Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Prabowo-Sandi Daftar Ke KPU Didampingi AHY
Last Updated on Aug 13 2018

Prabowo-Sandi Daftar Ke KPU Didampingi AHY

  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pasangan capres-cawapres periode 2019-2024.          Prabowo-Sandiaga didampingi oleh petinggi partai pendukung seperti Ketua Umum PKS Sohibul Iman, Komandan Satuan Tugas...
Polri Lakukan Mutasi 62 Perwira Tinggi dan Menengah Termasuk Kapolda Papua
Last Updated on Aug 13 2018

Polri Lakukan Mutasi 62 Perwira Tinggi dan Menengah Termasuk Kapolda Papua

  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Menyikapi dan upaya peningkatan kinerja Polri, akhirnya Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian kembali melakukan perombakan jabatan di internal kepolisian. Sesuai dan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor 81/ 2014 A/III/KEP./2018 dan ST/ 2015 A/III/KEP./2018, pada...
PSI Dan Perindo Di Coret Jokowo- KH Maruf Daftar Ke KPU
Last Updated on Aug 10 2018

PSI Dan Perindo Di Coret Jokowo- KH Maruf Daftar Ke KPU

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Pasangan Joko Widodo-KH Maruf Amin mendaftar sebagai capres cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jokowi dan Maruf Amin mendaftar sekitar pukul 10.00 WIB.  Penyerahan perlengkapan dokumen pencalonan dilakukan Jokowi-Maruf langsung kepada Ketua KPU Arief...
Kirab Obor Asian Games di Bandar Lampung di terima Ketua MPR
Last Updated on Aug 10 2018

Kirab Obor Asian Games di Bandar Lampung di terima Ketua MPR

    LAMPUNG(KORANRAKYAT.COM)-Kirab Obor Asian Games ke 18 tahun 2018  terus berjalan di Bandar Lampung. Nampak masyakat antusia disambut oleh 30 ribu pelajar menyambut dijalan dan diamankan oleh  1.629 personil baik dari TNI dan Polri. Obor di terima oleh Ketua MPR RI , Zulkifli ...
Polda lampung Bertekad Kurangi Kejahatan
Last Updated on Aug 10 2018

Polda lampung Bertekad Kurangi Kejahatan

    LAMPUNG, (KORANRAKYAT,COM)  Polda Lampung bersinergi dengan Polsek,Polres serta Polresta, untuk atasi kejahatan. Wakapolda Lampung , Brigjend Pol Angesta Romano Yoyol ketika di temui di Polda Lampung kepada wartawan, Rabu( 8/8)2018 mengatakan ditemukan 24 orang terluka 1 x 24 jam Waka...

World Today

  •  
    PT. INKA Akan Menjadi Operator Kereta Api
     
    DAKAR(KORANRAKYAT.COM) Setelah disepakatinya rencana Senegal membeli 10 Lokomotif Diesel
     

Friday, 10 November 2017 00:29

Kapolri Minta Penyidik Cermat Tangani Kasus KPK , Tito Tak Ingin Gaduh Dengan Sesama Penegak Hukum

Written by 
Rate this item
(0 votes)

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Kapolri Jendral Tito Karnavian lakukan cek , laporan dari Setya Novanto terhadap pimpinan KPK. Kapolri meminta jangan sampai terjadi kegaduhan ,dan minta penyidik Polri untuk berhati hati hati dalam mengambil keputusan dalam penanganan kasus pimpinan KPK, Polisi tidak ingin gaduh lagi  dengan sesame oenegak hukum termasuk KPK.

               Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian ditemui disela-sela acara Launcing Aplikasi Pelayanan Lalu lintas di Ancol, Kamis (9/11)2017 mengatakan  Saya sudah mengecek dan memanggil penyidik dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjend Pol Herry Rudolf Nahak.

Saya menanyakan bagaimana proses kasus ini dan kemudian kenapa sudah ada SPDP. “Setelah saya tanyakan ini yang sebelumnya saya belum tahu karena memang tidak semua persoalan harus dipahami saya sebagai Kapolri. Saya diberitahu berawal dari laporan tanggal 9 Oktober oleh pengacara saudara Setya Novanto yang  melaporkan pimpinan KPK  Direktur Penyidikan Brigjend Aris Budiman dan juga ada beberapa penyidik,” ujarnya.

           Selanjutnya, Tito menegaskan yang dilaporkan adalah fakta keputusan Praperadilan yang isinya menyatakan kasus tersangka itu tidak sah, sehingga pengacara saudara Setya Novanto kemudian melaporkan semua administrasi dan semua tindakan hukum yang dilakukan sebelum keputusan Praperadilan itu dianggap tidak sah.                Secara Administrasi yang dianggap tidak sah tapi adanya pelaporan pemalsuan .” Kemudian tindakan hukum kedalam dianggap tidak sah, pencegahan dianggap tidak sah. Ini dianggap melanggar pasal 241 penyalagunaan kewenangan. Ini kemudian dilakukan pemerikaan  normatif ada laporan diperiksa san beberapa saksi ,dokumen-dokumen yang dihadirkan penasehat hukum diminta  termasuk dokumen praperadilan dan kemudian diminta keterangan berapa saksi ahli,” tegasnya.

          Untuk itu, Tito menjelaskan dari keterangan-keterangan ini dianggap bahwa kasus ini dapat ditingkatkan dengan keputusan sehingga adanya SPDP Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan oleh penyidik kepada Kejaksaan. Dalam SPDP ini ada dua orang yang dilaporkan saudara Agus Rahardjo dan Saudara Saud Situmorang disebutkan  sebagai terlapor.” Ini memberitahukan pada Kejaksaan dimulainya penyidikan sebagai terlapor. Bukan sebagai tersangka, tetapi sebagai terlampir. Saya melihat dari kasus ini memang masalah hukum yang baru terjadi kekosongan hukum yang kasus ini menjadi ujian karena kenapa. Karena menjadi keputusan kasus tersangka sah atau tidak  itu relatif masih baru. Saya yakin relatif baru pada tahun ini,”jelasnya.

 Tito katakan  persoalannya apakah kalau seseorang tidak sah status tersangkanya dan dia merasa dirugikan sehingga boleh tidak mengajukan tuntutan hukum kepada pihak-pihak yang merugikan dia. Secara  administrasi berarti dianggap sah atau tidak yang menentukan status tersangka.” Kemudian kalau ada tindakan hukum, misalnya pencegahan dan penangkapan, penahanan ini mungkin menjadi tidak sah semua. Kalau tidak sah apakah bisa menjadi kasus hukum, hukum Pidana misalnya. Bisa engga pemalsuan surat, pencegahan itu bisa menjadi tidak sah karena malanggar  hak untuk tidak bisa ke luar negeri dan seterusnya. Ini menjadi persoalan hukum oleh karena itu saya menyampaikan kepada penyidik hati-hati karena ini terjemahan hukumnya bisa berbeda-beda antara satu saksi ahli dengan saksi ahli lainnya,” rincinya.

         Seiring dengan itu, Tito menandaskan oleh karena itu saya minta  cari saksi-saksi ahli yang lain jangan mengandalkan 3 orang saksi ahli lainnya yang mungkin berpendapat yang berbeda. Kalau perlu saksi ahli yang lain termasuk terlampir bisa saja tidak menutup kemungkinan .” Oleh  karena itu pada kesempatan itu  bahwa status saudara Agus Rahardjo dan Saud Situmorang statusnya terlapor.  Sesuai laporan polisi yang dilaporkan terlampir bukan sebagai tersangka,” tandasnya.

Jadi, Tito mengakui  kami dari Polri prinsipnya tidak ingin terjadi kegaduhan dan memiliki itikad untuk menjaga kelembagaan dengan KPK sama penegak hukum, Kejaksaan dan lain-lain. Prinsip dari Polri menjaga hubungan kelembagaan. Oleh karena itu berhati-hati dalam menangani kasus ini. Namun juga bagaimana masalah hukum bagaimana hak-hak dari pada pelapor setelah praperadilan itu dia merasa sakit nya sebagai tersangka menyatakan ini bagaimana. “Ini akan menjadi kajian hukum oleh karena itu penyidik saya arahkan untuk hati-hati dengarkan saksi-saksi ahli yang lain kemudian saksi-saksi ahli juga perlu kita dengar juga pendapat yang lain, dokumen-dokumen yang lain itu dilengkapi betul sebelum menentukan sikap. Sementara proses masih terus berjalan,” tambahnya. (vk)

 

 

Read 55 times
Login to post comments

Gaya

Face Book Galleries

  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Menyikapi dan upaya peningkatan kinerja Polri, akhirnya Kepala Polri Jenderal Tito...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Pasangan Joko Widodo-KH Maruf Amin mendaftar sebagai capres cawapres di Komisi...
    LAMPUNG(KORANRAKYAT.COM)-Kirab Obor Asian Games ke 18 tahun 2018  terus berjalan di Bandar Lampung. Nampak...
    LAMPUNG, (KORANRAKYAT,COM)  Polda Lampung bersinergi dengan Polsek,Polres serta Polresta, untuk atasi...
      LOMBOK , (KORANRAKYATJCOM)  – Peringatan dari BMKG Munggu pukul 20.25 WIB sudah di akhiri oleh BMKG dan...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM_ Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wakil Presiden...
  DAKAR(KORANRAKYAT.COM) Setelah disepakatinya rencana Senegal membeli 10 Lokomotif Diesel Elektrik pada...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pagi ini dikaruniai cucu kedua....
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Wakil Direktur Narkoba  Polda Kalimantan Barat AKBP Hartono  ditangkap  di...