Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Sekda Jatim Tinjau Exchange Center Jatim di Tianjin
Last Updated on Dec 09 2017

Sekda Jatim Tinjau Exchange Center Jatim di Tianjin

TIONGKOK(KORANRAKYAT.COM) Sekretaris Daerah Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Soekardi membuka pusat promosi investasi, dagang, dan pariwasata Jawa Timur atau Exchange Center Jatim di European Trade Center, Tianjin (ECJT) Tiongkok. Pembukaan ini menandai ditempatinya lokasi baru ECJT Jawa Timur dari...
Jendral Hadi Tjahjanto Arek Malang  Jadi Panglima TNI
Last Updated on Dec 09 2017

Jendral Hadi Tjahjanto Arek Malang Jadi Panglima TNI

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 8 Desember 2017 sekira pukul 17.00 WIB.   Hadi Tjahjanto dilantik...
Kapolres Banjar Adakan FGD Anti Radikalisme
Last Updated on Dec 09 2017

Kapolres Banjar Adakan FGD Anti Radikalisme

BANJAR, KORANRAKYAT.COM- Polres Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, mengadakan  Forum Group Discotion (FGD)  anti radikalisme. Kapolres Banjar, AKBP Pol Takdir Mattanete , Selasa (28/11) 2017 mengatakan  jadi Polres Banjar  baik kita ini yang  adalah kegiatan rutin yang kita lakukan baik...
Buntut Pemukulan Polisi Terhadap Wartawan di Timika Kasusnya Di Proses Propam
Last Updated on Dec 09 2017

Buntut Pemukulan Polisi Terhadap Wartawan di Timika Kasusnya Di Proses Propam

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Adanya pengeroyokan  pemukulan dan pemukulan terhadap Saldi Hermanto   salah satu wartawan di Timika yang diduga dilakukan 6  oknum anggota Sabhara . Kasusnya  diproses Propam dan dilimpahkan ke Bareskrim.Sedangkan  6 oknum itu juga laporkan wartawan terkait UU...
Di Banjar Polisi Urusi Pertanian
Last Updated on Dec 09 2017

Di Banjar Polisi Urusi Pertanian

  BANJAR,(KORANRAKYAT.COM)- .Babinkamtibmas  membuka lahan dengan menanam tanaman Hilikultura  Cabe, Semangka  diawali dengan setengah hektar hingga 8 Hektar dengan modal awal gaji sendiri selama 3 bulan. Kini sudah ada 5 Kelompok tani yang anggota 120 orang.           Kapolres...

Seputar Dunia

  •  
    Presiden Jokowi : ASEAN dan India Generator

     

    MANILA(KORANRAKYAT.COM) ASEAN dan India memiliki potensi yang sangat besar yakni pasar bersama

     
Friday, 17 November 2017 16:29

Fashion Karya 4 Designer Indonesia Pukau Senegal

Written by
 

 

 

SINEGAL(KORANRAKYAT.COM)Fashion rancangan 4 desainer Indonesia kembali mendapat apresiasi positif dan pengakuan dari masyarakat di Afrika. Ini terjadi saat acara Resepsi Diplomatik Peringatan HUT RI ke-72 yang dibarengi dengan penyelenggaraan Pagelaran Fashion Busana oleh KBRI Dakar. Sebanyak lebih kurang 300 tamu undangan perwakilan dari berbagai negara menghadiri acara yang digelar pada 14 November 2017 lalu di King Fahd Palace, salah satu hotel ternama di Senegal.

 

Acara yang mengangkat tema “Nusantara Fashion and Culture Show” ini menggabungkan antara fashion dengan budaya Indonesia. Karya yang ditampilkan berupa busana rancangan Nita Seno Adji, Rudi Chandra, Defrico Audy, dan Malik Moestaram yang diperagakan oleh para model profesional binaan Amina Badiane, Ketua Komite Miss Senegal. Melalui tangan-tangan berbakat para desainer, Batik dihadirkan dalam gaya kontemporer dan tetap stylish untuk memunculkan kesan bahwa batik dan kain Indonesia lainnya tidak hanya digunakan dalam konteks busana tradisional, namun juga untuk busana modern.

 

Kepiawaian desainer Indonesia dalam rancangannya dan keindahan kain Batik Indonesia berhasil memukau ratusan tamu yang hadir. Desainer Nita Seno Adji memilih tema rancangannya “the Rainbow of Asia and Africa” yang merefleksikan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Senegal. Desainer Nita mencoba untuk mengeksplor warna dan kehidupan orang Senegal dengan menitikberatkan pada pola klasik Batik Indonesia dipadukan dengan Tenun Bali dan Sarung sutra Makassar.

 

Desainer Rudy Chandra mengambil tema “Enchanting East Indonesia” yang memadukan antara pewarna alami dengan Tenun dari Sabu, NTT. Koleksi yang ditampilkan menggambarkan keindahan tekstil tradisional dari wilayah timur Indonesia. Sementara itu, Defrico Audy mengangkat tema “Sumba in My Mind” yang memilih Tenun dari Sumba, NTT. Defrico mempersembahkan rancangan busana yang elegan, modern dan fashionable bagi warga Senegal.

 

Desainer Malik Moestaram memilih tema “the Stunning Beauty of Solo” yang menampilkan gaun Batik kontemporer dari Solo untuk busana-busana yang khusus digunakan untuk acara-acara pesta. Kupu-kupu dan daun menjadi pola utama dari gaun Batik ini.

 

Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, dalam keterangan persnya mengatakan, “KBRI sengaja mendatangkan empat desainer kondang Indonesia tersebut untuk mempopulerkan Batik Indonesia di Senegal. Tahun lalu kita membuat acara yang sama namun kali ini kita adakan lebih megah dan lebih menarik dengan menampilkan busana-busana Batik dan tenun yang beraneka corak dan warna,” ujar Dubes Mansyur.

 

Lebih lanjut Dubes Mansyur mengatakan, selaras dengan informasi yang dirilis oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2016 ekonomi Indonesia didominasi oleh tiga subsektor ekonomi kreatif, dua diantaranya kuliner (41,69%) dan fashion (18,15%). Oleh karena itu, kami mencoba mensinergikan antara fashion dengan prioritas utama diplomasi RI yaitu diplomasi ekonomi. “Saya sebut ini sebagai fashion diplomacy, disini kita mencoba untuk menggunakan channel-channel diplomatik untuk menghubungkan antara desainer Indonesia dengan para pemerhati fesyen dan buyers, majalah fesyen dan rumah mode,” imbuh Dubes Mansyur.

 

Dubes Mansyur Pangeran dalam pidatonya menyampaikan bahwa realitas hubungan bilateral antara Indonesia dan Senegal diwujudkan dengan adanya saling kunjung pejabat senior dari Senegal ke Indonesia dan sebaliknya. Dubes Mansyur juga mengusulkan sebuah program kerja sama untuk mendukung Plan Senegal Emergent (PES), khususnya di bidang transportasi darat, laut dan udara. Indonesia telah melakukan kerja sama di bidang transportasi udara dengan Kementerian Angkatan Bersenjata Senegal, dimana Pemerintah Senegal telah membeli dua pesawat CN-235 yang diproduksi oleh PT.DI Indonesia yang digunakan untuk keperluan militer dan VIP. Saat ini Pemerintah Senegal sudah memesan satu lagi pesawat CN-235 untuk keperluan maritim. Dubes Mansyur juga menawarkan kerja sama dalam pembangunan jaringan kereta api dan gerbong yang diproduksi oleh PT. INKA Indonesia serta kerja sama pembangunan di sektor transportasi maritim.

 

Sementara itu, Oumar Gueye, Menteri Perikanan dan Ekonomi Maritim Senegal, yang bertindak mewakili Pemerintah sebagai Tamu Kehormatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja sama kedua negara diwujudkan dengan kursus pelatihan yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada agen Administrasi Senegal, khususnya di bidang pengolahan pertanian, kulit dan plastik, kesehatan masyarakat dan teknik. penyebarluasan informasi Senegal dan Indonesia juga telah membentuk sebuah kelompok pertemanan untuk berbagi praktik terbaik di bidang kerja sama diplomasi, ekonomi, perdagangan, investasi dan teknis. Di bidang ekonomi, kedua negara telah memulai sebuah jalur baru dengan penandatanganan Nota Kesepahaman untuk memperkuat pertukaran informasi dan transfer teknologi. Menteri Oumar Gueye juga mengatakan bahwa Indonesia dan Senegal memiliki nilai budaya dan agama yang sama sehingga kemitraan antara kedua negara juga dapat berkembang di bidang ini karena kedua negara mewakili model keragaman budaya dan toleransi. Pada pembicaraan tete a tete kepada Dubes Mansyur, Menteri Oumar Gueye menilai Indonesia telah maju dalam pengembangan sektor aquaculture oleh karenanya sangat mengharapkan dapat membuka kerja sama kedua Negara mengenai hal ini. 

 

Acara yang digelar KBRI tersebut dihadiri oleh ratusan penonton dari kalangan diplomatik, organisasi internasional, pejabat pemerintah, pengusaha, LSM nasional dan internasional, media massa, Indonesianis, pengamat fesyen, pecinta batik, operator pariwisata, sosialita, budayawan hingga akademisi. Selain pagelaran busana, acara juga diisi dengan penyajian kuliner khas Indonesia seperti: nasi goreng teri medan, mie goreng, sate ayam, bakwan sayur udang, dan lemper ayam.

 

Perpaduan yang harmonis antara peragaan busana dengan pertunjukan budaya serta penataan ruang pameran membuat peragaan batik tersebut mendapat sambutan meriah dari para tamu. Mulai dari koridor pintu masuk sudah ditampilkan berbagai barang seni budaya Indonesia antara lain peralatan musik gamelan, patung Garuda Jatayu, patung semar, petruk, bagong dan gareng, patung roro loro blonyo, pojok Betawi dan pojok batik, serta aneka produk kerajinan tangan yang diimpor langsung dari Indonesia oleh Libelulle.

 

Fashion batik dan tenun Indonesia karya empat designer tersebut nanti akan kembali diperagakan oleh para finalis Miss Senegal 2017 di ajang Grand Final Miss

Senegal 2017 pada 18 November 2017 (eas)

Tuesday, 14 November 2017 13:28

Mbok Jamu Antar Kevin Jadi Miss International 2017

Written by

TOKYO(KORANRAKYAT.COM) Berlangsung di Tokyo Dome City Hall, Tokyo, Jepang, malam ini, Kevin menggondol gelar juara dalam salah satu ajang ratu-ratuan sejagad itu.Saat nama Indonesia diucapkan presenter, Kevin tidak bisa menyembunyikan rasa harunya. Dia terus menutupi mulutnya dan terisak haru. Pun saat Miss International 2016 Kylie Verzosa dari Filipina memberikan mahkota dan jubahnya, Kevin berusaha mengendalikan rasa harunya. Isak bahagia yang membanggakan negara. Sebelum berangkat, dia memamerkan beberapa busana yang bakal dikenakan selama kontes.
          Ada lima busana yang dia perlihatkan di Aula Sasono Wiwoho, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu lalu (18/10). Yakni cocktail dress, gaun malam, gaun kasual, kebaya, dan national costume. Busana yang paling menarik perhatian adalah national costume. Jika kebanyakan kostum puteri-puteri sebelumnya berupa outfit yang megah dan berat, punya Kevin lebih simpel. Baju rancangan desainer Banyuwangi Annisa Febby itu diberi judul Mbok Jamu and Ancient Secret Potion. Wujudnya kebaya modifikasi ungu yang dipadu dengan bawahan bermotif batik dilem sempleh Banyuwangi.
           Saat menggenakan busana itu, Kevin sangat cantik. Cemerlang dan aura kecantikannya memancar. Dalam kostum itu Kevin menggunakan caping berhias payet dan membawa keranjang berisi botol-botol jamu dengan selendang yang diikat di pundak. Ada delapan botol, tapi yang berisi jamu sungguhan hanya satu botol. Sisanya adalah botol yang dicat. ”Kalau semua ada isinya, nanti bisa repot bawanya,” kata Annisa. Kevin melengkapi kostum itu dengan ember kecil yang dihias. Berjalan di catwalk, Kevin berlagak seperti penjual jamu sungguhan. ”Jamu…jamu…” ujarnya.
           Annisa mengungkapkan, inspirasi national costume berasal dari ide seorang pageant lover, Imam Syafei. Di akun media sosialnya, Imam mengunggah desain yang mirip dengan kostum penjual jamu gendong. Oleh Annisa, desain itu lantas dimodifikasi sehingga jadilah kostum yang dipakai Kevin. Dengan mengangkat tema jamu, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) ingin mengenalkan salah satu warisan nenek moyang yang sudah turun-temurun tersebut.
Selain itu, sebagai Puteri Indonesia Lingkungan, Kevin akan mengampanyekan gerakan anti-global warming. Sebagai persiapan mengikuti kontes tersebut, Kevin mengobrolkan banyak hal dengan Felicia Hwang, wakil Indonesia di Miss International 2016. Tahun lalu Felicia meraih gelar runner-up 2 dan Miss Best Dresser. Itu menjadi motivasi Kevin untuk bisa mengharumkan nama Indonesia. ”Target saya mau bawa pulang mahkota Miss International 2017,” ujar Kevin dengan mantap.(af)

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)- Pemeriksaan terhadap Syahrini sebagai saksi terus berlanjut oleh karenaNYAS  penyidik menjadwal ulang pemeriksaan terhadap artis Syahrini sebagai saksi dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan oleh agen perjalanan umrah First Travel.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul ditemui di Mabes Polri, Kamis (5/10)2017 mengatakan Syahrini sedianya diperiksa pada Rabu (4/10/2017) kemarin. Namun, karena ada kesibukan Syahrini meminta penundaan hingga pekan depan."Setelah dikonfirmasi, Syahrini minta ditunda hari Senin (9/10/2017) yang akan datang," ujarnya.

Selanjutnya, Martinus menegaskan Syahrini dipastikan datang pada Senin mendatang untuk melanjutkan pemeriksaannya yang belum selesai. Pemeriksaan Syahrini pekan lalu dihentikan di tengah jalan lantaran dirinya harus menghadiri kegiatan yang tak bisa dibatalkan."Hari Senin (depan) akan dikosongkan jadwal keartisan dia supaya fokus di BAP-nya," tegasnya.

Syahrini merupakan salah satu artis yang mempromosikan paket murah First Travel.Ia pun pergi menjalani ibadah umrah bersama 12 keluarganya pada Maret 2017 kemarin. Syahrini mendapatkan jatah diskon berupa potongan harga dengan hanya membayar setengah dari harga penuh. Sedangkan keluarganya, kata dia, membayar secara penuh.

Syahrini ketika ditemui mengatakan jadi tidak ada yang, satu kali lagi, saya makan uang jemaah. “Apabila saya mengetahui First Travel yang suka makan uang jemaah, Naudzubillahimindzalik, tak mungkin saya kerja sama dengan travel ini," ujarnya.

Meski begitu, Syahrini mengakui tidak mengenal bos First Travel, Andika Surachman. Andika, yang merupakan direktur utama agen perjalanan itu, telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan."Saya tidak kenal baik, saya hanya kenal satu kali (Andika) di airport saat mau berangkat. Jadi jangan mengait-kaitkan saya dengan tersangka,"akunya.(vk)

 

 

 

 

 

 

 

Monday, 04 September 2017 14:43

Raisa Anggap Hamish Daud Yang Terbaik

Written by

 

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Usai mengucapkan janji sehidup semati, Minggu 3 September 2017, pasangan Raisa Andriana dan Hamish Daud tak ragu untuk saling melempar pujian.

Pelantun Kali Kedua ini dianggap sukses membuat Hamish Daud bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tak mau kalah, Raisa pun menyatakan bahwa dirinya sudah menemukan pasangan yang tepat.

"Dia tidak pernah ragu sama saya, jadi saya nggak ada alasan ragu sama dia," kata Raisa mengenai hamish Daud, di Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat, Minggu, 3 September 2017.

Perempuan berdarah Sunda ini melanjutkan bahwa suaminya adalah sosok yang sempurna. Perbedaan usia 10 tahun antara keduanya justru meyakinkan Raisa menemukan sosok yang mampu membimbing hidupnya.

Tak ragu, Raisa mengungkapkan kekagumannya kepada pria kelahiran Australia 37 tahun silam tersebut. "Dia itu ngemong banget. Ya dia perfect for me," ungkap Raisa.


Selanjutnya pasangan ini yakin bisa saling mendukung karir satu sama lain. "Kami masih terus dengan kegiatan masing-masing, saling support, saya masih terus nyanyi," kata Raisa.

 

Sebagai salah satu buktinya, di akhir tahun nanti, Raisa sudah menyiapkan karya terbarunya. Begitu juga dengan Hamish Daud, yang masih akan tetap aktif di dunia hiburan dan juga mengerjakan projek yang berhubungan dengan lingkungan.(an)

Sunday, 20 August 2017 06:17

Pakde Karwo: Kampus Harus Jadi Tempat Mengkaji

Written by
 
 
 
SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) Keberadaan kampus sebagai tempat menuntut ilmu harus dijadikan pula sebagai tempat mengkaji secara ilmiah proses-proses kultural, konstitusional dan politik. Jangan sampai keberadaan kampus justru disalahgunakan sebagai tempat berkembangnya paham-paham yang bertentangan dengan ketiga proses itu.
 
Hal ini disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo usai mendampingi Menteri Dalam Negeri mengikuti jalan santai dan orasi ilmiah dalam rangka penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Lidah Wetan Surabaya, Minggu (20/8) pagi.
 
Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim mengatakan, proses kuktural, politik dan konstitusional bangsa ini sudah dibangun sejak lama. Proses kultural dimulai Tahun 1908 saat Boedi Utomo, proses politik dimulai Tahun 1928 saat sumpah pemuda, serta proses konstitusional pada Tanggal 18 Agustus 1945 saat ditetapkannya konstitusi melalui UUD. Di luar ketiga kesepakatan itu, segala bentuk penyelewengan tidak dibenarkan. 
 
"Untuk menjadikan saling konsensus butuh proses panjang, jadi mahasiswa harus mengkaji ketiga proses itu secara ilmiah, jangan membuat kampus tempat menyelewengkan paham-paham itu," terang Pakde Karwo.
 
Menurutnya, negara manapun di dunia ini bila sudah konstitusional, maka segala paham di luar itu tidak dibolehkan. Sehingga kepada siapapun termasuk mahasiswa, Pakde Karwo berpesan agar menyampaikan aspirasi dan pendapatnya secara santun sesuai konstitusi. "Ini negara beradab, basisnya kultural, jadi boleh berpendapat tapi tetap dalam konstitusi," tegasnya. 
 
 
*Minta* *Unesa* *Kembangkan* *Vokasional*
 
Dalam kesempatan ini, Pakde Karwo meminta Unesa untuk mendukung pengembangan program-program Pemprov Jatim terutama dalam hal pengembangan pendidikan vokasional. Ia meminta Unesa melalui Fakultas Teknik-nya membina SMK yang ada di sekitarnya.
 
Saat ini di Jatim ada sekitar 1.700 SMK swasta, akan tetapi baru 45 persennya yang sudah terakreditasi baik. “Nanti akan kami kembangkan kerjasama dengan Unesa terkait hal ini, sehingga SMK yang belum baik ini bisa naik standarnya, agar ketika lulus, siswanya bisa mendapat pekerjaan yang layak tak hanya di Jatim tapi juga di luar negeri,” katanya.
 
Di akhir, Pakde Karwo menyambut baik kedatangan para mahasiswa baru Unesa yang tak hanya dari Jatim, tapi juga dari daerah lain seperti Aceh dan Papua. “Selamat datang kepada semua mahasiswa di provinsi paling aman dan nyaman di Indonesia ini. Anda datang ke tempat yang tepat karena Jatim memiliki satu komiten untuk menjaga NKRI, Pancasila, dan UUD 1945,” pungkasnya.
 
 
*Pesan* *Mendagri*
Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo berpesan empat hal untuk mahasiswa baru Unesa. Pertama, mahasiswa harus mempunyai imajinasi dan mimpi. Melalui imajinasi ini, mahasiswa bisa membangun konsepsi sehingga punya keberanian untuk mewujudkan impian itu. “Persiapkan konsepsi itu di berbagai disiplin ilmu yang kalian pelajari. Bagaimana menggerakkan apa yang menjadi gagasan itu dengan keberanian,” katanya.
 
Tjahjo mengatakan, kesuksesan dalam menggerakkan gagasan ini terlihat jelas di Jatim. Dimana provinsi ini menjadi satu-satunya provinsi yang sering mendapat penghargaan di tingkat nasional. “Ini karena pemimpin Jatim mampu menggerakkan dan mengkoordinir masyarakat sekecil apapun. Kalian pemimpin masa depan, jadi bagaimana ilmu yang didapat di Unesa bisa dikembangkan ke daerah kalian masing-masing,” pesannya.
 
Kedua, mewaspadai bahaya narkoba. Menurutnya, setiap hari rata-rata 60 orang meninggal karena narkoba. Untuk itu ia berpesan pada mahasiswa untuk menjaga jangan sampai narkoba masuk lingkungan kampus. Ketiga, mewaspadai bahaya radikalisme dan terorisme. Mahasiswa diminta harus  cermat dan pandai bergaul terhadap lingkungan sekitar. Serta jeli melihat bila ada bahaya yang mengancam di sekitar lingkungannya.
 
Keempat, memiliki komitmen menjaga NKRI dan memegang teguh ideologi bangsa. Komitmen ini harus dipegang teguh sebagai warga negara yang baik. Negara ini, lanjutnya, menjamin kebebasan dan kemerdekaan untuk berpendapat, tapi jangan melanggar konstitusi dan ideologi.
 
“Mahasiswa jangan hanya berfikir untuk mencari gelar. Luangkan waktu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dan sekitar termasuk teman-teman dari daerah lain. Kita juga tidak boleh kehilangan jati diri, sehingga harus ikut serta melawan pihak-pihak yang ingin mengganggu NKRI dan ideologi kita,” pesannya.
 
Acara PKKMB Unesa ini diikuti oleh 5.856 mahasiswa baru dari seluruh daerah di tanah air. Turut hadir dalam acara ini Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Machfud Arifin.(fd/wi)

 

 MALANG( KORANRAKYAT.COM)  Para akademisi dan profesional yang berkumpul mengikuti Seminar internasional dengan tema “Sustainable development Goals 2030 Challenge and Solutions”.Seminar internasional ini menjadi bentuk sumbangsih Unmer Malang bagi kemajuan ilmu pengetahuan internasional dengan mengangkat tiga tema penting yaitu permasalahan Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. Dalam sambutannya Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si. menyampaikan “setiap negara di dunia tidak bisa lepas dari permasalahan ekonomi, sosial dan lingkungan. Melalui seminar ini, kita dapat berbagi solusi untuk menghadapi tantangan di era global pada  Sabtu (12/8) di ruang PPI, kantor pusat Universitas Merdeka (Unmer) Malang

Sejumlah tokoh  tokoh akademisi tingkat dunia yang mengisi seminar internasional kali ini, antara lain Prof. Ueno Susumu (Konan University, Jepang), Prof. Dr Hj Normah Omar (Universiti Teknologi Mara, Malaysia),  Prof. Millind Sathye (University of Canberra, Australia). Mereka membahas tentang isu seputar masalah ekonomi global sekaligus memberikan wawasan seputar dunia akuntansi. Berikutnya diselenggarakan tele-confrence dengan Prof. Zhenjiang Shen (Kanazawa University) dengan presentasi topik Smart City serta Prof. Peter Newman (Curtin University) tentang energi alternatif dan emisi bahan bakar.

Selain tokoh internasional seminar ini juga diisi oleh tokoh akademisi nasional yang kompeten di bidangnya seperti Prof. Dr. Grahita Chandrarin, SE., M.Si., Ak.,CA (Presiden APMAA) dan Prof. Ade Fatma Lubis (Universitas Sumatera Utara). Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna, SH., MM. turut hadir menjadi tamu kehormatan.

Turut diumumkan pula pemenang Best Paper dari sesi Call for Papers yang diadakan sehari sebelumnya (11/8). Adapun para pemenang tersebut adalah : Juara 1 (Darmae Nasir dan Yossita Wisman / The Implementation of Sustainable Livelihood Approach in Developing Country; A Proposal to Solve Problem of Poverty, Hunger, Low Quality of education and Health), Juara 2 (Sahnaza Ubud / Community Development Model by Creating a Local Innovation Based on Quadruple Helix Approach) dan Juara 3 (Nur Rachman, Supadmana Muda, I.N.G Wardana, Nurkholis Hamidi, Lilis Yuliati dan Aries Boedi Setiawan / The Total Impulse Study of Solid Propellant Combustion Containing Activated Carbon from Coconut Shell as A Catalyst). Para pemenang mendapatkan hadiah sebesar seratus US Dollar.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para peserta seminar internasional ini. Tentunya kami akan melakukan evaluasi dan mengangkat topik yang menarik dalam pertemuan yang akan datang.” Tutur Diana Zuhroh, Dra., M.Si., Ak.,CA. selaku panitia acara.(fd)

 

 

.
CIAMIS(KORANRAKYAT.COM) Melalui Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp1.890.000 yang dapat diambil dalam empat tahap. 
 
Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa bantuan tersebut digunakan hanya untuk keperluan anak-anak sekolah, pendidikan dan juga untuk tambahan modal kerja. Hal ini disampaikan Presiden
 
ketika menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendopo Kabupaten Ciamis, Sabtu 10 Juni 2017.
 
Presiden mengingatkan agar bantuan tersebut tidak digunakan untuk membeli rokok dan pulsa. "Uang PKH ini dipakai untuk anak-anak sekolah kita, untuk pendidikan anak-anak kita, bukan untuk
 
lain-lain. Kalau ketahuan dipakai untuk hal yang di luar yang sudah ditentukan kartunya dicabut," ujar Presiden.
 
Sementara itu, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) diberikan kepada ibu hamil, anak balita dan anak-anak sekolah dasar. Presiden pun menjelaskan aturan mengkonsumsi makanan tambahan
 
berupa biskuit. 
 
"Tolong agar bermanfaat bagi anak-anak kita, baik yang masih dalam kandungan, yang sudah lahir, maupun yang sudah sekolah agar gizi anak-anak kita terpelihara karena ke depan nanti 10 tahun
 
20 tahun yang akan datang persaingan kita sangat ketat sekali," ujar Presiden. 
 
Oleh sebab itu, Presiden mengingatkan agar anak-anak Indonesia harus sehat dan pintar. "Untuk memenangkan persaingan antar negara," ujar Presiden.
 
Turut mendampingi Presiden, Menteri Sosial Khohifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan Nila Moeloe, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Staf Kepresidenan
 
Teten Masduki.(eas/im)

 

 

MALANG (KORANRAKYAT.COM), Mengawali kegiatannya di Kota Malang, Presiden Joko Widodo menyerahkan 1.000 Kartu Indonesia Pintar kepada siswa SD, SMP, SMA, SMK dan juga program Keseteraan (Paket A, Paket B, dan Paket C) di Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, pada Rabu, 24 Mei 2017.

 “Senang sekali bisa bertemu dengan anak-anakku semuanya,” ucap Presiden menyapa para siswa yang hadir.Besaran bantuan yang didapatkan para siswa penerima bantuan ialah sebesar Rp450 ribu per tahun untuk yang berada di tingkat SD, Rp750 ribu bagi yang berada di tingkat SMP, dan Rp1 juta bagi pelajar SMA atau SMK. Untuk siswa paket kesetaraan sesuai dengan paket yang diikuti, Paket A senilai dengan bantuan untuk siswa SD, Paket B senilai dengan bantuan untuk siswa SMP, dan Paket C senilai dengan bantuan untuk siswa SMA.

 Presiden berpesan agar bantuan tersebut hanya digunakan untuk membeli keperluan sekolah."Untuk beli pulsa, hati-hati tidak boleh. Kalau ketahuan untuk beli pulsa kartunya dicabut," kata Presiden.Presiden mengharapkan agar para siswa rajin belajar tanpa kenal lelah. Mengingat pendidikan yang tinggi dapat menjadi bekal para siswa untuk menghadapi era kompetisi yang semakin ketat di masa mendatang."Saya harapkan anak-anak terus belajar karena dengan belajar itulah anak-anak mencapai cita-cita yang kita inginkan," ucap Presiden.

 Di akhir acara, Presiden Jokowi sebagaimana biasanya juga memberikan kuis yang berhadiah sepeda kepada siswa yang hadir.Turut mendampingi Presiden, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wali Kota Malang M. Anton.(fd)

MALANG,(KORANRAKYAT.COM)Presiden Joko Widodo menghadiri acara penganugerahan gelar Guru Besar K.H. Ma'ruf Amin di Aula Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, pada Rabu, 24 Mei 2017. 

 Prof. Dr.(H.C.) K.H. Ma'ruf Amin mendapat gelar Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syari'ah pada Fakultas Syari'ah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

 K.H. Ma'ruf Amin yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul 'Solusi Hukum Islam (Makharij Fiqhiyyah) sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia'.

 Setelah membacakan orasi ilmiahnya, K.H. Ma'ruf Amin menerima Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir.

 Tak berapa lama, Prof. Dr. Imam Prayogo selaku Ketua Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menutup Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

 Presiden Joko Widodo kemudian memberikan ucapan selamat kepada K.H. Ma'ruf Amin. Selain Presiden, tampak pula memberikan ucapan selamat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.(eas)

Saturday, 06 May 2017 03:07

Walikota Bitung Pimpin Upacara Hardiknas

Written by

 Bitung(K,oranrakyat.com)Upacara Hari pendidikan Nasional(Hardijanti)Selasa  2 mei 2017, yang bertempat di lapangan upacara  kantor walikota bitung, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE, M.Si bersama Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, mengikuti upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2017.

Yang hadir juga dalam upacara Unsur Forkompimda kota bitung, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota bitung, Pimpinan dan anggota DPRD kota bitung, para Kepala UPT DIKBUD danpara pengawas sekolah se kota bitung, para Kepala Sekolah, guru-guru, dan segenap insan pendidikan.

Dalam sambutannya, Walikota Bitung Maximiliaan Lomban , Selasa 2 Mei 2017 mengatakan mengapresiasi kepada semua pihak, pada semua pelaku pendidikan yang telah mengambil peran aktif untuk mencerdaskan saudara sebangsa, dan untuk para pendidik di semua jenjang yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia berkarakter mulia, yang mampu meraih cita-cita dan menjadi pembelajar sepanjang hidup. "Pendidikan telah membuka mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri BHINEKA yang modern, sebuah negara yang berakar pada adat budaya bangsa nusantara, dengan beralaskan semangat gotong royong, tetapi tetap mengedepankan dan menumbuhkembangkan prinsip kesejajaran dan kesaruan sebagai sebuah negara modern," ujarnys.

Selanjutnya, Lamban menegaskan dalam momentum memperingati HARDIKNAS ini mari kita bekerja keras untuk membuka lebar-lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan dengan mengubah perspektif kita bahwa pendidikan . "Bukan hanya urusan pemerintah melainkan juga tanggung jawab kita bersama," tegasnya.(hd/vk)

 

 

 

 

 

 

 

Bitung (Koranrakyat.com)-Upaya untuk mempererat hubungan antara tugas antar agama, terutama memperkuat hubungan dikalangan masyarakat dan profesi, Kantor Kementrian Agama Kota Bitung melaksanakan dialog lintas agama dengan berbagai lapisan masyarakat dan profesi di Kota Bitung.

Dialog ini diselenggarakan mengacu pada Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 29 Ayat 1 dan 2 bahwa setiap warga negara mempunyai hak dan kebebasan dalam memeluk agama dan kepercayaan masing-masing.

Dialog yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan perwakilan dari berbagai Agama yang ada di Kota Bitung, para Tokoh Agama, Tokoh Budaya dan beberapa perwakilan Organisasi Masyarakat ini secara langsung dibuka oleh Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri yang bertempat di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung Kamis, 4 Mei 2017.

Dalam sambutannya. Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri mengatakan kita sebagai masyarakat yang beragama harus berpikir positif, universal sehingga kita tidak hanya bergantung pada situasi di lingkungan kita. Mulai menyerap segala hal positif yang ada di seluruh dunia tanpa menghilangkan kebiasaan dan budaya asli kita. Dan yang menjadi dasar utama adalah Integritas dan kejujuran sehingga ini menjadi banyak alasan dimana negara-negara maju di dunia. " Dari semua Negara-negara maju di dunia, berdasarkan penelitian bukan karena faktor pendidikan, pendidikan itu hanya faktor penunjang sedangkan faktor utama kemajuan Negara-negara tersebut adalah Kejujuran ". Ujarnya.

Lanjutnya, Mantiri menegaskan kita sebagai masyarakat Kota Bitung perlu untuk lebih meningkatkan kejujuran yang berlaku ditengah-tengah kehidupan keberagaman Budaya dan Agama kita sehingga kehidupan yang rukun, aman, sejahtera dan maju dapat menjadi bagian dari kita masyarakat Kota Bitung." dalam Dialog ini Kepala Polisi Resort Kota Bitung. Philemon Ginting, tegasnya. (hd/vk)

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.com-Diminta wartawan pahami UU Pers No.40 Tahun 1999, untuk antisipasi Maraknya berita Hoax yang  bersumber pada media sosial dan   tak adanya konfirmasi.

Ketua Dewan Pers,  Josep Adi Prasetyo ditemui di Mabes Polri disela-sela diskusi integritas Pers, Rabu(5/4)2017 mengatakan cara kita mengatasi berita hoax itu adalah mengembalikan marwah jurnalisme ini , kepada siapa ya kepada teman-teman wartawan kembali kepada kode etik jurnalistik Undang-undang Pers No.40 tahun 1999. "Teman-teman juga  berhati-hati mengunakan sumber media sosial tanpa verifikasi  ,jangan diberitakan, " ujarnya.

Selanjutnya, Josep menegaskan anggap saja itu informasi , potongan-potongan informasi itu harus bisa dijahit dengan proses yang  namanya verifikasi dan recek and receking kembali kepada sumber-sumber yang diberitakan. " Pasalnya berita itu harus jelas sumber dan kebenaran faktanya," tegasnya.

 

Untuk itu, Josep menjelaskan media manstrim harus kembali pada fungsinya untuk melayani  publik  dan jangan melayani kepentingan pemilik, jangan melayani kepentingan partai ." Boleh saja pemiliknya orang partai atau orangnya pendukung salah satu partai  tetapi news room adalah ruang sakral untuk teman-teman wartawan, sangat rawan tolong dijaga news room ini, agar benar-benar independent itu dan itu taruhan bagi setiap  wartawan dan taruhan kepada setiap pemimpin redaksi menjaga netralitas itu namanya ruang redaksi," jelasnya.(vk)  

 

 

JAKARTA,KORANRAKYAT.com,-Setelah melakukan kunjungan kenegaraan resmi selama dua hari di Sydney, Australia. Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan agenda terakhirnya sebelum kembali ke Tanah Air yaitu melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Australia di Darling Harbour Theatre, International Convention Center (ICC), Minggu petang, 26 Februari 2017.

Acara yang dimeriahkan oleh penampilan komedian Sule dan Andre serta penyanyi Rizki Febian tersebut dihadiri tak kurang dari 2500 masyarakat.

Presiden Joko Widodo tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 waktu setempat dan langsung disambut meriah oleh masyarakat yang hadir. Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema beserta istri kemudian menuju panggung utama 

Acara dimulai dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya. Namun di luar agenda, Presiden kembali turun untuk menyapa masyarakat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa Indonesia saat ini tengah membangun terutama dalam bidang infrastukruktur. Oleh karena itu, Presiden mengharapkan agar pelajar yang saat ini masih di Australia dapat kembali ke tanah air setelah menyelesaikan studinya.

"Yang belajar di sini segera kembali ke tanah air, yang sudah bekerja di sini, silakan buka bisnis di Tanah Air. Negara membutuhkan SDM yang memiliki kecerdasan, keterampilan, dan integritas yang tinggi, produktivitas tinggi, karena itulah dengan itulah kita nanti bisa bersaing dengan negara-negara lain," kata Presiden Jokowi 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memaparkan berbagai proyek infrastruktur yang saat ini tengah dibangun di Indonesia. Harapannya adalah dalam beberapa tahun ke depan, indeks daya saing bangsa dapat meningkat dan Indonesia dapat berkompetisi dengan negara lain.

"Kemudian masalah infrastruktur, dalam lima tahun kita ingin fokus membangun infasruktur. Karena ini memang _basic_ dari pembangunan, oleh karena itu anggaran kita naikkan supaya kita fokus di situ," imbuhnya.

Presiden juga menghimbau kepada masyarakat yang hadir untuk selalu optimis terhadap kemajuan bangsa, walaupun saat ini masih banyak tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, masyarakat diajak untuk tidak mudah mengeluh dan putus asa.

"Kita ini negara besar, Indonesia itu negara besar. Awal-awal sakit tidak apa, tapi lihat ke depan ada sesuatu yang ingin kita capai," ujar Presiden disambut tepuk tangan hadirin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga sempat memberikan kuis kepada masyarakat yang hadir sebagaimana ia selalu lakukan saat berkunjung ke daerah.

"Saya kalau ke daerah biasa memberikan kuis sepeda, tapi di sini saya mikir bawanya seperti apa. Tapi saya persilakan, saya akan tunjuk satu orang nanti hadiahnya akan saya kirim dari Jakarta," kata Presiden.

Seorang mahasiswa asal Yogyakarta bernama Mika yang ditunjuk langsung oleh Presiden kemudian berhasil menjawab pertanyaan Presiden yang menanyakan 7 suku di Tanah Air.

"Saya akan kirim sepeda nanti," ujar Presiden disambut tawa hadirin.

Di akhir acara, Presiden Jokowi juga sempat menandatangani sertifikat peresmian tiga Balai Bahasa Indonesia di tiga kota di Australia yakni Perth, Melbourne, dan Canberra 

Tampak hadir dalam acara tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Sebelum menuju Bandara Internasional Sydney untuk selanjutnya bertolak ke Tanah Air, Presiden Jokowi juga sempat melayani permintaan foto para masyarakat.(eas)

 

 

 

 

 

.
 
JAKARTA,KORANRAKYAT.com,-Selain menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Islam, Senin, 20 Februari 2017, Presiden Joko Widodo juga menerima kunjungan Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah di Istana Merdeka, Jakarta. Turut hadir dari pihak PP Pemuda Muhammadiyah, ketua umum Dahnil Anzar Simanjuntak beserta anggotanya. Sementara Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
 
Usai pertemuan, Dahnil mengungkapkan bahwa PP Pemuda Muhammadiyah berkunjung atas undangan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan itu, mereka membicarakan soal isu-isu kebangsaan yang menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu masalah yang kini dihadapi bangsa Indonesia ialah persoalan mengenai integritas.
 
Indonesia sesungguhnya memiliki banyak orang cerdas di bidangnya masing-masing. Namun, menurut PP Pemuda Muhammadiyah, dari sekian banyak tersebut masih sedikit sekali ditemukan orang yang berintegritas.
 
"Kami menitipkan tentu poin visi antikorupsi yang terus harus dirawat oleh Pak Jokowi," ucapnya.
 
Maka itu, PP Pemuda Muhammadiyah menyampaikan hasil riset Madrasah Antikorupsi Pemuda Muhammadiyah. Hasil riset tersebut mengungkap bahwa praktik rente jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) berpotensi menimbulkan jual beli jabatan dengan jumlah transaksi sebesar Rp44 triliun.
 
"Riset ini dilakukan di sepuluh kabupaten/kota. Kami temukan ada potensi jual beli jabatan ASN mulai dari Rp400 juta sampai dengan Rp1 milyar," Dahnil menjelaskan.
 
Presiden Joko Widodo sendiri secara serius menanggapi hasil riset tersebut. Ia pun berkomitmen untuk terus melawan praktik korupsi dan pungutan liar yang terjadi. 
 
"Jadi kawan-kawan sekalian, pada prinsipnya Pak Jokowi ingin melawan itu," ujarnya.
 
Selain itu, PP Pemuda Muhammadiyah turut mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam agenda yang diselenggarakan olehnya bersama dengan kelompok-kelompok keagamaan lainnya. Agenda tersebut rencananya akan dilakukan dengan menggelar kegiatan bersih-bersih rumah ibadah.
 
"Bersih-bersih rumah ibadah tanggal 28 Februari nanti itu salah satunya di gereja di Jakarta ini. Ini programnya Pemuda Muhammadiyah yang sudah berlangsung selama satu tahun ini," tuturnya mengakhiri.(eas)
 

 

Jakarta,koranrakyat.com,-"Peringatan 88 tahun Hari Sumpah Pemuda kita rayakan malam ini dengan seni dan budaya. Ayo merapat ke Istana," ajak Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter-nya menjelang acara.

Sekali lagi pintu Istana dibuka bagi masyarakat umum. Untuk kali pertama, pagelaran seni dan budaya dengan tajuk "Nusantara Berdendang" guna memperingati Hari Sumpah Pemuda digelar di halaman Istana Merdeka pada Jumat malam, 28 Oktober 2016. Tak ayal, beberapa jam sebelum pagelaran dimulai, masyarakat umum telah tampak memenuhi lokasi. Hujan yang sempat turun tak menghalangi antusiasme masyarakat untuk hadir.

Tepat pukul 19.45 WIB, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla serta Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bersama para menteri anggota Kabinet Kerja keluar dari Istana dan langsung menuju lokasi acara dan berbaur bersama masyarakat yang telah hadir. Lagu Nyiur Melambai mengiringi mereka menuju panggung penonton dan berbaur dengan masyarakat. Acara kemudian resmi dimulai dengan kumandang lagu Indonesia Raya dan pertunjukan tari Pa'jaga Makkunraev yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Sejurus kemudian, bangunan Istana Merdeka tampak berubah fungsi menjadi "layar" raksasa penayangan visual tapak tilas Sumpah Pemuda dan perjuangan para pemuda di tahun 1928. Presiden dan seluruh masyarakat yang hadir dibuat terkesima dengan penayangan visual tersebut.

Tak lama setelahnya, peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil, dari pasangan ganda campuran bulu tangkis Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir hadir di panggung acara. Keduanya membacakan keputusan Kongres Pemuda dan Pemudi Indonesia yang di kemudian hari dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Malam tersebut, keduanya merupakan simbol dari perjuangan pemuda Indonesia yang penuh prestasi.

Rangkaian acara kemudian berlanjut pada pertunjukan budaya tarian daerah. Di tengah pertunjukan, Presiden Joko Widodo sempat beranjak dari tempat duduknya untuk menuju posisi panggung yang lebih tinggi. Tampaknya beliau ingin mendapatkan sudut pandang yang lebih luas di sana sebelum kembali ke tempat duduknya semula. Sontak saja, hal tersebut menimbulkan riuh sejumlah masyarakat yang ada di bagian panggung tersebut.

Pagelaran seni dan budaya Nusantara Berdendang ditutup dengan medley lagu-lagu daerah di mana seluruh penampil tampil dan berkolaborasi dalam satu koreografi. Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Kalla serta Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri turut menyempatkan diri untuk berfoto bersama seluruh pendukung acara setelah pertunjukan selesai.

*Antusiasme dan Apresiasi yang Diberikan Masyarakat*

Beragam tanggapan positif diberikan masyarakat terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Istana Merdeka malam ini. Kesenian dan budaya Indonesia yang coba diangkat dalam peringatan ini mendapatkan apresiasi tersendiri dari masyarakat yang hadir. Audre dan Alan, pelajar dari SMA 8 yang turut hadir misalnya, mengapresiasi pertunjukan seni dan budaya yang digelar.

"Indonesia justru dikenal dunia karena keberagamannya, budayanya juga banyak. Menurut saya seni dan budaya yang diangkat di acara ini bagus, karena mengangkat citra Indonesia sendiri. Itu yang membuat Indonesia beda dan bisa menunjukkan ciri khas," ujar Audre ketika ditemui tim Biro Pers, Media dan Informasi di lokasi acara.

Terhadap Istana Kepresidenan yang kini semakin terbuka bagi masyarakat umum juga mendapatkan perhatian dari keduanya. Menurut Audre, rakyat juga perlu mengetahui seperti apa Istana Kepresidenan itu. Sebab, biar bagaimanapun juga, masyarakat memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap Istana. Acara-acara yang digelar serupa ini merupakan salah satu yang dapat menjadikan masyarakat untuk tidak takut maupun khawatir untuk mendekat ke dalamnya.

"Acara serupa ini ke depannya harus diperbanyak lagi," timpal Alan.

Senada dengan Audre dan Alan, bentuk peringatan Sumpah Pemuda yang berupa pertunjukan seni dan budaya juga didukung penuh oleh Vero, 26 tahun, yang datang dari Jakarta Timur. Baginya yang baru pertama kali ini ke Istana, momentum tersebut bisa membuatnya untuk setidaknya merasa lebih dekat dengan Presiden Joko Widodo.

"Bagus banget, soalnya kalau upacara kan biasanya membosankan ya. Kalau ini pagelaran seni, selain mengenal budaya, kita juga bisa menambah pengetahuan. Semoga setiap tahun bisa diadakan lagi. Karena bisa ngedeketin kita dengan Presiden kita sendiri," ucapnya penuh semangat.

Selain itu, Beti, seorang ibu yang datang dari Petojo Utara mengaku tetap semangat menghadiri acara tersebut meskipun hujan deras sempat mengguyur lokasi. Ia juga berharap agar acara serupa tetap digelar di kemudian hari.

"Baru kali ini diadakan acara Sumpah Pemuda, selama ini kan cuma ada acara ketika 17 Agustus. Walaupun hujan, saya tetap hadir. Harapan ke depannya agar terus digelar yang seperti ini, biar masyarakat itu tahu bahwa Istana ini Istananya rakyat juga," ujarnya.(eas)



Jakarta,koranrakyat.com,-Tak lama lagi, figur lilin seorang Presiden Joko Widodo akan menghiasi Museum Madame Tussauds yang telah dikenal dengan koleksi karya figur lilin para tokoh dunia. Presiden Jokowi sendiri dipastikan akan menjadi presiden kedua Indonesia yang mendapatkan kehormatan untuk diabadikan di sana setelah Presiden Soekarno.

Figur Presiden Joko Widodo nantinya akan menjadi koleksi salah satu Museum Madame Tussauds yang berlokasi di Hong Kong. Pembuatan figur Presiden Jokowi didasari atas tingginya permintaan pengunjung Madame Tussauds Hong Kong mengenai sosok Presiden Joko Widodo sebagai seorang pemimpin dunia yang pantas diabadikan dalam museum tersebut.

"Madame Tussauds secara reguler mengadakan survey dan ketika kami bertanya kepada pengunjung kami, siapakah tokoh yang ingin Anda lihat selanjutnya? Nama Presiden Joko Widodo kemudian muncul di peringkat teratas," terang General Manager Madame Tussauds Hong Kong, Jenny You.

Terhadap hasil tersebut, pihaknya kemudian melakukan penelitian terkait tokoh Presiden dan mereka mempercayai bahwa Presiden Joko Widodo merupakan tokoh yang merakyat dan peduli terhadap masyarakat kecil. Selain itu, Joko Widodo juga sangat menaruh perhatian pada pemberantasan korupsi.

"Kami sangat yakin bahwa Presiden Joko Widodo akan menjadi figur pemimpin terbaik untuk bergabung dengan Madame Tussauds di Hong Kong tahun depan," lanjutnya.

Senada dengan Jenny, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong, Tri Tharyat, menambahkan bahwa dalam survey tersebut, Presiden Joko Widodo menempati peringkat pertama dalam survey bila disandingkan dengan pemimpin-pemimpin politik lainnya. Survey tersebut dilakukan Madame Tussauds selama satu tahun terakhir.

"Di antara pemimpin politik lainnya, Presiden Joko Widodo menempati peringkat pertama dalam survey. Survey dilakukan dalam satu tahun terakhir," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam survey tersebut, Presiden Joko Widodo menempati peringkat ketiga di bawah Eason Chan dan juga Big Bang. Keduanya datang dari latar belakang artis dan musisi. Sementara itu, tepat di bawah Presiden terdapat nama Lionel Messi yang merupakan pesepakbola terkenal asal Argentina. Dari kalangan politik, Donald Trump dan Hillary Clinton sebagai calon Presiden Amerika Serikat juga secara berturut-turut berada pada peringkat ke-5 dan ke-8 dalam survey tersebut.

Nantinya, figur Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong akan bersanding berhadapan dengan sosok Presiden Soekarno yang tinggi gagah dan tampil sempurna dengan senyum penuh wibawa. Selain menjadi presiden kedua Indonesia yang diabadikan dalam museum tersebut, figur Presiden Jokowi sekaligus akan menjadi satu-satunya kepala negara di Asia Tenggara yang masih aktif yang menghiasi museum tersebut.

Menurut keterangan pihak Madame Tussauds Hong Kong, figur lilin pria kelahiran Solo tersebut direncanakan untuk menggantikan posisi figur Presiden Obama dan akan diberikan ruang pamer yang cukup luas. Sebelumnya, figur sejumlah pemimpin dunia telah diabadikan dalam museum tersebut, di antaranya Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela.

Proses pembuatan figur lilin tersebut diperkirakan akan berlangsung selama sekira enam bulan ke depan dan dibuat secara khusus di London, Inggris. Madame Tussauds Hong Kong sendiri menargetkan untuk dapat memperkenalkan figur lilin Presiden secara resmi jelang musim panas 2017 mendatang.

Tim dari Madame Tussauds sendiri secara khusus bertolak dari Inggris menuju Jakarta guna melakukan pengukuran postur Presiden Joko Widodo. Mereka sendiri mengaku sangat antusias dalam proses pembuatan figur tersebut. Apalagi Presiden Joko Widodo akan menyumbangkan koleksi batiknya yang akan dikenakan di salah satu pose figur lilin tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menganggap bahwa kesederhanaan seorang Presiden Joko Widodo yang selama ini diperlihatkan mampu menarik perhatian masyarakat internasional. Indonesia pun disebutnya patut berbangga dengan kehadiran figur Presiden di Madame Tussauds.

"Bangsa Indonesia patut berbangga dengan pemasangan figur lilin Presiden kita di Madame Tussauds, Hongkong. Ini menunjukkan betapa pribadi Pak Jokowi yang sederhana dan merakyat juga menarik perhatian masyarakat internasional," ujar Pratikno ketika diminta tanggapannya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Djumala Darmansyah mengatakan bahwa pembuatan figur tersebut bukan semata-mata hendak mencitrakan seorang Presiden Joko Widodo saja. Namun, dengan adanya figur tersebut, akan terbentuk dengan sendirinya _nation branding_ Indonesia di dunia internasional.

"Figur lilin Jokowi bukan hanya mencitrakan Pak Jokowi, melainkan juga mempromosikan Indonesia," terang Djumala saat mendampingi Presiden di JI-Expo Kemayoran pagi tadi.

Pembuatan figur lilin tersebut diperkirakan menelan biaya sekira HKD 1,8 juta. Namun demikian, pemerintah Indonesia sama sekali tidak mengeluarkan biaya dalam pembuatan figur tersebut. Adalah pihak Madame Tussauds yang memintanya dan menanggung keseluruhan biaya.

"Nol rupiah. Itu karena ketokohan Pak Jokowi. Karena itu dia dipilih," pungkas Djumala.(eas)

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  Next 
  •  End 
Page 1 of 9

Face Book Galleries

TIONGKOK(KORANRAKYAT.COM) Sekretaris Daerah Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Soekardi membuka pusat promosi investasi, dagang,...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima...
BANJAR, KORANRAKYAT.COM- Polres Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, mengadakan  Forum Group Discotion (FGD)  anti...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Adanya pengeroyokan  pemukulan dan pemukulan terhadap Saldi Hermanto   salah satu...
  BANJAR,(KORANRAKYAT.COM)- .Babinkamtibmas  membuka lahan dengan menanam tanaman Hilikultura  Cabe, Semangka...
SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim berencana membeli kembali...
Jakarta,Koranrakyat.com- Upaya menyelesaikan dan membahas kasus Ketua Fraksi Partai Nasdem Victor Laiskodat nampaknya...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)- Adanya dugaan  aliran radikalisme dan aksi teroris yang mengancam keamanan tetap menjadi...
BOGOR (KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan perubahan yang saat ini sedang terjadi dengan begitu...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Dugaan suap terkait pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Provinsi...