Friday, 27 October 2017 12:37

Kepala DLH Drs. Agoes Edy Poetranto, MM : Masyarakat Diharapkan Ikut Menjaga Lingkungan Penghargaan Clean Water Sebuah Pengakuan Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Kota  Malang Drs. Agoes Edy Poetranto, MM sedangkan samping Walikota Malang usai menerima Certificates of Recognition ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) Award di bidang air bersih (clean water di Brunei Darussalam Selasa, 12 September 2017)  atas dua anak ini santai minum air Kran di Ijen Car Free Day (fd) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Drs. Agoes Edy Poetranto, MM sedangkan samping Walikota Malang usai menerima Certificates of Recognition ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) Award di bidang air bersih (clean water di Brunei Darussalam Selasa, 12 September 2017) atas dua anak ini santai minum air Kran di Ijen Car Free Day (fd)

MALANG(KORANRAKYAT.COM)  Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kota Malang mengingatkan agar masyarakat ikut menjaga Lingkungan yang ada di kota Malang . Apalagi kota Malang saat ini telah dipercaya oleh dunia untuk meraih  Prestasi yang cukup pretisius dan membanggakan dibidang Lingkungan hidup . mendapat  Certificates of Recognition ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) Award di bidang air bersih (clean water)” Tidak banyak Negara yang mendapatkan Sertifikat Award di bidang air bersih ( clean water ),  tandas Kepala Dinas Lingkungan hidup kota Malang Drs. Agoes Edy Poetranto, MM pada koranrakyat.com  Jumat (27/10) 2017 dikantornya.

            “ Merawat memang tidak mudah  tapi  kalau masyarakat berkomitmen untuk menjaga lingkungan termasuk , ikut mempertahankan lingkungan di sekitarnya tidak  buang sembarangan di sungai, maka akan  terjaga lingkungan kita,” ujarnya.

            Sekarang   negara lain aja memberikan penghargaan pada kita, tentunya sebagai  warga kota  Malang kita harus ikut bangga adanya prestasi dibidang  lingkungan yang  kita raih saat ini.  serta ikut merawat lingkungan agar bisa langgeng dan kita akan selalu dilihat oleh dunia kuwalitas lingkungan kita.

Untuk meraih penghargaan ini bukan hal yang mudah. Kota-kota di ASEAN di amati dan di kaji bersama dalam forum ASEAN Senior Officials on Environment (ASOEN) pada 27 Juli 2017 lalu, yang  digelar di Filipina. Kategori kota dibedakan berdasarkan jumlah penduduk, untuk kota kecil populasi sampai 750 ribu jiwa, dan kota besar populasi sampai dengan 750.001- 1.500.000 jiwa. 

Ada tiga penghargaan yang diberikan kota-kota di ASEAN yakni , udara bersih (clean air), air bersih (clean water) dan kebersihan (clean land). Raihan penghargaan dibidang air bersih (clean water) yang diterima Kota Malang, tidak terlepas dengan komitmen Pemkot Malang untuk mempercepat program 100-0-100, 100 persen sanitasi, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen akses air bersih untuk masyarakat.“Target pemerintah pusat akses 100 persen air bersih untuk masyarakat pada 2019, tapi di Kota Malang kami sudah berupaya dapat tuntas pada 2018 mendatang,”terangnya .

Dikatakan  Agoes Pemerintah Kota Malang dinilai mampu menjalankan program air bersih. Hal ini dapat dilihat dari diraihnya penghargaan “The 3rd Certificates of Recognition 2017 untuk indikator clean water di ajang ASEAN ESC (Enviromentally Sustainable City) Award yang diterima di Brunei Darussalam Selasa, 12 September 2017. Penghargaan tersebut  diberikan Kementrian Pembangunan Bandar Seri Bengawan kepada Walikota Malang H.Mohammad Anton. Pemkot mendapatkan penghargaan ditingkat Internasional itu karena komitmennya menjaga lingkungan. Air Bersih yang digunakan oleh masyarakat Kota Malang saat ini adalah air yang dikelola oleh PDAM Kota Malang.  PDAM Kota Malang mampu menyediakan air bersih untuk seluruh warga Kota Malang. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan program Zona Air Minum Prima (ZAMP) dalam mendukung program pemerintah 100-0-100 dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR yang sudah terealisasikan pada tahun 2018.

Zona Air Minum Prima (ZAMP) adalah program PDAM Kota Malang untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Kota Malang dimana air yang mengalir ke pelanggan sudah siap minum tanpa harus dimasak terlebih dahulu karena sebelumnya sudah disterilkan melalui proses Chlorinasi. Target yang semula diharapkan akan terealisasi di tahun 2019, dapat dicapai oleh PDAM Kota Malang di tahun 2018.

 Sementara Wali Kota Malang H. Moch Anton mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Malang dan semua pihak yang sangat memberikan perhatian kepada akses air bersih untuk masyarakat Kota Malang. Sehingga bisa meraih penghargaan ini. Sebelumnya . Kota Malang juga meraih penghargaan dibidang air dari dunia International di Dubai beberapa waktu lalu “ Penghargaan ini membuat kami terpacu untuk terus meningkatkan layanan akses air bersih untuk masyarakat di kota Malang.” Ujar Abah Anton. (fd)

 

.

 

 

Read 990 times Last modified on Monday, 25 December 2017 16:47
Login to post comments

Entertaiment

Face Book Galleries

    BENGKULU, (KORANRAKYAT.COM) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bengkulu melaksanakan pemusnahan barang bukti...
    BENGKULU, (KORANRAKYAT.COM) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bengkulu melaksanakan pemusnahan barang bukti...
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Rohidin Mersyah sebagai Gubernur Bengkulu...
  JAKARTA,KORANRAKYAT.COM- Penyelesaian kasus penembakan di Kabupaten Nduga ,Papua yang menelan korban para pekerja...
    JAKARTA,KORANRAKYAT.COM- Proses pemeriksaan Habib Bahar Smith terus berproses. Kini kejaksaan Agung menerima...
    BOGOR(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo ikut bersenam pagi pada Hari Ulang Tahun ke-33 Senam Tera...
.   JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus aktif meluhuri dan...
    Bengkulu, (KORANRAKYAT.COM) - Setelah sekian lama belum ada kejelasan kapan Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu...
    BOGOR(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo dan keluarga mengapresiasi peran media yang menurutnya telah ikut...
    BOGOR(KORANRAKYAT.COM) Selepas jalan pagi bersama keluarga, Presiden Joko Widodo berbincang santai dengan...

Ekonomi Makro

  •  

    .

     

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya atas kinerja Bank

     
  •  

     

     
    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Dalam empat tahun ini, pemerintah telah bekerja keras untuk
     
  •  

    JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Presiden Joko Widodo bersama dengan jajaran terkait hari ini menggelar

     
  •  

     

    BALI(KORANRAKYAT.COM)Indonesia dan Singapura telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di