World Today

  •  
    Lima Usulan Presiden Jokowi dalam ASEAN

     BALI(KORANRAKYAT,.COM)

    Kepala negara dan pemerintahan ASEAN telah menggelar ASEAN Leaders'

     
Saturday, 09 December 2017 01:38

Di Banjar Polisi Urusi Pertanian

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

BANJAR,(KORANRAKYAT.COM)- .Babinkamtibmas  membuka lahan dengan menanam tanaman Hilikultura  Cabe, Semangka  diawali dengan setengah hektar hingga 8 Hektar dengan modal awal gaji sendiri selama 3 bulan. Kini sudah ada 5 Kelompok tani yang anggota 120 orang.

          Kapolres Banjar, AKBP  Takdir Mattanete  ditemui di lokasi pertanian, Selasa (28/11)2017 mengatakan kita berada di lokasi Kelompok Tani Bhayangkara Maju bersama,disini salah satu lokasi anggotanya ada 30 orang ada kelompok Petani maju bersama sudah ada 5 Kelompok Tani  sudah ada 120 anggotanya di Pimopin Babinkantibmas             Brigadir Kusin . “Ini awalnya ada adalah lahan yang suka jadi kebakaaran kemudian lahan ini dikelolah oleh kelompok Tani menjadi produktif dan alhamdulilah sampai saat ini ditanamin cabe, semangka dan holtikultura sangat bermanfaat bagi yang lain dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

 

          Selanjutnya, Takdir menegaskan Ini juga berkat dukungan dari Pemda Kabupaten Banjar yang sudah membantu beberapa fasilitas. Ini kita kembangkan dan mudah-mudahan semakin hari semakin maju. Awalnya hanya setengah hektar dan sampai sekarang sudah sampai 8 Hektar dikelolah oleh Brigadir Kusni bersama kelompok Tani.        “Hasilnya sudah dinikmati oleh Masyaraka, hasilnya ini sudah panen yang ke 3 kali dan rekan-rekan sudah melihat sudah panen ke 3 dan hasilnya untuk kesejahteraan untuk menambah biaya seharian untuk petani yang ada disekitar sini,” tegasnya.

 

             Ketika ditanya kenapa dipilih budi daya Cabe, Takdir menjelaskan Karena disini lahannya yang cocok dengan budidaya Holikultura, karena kalau untuk tanaman yang lain ini lebih subur seperti untuk tumbuh-tumbuhan cabe, semangka lebih besar dan kemarin kita melihat sendiri hasilnya sampai berton-ton sangat maksimal.” Modal awal dari mana, awalnya dari Brigadir Kusnin dari gajinya sendiri bahkan sampai beberapa kali menggadai gajinya supaya mendapatkan modal. Dan sekarang-sekarang kami bantu dari Polres , Pemda, dalam hal ini juga dapat bantuan Bupati  jadi pak Kusnin tidak berdiri sendiri yang artinya kita juga mensuport.  Hasil panennya dijual tidak hanya di Kalimantan Selatan bahkan dari Kalimatan Tengah mereka datang sendiri kesini mereka para pengepul membeli kesini,” jelasnya. 

 

            Ditempat yang sama, Babinkantibmas Desa Tungkaran, Polsek Martapura Kota, Polres Banjar, Brigadir Pol Kusnin  mengatakan  pasti berat tetapi kita kan bekerja sama-sama alhamdulilah hal yang berat laun menjadi ringan dan kita semua bahu membahu mengejakan serta pembuka lahan. “Ini kami selalu disibukan  pemadaman kebakaran makanya kami bekerja bersama-sama alhamduliah lahan yang jadi tempat Kebakaran alhamdulilah kita jadikan tempat pertanian,” ujarnya.

 

           Disinggung awalnya berapa luas yang dikelolah bapak, Kusnin menegaskan  awal lahan yang ada setengah Hektar, dimana lahan itu kita buka 1 Hektar dan baru kami merasakan hasilnya kemudian masyarakat tambah semangat lagi kemudian bergairah mengerjakan kita buka terus menerus sambal kita menjaga kebakaran dan sambal kita buka terus  sekarang sudah mencapai 8 Hektar dikelolah.“Modal Pribadi pada awalnya modal itu kami cari secara mumet juga ya kita ambil dari gaji kita karena masyarakat kan kita kerja anak istri di rumah memerlukan materi untuk menghidupkan keluarga. Bagaimana pun kita harus memenuhi kebutuhan mereka.  Dari Situlah kita berbicara kepada unsur pimpinan kami jadi dari situ selain dari gaji kami alhamdulilah para pimoinan antusias dan memperhatikan kepada kami yang akhirnya dibantu oleh para pimpinan dan terus terang daria Pak Kapolres Ikut membantu dan Pak Muspika alhamdulilah dari Pemda membantu dari Bibit sehingga akhirnya pembuka lahan dan penggarapan lahan ini sudah 8 Hektar,” tegasnya

 

 

              Ketika ditanya sudah berjalan berapa tahun, Kusnin menjelaskan pembukaannya sudah 1 setengah tahun Alasan awal membuka lahan ini ,alasan awal karena  kita sosialisasi lahan Kahutla kalau disibukan pemadaman api disini tanahnya agak ke gambut-gambutan akhirnya  rumput yang kering tidak ada artinya bisa terbakar sendiri . “Pemerintah kita yang sekarang yang digencar dari aparat kepolisian pemerintah daerah untuk mengsosialisasikan kepada masyarakat jangan membuka lahan dengan   mmbakar ataupun secara kebakaran yang murni bisa kita minimalisir,”jelasnya. Saat ditanya dari gaji yang kemarin dipakai itu berapa lama, Kusnin menandaskan gaji Yang kita gunakan penuh 3 bulan dan setelah kita menanam  tanaman Holtikultura ini umurnya dua bulan sampai 3 bulan, setelah itu kita dapatkan hasil . “Setelah 3 bukan yang pertama itu akhirnya tidak mengambil dari gaji kita. Gaji itu bisa hampir 90 persen lebih,” tandasnya. (vk)

Read 504 times
Login to post comments

Gaya

Face Book Galleries

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Akibat peluru nyasar di DPR RI tersangka sudah menembak hampir 300 butir dari 450...
  BALI(KORANRAKYAT.COM)Indonesia dan Singapura telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan...
 BALI(KORANRAKYAT,.COM) Kepala negara dan pemerintahan ASEAN telah menggelar ASEAN Leaders' Gathering yang bertempat...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Dewan Kehormatan PAN, Amin Rais mendatangi Polda Metro Jaya di kawal anaknya Hanum Rais dan...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Amankan  evakuasi bencana alam di Sulawesi Tengah termasuk adanya kejadian penjarahan. Polisi...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Tersangka kasus befits bohong Ratna Sarumpaet ,ratna menyeret nama Dewan Pertimbangan PAN...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)- Aksi kejahatan perbankan di lakukan PCN warga Nigeria ditengarai sebagai  sindikat...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Maraknya Berita Hoax yang terkait gempa di Sulawesi Tengah yang meresahkan masyarakat yang...
*Indonesia dan Afghanistan Tindaklanjuti Potensi Kerja Sama*   JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya kepada tim nasional U-16 dalam kejuaraan...