Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik dan tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

 Mengular hingga 18 Km Antrian Panjang Di Merak Bakauni
Last Updated on Apr 07 2024

Mengular hingga 18 Km Antrian Panjang Di Merak Bakauni

Antrian panjang dari Flay over hingga Merak Bakauni(as)   JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Memasuki H-3 Lebaran, antrean kendaraan masih terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Minggu (7/4/2024). Antrean kendaraan di Pelabuhan merak terpantau hingga 18 km. Antrean tersebut terjadi mulai dari...
Konsisten Inovasi Digital, Bank Jatim Sabet Tiga Penghargaan dari Itech
Last Updated on Apr 05 2024

Konsisten Inovasi Digital, Bank Jatim Sabet Tiga Penghargaan dari Itech

Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin menerima tiga peghargaan langsung dari Itech (an) JAKARTA, KORANRAKYAT.COM , Setelah beberapa waktu lalu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) dianugerahi penghargaan oleh Infobank dan Indonesia Corporate Secretary &...
Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit
Last Updated on Apr 04 2024

Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

  SURABAYA, KORANRAKYAT.COM. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah resmi mengakhiri kebijakan stimulus restrukturisasi kredit perbankan untuk dampak Covid-19 pada 31 Maret 2024. Berakhirnya kebijakan tersebut konsisten dengan pencabutan status pandemi Covid-19 oleh pemerintah pada Juni 2023, serta...
Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo
Last Updated on Apr 03 2024

Bank Jatim Dukung Pembangunan Mushola di Probolinggo

PROBOLINGGO,KORANRAKYAT.COM,PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) senantiasa terus berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bankjatim Peduli. Kali ini, bantuan CSR yang diberikan berupa pembangunan mushola di kawasan Stadion...
Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank
Last Updated on Apr 02 2024

Bank Jatim Boyong 8 Penghargaan Sekaligus dari Infobank

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kembali dianugerahi penghargaan prestisius dari Infobank atas kinerjanya yang terus menunjukkan angka positif. Tidak tanggung-tanggung, 8 penghargaan sekaligus berhasil diboyong oleh emiten dengan kode BJTM tersebut....

World Today

  •  
    Indonesia-Tanzania Sepakat Tingkatkan Kerja



    BOGOR,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik

     

Antrian panjang dari Flay over hingga Merak Bakauni(as)

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Memasuki H-3 Lebaran, antrean kendaraan masih terjadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Minggu (7/4/2024). Antrean kendaraan di Pelabuhan merak terpantau hingga 18 km. Antrean tersebut terjadi mulai dari fly over merak hingga gerbang tol merak sejauh 5,7 km. Lalu dari gerbang tol merak hingga Km 87 arah Merak sejauh 13 km. "Info sampai saat ini ekor antrean sudah sampe Km 87," ujar Humas PT Astra Tangerang Merak, Hannah kepada wartawan. Pantauan wartawan Minggu (7/4/2024) pukul 10.30 WIB, kantong-kantong parkir di tujuh dermaga Pelabuhan Merak terisi oleh kendaraan yang didominasi mobil pribadi. Antrean juga terjadi di toll gate atau loket pemeriksaan tiket dermaga eksekutif maupun reguler.

Lamanya antrean dirasakan oleh salah satu pemudik dari Depok menuju Bengkulu, Yudi. Dia mengaku berangkat dari rumah pada Sabtu (6/4/2024) pukul 21.00 WIB dan bisa masuk kapal Minggu (7/4/2024) pukul 10.00 WIB. Lamanya perjalanan menuju Pelabuhan Merak disebabkan kendaraannya terjebak macet di tol dan di jalan sebelum pelabuhan. "Di KM 65 kejebak macet ada rekayasa lalu lintas itu dari jam 00.00 WIB sampai 03.00 WIB, terus macet lagi sebelum gerbang tol Merak," kata Yudi ditemui di dermaga 6 Pelabuhan Merak, Minggu. "Sampai sekarang belum masuk kapal, semoga bisa cepat masuk ke dalam kapal, sudah kangen sama orangtua," sambung dia.

Meski harus terjebak macet, Yudi bersama keluarganya tetap menikmatinya karena sudah menjadi tradisi untuk Lebaran di kampung halaman besama orangtua. "Nyari semangat ketemu orang tua, keluarga, demi orangtua jadi kita nikmati perjalanannya," ujar Yudi.Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak karena bongkar kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung mengalami kendala. Baca juga: Kapolda Banten: Belum Punya Tiket, Jangan ke Pelabuhan Merak "Terus terjadi kepadatan, tadi itu memang ada sedikit antrean. Ya antrean pada saat di Bakauheni, pembongkaran yang tadi mungkin agak terjadi delay," ujar Abdul Karim.

Ditambah, kata Abdul Karim, pada Sabtu kemarin adalah puncak dari arus mudik di Pelabuhan Merak. Sehingga volume kendaraan di Pelabuhan Merak meningkat terus hari ini Minggu. "Volume kendaraan ini kan nggak bisa kita atur nggak bisa kita memprediksi berapa jumlah yang akan datang ke Pelabuhan Merak," ujar dia. "Kapasitas kapal juga terbatas, dermaganya juga terbatas sedangkan kendaraan yang masuk puluhan ribu," sambung dia. (as)

 

Thursday, 21 March 2024 03:52

Jokowi Mengaku Puas Hasil Putusan KPU

Written by

 

com - Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sudah ditetapkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Rabu (20/3/2024). Pernyataan itu, disampaikan Presiden usai meninjau RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis pagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pernyataan Lengkap Jokowi Soal Hasil Pemilu: Sampaikan Syukur dan Apresiasi KPU-Bawaslu", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/03/21/09484871/pernyataan-lengkap-jokowi-soal-hasil-pemilu-sampaikan-syukur-dan-apresiasi.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/ap
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sudah ditetapkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Rabu (20/3/2024)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pernyataan Lengkap Jokowi Soal Hasil Pemilu: Sampaikan Syukur dan Apresiasi KPU-Bawaslu", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/03/21/09484871/pernyataan-lengkap-jokowi-soal-hasil-pemilu-sampaikan-syukur-dan-apresiasi.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/ap

PONTIANAK,KORANRAKYAT.COM- Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sudah ditetapkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI)  pada Rabu (20/3/2024). Pernyataan itu, disampaikan Presiden usai meninjau RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis pagi. Pertama, Presiden menyatakan bersyukur karena penghitungan dan rekapitulasi hasil suara pemilu sudah selesai dilaksanakan oleh KPU. Sehingga, Presiden menghargai seluruh proses yang ada. "Ya kita patut bersyukur proses penghitungan, proses rekapitulasi dan penghitungan suara tadi malam sudah selesai dilakukan oleh KPU," ujar Jokowi
       "Saya sangat menghargai, mengapresiasi, proses-proses yang ada," tegasnya.  Selanjutnya, Kepala Negara menyampaikan apresiasinya untuk KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI yang sudah melaksanakan tahapan pemilu dengan baik. Menurut Jokowi seluruh proses sudah berhasil selesai tepat waktu. "Dan kerja keras KPU, Bawaslu saya kira patut kita apresiasi sehingga semuanya berjalan dengan baik dan tepat waktu," tambahnya. Diketahui KPU telah menetapkan hasil Pemilu 2024 dengan kemenangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
      Mereka unggul telak dengan perolehan suara 96,2 juta suara atau 58,58 persen dari jumlah keseluruhan suara, sedangkan pesaing terdekat mereka capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mendapat 24,95 persen atau 40,9 juta suara. Urutan terendah yakni paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan 27,04 juta suara atau 16,47 persen. Baca juga: Tim Hukum Anies-Muhamin Resmi Daftarkan Gugatan Pilpres 2024 ke MK KPU juga telah mengumumkan hasil penghitungan suara untuk partai politik dengan menempatkan PDI-P sebagai partai dengan suara tertinggi yakni 25,3 juta suara atau 16,72 persen dari 151,7 juta suara sah. Kemudian disusul Golkar 23,2 juta suara atau 15,29 persen, Gerindra 20,07 juta suara atau 13,22 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 10,62 persen atau 16,1 juta suara. Baca juga: Tim Hukum Anies-Muhamin Resmi Daftarkan Gugatan Pilpres 2024 ke MK Urutan kelima Nasdem dengan 14,6 juta suara atau 9,66 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 12,7 juta suara atau 8,42 persen, Partai Demokrat 11,2 juta suara atau 7,43 persen, Partai Amanat Nasional 10,9 juta suara atau 7,24 persen. Sisanya partai yang tidak lolos parlementary threshold yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3,87 persen, PSI 2,8 persen, Perindo 1,29 persen, Gelora 0,84 persen, Hanura 0,72 persen, Buruh 0,64 persen, Ummat 0,42 persen, PBB 0,27 persen dan PKN 0,21 persen (as)

Friday, 23 February 2024 12:16

Surya Paloh : Wajib Hukumnya Dukung Hak Angket

Written by

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,– Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyebut wajib hukumnya mendukung inisiatif hak angket untuk menguak dugaan kecurangan pilpres 2024. Diketahui bahwa inisiatif penggunaan hak angket itu pertama kali disampaikan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. 

“Saya pikir wajib, wajib ya. Bukan hanya sekadar mengiyakan, tapi wajib untuk menghormati, menghargai hak-hak konstitusional (berupa penggunaan hak angket) itu,” ujar Surya kepada wartawan di Wisma Nusantara, Jumat (23/2).Menurutnya akan sangat disayangkan apabila ada hak untuk menggunakan hak angket bila kemudian tidak digunakan. Meskipun hal itu pertama kali disampaikan Ganjar yang merupakan kader PDI-P. 

“Tapi sikap kita dalam hal ini pendukung Mas Anies dan Cak Imin dalam Koalisi Perubahan jelaslah memberikan support memberikan katakanlah dukungan,” tegas Surya.”Prosesnya bagaimana? Ya biarkan dia mengalir saja secara natural saja,” tandasnya. Sebelumnya, calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong partai pengusungnya menggulirkan hak angket dugaan kecurangan pemilihan presiden (pilpres) 2024 di DPR. Adapun partai pengusung pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang berada di DPR saat ini adalah PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Menurut Ganjar, hak angket yang merupakan hak penyelidikan DPR, menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminta pertanggungjawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawaas Pemilu (Bawaslu) terkait dengan penyelenggaraan Pilpres 2024 yang sarat dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). Ganjar menegaskan, dugaan kecurangan pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mesti disikapi, dan parpol pengusung dapat menggulirkan atau mengusulkan hak angket di DPR. “Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar di Jakarta, Senin (19/2) kemarin. (as)

 

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Calon Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto sebut  Indonesia kekurangan sebanyak 140.000 dokter. Dia berjanji akan mengatasi persoalan ini jika terpilih menjadi Presiden terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.Hal ini disampaikan Prabowo dalam Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Kelima di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2).Salah satu upaya untuk mengatasinya, yaitu dengan menambah 300 fakultas kedokteran yang ada di tanah air. Adapun kini, kata Prabowo, di Indonesia baru tercatat sebanyak 92 Fakultas Kedokteran.

"Kami akan mempercepat kekurangan dokter. RI kekurangan 140.000 dokter akan kita segera atasi, dengan cara kita akan menambah fakultas kedokteran di Indonesia dari yang sekarang 92 kita akan membangun 300 fakultas kedokteran," kata Prabowo dalam Debat Pilpres 2024.Selain itu, kata Prabowo, dirinya juga berjanji akan mengirim sebanyak 10.000 anak-anak pintar lulusan SMA untuk dikirim ke luar negeri. Utamanya untuk belajar soal kedokteran."Kita juga akan mengirim 10.000 anak dari SMA, lulusan SMA. Kita akan beri beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran dan 10 ribu lagi untuk belajar sains, teknologi, engineering, dan matematik, kimia, biologi, dan fisika. Itu kita rebut teknologi, kita rebut sains," ujarnya.Selain itu, Prabowo di bidang kesehatan juga berjanji untuk membangun Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) modern di daerah. "Kami akan membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota, dan Puskesmas modern di setiap desa," imbuhnya.(as)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JAKARTA,KORNRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau _groundbreaking_ untuk memulai pembangunan Kompleks Perkantoran Bank Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 2 November 2023. Presiden Jokowi meyakini pembangunan tersebut akan makin meningkatkan kepercayaan publik dan dunia usaha pada IKN dan mendukung pertumbuhan ekonomi di IKN.

"Keberadaan gedung perkantoran Bank Indonesia di IKN ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha, dan investor karena otoritas moneter, perbankan, dan sistem pembayaran telah ada dan siap mendukung pengembangan IKN, siap mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara," ujar Presiden.

Selain itu, lanjut Presiden, pembangunan kompleks perkantoran tersebut juga menunjukkan kesungguhan, komitmen, dan kesiapan pemerintah untuk membangun Ibu Kota Nusantara sebagai ibu kota berkelas dunia.

Di awal sambutannya, Presiden Jokowi kembali menjelaskan alasan perlunya ibu kota dipindahkan dari Jakarta ke Nusantara. Menurutnya, pemindahan dilakukan karena tingginya beban Pulau Jawa baik dari sisi jumlah penduduk maupun perputaran ekonomi.

"Kita perlu yang namanya pemerataan, baik pemerataan pembangunan, pemerataan ekonomi, pemerataan infrastruktur. Oleh sebab itu, sejak Presiden pertama Bung Karno sudah memiliki gagasan dan rencana untuk memindahkan ibu kota. Pak Harto juga sama ingin memindahkan ibu kota dari Jakarta," jelasnya.

Kepala Negara pun merasa senang karena setelah pemerintah memulai pembangunan Istana Presiden dan kantor-kantor pemerintahan di IKN, sektor swasta mulai berinvestasi juga. Menurutnya, hingga akhir Desember nanti realisasi investasi yang ada di IKN telah mencapai Rp45 triliun.

"Hitungan kita sampai Desember nanti total Rp45 triliun akan memulai pekerjaannya di Ibu Kota Nusantara. Ada lima hotel yang akan segera dibangun: empat bintang lima, satu bintang empat. Ada empat rumah sakit yang juga sudah segera dimulai, dan juga sekolah," ungkapnya.

Pembangunan di IKN sendiri dibiayai 20 persennya oleh pemerintah melalui APBN untuk infrastruktur dasar dan bangunan-bangunan pemerintah. Adapun 80 persen sisanya akan ditawarkan kepada sektor swasta dan dunia usaha melalui skema _public private partnership_ atau PPP.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.(an)

 

 

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia pada Senin, 30 Oktober 2023 di Istana Negara, Jakarta. Dalam arahannya, Presiden mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar. 

“Pantau harga riil di pasar, turun ke lapangan. Jika ada masalah, lakukan intervensi seperti tadi saya sampaikan, subsidi angkutan bisa dilakukan,” katanya. 

Selain itu, Kepala Negara juga mendorong daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, pemberian bantuan tersebut  akan sangat membantu masyarakat. 

“Pemerintah kabupaten/kota memberikan 5 kg, rampung kalau bareng-bareng seperti itu, rakyat itu adem. Dan, saya titip, yang dibeli produk dalam negeri, utamanya (produk) UMKM kita,” lanjutnya. 

Selanjutnya, Presiden juga mengingatkan para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super el nino. Meski di beberapa daerah hujan telah turun, tetapi potensi kebakaran juga harus tetap diantisipasi. 

“(Kebakaran) masih kecil, segera selesaikan. Kalau kira-kira, diperkirakan tidak mampu menyelesaikan, segera sampaikan ke BNPB pusat. Hati-hati mengenai ini,” ujarnya. 

Kemudian dalam hal reformasi birokrasi, Kepala Negara menekankan pentingnya menyederhanakan prosedur dan tata kelola khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. Hal tersebut dikarenakan investasi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

_"Gimana_ kita mau bersaing kalau (mengurus) izin masih berbulan-bulan, ke meja ini, meja ini, meja ini? Seperti itu yang Bapak, Ibu gubernur, bupati, wali kota (harus) selesaikan karena investasi itu rebutan. Semua negara sekarang ini kan rebutan,” imbuh Presiden. 

 

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga membahas terkait peran kepala daerah memasuki tahun politik 2024. Kepala Negara menegaskan agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga. 

 

“Saya minta jangan sampai memihak. Itu dilihat lho, hati-hati. Bapak, Ibu dilihat. Mudah sekali kelihatan Bapak, Ibu memihak atau enggak. Klik, sudah. Dan juga pastikan ASN itu netral,” tambahnya. 

 

Apabila terjadi pergolakan di masyarakat, Presiden meminta agar pemerintah daerah segera menyelesaikan permasalahan tersebut. “Segera selesaikan kalau ada percikan-percikan yang berkaitan politik. Selesaikan dengan (segera),” katanya. 

 

Terakhir, Kepala Negara mendorong daerah untuk terus mendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan kemiskinan ekstrem, pemberantasan _stunting,_ dan hilirisasi industri. “Berikan dukungan penuh pada program-program ini,” tandasnya. (eas)

 

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,-Presiden Joko Widodo mendorong modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan di Tanah Air. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam amanatnya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI yang digelar di Lapangan Silang Monumen Nasional, Jakarta, pada Kamis, 5 Oktober 2023.

"Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan di dalam negeri sehingga harus didorong transfer teknologi, harus didorong peningkatan SDM, dan harus diutamakan produk dalam negeri," ucap Kepala Negara.

Presiden Jokowi menilai bahwa modernisasi alutsista sangat diperlukan. Namun, Presiden menginstruksikan untuk memanfaatkan anggaran belanja alutsista dengan bijak dan dibelanjakan kembali untuk kebutuhan rakyat.

"Saya minta agar anggaran yang dimiliki--karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit dalam mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat--sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan harus diputar kembali untuk rakyat," tutur Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mengapresiasi tingginya angka kepercayaan masyarakat terhadap TNI. Untuk menjaga kepercayaan tersebut, Presiden menginstruksikan TNI untuk dapat merumuskan strategi konkret dalam menghadapi berbagai situasi dunia. 

"TNI harus mampu merumuskan secara akurat, merumuskan langkah-langkah dan strategi konkret ke depan di tengah kondisi dunia yang berubah sangat cepat dan memanasnya geopolitik dunia," tutur Kepala Negara.

Kepala Negara pun kembali mengingatkan situasi dunia yang saat ini menghadapi krisis pangan. Oleh sebab itu, Presiden menginstruksikan satuan TNI untuk memiliki kepekaan terhadap situasi tersebut.

"22 negara sudah melakukan pembatasan ekspor pangan, melakukan, menghentikan ekspor pangan. Oleh sebab itu, saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut. Sangat penting dan penentu stabilitas bangsa," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden berpesan agar TNI dapat terus menjaga kedamaian dalam menyambut tahun politik. Presiden menginstruksikan kepada TNI untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa berbeda pilihan merupakan hal yang wajar.

"Berikan pemahaman pada masyarakat bahwa beda pilihan itu wajar, menang dan kalah itu juga wajar, tetap jaga sinergitas dengan Polri dan tetap jaga netralitas TNI, dan tetap pelihara watak kesatria. Selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak," tandasnya.(eas)

 

 

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo menyambut langsung para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN. Acara tersebut dihelat  di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 5-7 September 2023.

Satu per satu pemimpin ASEAN yang tiba bersalaman dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana di lobi JCC setelah melewati jajar pasukan kehormatan. Berturut-turut para pemimpin yang hadir yakni Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone beserta pendamping, PM Kamboja Hun Manet beserta pendamping, dilanjutkan Permanent Secretary Thailand Sarun Charoensuwan, diikuti Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr beserta pendamping, lalu PM Singapura Lee Hsien Loong beserta pendamping.

Setelah itu secara berurutan tiba PM Malaysia Anwar Ibrahim beserta pendamping, PM Vietnam Pham Minh Chinh, diikuti PM Timor-Leste Kay Rala Xanana Gusmao, dilanjutkan PM Kepulauan Cook Mark Brown, lalu Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin beserta pendamping, diikuti Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah beserta putranya Pangeran Abdul Mateen. Presiden Bangladesh hadir dalam kapasitasnya sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), sementara PM Kepulauan Cook sebagai Ketua Pacific Islands Forum (PIF).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana juga melakukan sesi foto bersama dengan satu per satu pemimpin beserta pendampingnya. Presiden Jokowi kemudian mempersilakan para pemimpin untuk menuju ruang tunggu naratetama dan mengisi buku tamu kenegaraan.

Selepas itu, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana dan para pemimpin menuju Plenary Hall JCC untuk secara resmi membuka perhelatan KTT Ke-43 ASEAN. Ini merupakan KTT kedua yang digelar pada masa keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 setelah sebelumnya KTT Ke-42 digelar di Labuan Bajo pada Mei 2023 lalu.

Untuk diketahui, keketuaan Indonesia pada ASEAN tahun 2023 mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Tema tersebut bermakna, pertama “ASEAN Matters”, yaitu bagaimana Indonesia dan keketuaannya tetap menjadikan ASEAN relevan dan penting tidak hanya bagi rakyat Indonesia, melainkan juga rakyat ASEAN dan di luar kawasan.

Sementara, “Epicentrum of Growth” bermakna Indonesia ingin lebih mengapitalisasi posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang berpotensi lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi dunia.(eas)

 

 

 

 

Q

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,-Presiden Joko Widodo menerima Presiden Bank Dunia Ajay Banga beserta delegasi di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 4 September 2023. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah isu untuk dibahas bersama dengan Presiden Banga, termasuk soal reformasi sistem keuangan global. 

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan negara berkembang lainnya menaruh harapan kepada Bank Dunia untuk bisa mewujudkan sistem keuangan yang lebih adil. 

“Saya yakin Presiden Banga menyadari berbagai kritik pada Bank Dunia, termasuk oleh Sekjen PBB terkait kurangnya perhatian pada kepentingan negara berkembang. Indonesia dan negara berkembang lain menaruh harapan besar kepada Anda untuk wujudkan sistem keuangan global yang lebih adil bagi semua, terutama bagi negara berkembang,” ujarnya.

Menurut Presiden Jokowi, saat ini situasi ketidakpastian global berpengaruh terhadap pembangunan di negara berkembang. Untuk itu, Presiden Jokowi memandang perlu adanya kolaborasi lintas pemangku kepentingan untuk menghadapi situasi tersebut.

“Saya ingin jajaki potensi kolaborasi Bank Dunia dengan Indonesia dan ASEAN untuk jawab tantangan tersebut,” lanjutnya. 

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Kepala Negara pun mendorong penguatan komitmen untuk merealisasikan pembiayaan dan investasi dalam transisi energi dan ekonomi hijau. 

“Berbagai terobosan telah kami lakukan, termasuk pengembangan EBT dan upaya penerapan pajak karbon. Tapi tidak semua negara dapat penuhi kebutuhan pembiayaan hijau,” kata Presiden. 

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala .(eas)

 
 
JAKARTA,KORANRAKYAT.COM,- Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2023, berlangsung dengan khidmat dan lancar. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut dan tampak hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.
 
Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, serta berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum mewujudkan Indonesia Maju.
 
Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.
 
Laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka.
 
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, kemudian membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.
 
Selepas itu, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, kemudian memandu pembacaan doa.
 
Lilly Indriani Suparman Wenda, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Provinsi Papua Pegunungan selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera, Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera, dan Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8.
 
Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Indonesia Maju tersebut. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di Halaman Istana Merdeka.
 
Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara menandai akhir dari Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan persembahan lagu “Hari Merdeka” karya Husein Mutahar dan medley sejumlah lagu daerah dalam bentuk perpaduan orkestra dengan alat musik tradisional oleh Gita Bahana Nusantara.
 
Aksi para prajurit TNI dan Polri yang melakukan _fly pass_ pesawat tempur dengan berbagai formasi turut memeriahkan upacara kali ini. Tak ketinggalan, aksi helikopter yang membawa bendera Merah Putih raksasa dan membentuk berbagai formasi turut menghiasi langit Istana.
 
Selain itu, ditampilkan juga tayangan yang memperlihatkan suasana terkini di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam tayangan tersebut, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe menyampaikan progres pembangunan IKN.
 
Penampilan penyanyi Putri Ariani dan sejumlah grup musik pun membuat suasana makin meriah. Tidak hanya para undangan, para pasukan peserta upacara juga ikut berjoget dan larut dalam penampilan para penggiat seni Tanah Air tersebut.
 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu dan terus melaju untuk mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Maju. Ajakan tersebut disampaikan Kepala Negara dalam pidato tentang Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dalam rangka HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Rabu, 16 Agustus 2023."Marilah kita bersatu padu, terus melaju untuk Indonesia Maju," ujar Presiden.Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen bangsa yang telah memberikan dukungan kepada pemerintah. Salah satunya kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang dinilai telah berupaya memperkokoh fondasi kebangsaan, meningkatkan pemahaman ideologi bangsa, mengkaji substansi dan bentuk hukum pokok haluan negara."Serta menguatkan kerja sama internasional untuk berkontribusi pada pemecahan persoalan global," ungkap Presiden.

Presiden juga mengapresiasi dukungan besar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam berbagai kebijakan yang diambil pemerintah. Mulai dari reformasi struktural, upaya perbaikan tata kelola pemerintahan, menghindari penyelewengan pengelolaan keuangan negara, hingga mempersiapkan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang.Selain itu, Presiden juga mengapresiasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang telah berperan aktif dalam menyerap aspirasi masyarakat daerah, menyusun beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU), dan juga melakukan telaah terhadap sistem tata negara Indonesia. "Kontribusi BPK juga sangat signifikan dalam mendorong pertanggungjawaban anggaran serta perbaikan berkelanjutan program prioritas nasional," ucap Presiden.

Tak lupa, Presiden turut mengapresiasi kinerja sejumlah lembaga yudikatif negara. Presiden mengapresiasi Mahkamah Agung (MA) yang dinilai telah berupaya menciptakan keadilan melalui peningkatan transparansi peradilan, pengembangan sistem peradilan berbasis elektronik, serta percepatan proses penanganan perkara dengan biaya murah.Selain itu, kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) juga dinilai makin cepat dalam menyelesaikan perkara, transparan dalam proses persidangannya, dan mempermudah pelayanan para pencari keadilan. "KY, Komisi Yudisial, terus aktif melakukan advokasi, pelatihan, dan investigasi, menjatuhkan sanksi tegas terhadap hakim yang melanggar untuk menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, dan perilaku hakim," ujar Presiden.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Ombudsman, KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Komnas HAM, dan lembaga-lembaga nasional lainnya yang telah berkontribusi sesuai peran dan kewenangannya," tutur Presiden (eas)



JAKARTA ,KORANRAKYAT.COM,- Presiden Joko Widodo memimpin upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2023 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 26 Juli 2023. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 833 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Muhammad Arief Rachman (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Benedict Rosel Sitorus (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Geraldino Heldan S (Akademi Angkatan Udara) sebagai perwakilan beragama Katolik, dan Made Intan Isaka Sri Maharani (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 357 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 94 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 114 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 268 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Sawung Setyawan dari Akademi Militer, Hermawan Burhanudin Tri P dari Akademi Angkatan Laut, Muhammad Galuh S.R. dari Akademi Angkatan Udara, dan Irfan Urane Aziz dari Akademi Kepolisian.

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas pelantikan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut. Presiden meyakini para perwira remaja TNI dan Polri memiliki semangat dan kemampuan untuk mewujudkan kemajuan Indonesia.

"Saya bangga melantik saudara-saudari para perwira muda, para ksatria muda yang berani, percaya diri dan optimis, yang selalu siap mendedikasikan diri, yang menjadi pemersatu bangsa, serta bekerja dan mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara," ujar Presiden dalam sambutannya.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2023 adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.(eas)




JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kewenangan dan kekuatan besar yang dimiliki oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) harus digunakan secara benar dan bijak. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya saat memimpin Upacara Peringatan ke-77 Hari Bhayangkara Tahun 2023, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu, 1 Juli 2023.

"Jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas," ujar Presiden.

Presiden menyebut bahwa masyarakat membutuhkan rasa aman, rasa keadilan, dan rasa untuk diayomi oleh Polri. Oleh karena itu, Polri harus mampu memberikan kepastian perlindungan, kepastian hukum, dan kepastian berusaha bagi rakyat.

"Saya minta Polri jangan abaikan ini," tutur Presiden.

Presiden juga menjelaskan beberapa tantangan Polri yang dinilai makin berat di masa mendatang. Mulai dari masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnmas), penanganan isu, program prioritas nasional, pembangunan Ibu Kota Nusantara, hingga kejahatan dengan teknologi yang harus diantisipasi.

"Semua ini butuh kesigapan dan kecepatan, butuh penguasaan teknologi dan inovasi, butuh komunikasi publik yang baik," ucap Presiden.

Presiden pun minta Polri untuk terus menjaga semangat kesatuan dan sinergitas dalam menjalankan tugas. Presiden tidak ingin Polri terpecah-belah dan menjadi lemah.

"Tidak boleh ada lagi blok-blokan, tidak boleh ada lagi patron-patronan, kualitas SDM harus dijaga sejak rekrutmen, sistem promosi harus diperbaiki, sistem pengawasan harus diperketat, sistem pendisiplinan harus diperkuat," tandas Presiden.(eas)


KUALALUMPUR,KORANRAKYAT.COM ,-Agenda terakhir Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Malaysia adalah bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah dan Permaisuri Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. Pertemuan tersebut dihelat di Istana Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis sore, 8 Juni 2023.

Tiba di Istana Negara pukul 15.35 waktu setempat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut Yang di-Pertuan Agong dan Permaisuri dan langsung berfoto bersama. Setelah itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menandatangani buku tamu.

Sebelum melakukan pertemuan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga berfoto bersama dengan keluarga kerajaan. Setelah bertemu selama 1 jam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninggalkan Istana Negara menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk melanjutkan penerbangan menuju Jakarta(eas)



JAKARTA,KORANRAKYAT.COM Di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik, menjaga inflasi, serta menumbuhkan investasi dan lapangan kerja. Keberhasilan tersebut adalah sumbangsih seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam amanatnya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Sisi Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Kamis, 1 Juni 2023.

"Berkat persatuan, berkat kerja keras dan gotong royong, bangsa ini berhasil menghadapi tantangan dan makin dipercaya dunia. Semua itu fondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Ideologi yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa," ujar Presiden.

Presiden melanjutkan, saat ini bangsa Indonesia masih terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan merata. Keadilan, pemerataan, dan kesejahteraan tersebut diupayakan melalui reformasi struktural, peningkatan kualitas sumber daya manusia, hilirisasi industri, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara

"Kita ingin kekayaan alam negeri ini bermanfaat maksimal bagi kesejahteraan rakyat. Kita ingin rakyat di luar Jawa juga merasakan manfaat yang signifikan dari pembangunan yang ada," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menegaskan bahwa sebagai negara besar, Indonesia harus duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain dan tidak didikte oleh siapa pun. Di saat yang sama, lanjut Presiden, Indonesia siap memimpin, bekerja sama, dan berkolaborasi dengan negara mana pun.

"Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Presidensi G20 yang telah sukses dilaksanakan, keketuaan ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia, tetapi juga sangat relevan untuk dunia," ungkapnya.

Di akhir amanatnya, Presiden menyebut bahwa toleransi, persatuan, dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Untuk itu, Presiden mengajak semua pihak untuk menolak ekstremisme, politisasi identitas, dan politisasi agama.

"Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan sukacita, dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang adil, yang sejahtera, serta berwibawa di kancah dunia," ucapnya.

"Selamat Hari Lahir Pancasila, salam Pancasila, merdeka!" tutupnya (eas)

Page 1 of 16

Panggung Koruptor

  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui membuka penyidikan baru

     
  •  

     

    JAKARTA.KORANRAKYAT.COM,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan penggeledahan

     
  •  

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Mantan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama dituntut

     
  •