World Today

  •  
    Lima Usulan Presiden Jokowi dalam ASEAN

     BALI(KORANRAKYAT,.COM)

    Kepala negara dan pemerintahan ASEAN telah menggelar ASEAN Leaders'

     
Wednesday, 13 September 2017 23:57

Dikecam LSM Turun Status Dan Ditemukan Indikasi Wisata Ilegal Di Pulau Sempu

Written by 
Rate this item
(0 votes)

. 

Malang (KORANRAKYAT.COM), Banyak Diketemukan indikasi illegal  sejumlah destinasi wisata dikawasan Cagar Alam di Indonesia, diantaranya dikawasan pulau Sempu Kabupaten Malang. “ Kami telah ketemukan indikasi pungli, dikawasan wisata pulau sempu,” tandas Kusnadi, S.Hut. Msi. Dari Kementerian Lingkungan hidup  disaat wawancara dengan wartawan  Rabu (13/9) di Hotel Harris Malang.

            Cagar alam Pulau Sempu memiliki potensi luar biasa hingga menarik dikunjungi. Segara Anakan, Teluk Semut, serta ekosistem di dalamnya cukup memiliki alasan mendatangi pulau berada di seberang Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.
           Adanya retribusi yang dikeluarkan oleh desa setempat untuk setiap orang masuk kawasan wisata dipungut Rp. 5000 sebetulnya  dasarnya dari mana. “ Kalau tidak ada dasar berarti  pungli,” ujar Kusnadi, “ ujarnya.

                “ Tentunya kalau ingin membuat destinasi wisata jangan sampai merusak lingkungan yang berada di Cagar Alam dan harus mendapatkan ijin dari Menteri lingkungan hidup ,”ujar mantan aktivis Walhi ini.

            Diungkapkan juga oleh Kusnadi memang kita tidak serta merta melakukan tindakan, tentunya tergantung masyarakat sekitar, kalau memang ingin menggunakan Jasa wisata berada dikawasan Cagar Alam harus ijin, sehingga  masyarakat bisa bermitra dengan Perhutani  dengan melalui Jasa lingkungan dan bisa dikelolah desa, dengan jasa lingkungan  Dasarnya cukup banyak bisa melalui Permen 83 Tahun 2016 terkait dengan keperluan sosial dan kawasan konservasi serta dasar lain juga  ada Permen 44 terkait kerjasama dikawasan konservasi Alam  serta Permen 39 Tahun 2017 terkait Perhutani. Bila ada ijin makan rakyat akan bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan dikawasan pulau sempu.

Hal senada juga disampaikan  Ketua Tim Teknis Evaluasi Kesesuaian Fungsi Siti Chadidjah kepada wartawan di sela sosialisasi pengelolaan kawasan cagar alam Pulau Sempu BKSDA selaku pengelola menemukan indikasi telah terjadi berjalan wisata ilegal di Pulau Sempu. Aktivitas itu terjadi karena peran dari masyarakat sekitar. Pengunjung wisata datang dengan dipungut biaya, meskipun kunjungan tersebut ilegal.
       "Aktivitas selama ini ada di Pulau Sempu, kunjungan wisata adalah ilegal. Karena Sempu masuk sebagai cagar alam," ujarnya

Siti menyebut, aktivitas ilegal dilakukan dengan jalan kucing-kucingan dengan petugas. Warga menyediakan sewa perahu dan pendampingan kunjungan wisata."Karena keterbatasan petugas, jadi kunjungan dilakukan dengan sembunyi-sembunyi," ujarnya. Tim Teknis Evaluasi Kesesuaian Fungsi (EKF) terdiri dari BKSDA, LIPI, Akademisi, serta elemen lain tengah melakukan rekam terakhir kondisi Pulau Sempu. Aktivitas ini dilakukan rutin selama lima tahun sekali. 

"Kalau tingkat kerusakan sekitar 10 persen dari luas area sebesar 877 hektar. Untuk sementara diketahui juga ada perubahan perilaku satwa, seperti kera yang cenderung agresif," bebernya.

          Menurut dia, Pulau Sempu merupakan sisa mozaik ekosistem hutan dataran rendah di Pulau Jawa. Statusnya masih menjadi cagar alam belum berubah hingga saat ini.
"Sudah ada papan pelarangan kunjungan, dalam menjaga ekosistem di sana. Karena Sempu masih menjadi cagar alam," tuturnya.

Sebelumnya aktivis pecinta lingkungan dan satwa mengecam adanya penurunan status Pulau Sempu dari cagar alam menjadi .
taman wisata alam. Perubahan dikhawatirkan akan merusak habitat serta ekosistem di pulau tersebut, karena semakin tingginya  kunjungan wisataKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memang  mempertimbangkan penurunan status Cagar Alam (CA) Pulau Sempu. Hal ini terlihat dari adanya kegiatan kajian dari Tim Evaluasi Kesesuaian Fungsi (EKF) KLHK.(fdl)

       .

 

Read 538 times Last modified on Thursday, 14 September 2017 00:20
Login to post comments

Gaya

Face Book Galleries

JAKARTA,KORANRAKYAT.COM - Akibat peluru nyasar di DPR RI tersangka sudah menembak hampir 300 butir dari 450...
  BALI(KORANRAKYAT.COM)Indonesia dan Singapura telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan...
 BALI(KORANRAKYAT,.COM) Kepala negara dan pemerintahan ASEAN telah menggelar ASEAN Leaders' Gathering yang bertempat...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Dewan Kehormatan PAN, Amin Rais mendatangi Polda Metro Jaya di kawal anaknya Hanum Rais dan...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Amankan  evakuasi bencana alam di Sulawesi Tengah termasuk adanya kejadian penjarahan. Polisi...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)Tersangka kasus befits bohong Ratna Sarumpaet ,ratna menyeret nama Dewan Pertimbangan PAN...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM)- Aksi kejahatan perbankan di lakukan PCN warga Nigeria ditengarai sebagai  sindikat...
JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) - Maraknya Berita Hoax yang terkait gempa di Sulawesi Tengah yang meresahkan masyarakat yang...
*Indonesia dan Afghanistan Tindaklanjuti Potensi Kerja Sama*   JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo...
  JAKARTA(KORANRAKYAT.COM) Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya kepada tim nasional U-16 dalam kejuaraan...