proses, Namun, kami memastikan tidak ada korban jiwa baik dari masyarakat dan dari ungsur prajurit,”tegasnya.

               Diungkapkan Pangdam Bahwa sistem pergudangan amunisi di Pangdam Jaya sudah sesuai prosedur dari 15 gudang amunisi,di sistem pergudangan tidak ada saluran listriknya, perkiraan amunisi kadaluarsa itu terjadi gesekan,sehingga terjadi kebakaran."Kita pantau lewat drown untuk selanjutnya dilakukan pemadaman.

            Menurut  Awang salah seorang warga mengatakan bahwa walau radiusnya dari pemukiman cukup jauh,namun  suara ledakan tidar bisa dihindari dan Jumlah ledakanya tak bisa dihitung.”ya seperti kita mendengarkan atau meelihat film perang,”ujarnya

Danton Pleton B Damkar Kota Bekasi, Haryanto membenarkan adanya peristiwa ini. Namun, kondisi api masih liar sehingga belum bisa dimitigasi."Kita sudah luncurkan juga dari kota kita baru mendorong 3 di sana," kata Haryanto saat dikonfirmasi, Sabtu (30/3).

"Lagi koordinasi sama pihak  kodam  jadi masih belum berani masuk karena masih banyak ledakan-ledakan peluru itu," imbuhnya.Sementara, Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi mengaku belum mengetahui peristiwa ini. Sebab, belum ada laporan yang masuk ke dirinya."Saya juga belum terima informasi apa-apa," kata Kristomei.

Dikatakan Kadisnpenad  masyarakat jangan sampai  mendekat, bila menemukan sesuatu barang yang aneh jangan diambil tapi sampaikan pada petugas,sehingga tidak sampai terjadi sesuatu.

Sementara Irjen Karyoto Kapolda Metro mengatakan  akan siapkan Jihandak untuk melakukan pencairan material naterial yang sampai ke masyarakat, untuk melakukan efakuasi masyarakat yang terdekat." Kami sudah koordinasi dengan Pangdam Jaya untuk meembantu Pangdam untuk melakukan evakuasi barang barang granat atau proyektil yang terlempar ke masyarakat," (as)

 

 

 

Friday, 29 March 2024 06:05

 

JAKARTA, KORANRAKYAT.COM,PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) baru saja dianugerahi penghargaan oleh Economic Review. Penghargaan yang diberikan yaitu sebagai The Best Corporate Secretary and Communication Platinum Award dengan skor 90,50 atau Very Excellent untuk kategori Public Company: Regional Development Bank – Asset lebih dari Rp100 Triliun dalam ajang Indonesia Corporate Secretary & Communication Award (ICCA) ke IX. Bertempat di Ambhara Hotel Jakarta, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Corporate Secretary bankjatim Wioga Adhiarma Aji pada hari Kamis (28/3).

Wioga menjelaskan, prestasi ini berhasil diraih perseroan karena kinerja dan pendekatan komunikasi publik perusahaan dinilai telah dijalankan dengan baik. Sehingga, sukses mengimplementasikan berbagai program untuk menjaga reputasi perusahaan. “Pengakuan ini bukan hanya sebuah penghargaan, tetapi sebuah bukti nyata atas komitmen bankjatim terhadap keunggulan dan profesionalisme dalam pengelolaan korporat. Transformasi-transformasi yang kami lakukan menjadi kunci sukses bankjatim dalam meraih penghargaan bergengsi ini serta mencerminkan upaya berkelanjutan dalam meningkatkan standar corporate secretary,” tuturnya.

Adapun penilaian yang diberikan kepada bankjatim mencakup beberapa metode. Antara lain struktur organisasi, inovasi, informasi website, laporan digital social media, laporan tahunan dan company profile, laporan kinerja, juga hubungan yang sangat baik dengan shareholder maupun stakeholder. 

Menurut Wioga, reputasi bankjatim terus meningkat karena perusahaan selalu konsisten memberikan kontribusi dan berpartisipasi sebagai penggerak serta pendorong laju perekonomian. Selain itu, bankjatim sebagai partner utama pemerintah juga fokus mendukung pengelolaan keuangan sekaligus memberikan layanan terbaik kepada nasabah. “Kinerja positif yang senantiasa diraih bankjatim membuat reputasi perusahaan menjadi semakin cemerlang sehingga usaha membangun presepsi publik berhasil berjalan dengan baik. Karena itu, kami akan terus konsisten melakukan berbagai kolaborasi dan inovasi sesuai perkembangan zaman demi mengakselerasi pertumbuhan bisnis,” paparnya.

Saat ini, bankjatim terus mengembangkan JConnect Mobile yang di dalamnya terdapat beragam layanan digital transaksi keuangan untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah. Mulai dari transfer, isi e-wallet, pembayaran PBB, QRIS, dan masih banyak lagi. Maka tak heran, dengan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh bankjatim terhadap JConnect Mobile membuat kinerja digital banking perseroan meningkat pesat. Sepanjang 2023, pengguna JConnect Mobile mencapai 641.266 user atau tumbuh 29% (YoY). Lalu untuk nominal transaksinya berada di angka Rp 42 triliun, naik 45% (YoY). 

“Penghargaan yang diraih tentu akan membuat bankjatim semakin bersemangat untuk terus mendorong kinerja menjadi semakin lebih baik lagi dan berkomitmen untuk terus memacu diri dalam menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan, stakeholders, maupun masyarakat,” tutup Wioga.(an)

Thursday, 28 March 2024 07:21

 

JAKARTA, KORANRAKYAT.COM,  Sebagai wujud dukungan dalam memperkuat perwakafan di Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) telah melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Badan Wakaf Indonesia melalui penandatanganan Letter Of Intent (LOI) pada hari Rabu (27/3) dalam acara Gebyar Wakaf Ramadhan. Bertempat di Aryaduta Hotel Jakarta, LOI tersebut ditandatangani oleh Direktur Keuangan, Treasury & Global Services bankjatim Edi Masrianto dan Ketua Badan Wakaf Indonesia Prof. Muhammad Nuh. Turut hadir juga Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Edi menjelaskan, dengan adanya kolaborasi tersebut diharapkan dapat mengembangkan produk - produk wakaf di tanah air sehingga akan meningkatkan jumlah wakaf uang atau wakaf produktif yang bermanfaat bagi masyarakat. Menurutnya, setiap benda yang diwakafkan dapat bertambah nilainya. Sehingga hal tersebut tentu akan berdampak positif bagi banyak orang, terutama golongan yang membutuhkan. “Kekuatan dari saling memberi dampaknya dapat dirasakan hingga masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Wakaf bukan sekadar investasi akhirat, tetapi juga dapat menjadi investasi yang manfaatnya bisa didapat di dunia dan akhirat, bagi diri sendiri maupun masyarakat secara luas,” papar Edi.

Oleh karena itu, bankjatim sangat mendukung penuh pengembangan wakaf di Indonesia karena berpotensi besar mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. “Semoga dengan penandatanganan LOI ini bankjatim dapat berkontribusi secara konkret kepada masyarakat, terutama dalam meningkatkan taraf hidup, kemaslahatan dan  kemartabatan umat,” tegas edi.

Sementara itu, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa potensi wakaf di Indonesia cukup besar. Angkanya mencapai Rp 180 triliun per tahun. Nah, jika wakaf tersebut terus dikembangkan dan dikelola menjadi wakaf produktif, maka hasilnya bisa untuk mengentaskan kemiskinan. “Literasi tentang wakaf harus terus ditingkatkan. Kontribusi pemerintah juga penting untuk dunia perwakafan,” ungkapnya.

Menag juga menegaskan, pemerintah sudah melakukan beberapa strategi terkait pengembangan wakaf. Salah satunya, pada tahun 2022 pihaknya telah menandatangani MoU dengan Menteri ATR/ BPN untuk melakukan percepatan sertifikasi tanah wakaf. “Sekarang ada sekitar 400 ribu titik tanah wakaf yang sudah tersertifikasi. Ini bagian dari ikhtiar pemerintah untuk mendorong supaya wakaf bisa menjadi salah satu solusi dari masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia,” papar Yaqut.

Prof Mohammad Nuh juga mengatakan, memang perlu ada upaya serius agar wakaf menjadi tren dan kebijakan utama pemerintah di masa yang akan datang untuk bisa mengentaskan kemiskinan. “Yang terbaru, sekarang sudah dikembangkan Wakaf Uang Calon Pengantin. Sebelum akad nikah, calon pengantin bisa melaksanakan ibadah wakaf,” tuturnya.

Kemudian, hasil wakaf uang calon pengantin itu digunakan untuk masyarakat yang membutuhkan. Misalnya ada pasangan suami istri yang sudah mempunyai anak lalu bercerai setelah menikah, maka uang hasil pengelolaan wakaf dari calon pengantin tersebut digunakan untuk membantu dan mengurus anak-anaknya. “Wakaf uang calon pengantin dikelola bersama BWI dan Kementerian Agama, itu nanti akan jadi sukuk sehingga hasil wakafnya nanti akan dipakai untuk kemaslahatan umum dan sebagainya," jelas Nuh.(as)

Tuesday, 26 March 2024 23:32

 

 

 JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Erik Thohir meminta Timnas Indonesia

untuk tetap tenang dan tak perlu ber eforia,kendat berhasl

memporakporandakan kandang Timnas Vietanam dengan skor 3-0 .Kita

harus tetap fokus hadapi laga berikutnya.Ujar erik Selasa (26/3)

 

Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick T

 "Terakhir Indonesia menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signifikan," kata Erick.

 

Menurut dia, penampilan Rizky Ridho dan lainnya harus diapresiasi, karena mampu melumat Vietnam melalui gol dari Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di pengujung laga pada menit ke-98 dalam kualifikasi Piala Dunia zona Asia di Grup F.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyampaikan, kemenangan skuad Garuda tersebut bukan sekadar meraih tiga poin semata. Kemenangan itu, lanjut dia, juga menjadi titik kebangkitan timnas untuk pertandingan internasional, saat berhasil menang di kandang Vietnam setelah 20 tahun.

 

       Erick memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Meski begitu, ia mengingatkan bahwa perjuangan Indonesia belum selesai. "Semua tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni, guna lolos ke babak berikutnya," ujar mantan Presiden Klub Inter Milan itu.

 

 Erick menambahkan, kemenangan pada hari ini membuka peluang besar bagi timnas untuk lolos ke putaran 3 Pra Piala Dunia 2026 Zona AFC dan otomatis tampil di AFC Asian Cup 2027 tanpa melalui kualifikasi. 

 

 Lebih lanjut dia menambahkan, timnas kini berada di peringkat kedua dengan tujuh poin atau unggul empat poin dari Vietnam. Indonesia hanya cukup meraih satu kemenangan dari dua laga terakhir saat menjamu Irak dan Filipina di Jakarta. (ard)

 

Tuesday, 26 March 2024 12:00

 

 

SURABAYA, KORANRAKYAT.COMUntuk menyemarakkan bulan suci Ramadan 1445H, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Bank Indonesia, dan Suara Surabaya secara resmi menggelar event bertajuk bankjatim QRIS Ramadan Vaganza 2024 di halaman Balai Kota Surabaya. Kegiatan tersebut dibuka secara meriah dan turut dihadiri oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman, Direktur Mikro, Ritel & Menengah bankjatim R. Arief Wicaksono, Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Kepala Divisi Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Farid Efendi, Direktur Utama Suara Surabaya Verry Firmansyah serta Direktur Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Prov Jatim, Dedy Patria. Adapun bankjatim QRIS Ramadan Vaganza yang terbuka untuk umum itu akan berlangsung mulai tanggal 25-31 Maret 2024 pukul 14.00 WIB – 21.30 WIB. Selain di Surabaya, Bank Jatim QRIS Ramadan Vaganza juga dilaksanakan serentak di seluruh Cabang Bank Jatim wilayah Jawa Timur.

Busrul menjelaskan, dalam bulan suci ramadan kali ini, bankjatim berkomitmen akan terus mengeluarkan inovasi dan layanan yang optimal lewat aplikasi JConnect Mobile. Dimana di dalamnya terdapat fitur digital payment untuk melakukan transaksi pembayaran berupa QRIS serta penggunaan e-chanel untuk pembayaran pajak maupun retribusi daerah. ”Semua itu harus dioptimalkan demi terciptanya kenyamanan bagi nasabah. Bayar apapun sekarang bisa cukup dengan QRIS bankjatim. Selain itu, dengan QRIS juga sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang gencar digalakkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Menurut Busrul, bankjatim QRIS Ramadan Vaganza yang diikuti oleh 96 UMKM tersebut tidak hanya sekedar untuk meningkatkan silaturahmi antara umat beragama saja, tetapi juga sebagai wadah bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Sebagai informasi, semua UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan akbar ini berasal dari UMKM binaan bankjatim, UMKM binaan Pemkot Surabaya, UMKM binaan Bank Indonesia, dan UMKM umum.

“Perlu diketahui juga, tujuan lain dari adanya event ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi tentang layanan QRIS sebagai media transaksi digital bagi masyarakat di Jawa Timur sehingga bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi finansial non tunai. Dengan QRIS bankjatim, dimana aja bisa,” papar Busrul.

Pihaknya berharap dengan diselenggarakannya bankjatim QRIS Ramadan Vaganza ini juga bisa lebih memperluas lagi jaringan QRIS bankjatim. Sepanjang 2023, merchant QRIS bankjatim sudah mencapai 136.274 atau tumbuh 133 persen (YoY) dengan nominal transaksi sebesar Rp 697 miliar atau tumbuh 262 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (YoY). “Semoga bankjatim ke depannya bisa selalu menjadi mitra kerja yang baik bagi Pemkot Surabaya serta pelayanan kami dapat terus memberikan manfaat bagi nasabah, khususnya masyarakat kota Surabaya,” tutup Busrul.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Eri Cahyadi mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan menikmati berbagai kuliner khas Surabaya yang disajikan dalam gelaran bankjatim QRIS Ramadan Vaganza ini. Selain kuliner, terdapat pula berbagai perlombaan, seperti patrol dan mewarnai, street performance, live music, fashion show, hingga tausiyah di Balai Kota Surabaya. “Alhamdulilah luar biasa di Balai Kota Surabaya ada beragam UMKM yang menampilkan semua produknya, makanannya sangat luar biasa, masyarakat yang datang ke sini pasti tidak rugi. Ini tempat baru untuk ngabuburit dari bankjatim dan Suara Surabaya,” terang Eri.

Dia juga menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan event bankjatim QRIS Ramadan Vaganza akan kembali digelar di tahun berikutnya. Sebab, beberapa menit setelah dibukanya event ini, warga langsung menyerbu aneka UMKM hingga bahan pokok yang ada di pasar murah. “Kalau seperti ini, Insyaallah berkelanjutan. Kita lihat dulu animonya UMKM, kita lihat juga nanti animonya masyarakat. Semoga dengan event-event seperti ini jadi momentum UMKM untuk bertumbuh dan masyarakat bisa konsisten menggunakan pembayaran nontunai,” tegas Eri.(an)

Panggung Koruptor

  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui membuka penyidikan baru

     
  •  

     

    JAKARTA.KORANRAKYAT.COM,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan penggeledahan

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Mantan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama dituntut

     
  •