Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Aneh,Roro Duta Anti Narkoba Malah Pesan Narkoba
Last Updated on Feb 16 2018

Aneh,Roro Duta Anti Narkoba Malah Pesan Narkoba

JAKARTA(KORANMRAKYAT,COM) Disayangkan duta anti Narkoba malah terjerat narkoba. Artis Roro Fitria yang masuk dalam daftar selebriti Tanah Air yang diduga terjerat kasus narkoba,padahal Roro dikenal sebagai duta anti Narkoba, kenapa dengan barang haram itu justru tidak dijahui malah didekati....
Onglay Penyelundup Narkoba Ditangkap Disita Rp.2,7 M dan BB 242 Kg Sabu 30 Ribu Ekstasi
Last Updated on Feb 16 2018

Onglay Penyelundup Narkoba Ditangkap Disita Rp.2,7 M dan BB 242 Kg Sabu 30 Ribu Ekstasi

  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) -  Aksi kejahatahan  penyeludupan narkoba  yang dilakukan sudah ke enam kali yang didalangi  Lim Toh Hing Alias Onglay dan kali ini berhasil ditangkap  sebanyak  242 kg Sabu , 30 Ribu Ekstasi dan berhasil disita bersama uang sebanyak Rp 2,7 Miliar. Saat itu warga...
Presiden Tegaskan Perlunya Deregulasi dan Debirokratisasi untuk Dukung Perguruan Tinggi
Last Updated on Feb 16 2018

Presiden Tegaskan Perlunya Deregulasi dan Debirokratisasi untuk Dukung Perguruan Tinggi

  MAKASAR(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo mengingatkan agar dalam bekerja harus fokus dan memiliki prioritas apa yang ingin dikerjakan. Jangan lagi anggaran dibagi rata ke berbagai kegiatan yang tanpa fokus. “Bertahun-tahun dilakukan, hasilnya tiap tahun  enggak berasa. Kontrolnya secara...
Penangkapan Pejabat Lampung Tengah  Menambah Panjang Pejabat Terkena OTT KPK
Last Updated on Feb 15 2018

Penangkapan Pejabat Lampung Tengah Menambah Panjang Pejabat Terkena OTT KPK

  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Penangkapan  Pejabat Lampung Tengah menambah panjang sederetan  sepekan Bupati serta Walikota maupun Gubernur yang terkena OTT (operasi Tangkap  Tangan (OTT) KPK , sebelumnya Gubernur  Jambi Zomi Zola, Bupati Jombang  Nyono Suherli, Bupati Ngada Marianus, ,Bupati...
Presiden Serahkan 4.500 Sertifikat Di Maluku Tengah
Last Updated on Feb 15 2018

Presiden Serahkan 4.500 Sertifikat Di Maluku Tengah

    MALUKU(KORANRAKYAT.COM) Mengakhiri kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku, Presiden Joko Widodo menyerahkan 4.500 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.Didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kepala Negara menyerahkan sertifikat tersebut di...

Seputar Dunia

  •  
    Hubungan Baik RI-Kamboja Perlu Ditingkatkan

     

     

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Hubungan baik Idonesia-Kamboja telah terjalin cukup lama hal ini

     

Friday, 10 November 2017 00:29

Kapolri Minta Penyidik Cermat Tangani Kasus KPK , Tito Tak Ingin Gaduh Dengan Sesama Penegak Hukum

Written by 
Rate this item
(0 votes)

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Kapolri Jendral Tito Karnavian lakukan cek , laporan dari Setya Novanto terhadap pimpinan KPK. Kapolri meminta jangan sampai terjadi kegaduhan ,dan minta penyidik Polri untuk berhati hati hati dalam mengambil keputusan dalam penanganan kasus pimpinan KPK, Polisi tidak ingin gaduh lagi  dengan sesame oenegak hukum termasuk KPK.

               Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian ditemui disela-sela acara Launcing Aplikasi Pelayanan Lalu lintas di Ancol, Kamis (9/11)2017 mengatakan  Saya sudah mengecek dan memanggil penyidik dipimpin oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjend Pol Herry Rudolf Nahak.

Saya menanyakan bagaimana proses kasus ini dan kemudian kenapa sudah ada SPDP. “Setelah saya tanyakan ini yang sebelumnya saya belum tahu karena memang tidak semua persoalan harus dipahami saya sebagai Kapolri. Saya diberitahu berawal dari laporan tanggal 9 Oktober oleh pengacara saudara Setya Novanto yang  melaporkan pimpinan KPK  Direktur Penyidikan Brigjend Aris Budiman dan juga ada beberapa penyidik,” ujarnya.

           Selanjutnya, Tito menegaskan yang dilaporkan adalah fakta keputusan Praperadilan yang isinya menyatakan kasus tersangka itu tidak sah, sehingga pengacara saudara Setya Novanto kemudian melaporkan semua administrasi dan semua tindakan hukum yang dilakukan sebelum keputusan Praperadilan itu dianggap tidak sah.                Secara Administrasi yang dianggap tidak sah tapi adanya pelaporan pemalsuan .” Kemudian tindakan hukum kedalam dianggap tidak sah, pencegahan dianggap tidak sah. Ini dianggap melanggar pasal 241 penyalagunaan kewenangan. Ini kemudian dilakukan pemerikaan  normatif ada laporan diperiksa san beberapa saksi ,dokumen-dokumen yang dihadirkan penasehat hukum diminta  termasuk dokumen praperadilan dan kemudian diminta keterangan berapa saksi ahli,” tegasnya.

          Untuk itu, Tito menjelaskan dari keterangan-keterangan ini dianggap bahwa kasus ini dapat ditingkatkan dengan keputusan sehingga adanya SPDP Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan oleh penyidik kepada Kejaksaan. Dalam SPDP ini ada dua orang yang dilaporkan saudara Agus Rahardjo dan Saudara Saud Situmorang disebutkan  sebagai terlapor.” Ini memberitahukan pada Kejaksaan dimulainya penyidikan sebagai terlapor. Bukan sebagai tersangka, tetapi sebagai terlampir. Saya melihat dari kasus ini memang masalah hukum yang baru terjadi kekosongan hukum yang kasus ini menjadi ujian karena kenapa. Karena menjadi keputusan kasus tersangka sah atau tidak  itu relatif masih baru. Saya yakin relatif baru pada tahun ini,”jelasnya.

 Tito katakan  persoalannya apakah kalau seseorang tidak sah status tersangkanya dan dia merasa dirugikan sehingga boleh tidak mengajukan tuntutan hukum kepada pihak-pihak yang merugikan dia. Secara  administrasi berarti dianggap sah atau tidak yang menentukan status tersangka.” Kemudian kalau ada tindakan hukum, misalnya pencegahan dan penangkapan, penahanan ini mungkin menjadi tidak sah semua. Kalau tidak sah apakah bisa menjadi kasus hukum, hukum Pidana misalnya. Bisa engga pemalsuan surat, pencegahan itu bisa menjadi tidak sah karena malanggar  hak untuk tidak bisa ke luar negeri dan seterusnya. Ini menjadi persoalan hukum oleh karena itu saya menyampaikan kepada penyidik hati-hati karena ini terjemahan hukumnya bisa berbeda-beda antara satu saksi ahli dengan saksi ahli lainnya,” rincinya.

         Seiring dengan itu, Tito menandaskan oleh karena itu saya minta  cari saksi-saksi ahli yang lain jangan mengandalkan 3 orang saksi ahli lainnya yang mungkin berpendapat yang berbeda. Kalau perlu saksi ahli yang lain termasuk terlampir bisa saja tidak menutup kemungkinan .” Oleh  karena itu pada kesempatan itu  bahwa status saudara Agus Rahardjo dan Saud Situmorang statusnya terlapor.  Sesuai laporan polisi yang dilaporkan terlampir bukan sebagai tersangka,” tandasnya.

Jadi, Tito mengakui  kami dari Polri prinsipnya tidak ingin terjadi kegaduhan dan memiliki itikad untuk menjaga kelembagaan dengan KPK sama penegak hukum, Kejaksaan dan lain-lain. Prinsip dari Polri menjaga hubungan kelembagaan. Oleh karena itu berhati-hati dalam menangani kasus ini. Namun juga bagaimana masalah hukum bagaimana hak-hak dari pada pelapor setelah praperadilan itu dia merasa sakit nya sebagai tersangka menyatakan ini bagaimana. “Ini akan menjadi kajian hukum oleh karena itu penyidik saya arahkan untuk hati-hati dengarkan saksi-saksi ahli yang lain kemudian saksi-saksi ahli juga perlu kita dengar juga pendapat yang lain, dokumen-dokumen yang lain itu dilengkapi betul sebelum menentukan sikap. Sementara proses masih terus berjalan,” tambahnya. (vk)

 

 

Read 33 times
Login to post comments

Gaya

Face Book Galleries

JAKARTA(KORANMRAKYAT,COM) Disayangkan duta anti Narkoba malah terjerat narkoba. Artis Roro Fitria yang masuk dalam...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) -  Aksi kejahatahan  penyeludupan narkoba  yang dilakukan sudah ke enam kali yang...
  MAKASAR(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo mengingatkan agar dalam bekerja harus fokus dan memiliki prioritas...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Penangkapan  Pejabat Lampung Tengah menambah panjang sederetan  sepekan Bupati serta...
    MALUKU(KORANRAKYAT.COM) Mengakhiri kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku, Presiden Joko Widodo...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Komitmen Freeport membangun smelter di Gresik belum Direalisasikan . Oleh karena itu,...
SURABAYA(KRJ.COM) Genderang Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Timur mulai memanas, pada saat pengundian nomor di hotel...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) -,Kendati dalam rapat ditemukan banyak oknum jaksa yang  menyalagunakan wewenang, seperti...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung memeriksa mantan Direktur Utama...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Bea Cukai dan Badan Nasional Narkotika (BNN) mengamankan 110,8 kg Sabu dan 18.300  butir...