Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Presiden Jokowi: Keliru, Orang Besarnya itu Zohri
Last Updated on Jul 18 2018

Presiden Jokowi: Keliru, Orang Besarnya itu Zohri

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Lalu Muhammad Zohri, juara dunia atletik di bawah usia 20 tahun kelahiran Nusa Tenggara Barat, siang ini bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Presiden Joko Widodo menerima langsung kedatangannya sekira pukul 14.00 WIB di Ruang...
Pakde Karwo Lantik Jumadi Sebagai Pj. Sekdaprov Jatim
Last Updated on Jul 18 2018

Pakde Karwo Lantik Jumadi Sebagai Pj. Sekdaprov Jatim

              SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo melantik Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jatim, Dr. Ir. Jumadi, M.MT sebagai Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim. Pelantikan yang didasarkan SK Gubernur Jatim nomor 821.2/1066/204/2018...
Sembilan Orang Ditangkap Buntut Suami Istri  Gagal  Serang  Polres Indramayu
Last Updated on Jul 17 2018

Sembilan Orang Ditangkap Buntut Suami Istri Gagal Serang Polres Indramayu

    JAKARTA (KORANRAKYAT.COM) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap 9 orang buntu peristiwa perlawanan sepasang suami istri yang gagal meledakan bom di Markas Kepolisian Resor Indramayu. Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian di Mako Brimob Depok, Jawa Barat, Senin (16/7)2018 mengatakan...
Suami Istri Bersepeda Teror Mapolres Indramayu
Last Updated on Jul 17 2018

Suami Istri Bersepeda Teror Mapolres Indramayu

      JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  -  Mapolres Indramayu mendapatkan kado teror bom oleh seorang keluarga pengendara  sepeda motor. Akhirnya polisi  tangkap NH, seorang perempuan berusia 26 tahun di Desa Jatibarang Baru, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.              ...
Skor 4-2 Perancis Juara Piala Dunia 2018, Perjuangan Kroasia Jadi Inspirasi  Dunia
Last Updated on Jul 15 2018

Skor 4-2 Perancis Juara Piala Dunia 2018, Perjuangan Kroasia Jadi Inspirasi Dunia

      RUSIA(KORANRAKYAT.COM) Timnas Prancis berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah meraih kemenangan 4-2 atas Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018). Meski sempat tertekan oleh permainan Kroasia, Prancis mampu memperlihatkan kelas dan menjadi juara dunia...

World Today

  •  
    Indonesia dan Malaysia Bahas Perlindungan
     
     
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri
     
Wednesday, 27 June 2018 16:24

Polisi Segel Bawang Bombay 670 Ton Impor Asal India

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

MEDAN(KORANRAKYAT.COM) Dirjend Dirjend Perlindungan Konsumen Serahkan  kepada Bareskrim ada dugaan penyimpangan import ilegal bawang Bombay dari India oleh karenanya kasusnya akan diproses .

Wakil Direktur Tindak Pidana  Ekonomi Khusus  Bareskrim Polri,  Kombes Pol Daniel Tahi Monang Silitonga ditemui di Medan, Senin (25/6)2018 mengatakan rekan-rekan wartawan   Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Negara Kemendag . "Hari kita sudah melihat penyerahan secara resmi untuk penyidikan kasus importasi secara ilegal bawang dari India, boleh dikatakan masa seharusnya yang dikeluarkan ijin import bawang bombay dengan ukuran 5 cm keatas,"ujarnya.

      Selanjutnya, Daniel menandaskan tapi rekan-rekan sekalian menyaksikan didepan kita contoh-contoh bawang yang kita temukan atau pun yang kita bandingkan disini ada bawang yang diameter 5 cm ke bawah." Nah secara kasat mata agak sulit membuktikan kita bahwa bawang yang produksi lokal atau produksi lokal dengan hasil import. Kemudian kita cek secara nyata perbedaan itu ada kalau kita lakukan secara mendalam kalau kita lakukan pemotongan. Lapisan-lapisan bawang lokal dan lapisan-lapisan bawang import ini dari India berbeda hampir mirip sama.  Sulit membedakan dan ukurannya sama keganjilan dan   kekurangan-kekurangan yang kita temukan dalam importasi yang dilakukan  oleh 3 PT ini," tegasnya.

     Untuk itu, Daniel menjelaskan   setelah kita lakukan penyerahan dan kita lakukan penyidikan hukum kami sudah melihat yang dilakukan penyimpangan ijin importasi . Ijin Importasi yang seharusnya 5 cm ke atas tapi kenyataannya kita temukan dilapangan bahwa bawang import ini ada yang ukurannya 5 cm kebawah. "Nah  dapat saya contohkan bagaimana membuktikan dan membedakan mana yang lokal dan mana yang import . Nah rekan-rekan dapat saya contohkan untuk barang lokal ini biasa mempunyai irisan dan dia memiliki umbi lebih dari satu.

    Ini lokal tetapi kalau kita temukan import yang hampir mirip sama besarnya maka umbinya lebih dari satu. Jadi satu putaran saja sementara yang lokal sama yang fur ada sebelah kanan. Nah yang sangat siqnifikan bisa kita lihat jadi sangat jarang kita temukan umbinya lebih dari satu import. Hampir mirip sama merah tetapi jenisnya berbeda," jelasnya.

    Lebih jauh, Daniel katakan yang memiliki satu atau lebih dari satu lingkaran umbi lebih dari satu. Sedangkan kalau kita sayat bawang import ini  biasanya dia hanya satu. Ini rekan-rekan bisa luta lihat secara kasat mata hasil yang kita lakukan." Ya rekan-rekan semenjak hari ini  bahwa kita lakukan penyelidikan kita sudah kumpulkan informasi-informasi  yang diterapkan dan saya lihat dari Bareskrim sudah melakukan pengumpulan informasi dan kita akan lakukan penyidikan sementara kita segel tempat penyimpanan bawang import yang berukuran 5 cm yang kebawah," ujarnya.

Ditempat yang sama,Dirjend Perlindungan Konsumen danTertib Niaga Kementerian Perdagangan. Veri Anggrijono mengatalan 
sebenarnya kasus ini sudah berproses selama dari bulan Mei, kita lakukan dari daerah Dumai , informasi dari Dumai dengan Domisi Perusahaan dari Industri Bahan bawang goreng.; Kita uji kita berikan bahan . Ini kita telusuri dari Dumai dan Pekan Baru . Dari hasil pengawasan kita ini di edarkan di bawa kedaerah Sumatera Utara sehingga patut diduga dari barang yang semestinya sebagai bahan baku di jual sebagai bawang merah konsumsi kita dapati di Medan 3 Perusahaan inisial ada PT SMM, CV LH, UD AL," ujarnya.

Sesuai data, ada  3 Perusahaan, kita dalami di Medan kita temukan 670 Ton yang disampaikan Pak Daniel sepertinya bawang merah dan kalau kita lihat secara kasat mata agak sulit kalau kita sudah lakukan memotong ada perbedaan bawang bombay dengan bawang merah. "Nah kalau ditanyakan kenapa di musnakan ini peraturan Kementerian Perdagangan, ini  dalam pemberlakuan selain sanksi pidana dan ini di aturan kita ada saksi administrasi dan ada sanksi Pidana," tegasnya.(vk)

Read 32 times Last modified on Wednesday, 27 June 2018 16:29
Login to post comments

Gaya

Face Book Galleries

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Lalu Muhammad Zohri, juara dunia atletik di bawah usia 20 tahun kelahiran Nusa Tenggara Barat,...
              SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo melantik Kepala Badan Pengelola...
    JAKARTA (KORANRAKYAT.COM) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap 9 orang buntu peristiwa perlawanan...
      JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  -  Mapolres Indramayu mendapatkan kado teror bom oleh seorang keluarga...
      RUSIA(KORANRAKYAT.COM) Timnas Prancis berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah meraih kemenangan...
      RUSIA(KRJ.COM) Timnas Belgia berhasil meraih juara ketiga pada Piala Dunia 2018. Keberhasilan tim Eden...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Hanya berselang sehari pasca politikus Golkar  ditetapkan tersangka, KPK langsung...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Perayaan Hari Ulang Tahun Polri ke 72 biasa dikenal Hari Bhayangkara di gelar di...
    JAKARTA(KORANRAKYAT,COM) - Hadiri perayaan Hari Ulang Tahun Polri ke 72 di Istora Senayan ,Rabu(11/7) 2018...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) -  Akibat viralnya kelakuan  pemukulan yang dilakukan AKBP M Yusuf  di tokonya dan...