Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Polri Tegaskan Kami Tunggu Buktinya Siapapun Menyebut Tindakan Teror BOM itu  Rekayasa
Last Updated on May 22 2018

Polri Tegaskan Kami Tunggu Buktinya Siapapun Menyebut Tindakan Teror BOM itu Rekayasa

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Ada tudingan miring terhadap  serangkaian aksi teror di Tanah air ada ledakan bom di Surabaya yang terjadi di tiga lokasi di Gereja menimbulkan prokontra yang menyebutkan ini rekayasa. Oleh karena itu Polri meminta bukti kepada siapapun yang menuduh bahwa...
Lamban Penanganan Kasus Korupsi Mantan Dirut Pertamina, Kejagung Klaim Masih Proses
Last Updated on May 19 2018

Lamban Penanganan Kasus Korupsi Mantan Dirut Pertamina, Kejagung Klaim Masih Proses

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Lambanya penanganan kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawa, kejagung klaim  terus berproses setelah ditetapkan tersangka dalam dugaan korupsi investasi perusahaan di Blok Basker Manta Gummy (BGM).  Terus...
Polri Berikan Santunan Bagi Keluarga Enam Anggota Polisi Tewas  Di Mako Brimob
Last Updated on May 19 2018

Polri Berikan Santunan Bagi Keluarga Enam Anggota Polisi Tewas Di Mako Brimob

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) –Polri Memberikan perhatian bagi Keluarga anggota  yang gugur dalam kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua. Sebanyak enam orang perwakilan keluarga menerima bantuan yang secara simbolis diserahkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian....
Presiden Tinjau Langsung Lokasi Ledakan Bom di Surabaya Terakhir 43 Luka Luka 13 Tewas
Last Updated on May 13 2018

Presiden Tinjau Langsung Lokasi Ledakan Bom di Surabaya Terakhir 43 Luka Luka 13 Tewas

   SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Setelah mendapat laporan mengenai aksi teror bom bunuh diri di Surabaya, Presiden memutuskan untuk meninjau langsung lokasi kejadian pada Minggu, 13 Mei 2018.Tepat pukul 14.30 WIB, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan...
 Bom Surabaya Meledak  Di Tiga Gereja 43 Luka 13  Tewas Di Surabaya
Last Updated on May 13 2018

Bom Surabaya Meledak Di Tiga Gereja 43 Luka 13 Tewas Di Surabaya

 SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Korban sementara  diketahui  Sekitar 43  korban luka dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara 13  orang dinyatakan meninggal dunia ,  pasca- ledakan diduga bom  yang terjadi di dua gereja.  .Sementara yang terjadi  di GKI Diponegoro, Surabaya, Jawa Timur Saat ini,...

World Today

  •  
    Dubes Mansyur Serahkan Surat Kepercayaan,
     

     

     

    Bissau (KORANRAKYAT.COM)  - Guinea-Bissau yang terletak di Afrika Barat ingin belajar

     
Wednesday, 08 November 2017 14:13

Jokowi Mantu Kembali Angkat Adat Budaya Jawa Dan Batak

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

SOLO(KORANRAKYAT.COM) Senyum bahagia tergambar dari wajah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution usai proses ijab kabul berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017).Putri Presiden Joko Widodo tersebut resmi dipersunting sang pujaan hati yang merupakan teman semasa kuliah.

Kahiyang Ayu tampak anggun dan cantik menggunakan kebaya tradisional berwarna hitam bermotif emas. Corak warna yang sama juga dikenakan oleh mempelai pria.Sebelum proses ijab kabul berlangsung, kedua pihak keluarga mempelai memberikan sambutan. Setelah itu, barulah prosesi akad nikah dilangsungkan.

Dalam akad nikah ini, Presiden Jokowi bertindak sebagai wali dari putri kandungnya. Untuk saksi pernikahan, dari pihak Kahiyang Ayu adalah Jusuf Kalla dan Maruf Amin. saksi dari mempelai pria, yaitu Syafii Maarif dan Darmin Nasution.Proses ijab kabul dipandu oleh Basir selaku Kepala KUA Banjarsari. Jokowi tampak duduk di samping pejabat KUA tersebut. Mahar pernikahan yang diserahkan Bobby berupa perlengkapan alat salat dan emas 80 gram.

Setelah Bobby Nasution berhasil mengucapkan ijab kabul dalam sekali tarikan napas, keduanya langsung menandatangani buku nikah.

Tak hanya ramai di dalam negeri, pemberitaan seputar pernikahan anak perempuan dari Presiden RI ke-7 tersebut juga menjadi sorotan dunia. Media-media asing tersebut mengangkat berbagai sisi dari pernikahan yang sederhana, tapi penuh kebahagiaan itu.

1. Kaya Akan Unsur Tradisional

Salah satu media internasional yang menyoroti pernikahan Kahiyang Ayu dan dan Bobby Nasution adalah Straits Times. Media asal Singapura tersebut menyoroti pernikahan keduanya yang kaya akan unsur tradisional Jawa.

Berbagai prosesi dilangsungkan pertanda dalam menjelang hingga hari pernikahan. Kemarin pagi misalnya, keluarga dari kedua belah pihak mengadakan prosesi siraman untuk calon pengantin.Bobby Nasution saat menyerahkan mas kawin ke Kahiyang Ayu setelah melangsungkan akad nikah di Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11).

Sebuah bak air disiapkan sebelum prosesi siraman. Air yang digunakan pun diambil dari tujuh sumber alam yang berbeda. Dalam adat Jawa, hal ini melambangkan berkah untuk kehidupan baru.Ibu Negera Iriana Joko Widodo memulai proses siraman air yang dipenuhi oleh kelopak bunga yang kemudian diikuti oleh anggota keluarga dan kerabat yang lain Sementara prosesi siraman berlangsung, ratusan warga Solo memenuhi sepanjang jalan tak jauh dari kediaman presiden di jalan Kutai Utara.

Warga sengaja menyediakan nasi tumpeng -- sajian khas Jawa yang disajikan secara tradisional pada perayaan besar."Kami juga ingin merayakannya. Kami sangat bahagia," ujar Sarwojo (62), penjual sayuran di Solo. Demikian dikutip dari Straits Times (8/11/2017)."Kami berdoa semoga pernikahan berjalan lancar dan pasangan akan bersama hingga kakek dan nenek," ia menambahkan.Selain siraman, ada pula prosesi lain yang disebut midodareni, yaitu pihak keluarga dari mempelai pria mengantar mas kawin ke rumah pengantin wanita.(eas)

 

 

Read 47 times Last modified on Wednesday, 08 November 2017 14:53
Login to post comments

Gaya

Face Book Galleries

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Ada tudingan miring terhadap  serangkaian aksi teror di Tanah air ada ledakan bom...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Lambanya penanganan kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Direktur Utama PT...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) –Polri Memberikan perhatian bagi Keluarga anggota  yang gugur dalam kerusuhan...
   SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Setelah mendapat laporan mengenai aksi teror bom bunuh diri di Surabaya, Presiden...
 SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Korban sementara  diketahui  Sekitar 43  korban luka dilarikan ke Rumah Sakit...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)-Rusuh bentrok di mako brimob 5 anggota brimob tewas, 1 teroris di tembak mati seorang...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Persoalan pungutan liar (pungli) dan tindak premanisme di sepanjang jalur transportasi...
  BOGOR(KORANRAKYAT.COM) Bhin Bhin, Atung, dan Kaka adalah tiga maskot hasil karya anak bangsa yang diusung...
    Indonesia dan Tiongkok sepakat untuk meningkatkan kerja sama dan kemitraan yang saling menguntungkan bagi kedua...
.   JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Asian Games 2018 merupakan kesempatan emas sekaligus momentum terbaik bagi kita untuk...