Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Brigjen Pol Drs Supratman Pulang Kampung Jabat Kapolda Bengkulu
Last Updated on Jan 24 2019

Brigjen Pol Drs Supratman Pulang Kampung Jabat Kapolda Bengkulu

  BENGKULU,(KORANRAKYAT.COM)  – Putra asli Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat. Mendapat amanat baru dipercaya menjadi Kapolda Bengkulu, yang baru. Supratman menggantikan posisi Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung, yang menjadi...
Satgas Mafia Bola Geledah Rumah Dayat Bekas Exco PSSI Hidayat
Last Updated on Jan 23 2019

Satgas Mafia Bola Geledah Rumah Dayat Bekas Exco PSSI Hidayat

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM -, Satgas anti mafia bola melakukan pengeledahan rumah  anggota komite eksekutif(Exco) PSSI Hidayat. Ini dilakukan untuk memperoleh barang bukti menyangkut masalah terlapor.              Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi...
Empat Berkas Perkara Mafia Bola Dalam Pengaturan Skor Segera Dilimpahkan
Last Updated on Jan 21 2019

Empat Berkas Perkara Mafia Bola Dalam Pengaturan Skor Segera Dilimpahkan

    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM- Perjalan pemeriksaan yang dilakukan Satgas Antimafia Bola Polri saat ini fokus menyelesaikan berkas perkara empat tersangka kasus dugaan pengaturan skor dalam sepakbola Indonesia. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo...
Polda Kembali Bongkar 21 Artis Diduga Terlibat Bisnis Esek Esek
Last Updated on Jan 21 2019

Polda Kembali Bongkar 21 Artis Diduga Terlibat Bisnis Esek Esek

    SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan kembali mengungkap inisial nama-nama artis yang diduga terkait kasus esek esek online. Siapa saja mereka? Sebelumnya, Luki baru mengungkap enam nama yang diduga kuat terlibat dalam jaringan bisnis haram ini. Keenamnya adalah...
Tim Gabungan Akan Diturunkan Ke Tinombala Bila Ali Kalora Tak Menyerahkan Diri
Last Updated on Jan 21 2019

Tim Gabungan Akan Diturunkan Ke Tinombala Bila Ali Kalora Tak Menyerahkan Diri

  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Ditetapkan sampai 29 Januari 2019 untuk  kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora Cs tidak menyerahkan diri, tim gabungan TNI-Polri yang akan melakukan tindakan represif.         Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri...

World Today

Wednesday, 24 October 2018 14:05

Polresta Manado Terapkan Program Patroli Sabhara Atasi Kejahatan Di Jalan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

MANADO, KORANRAKYAT.COM- Upaya mengatasi pemabuk dalam pengamanan wilayah  akhirnya disikapi mengatasi orang mabuk  dibuat  program patroli Sahbara dengan Pola 5-8 sehingga mampu meminimalisir, mabuk mabukan dan mengatasi  kejahatan dan perkelahian remaja.

            Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara di temui di Manado(22/10)2018 mengatakan masalah utama yang dihadapi dalam pengamanan di wilayah Manado adalah pemabuk jalanan. Karena itu, pihaknya meminta jajarannya hingga tingkat polsek untuk memberantas orang mabuk di Jalanan. Prioritas lainnya masalah senjata tajam (Sajam).
“Karena kejahatan kriminal di Manado paling banyak diakibatkan dua hal ini, mabuk dan sajam. Makanya saya tegaskan harus diberantas. Bahkan saya sudah minta hingga ke Polsek jangan tidur. Mari kita buat Kota Manado kian aman, tentram dan menekan gangguan dua hal ini,"ujarnya.

            Selanjutnya, Surya katakan   cara yang efektif dalam menekan dua hal itu dengan patroli keliling kota selama 24 jam. Juga bekerja keras memberantas kriminal terutama pada malam Minggu. Mengingat, jika malam minggu ternyata banyak muda-mudi sering pesta minuman keras (miras). “Kalau semakin banyak orang minum  miras ancaman kriminal juga kian tinggi. Untuk itu saya minta anggota jangan lelah lakukan patroli,” tegasnya.

            Dijelaskan   Patroli dengan mengoptimalkan peran Sabhara dengan pola 5-8. Dengan kata lain, lima hari kerja 8 jam. “Itu saya bagi menjadi enam shift, dua regu. Namun pada hari Senin, Selasa, Rabu, delapan jam hanya satu shift yang bergerak. Jadi satu harinya tiga shift. Cara ini sangat bagus untuk menekan pesta miras dan sajam," jelasnya.

     Masih  Surya katakan  jika situasi kontijensi maka pada hari Jumat Sabtu malem minggu diberlakukan dua shift delapan jam. “Jadi lebih tebal, satu regu delapan orang baik Polwan maupun Polki. Cara ini sudah berlangsung sejak Maret 2018, yang launchingnya langsung Pak Kabarhakam,” rincinya.

          Diungkapkan juga  Pola ini dijabarkan sesuai dalam Perkabarhakam nomer 1 tahun 2017 tentang patroli. Isinya ada salah satu yang mengatur pembagian shift dan regu dan pola. “Memang, pola 5-8 sangat efektif dan its oke. Dan dalam menerapkan pola ini, tidak ada polisi yang lelah. Mau ada telpon jam berapa aja tiap saya pencet langsung siap komandan, langsung ada di TKP,” tandasnya.

       Lebih jauh, Surya mengungkapkan dengan langkah ini membikin trust masyarakat semakin tinggi ke kepada polisi. “Jadi jika ada informasi ada gerombolan minum-minuman keras maka langsung ditangani. Kini kami dengan Pemda tengah membicarakan sanksinya. Masalah ini sudah saya lempar ke forum bidang hukum mulai BNN, Kejaksaan, juga Kepolisian,” ungkapnya.

           Surya beberkan ini merupakan  program unggulan patroli Sabhara Polresta Manado, yang selalu mengawal di tempat yang rawan pesta miras maupun pemabok jalanan. “Saya pernah menangkap 300 orang mabok dalam satu malam. Saya kumpulkan, saya apelkan jadi tiga kompi dan saya suruh upacara bendera dan pembinaan bersih-bersih bersama. Dengan cara ini diharapkan mereka jera,” bebernya.

          Jadi, Surya mengakui saya terus berupaya menghadirkan terobosan baru baik untuk mengurangi pemabok jalanan, kepadatan lalu lintas maupun menekan angka kriminalitas. Ini dilakukan untuk menekan angka kriminalitas di Kota Manado, Kapolresta memberikan target bagi setiap polsek yang ada di Manado. Kalau malam Kapolsek memimpin patroli. Saya targetkan minimal setiap polsek dapat melaporkan telah mengamankan lima orang mabuk. Itu saya targetkan setiap kapolsek minimal lima terutama di sekitar kota. Pasti dapat itu,” akunya.

      Sebelum mengakhiri, Surya menambahkan ini dilakukan karena penyebab tindak kriminal itu sebagian besar disebabkan karena miras. “Kalau mabuk di pinggir jalan itu rawan, tapi kalau di dalam kamar saya tidak menyuruh melakukan penangkapan. Bahkan saya pernah mentargetkan minimal orang mabuk yang harus diamankan setiap harinya ada 75 orang," tambahnya. ( vk)

Read 86 times
Login to post comments

Entertaiment

Face Book Galleries

  BENGKULU,(KORANRAKYAT.COM)  – Putra asli Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman, yang sebelumnya menjabat sebagai...
  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM -, Satgas anti mafia bola melakukan pengeledahan rumah  anggota komite eksekutif(Exco)...
    JAKARTA, KORANRAKYAT.COM- Perjalan pemeriksaan yang dilakukan Satgas Antimafia Bola Polri saat ini fokus...
    SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan kembali mengungkap inisial nama-nama artis...
  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Ditetapkan sampai 29 Januari 2019 untuk  kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT)...
...
    BALI(KORANRAKYAT.COM) Mundurnya Edy Rahmayadi membuat tongkat kepempinan PSSI sementara dipegang Joko...
  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono tak bisa...
  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM -         Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri meringkus seorang...
    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM- Penyidik Kejaksaan Negri Cimahi melakukan penyerahan tersangka M. Itoch Tohija...

Ekonomi Makro

  •  

Malang Raya

Rumah Kepala PU Kab Malang

 

MALANG(KORANRAKYAT.COM)- Selain menggarap sejumlah pihak

Read more

Privalensi Stunting Di Kota

 

 

MALANG (KORANRAKYAT.COM) Prevalensi balita stunting

Read more

Rendra Bupati Malang Ditahan