Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Presiden Jokowi: Toleransi dan Keterbukaan Adalah Kunci Kemajuan Suatu Bangsa
Last Updated on Sep 18 2019

Presiden Jokowi: Toleransi dan Keterbukaan Adalah Kunci Kemajuan Suatu Bangsa

  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Keberhasilan sebuah negara dan masyarakatnya sangat ditentukan oleh kemampuan untuk menerima dan mengelola kemajemukan. Semakin masyarakat dapat mengelola kemajemukan dan perbedaannya, maka akan semakin matang pula kedewasaan sehingga mendorong inovasi yang mengarah...
Meledak Gudang   Di Mako Brimob Semarang Diselidiki
Last Updated on Sep 15 2019

Meledak Gudang Di Mako Brimob Semarang Diselidiki

  JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Untuk memastikan penyebab terjadi ledakan  itu sebabnya Polisi masih menyelidiki penyebab ledakan di Markas Korps Brimob, Srondol, Semarang, Jawa Tengah yang terjadi pada Sabtu (14/9/2019) pagi.            Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal...
Wealth Wisdom PermataBank Sebarkan Konsep Mindfulness
Last Updated on Sep 15 2019

Wealth Wisdom PermataBank Sebarkan Konsep Mindfulness

    Surabaya(koranrakyat.com)  Bertempat di Sheraton Hotel & Towers Surabaya, PermataBank mengadakan acara Media Gathering Wealth Wisdom untuk pertama kalinya di Surabaya. Wealth Wisdom merupakan sebuah acara tahunan PermataBank yang secara konsisten diadakan sejak tahun 2014 di...
Sekitar 50 anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019 – 2024 Dilantik
Last Updated on Sep 03 2019

Sekitar 50 anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019 – 2024 Dilantik

    MALANG (KORANRAKYAT.COM)- Ketua Pengadilan Negeri Kepanjen, Sudar, memimpin pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019 – 2024 di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Kepanjen, Jumat (30/8/2019). Ketua sementaraDPRD Kabupaten Malangdijabat Didik Gatot Subroto yang...
Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Tema Kebijakan Fiskal 2020
Last Updated on Aug 18 2019

Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Tema Kebijakan Fiskal 2020

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membacakan strategi kebijakan fiskal di tahun 2020 dalam pidato ketiga yang berlangsung di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). "Dengan terus meningkatkan daya saing nasional, dengan bertumpu pada...

World Today

  •  
    Presiden Angkat Isu Rakhine State di

     

     

    BANGKOK(KORANRAKYAT.COM)  Presiden Jokowi kembali mengangkat isu Rakhine State dalam

     
Monday, 17 June 2019 13:52

Pansel KPK Kunjungi Kapolri Memohon Dukungan dan Masukan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM- Upaya pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi yang kuat dan solit, dalam pembentukannya Pansel KPK meminta masukan dan dukungan Kejagung, Polri, Mahkamah Agung bahkan Pemred untuk menjamin transparan.

                   Ketua Panitya Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantas Korupsi (KPK),  Yenti Ganarsih ditemui di Mabes Polri di Jalan Tronojoyo No.3 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan , Kamis (13/6) 2019 mengatakan  memang memberitahukannya untuk menjaga transparansi apapun yang Pansel lakukan pada hari ini tahapannya adalah meneruskan audiensi yang kemarin yaitu KPK dan Jaksa Agung. " Sekarang Kapolri , nanti sore kita akan dengan Pemred , Minggu depan kita dengan Ketua Mahkamah Agung," ujarnya. 

                Selanjutnya, Yenti menegaskan jadi memang dalam program kami disini seperti kepada KPK maupun kepada  Jaksa Agung kami sampaikan bahwa pertama kami akan meminta bantu doktreking , yang kedua kami meminta masukan dari Kapolri, Jaksa Agung ,dan karena apa karena KPK itu dirikan juga dengan maksud untuk triker meganisme untuk membangun korelasi dan supervisi. "  Sehingga  kami menanyakan sejauh ini bagaimana hubungan diantara lembaga penegak hukum terhadap tindak Pidana Korupsi itu sendiri antara lain," tegasnya. 

                  Untuk itu, Yenti menjelaskan kemudian kita juga yang terakhir mengundang calon-calon dari Polisi untuk mendaftarkan . Begini saya sampaikan bahwa dalam undang-undang jelas disampaikan  bahwa komisioner KPK terdiri dari unsur Pemerintah dan unsur masyarakat , unsur Pemerintah diantaranya adalah Penegak hukum ." KPK adalah Lembaga Penegakan hukum dan pencegahkn korupsi . Jadi oleh karenanya kami mengundang dan memohon kepada Bapak Kapolri untuk Pak kapolri mengirimkan calon-calonnya untuk mendaftarkan  sebagai calon komisioner KPK. Sejauh ini pembahsaan kami lebih dari dua jam kita sudah melakukan hal-hal yang sangat positif," jelasnya. 

              Sementara  itu, Kapolri, Jenderal Pol  Muhammad Tito Karnavian mengatakan kami dari Polri terima kasih banyak kepada Pansel KPK yang dipimpin oleh ibu Yenti Ganarsih tadi kita diskusi dan beliau memberikan masukan sekaligus perkenalan tentang Pansel yang ada ini , memang ada dua anggota Pansel yang tidak sempat hadir  karena ada kegiatan lain Pak Hendardi dan Prof Indriyanto Seno Aji ." Kemudian dalam diskusi itu salah satu yang disampaikan adalah mengenai calon dari Polri. Karena dari undang-unndang KPK itu tadi  saya sampaikan, Komisioner dari unsur Pemerintah itu diantaranya adalah Penegak Hukum kepolisian. Kita juga memang ada dari awal sudah ada beberapa orang yang telah menjadi Komisioner diantaranya Pak Taufik Ruki, Ibu Basara Panjaitan disaat ini, Pak Bibit Waluyo sudah pernah ada," ujarnya.

                  Selanjutnya, Tito menandaskan ini dengan adanya pembukaan baru penggantian Komisioner Bulan Desember kemudian dilakukan pembukaan pendaftaran tanggal 17 Juni 2019 sampai dengan 4 Juli 2019 tentunya dari polri juga akan berusaha mengirimkan perwira-perwira terbaik, khususnya perwira tinggi yang terbaik. "Salah satu kriterianya yang penting adalah Track recordnya baik, kemudian memiliki kemampuan bidang reserse terutama dalam penangnan kasus-kasus korupsi , sehat jasmani rohani dan nanti akan mengikuti asesment dan juga test dari panelis Pansel pemakalah dan lain-lain.oleh karena itu kami tentu berusaha memberikan calon-calon yang terbaik berapa jumlahnya tidak ada pembatasan," tandasnya. 

           Untuk itu, Tito menjelaskan kami sekarang sudah memiliki beberapa orang tapi kita membuka secara internal, sehingga prinsipnya nanti tentunya kami akan mengirim dan kita menyerahkan sepenuhnya kepada Pansel untuk menilainya. Mudah-mudahan dari Polri ada terpilih. "Kenapa kalau seandainya dari Polri terpilih akan mempermudah sinergi Kepolisian, karena Kepoliisian polri ini juga memiliki jaringan nasional dan juga ada elemen-elemen penanganan kasus korupsi  Dirtipikor Mabes Polri, di Polda-polda juga ada , Kasi Tipikor, di polres ada Satipikor ini bisa dimanfaatkan oleh KPK untuk menjadi mesin bersama-sama memberantas , KPK memberatas kasus Korupsi, mencegah Korupsi  yang sebesar ada di Indonesia itu tidak mudah," jelasnya.

Lebih lanjut, Tito merinci sinergi ini lah mudah-mudahan bisa di bangun ketika ada siapa tahu terpilih komisioner salah satu ada Polri akan mempermudah kerja sama sinergi ini . Itulah kira -kira harapan kita .Sekali lagi kita akan mengirimkan kader-kader terbaik untuk ikut dalam seleksi ini. "Dan prinsip dari pada Polri akan berusaha maksimal bekerjasama dengan KPK dalam rangka pemberantasan korupsi," rincinya.  

               Ketika ditanya apa dari Pansel apakah sudah mengantongi anggota Polri, Yenti mengakui belum mengantongi  dan yang diam-diam belum ada juga, jadi tidak ada apa-apa dikantong." diharapkan yang ingin mendaftar segera mendaftarkan,  Pembukaan belum dan yang diam -dian belum ada juga tidak ada apa-apa di kantong," akunya.

              Lebih lanjut, Yenti membeberkan Pertama kita akan ke BIN  dan juga akan ke BNPT adalah sesuatu yang baru karena eranya seperti ini sehingga kita jujadiga tidak mau kecolongan jangan sampai terpapr  radilkalisme, kita juga akan ke BNPT selain ke BIN. "Kita selala kita lakukan traking untuk itu. Kemudian nanti malam kita akan ada pertemuan dengan Pemred menyampaikan ada transparan   ikut komlain dan ananti malam kita akan jan 19.00. hingga  jam 22.00 kita akan mendengarkan diskusi dan mendengarkan masukan-masukan dari Pemred terkait karena permaslahan Korupsi itu per. Setiap pimpinan KPK itumasalahan kita semua menimbulkan permasalahan penegak hukum semata. apa lagi masalah KPK termasuk permasalahan dari media. Dimana Media juga harus andil untuk membongkar korupsi dan juga menjaga agar marwah penegak hukum penindak korupsi tetap bagus," bebernya. 

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Pansel KPK, Harkristuti Harkriswono mengatakan kalau mengenai syarat-syarat administratif saya kira sudah ada undang-undangnya tidak perlu sampaikan, pada dasarnya kami  mencari pimpinan KPK yang pertama yang memiliki integirtas. kedua  adalah kopetensi, karena integritas karena kopetensi adalah sangat banyak kendalanya. "Kami juga berharap orang punya pengalaman organisasi jangan memimpin karena kita tahu bahwa di KPK ada masalah di dalam jadi calon ini harus bisa menghadapi  dan merangkul semua pihak yang ada didalam organisasi." ungkapnya.

               Harkristuti menandaskan Kami juga tentu berharap dan saya agak tidak sepakat  kita cari setengah dewa tapi yang bisa mengharapkan tetapi bisa menghadapi venjer , punya keberanian, akan tetapi dasarnya adalah hal-hal yang tergantung kepada penegak hukum tinggal kita sangat berharap orang -orang yang kita pilih  itu adalah punya kebijaksanaan tetapi bukan bijak sana bisa sini tetapi waydan bisa mengayomi organisai dan jangan lupa ini jika ada satu lembaga ada kolektif weidar ship  setiap pimpinan KPK itu bisa bersama-sama mengirim utusan tidak hanya satu atau dua dan  kita tidak berharap." Dalam keputusan harus dengan voting.. Karena kita organisasi penggempur, pengambilan keputusan diambil atas dasar hukum bukan voting. ini yang kita harapkan kedepannya, "tandasnya.   

Sesuai perkembangan, Tito mengungkapkan begitu juga udah ada beberapa nama yang sudah menyampaikan keinginan-keinginan nya untuk maju di  AS SDM  ada 8 tetapi masih terbuka kesempatan dan nantinya pembukaannya tanggal 17 Juni sampai 4 Juli." Jadi masih ada waktu,saya juga dalam forum ini sebagai rekan-rekan terutama Perwira Tinggi ,saya harapkan yang ingin mendaftar segera mendaftar, tolong cek betul track record masing-masing kemudian HKPN masing-masing ada atau tidak karena itu menentukan,  disamping tentunya kopetensi  pengelaman pernah di reserse pernah menanngani kasus korupsi lebih bagus tentu ada yang lain seperti tes kesehatan, fisik maupun phisikis," ungkapnya .

 

          Tito menambahkan Kemudain komitmen of interes, Selama ini sudah banyak anggota  Polisi yang sudah ada berada di KPK dan jalan salah , KPK awal berdiri sudah banyak anggota pendahulu polisi yang masuk sebagai Ketua,Sebagai Deputi, sebagai pak Erwin Narko, sebagai direktor penyidikan , sebagai penyidik banyak sekali. "Sebagian besar mereka profesional dan  mereka selesai dalam prestasi yang baik tidak membuat masalah. Sepanjang mereka sudah masuk dalam KPK sudah terikat dalam segala peraturan KPK meskipun mereka anggota Polri. Kitapun tidak banyak ikut campur tentang operasionalnya yang mungkin kalau maasakahapembinaan karirnya mereka sudah selesai perlu kembaki ke Polri kesempatan mereka sekolah kesempatan mereka untuk dipromosi, dan yang lain-lain. Kala terkait karena itu bagus dipromosi kalau engga bagus ya engga promosi. Operasional kalau sudah masuk ke KPK yasilakan ikuti aturan KPK," tambahnya.( vk))

Read 125 times Last modified on Monday, 17 June 2019 13:58
Login to post comments

Ekonomi Makro

  •  

     

     

    Surabaya(koranrakyat.com)  Bertempat di Sheraton Hotel & Towers Surabaya, PermataBank

     
  •  

     

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) ,  Bertempat di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Dirjen

     
  •  

     

     

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM- Jelang  bulan Ramdhan dan lebaran Satgas Pangan  melakukan berbagai

     
  •  

     

     

    JAKARTA (KORANRAKYAT.COM) Maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menghentikan

     

Malang Raya

Wabub Sanusi Sampaikan LKPJ

 

 

 

 

MALANG(KORANRAKYAT.COM)   Wakil  Bupati Malang

Read more

Rendra Bupati Malang Ditahan