Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Jenguk Ibu Ani Yudhoyono di Singapura, Presiden dan Ibu Iriana Beri Semangat untuk Sembuh
Last Updated on Feb 21 2019

Jenguk Ibu Ani Yudhoyono di Singapura, Presiden dan Ibu Iriana Beri Semangat untuk Sembuh

        SINGAPURA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 16.40 waktu setempat (WS) tiba di National University Singapore (NUH) tempat Ibu Ani Yudhoyono dirawat. Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana langsung disambut putra pertama Presiden ke-6 RI...
Sudah 75 Bukti Pengaturan Skor Di Himpun Satgas Anti Mafia Bola
Last Updated on Feb 21 2019

Sudah 75 Bukti Pengaturan Skor Di Himpun Satgas Anti Mafia Bola

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Pemeriksaan yang dilakukan Satgas Anti  Mafia Bola  kasus mafia bola dan  pengaturan skor di Liga Indonesia,  sudah dikumpulkan 75 bukti yang dihimpun oleh Satgas Anti mafia bola yang sedang diaudit agar mudah diklarifikasi. Intinya sudah...
Malam Munajat 212 Di Monas Diharapkan Kondusif
Last Updated on Feb 21 2019

Malam Munajat 212 Di Monas Diharapkan Kondusif

    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Kepolisian RI mengimbau masyarakat agar menjaga situasi kondusif dalam penyelenggaraan aksi malam munajat 212 yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).         Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjend Pol Dedi Prastyo di temui di Mabes...
Gubernur Bengkulu Respon Positif Keinginan Kades Pagar Din
Last Updated on Feb 21 2019

Gubernur Bengkulu Respon Positif Keinginan Kades Pagar Din

    Bengkulu, (KORANRAKYAT.COM) - Keinginan Kepala Desa (Kades) Desa Pagar Din Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara, Suharto, yang ingin bertemu terhadap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah langsung mendapat respon positif. Seperti yang dikutip dari obrolan melalui group WhatsApp (wa)...
Warga Desa Pagar Din Kabupaten BU  Jembatan Rusak Segera Diperbaiki
Last Updated on Feb 20 2019

Warga Desa Pagar Din Kabupaten BU Jembatan Rusak Segera Diperbaiki

  BENGKULU, KORANRAKYAT.COM)  - Menurut Kepala Desa (Kades) Desa Pagar Din Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Suharto mengatakan, untuk penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2018 lalu sudah sesuai aturan atau tidak ada kendala.           "DD tahun 2018, Alhamdulillah kita serap dengan baik....

World Today

Sunday, 01 October 2017 10:57

Pakde Karwo Raih Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2017

Written by 
Rate this item
(0 votes)

.

JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)  Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo meraih penghargaan Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2017 dalam kategori provinsi terbaik. Diraihnya penghargaan karena Jatim dinilai berhasil dalam pengembangan  investasi, infrastruktur, pariwisata,  dan pelayanan publik. Nilai total indeks Jatim sebesar 78,17, dari nilai minimal yang dipersyaratkan sebesar ≥ 65. Penghargaan  diberikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman kepada Gubernur Jatim di Hotel, The Westin Kuningan Jakarta, Jumat (29/9) malam. 

    Menjawab pertanyaan media seusai menerima penghargaan, Pakde Karwo menjelaskan berbagai hal yang menjadikan berkembangnya investasi, infrastruktur, pariwisata,  dan pelayanan publik di Jatim. "Masyarakat Jatim yang dinamis dan open minded menjadi salah satu faktor diantaranya," ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim. 

   Selain itu, juga pelibatan masyarakat dalam pengambilan kebijakan.  Inilah, menurut Pakde Karwo,  yang membuat pembangunan Jatim inklusif, tidak hanya pertumbuhan ekonomi semakin meningkat tapi juga penurunan dalam tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, serta berkurangnya disparitas. "Kultur birokrasi melayani dan melibatkan masyarakat," jelasnya. 

 

 Pembangunan infrastruktur baik darat, laut, maupun udara, pemberian jaminan kepada investor berupa kemudahan perijinan, iklim buruh dengan ruang publik yang baik, tersedianya lahan dan stok ketersediaan listrik yang memberikab jaminan kepastian kepada investor, juga menjadi alasan Jatim berkembang investasi, infrastruktur, pariwisata,  dan pelayanan publiknya.

 Penyelenggaraan Ketiga Kali

 Memberikan sambutan pengantar, Direktur Utama PT. Tempo Inti Media Toriq Hadad menjelaskan  penyelenggaraan kegiatan bekerjasama dengan Frontier Consulting Group ketiga kalinya ini guna memberikan gambaran daya tarik di setiap kabupaten dan  provinsi.

 

Diharapkan,  kegiatan ini  memberikan inspirasi bagi daerah dalam penyusunan strategi secara lebih terarah dan jelas di masa depan, serta terwujudnya  peningkatan  pembangunan daerah. Juga, memberikan informasi kepada para investor terhadap kesempatan bisnis di daerah-daerah potensial di Indonesia. 

 

Dalam kesempatan sama, CEO Frontier Group Handi Irawan D menjelaskan penilaian IAA, yakni dilakukan terhadap kabupaten/kota yang lolos nominasi. Penentuan nominasi kabupaten/ kota dilakukan dengan 3 indikator, yaitu kontribusi PDRB terhadap PDRB provinsi diatas 20% atau PDRB diatas rata-rata PDRB koridor, pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata pertumbuhan per Koridor atau PDRB per kapita lebih besar dari rata-rata PDRB per kapita koridor, serta kabupaten/kota yang tidak lolos indikator pertama dan kedua tetapi mendapatkan penghargaan IAA 2016.

 

Dari ketiga kriteria tersebut, lanjutnya, terdapat 136 kabupaten/kota yang lolos menjadi nominasi. Sementara itu, provinsi yang lolos nominasi sebanyak 32 provinsi, yaitu provinsi dari kabupaten/kota yang menjadi nominasi IAI level kabupaten/kota.

 

8 Kab dan 2 Kota di Jatim Raih Penghargaan 

 

Sebanyak 8 kabupaten dan 2 kota di Jatim meraih penghargaan IAA ini dengan berbagai kategorinya. Penghargaan kategori kabupaten terbaik, misalnya, diraih Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten   Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Tuban. Sementara itu, penghargaan kabupaten terbaik untuk kategori pariwisata diraih oleh Kabupaten Banyuwangi.

 

Beberapa daerah tersebut tercatat juga memperoleh penghargaan kategori lain. Misalnya, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan juga meraih penghargaan kabupaten terbaik untuk kategori investasi. Sedangkan Kabupaten Tuban meraih penghargaaaen kabupaten potensial untuk kategori investasi. Sedangkan Kabupaten Sidoarjo juga berhasil meraih penghargaan kabupaten terbaik untuk kategori infrastruktur.

 

Sementara itu, Kota Surabaya meraih penghargaan kota terbaik  kategori infrastruktur dan Kota Malang meraih kota potensial untuk kategori pariwisata. (g/fd)

 

 

Read 245 times
Login to post comments

Entertaiment

Face Book Galleries

        SINGAPURA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 16.40...
    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Pemeriksaan yang dilakukan Satgas Anti  Mafia Bola  kasus mafia bola dan...
    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Kepolisian RI mengimbau masyarakat agar menjaga situasi kondusif dalam...
    Bengkulu, (KORANRAKYAT.COM) - Keinginan Kepala Desa (Kades) Desa Pagar Din Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu...
  BENGKULU, KORANRAKYAT.COM)  - Menurut Kepala Desa (Kades) Desa Pagar Din Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Suharto...
    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM-Direktorat Tindak Pidana Narkoba( Dirtipinarkoba) Bareskrim Polri berhasil mengungkap...
    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Setelah menerima lima berkas dari penyidik Satgas Anti Mafia Bola, Kejaksaan...
    SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) Gubernur Jatim Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk selalu...
  PRIGEN , (KORANRAKYAT.COM)  Bank  Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk ikut songsong program pemeritah di sektor ...
JAKARTA,KORANRAKYAT, COM- Terkait dengan penyerahan 5 berkas perkara Satgas Anti Mafia Bola kepada Kejaksaan Agung...

Ekonomi Makro

  •  

Malang Raya

Rendra Bupati Malang Ditahan